Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

387 Comments

  1. Nama : Yurika Putri Seeptiani
    NIM : 858186807
    Judul Video : Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis pakir.
    Izinkan saya menanggapi video tersebut.
    1. Dalam video tersebut menjelaskan tentang pendidik saat menyampaikan cerita tentang “Allah Maha Merajai”. Saat bercerita beliau mengalami kesulitan karena kondisi kelas yang tidak kondusif, hal ini terjadi karena anak-anak asyik bermain sendiri. Mereka saling bertukar atau berebut sehingga menimbulkan kegaduhan. Teman yang tidak ikut bermain dan ingin mendengarkan cerita merasa terganggu dengan hal tesebut. Kemudian pendidik sudah mennyiapkan peraturan agar suasana dapat kondusif kembali. Anak-anak diajak untuk memparkirkan mainan nya kedalam tempat yang telah disiapkan, dan menukar mainan dengan nomor parker yang dapat dikalungkan. Anak-anak bersemangat, mereka sabar menunggu giliran untuk memarkirkan mainannya. Saat semua sudah memperoleh nomor, suasana kelas menjadi kondusif kembali dan guru dapat melanjutkan cerita.
    2. Berdasarkan kejadian tersebut, sikap yang diambil pendidik sangat tepat untuk mengembalikan kondisi kelas menjadi kondusif kembali. Peraturan yang dibuat juga tidak membuat anak merasa tertekan, karena mereka berfikir mainannya disimpan di tempat yang aman dan nanti dapat digunakan kembali saat waktu belajar telah usai. Suasana belajar kembali kondusif, anak dapat belajar dengan nyaman dan guru juga merasa tenang tidak ada anak yang asyik bermainn sendiri.

  2. judul vidio ;perkembangan moral menanamkan ketertiban dan keteraturan pada AUD melalui penggunaan karcis parkir.
    Nama ;Widatul marifah
    NIM 858840484
    Prodi ; S1 PG PAUD AKPMM
    Semester ;6
    Isi ringkasan dalam vidio ini vidio initidak anak di ajari tentang disiplin moral dengan memakai aturan penggunaan kartu karcis parkir agar anak anak menjadi tertib dan bisa bermain sesuai dengan aturan.anak anak dikasih kartu parkir pada bermain lebih tertib dan displin dan tidak ada yang berebut mainan dengan temanya,vidio ini sangatmenginspirasi saya sebagai pendidik untuk bisa saya terapkan di lembaga saya,agar anak bisa belajar dan bermain dengan tertib,trimakasih.

  3. Nama : Ratih Okniary Purwati
    Nim : 878188923
    Prodi : PGPAUD
    UT MALANG, POKJAR PAKIS

    Video menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini menggunakan karcis parkir sangat menarik. Metode karcis parkir membantu guru mengatur kelas agar menjadi lebih kondusif saat kegiatan belajar mengajar. Guru bisa menyampaikan materi dengan lebih mudah. Anak belajar mendengarkan perintah guru, guna melatih dan meningkatkan bahasa reseptifnya, terlihat saat guru memberi perintah untuk manaruh dan mengambil benda mainannya ke dalam loker sesuai dengan nomer karcis antrian parkir. Melalui nomer karcis antrian parkir, secara tidak langsung anak juga belajar tentang literasi numerasi, anak mengenal urutan nomer karcis parkir, bisa menemukan nomer yang sama antara nomer di karcis parkir dengan nomer diloker. Jika dilihat dari nilai moral dan agamanya, anak juga belajar untuk bersabar dan menahan diri sesuai dengan nomer antrian, anak belajar mempraktikkan untuk berperilaku baik dan berakhlak mulia dengan terbiasa menghormati orang yang lebih tua dan belajar menghargai orang lain yaitu memperhatikan guru yang sedang menerangkan di depan kelas dengan tidak sibuk sendiri memainkan mainannya.
    Melalui video ini, banyak sekali nilai – nilai yang bisa kita ambil dengan menggunakan metode karcis parkir. Dan tentu saja saya sudah mencoba menerapkannya di kelas hari ini, dimana anak-anak menggunakan nomer karcis parkir untuk mengambil dan mengembalikan barangnya diloker. Anak – anak belajar antri sesuai urutan nomer karcisnya, tidak bergerombol, dan kelas menjadi tertib.

  4. Nama: Ema Setya Fatmawati
    NIM: 857865554
    UPBJJ: Surakarta

    Setelah melihat tayangan video yang berjudul “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”
    menurut kami pribadi video tersebut menampilkan cara yang efektif dan menyenangkan untuk menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini, yang dapat menjadi inspirasi bagi para pendidik.

    – Kasus yang terjadi: saat guru bercerita, anak-anak banyak yang tidak fokus memperhatikan, kebanyakan dari mereka bermain sendiri dengan mainan yang dibawanya, hal ini menjadikan kelas menjadi gaduh sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang maksimal.

