Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Assalamualaikum
Nama : Melda Yani
Nim : 859815483
Pokjar : Rate-Rate
setelah saya menyimak vidio diatas tentang “Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir” ini sangat membantu untuk mencari solusi di saat anak tidak bisa di atur dan juga yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak. Karena memang sangat penting mengajarkan aturan sejak dini bahwa setiap aktivitas seperti parkir ada aturannya, misalnya harus memiliki karcis sebagai tanda resmi. selain itu juga dapat membentuk kedisiplinan anak dalam memahami pentingnya mengikuti prosedur ( mengambil, menyimpan, dan mengembalikan karcis dengan benar) sehingga mereka terbiasa dengan perilaku disiplin dan juga bertanggung jawab. Tentunya, kegiatan ini perlu dikemas dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak, misalnya dengan memberikan karcis bergambar lucu atau memberikan pujian ketika anak berhasil mengikuti prosedur.
Nama : Sinta Harpili
NIM : 856338152
Refkeksi dari saya mengajarkan ketertiban dan keteraturan kepada anak usia dini adalah pondasi penting dalam membentuk karakter anak di masa depan. Salah satu metode kreatif yang dapat digunakan adalah melalui simulasi penggunaan karcis parkir dalam aktivitas bermain mereka. Penggunaan karcis parkir dalam pembelajaran anak usia dini bukan hanya sekadar permainan, tetapi merupakan strategi efektif untuk menanamkan nilai ketertiban, keteraturan, dan tanggung jawab secara konkret. Dengan cara ini, anak-anak belajar bahwa hidup bersama membutuhkan aturan dan keteraturan yang dijalani dengan kesadaran, bukan keterpaksaan.
Makna dan Tujuan:
Dengan konsep karcis parkir, anak-anak dilatih untuk:
• Mengikuti aturan (mengambil karcis, menyimpannya dengan baik, menunjukkan saat diperlukan).
• Belajar menunggu giliran dan mengelola antrian.
• Menghargai sistem yang mengatur kehidupan bersama.
• Mengembangkan tanggung jawab kecil (menjaga dan mengembalikan karcis dengan rapi).
Kelebihan Strategi Ini:
• Membuat aturan menjadi pengalaman nyata dan menyenangkan. Anak tidak merasa dipaksa, melainkan bermain sambil belajar.
• Mengasah kemampuan sosial (seperti bekerja sama, bersabar, dan saling menghormati).
• Membangun konsep keteraturan dalam pola pikir anak secara alami.
Solusi dan Perbaikan:
• Membuat karcis sederhana yang menarik (warna-warni, bergambar) agar anak lebih tertarik dan mudah mengingat.
• Memberikan penghargaan kecil (seperti pujian) saat anak mampu mengikuti prosedur dengan baik.
Nama ; Siti Salsabila Nafisah
NIM : 858532047
UPBJJ : Semarang
Dari video diatas, guru sangat kreatif dalam menertibkan anak agar tidak berebut mainan, yaitu dengan memberikan tiket yang berisi angka. Setelah angka dipanggil, anak akan maju dan mengambil mainan. Sehingga kondisi tertib.
ijin berkomentar,
nama: Mardiani
Nim: 855896048
MK: Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini
Video ini menunjukkan strategi yang menarik dan inovatif dalam pengelolaan kelas AUD melalui penggunaan ‘karcis parkir’ mainan. Metode ini tampak efektif dalam melatih ketertiban, kesabaran, dan tanggung jawab anak terhadap barang miliknya, serta membantu menciptakan suasana belajar yang lebih fokus.
Terlihat bahwa anak-anak pada awalnya kurang tertarik dengan kegiatan mendengarkan cerita dan lebih memilih bermain dengan mainan sendiri. Namun, guru berhasil mengatasi situasi ini dengan bijak melalui penerapan sistem karcis parkir. Hal unik yang muncul adalah preferensi anak terhadap mainan pribadi dibandingkan cerita yang dibawakan.
Untuk perbaikan ke depan, disarankan agar cerita yang tertunda dapat dilanjutkan setelah penertiban, diikuti dengan diskusi. Selain itu, kenyamanan anak saat kegiatan mewarnai perlu diperhatikan dengan menyediakan meja, mengingat kondisi lantai yang dingin.
Secara keseluruhan, video ini memberikan inspirasi tentang cara kreatif menanamkan keteraturan pada anak usia dini, meskipun tantangan dalam menarik perhatian anak pada semua jenis kegiatan tetap perlu diantisipasi.”
Nama : Hindun Oktavia
NIM : 856824001
Pada kesempatan kali ini, saya akan menambahkan sedikit komentar yang tidak panjang lebar mengenai video pembelajaran di atas.