    – untuk mengatasi masalah tersebut guru membuat metode pengajaran yang kreatif dan kontekstual yakni, menggunakan karcis parkir sebagai alat bantu mengajarkan ketertiban dan keteraturan. Anak-anak diajarkan untuk mengikuti prosedur saat bermain parkir kendaraan mainan mereka. Metode ini sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari dan memberikan pengalaman nyata bagi anak-anak. Mereka belajar mengikuti aturan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

    – Melalui aktivitas ini, anak-anak tidak hanya belajar tentang ketertiban, tetapi juga belajar tentang bekerja sama dengan teman-temannya. Mereka bergiliran, sabar menunggu, dan saling menghargai ketika melakukan permainan parkir. Nilai-nilai seperti kesabaran, disiplin, dan kerja sama diperkuat melalui kegiatan ini, yang merupakan bagian penting dari pengembangan sosial anak usia dini. Menanamkan konsep ketertiban dan keteraturan sejak dini, sangat penting untuk anak-anak. Mereka yang diajarkan sejak kecil tentang pentingnya aturan dan ketertiban akan lebih mudah memahami dan menerapkan konsep tersebut di kehidupan mereka yang lebih luas nantinya.

    – Refleksi Pribadi: Metode ini sangat inspiratif dan bisa menjadi ide yang dapat saya adaptasi dalam kegiatan pembelajaran di tempat kami mengajar. Saya menyadari bahwa penting untuk mencari cara-cara kreatif dalam mengajarkan konsep-konsep penting seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama, yang dapat dengan mudah dipahami oleh anak-anak. Slain itu guru juga dapat melibatkan orang tua dalam kegiatan ini, misalnya dengan memberikan arahan yang dapat diterapkan di rumah, sehingga ketertiban tidak hanya terjadi di sekolah, tetapi juga di lingkungan rumah.

    Demikian tanggapan dari kami, terimakasih…..

  5. Nama: rabiatul adawiyah
    Nim: 859172191
    Dari vidio diatas menyajikan sebuah cara atau langkah seorang guru dalam menerapkan peraturan di kelas agar terjadi kedamaian dalam mengambil dan menyimpan mainan.
    Sengan menyaksikan vidio tersebut saya mendapatkan referensi untuk melakukan hal yang sama di kelas saya nanti..

  6. Nama : MUNARSIH
    NIM : 857771538
    Dalam tayangan video tersebut cara yang dilakukan guru untuk menertibkan anak supaya mau mendengarkan dan tidak berebut mainan teman dengan cara memberikan kartu karcis kepada anak sangat menarik, anak mau tertib menunggu giliran saat di panggil untuk menyimpan dan mengambil mainan di loker sesuai giliran, pembiasaan tersebut sangat baik jika dilakukan setiap hari, supaya anak terbiasa untuk tertib dan menaati peraturan.

  7. Nama : Fani Nurul Aida
    Nim : 858917171
    Tanggapan saya terkait video tersebut ialah Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
    bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
    metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
    didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
    kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
    karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
    keteraturan.
    Dalam kegiatan pembelajaran anak seharusnya sebelum kegiatan di mulai guru menyampaikan aturan sehingga kegiatan dari awal bisa berjalan dengan baik,salahsatunya dengan adanya aturan karcis parkir.pemahaman tentang langkah yang di lakukan oleh guru dengan tujuan pembelajaran harus seimbang,karena apabila aturan tidak di sampaikan terlebih dahulu maka tujuan pembelajaran tidak akan tersampaikan sehinnga anak selain belajar tentang ketertiban dan keteraturan,juga dapat memaksimalkan kegiatan.

  8. Assalamualaikum
    Nama: Anisa Wahyuliana
    Nim: 8265326
    Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir

    Strategi yang digunakan dalam video ini sangat relevan dengan tahap perkembangan anak usia taman kanak-kanak, sehingga mudah dipahami dan diikuti oleh anak-anak.”Kegiatan yang disajikan dalam video ini mampu menarik minat anak dan memotivasi mereka untuk berperilaku tertib.Pendekatan yang berpusat pada anak dalam video ini menunjukkan bahwa pembelajaran dapat dilakukan dengan menyenangkan tanpa mengurangi tujuan pembelajaran.

  9. Nama: Syamsidar
    Nim: 858574044
    Menurut saya ini adalah salah satu gagasan yang menarik karena bagaimanapun anak usia dini baru berkenalan dengan tata tertib sekolah.Terlihat suasana kelas yang awalnya terlihat ribut kemudian mulai bisa terkondisikan saat penggunaan karcis diberlakukan.Anak-anak menjadi lebih tenang dan fokus.Tentunya penerapannya juga bisa dicobakan di sekolah lain karena bahan-bahannya yang mudah dibuat dan digunakan.

Leave a Reply