Menurut saya, penerapan karcis parkir tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan peserta didik agar suasana kelas tetap kondusif. Hal tersebut menurut saya menarik, dan dapat melatih perilaku disiplin peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga akan menjadi lebih mudah dalam mengendalikan jalannya kegiatan belajar mengajar
Menurur saya dalam video diatas,menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini adalah langkah penting dalam pengembangan karakter mereka. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah melalui penggunaan karcis parkir. Dengan memberikan karcis parkir sebagai alat bantu, anak-anak dapat belajar tentang aturan dan tata tertib yang harus diikuti. Misalnya, mereka dapat memahami pentingnya mengikuti jalur yang telah ditentukan, menunggu giliran mereka, dan mematuhi batas waktu tertentu. Penggunaan karcis parkir juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan pengambilan keputusan. Selain itu, kegiatan ini dapat dilakukan secara interaktif dan menyenangkan, sehingga anak-anak tidak merasa terbebani dan tetap termotivasi untuk belajar.
Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir dapat dilakukan dengan cara mengajarkan mereka tentang pentingnya mengikuti aturan, menunggu giliran mereka, dan mematuhi batas waktu tertentu. Kegiatan ini juga membantu mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan pengambilan keputusan.
Pada video diatas, metode yang digunakan untuk menertibkan anak agar dapat fokus mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru sangatlah efektif. Dengan adanya karcis parkir anak dapat belajar tentang tanggung jawab, disiplin dan prosedur belajar. Dengan demikian kegiatan bercerita dapat terlaksana dengan tertib dan kondusif. Terimakasih, video ini sangat menginspirasi dan dapat dipraktikkan oleh para pendidik anak usia dini dalam menanamkan sikap tertib saat pembelajaraan.
Saya sangat tertarik dengan bagian video di menit ke 02:13, saat guru menggunakan karcis parkir dalam kegiatan bermain peran “parkir kendaraan”. Di sini, guru secara kreatif menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan melalui pengalaman langsung yang bermakna. Anak-anak belajar bahwa sebelum memarkir “kendaraan”-nya, mereka harus mengambil dan menyerahkan karcis parkir terlebih dahulu, seperti di kehidupan nyata.
Menurut saya, ini adalah contoh asesmen otentik yang sangat efektif. Anak-anak tidak hanya bermain, tetapi sekaligus mempraktikkan aturan sosial, menunggu giliran, serta mengenal konsep tertib dan tanggung jawab. Hal seperti ini tidak akan tercapai dengan metode ceramah atau tes tertulis.
Kegiatan sederhana namun bermakna ini memperlihatkan bahwa pembelajaran di PAUD bisa sekaligus menjadi media pembentukan karakter anak sejak dini.
Nama : Kadek Sri Astrini
Prodi. : PG PAUD
Tanggapan Forum Diskusi:
Saya sudah menonton video tentang Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir dan saya sangat tertarik dengan bagian video di menit ke 02:13, saat guru menggunakan karcis parkir dalam kegiatan bermain peran “parkir kendaraan”. Di sini, guru secara kreatif menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan melalui pengalaman langsung yang bermakna. Anak-anak belajar bahwa sebelum memarkir “kendaraan”-nya, mereka harus mengambil dan menyerahkan karcis parkir terlebih dahulu, seperti di kehidupan nyata.
Menurut saya, ini adalah contoh asesmen otentik yang sangat efektif. Anak-anak tidak hanya bermain, tetapi sekaligus mempraktikkan aturan sosial, menunggu giliran, serta mengenal konsep tertib dan tanggung jawab. Hal seperti ini tidak akan tercapai dengan metode ceramah atau tes tertulis.
Kegiatan sederhana namun bermakna ini memperlihatkan bahwa pembelajaran di PAUD bisa sekaligus menjadi media pembentukan karakter anak sejak dini.
Trimakasih
Nama : Kadek Sri Astrini
Prodi : PG PAUD
Saya sudah menonton video tentang Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir dan saya sangat tertarik dengan bagian video di menit ke 02:13, saat guru menggunakan karcis parkir dalam kegiatan bermain peran “parkir kendaraan”. Di sini, guru secara kreatif menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan melalui pengalaman langsung yang bermakna. Anak-anak belajar bahwa sebelum memarkir “kendaraan”-nya, mereka harus mengambil dan menyerahkan karcis parkir terlebih dahulu, seperti di kehidupan nyata. Menurut saya, ini adalah contoh asesmen otentik yang sangat efektif. Anak-anak tidak hanya bermain, tetapi sekaligus mempraktikkan aturan sosial, menunggu giliran, serta mengenal konsep tertib dan tanggung jawab. Hal seperti ini tidak akan tercapai dengan metode ceramah atau tes tertulis. Kegiatan sederhana namun bermakna ini memperlihatkan bahwa pembelajaran di PAUD bisa sekaligus menjadi media pembentukan karakter anak sejak dini. Trimakasih