Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

470 Comments

  1. Nama: Levis Wanrida Nazara
    Nim: 860108855
    UPBJJ: Medan
    Izin menanggapi video diatas
    Setelah menonton video ini dapat diambil kesimpulan bagaimana cara menghadapi anak-anak saat kegiatan belajar karena memiliki sifat yang berbeda-beda. Dalam hal ini guru paud dapat menanamkan ketertiban dan ketaatan pada anak usia dini dengan menggunakan karcis parkir. Dengan menggunakan metode ini bukan cara satu-satunya cara untuk menanamkan ketertiban kenapa anak usia dini namun banyak metode lain.

  2. nama : PERIDA
    nim : 858195963
    UPBJJ : PALANGKARAYA
    sinopsis ini menggambarkan sebuah pendekatan yang kreatif, praktis, dan berpotensi efektif dalam menanamkan nilai-nilai ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini. Saya sangat tertarik untuk melihat bagaimana implementasi program ini dalam praktik dan dampaknya terhadap perkembangan peserta didik. Ini adalah contoh bagaimana guru PAUD dapat berpikir “di luar kotak” dan menciptakan solusi yang menyenangkan dan mendidik untuk tantangan di kelas.

  3. Nama : LIDIYA
    Nim : 858195956
    UPBJJ : PALANGKARAYA
    sinopsis ini menggambarkan sebuah pendekatan yang kreatif, praktis, dan berpotensi efektif dalam menanamkan nilai-nilai ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini. Saya sangat tertarik untuk melihat bagaimana implementasi program ini dalam praktik dan dampaknya terhadap perkembangan peserta didik. Ini adalah contoh bagaimana guru PAUD dapat berpikir “di luar kotak” dan menciptakan solusi yang menyenangkan dan mendidik untuk tantangan di kelas.

  4. Nama : Niat krisna Laoli
    Nim : 878369648
    Prodi : S1 PGPAUD

    Pada Diskusi 4 ini saya telah menonton video tentang ” Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir “.
    Izin menanggapi video di atas, setelah saya menonton video di atas saya mengambil kesimpulan bahwa seorang guru yang kreatif dalam mengajar dapat menanamkan nilai ketertiban dan keteraturan kepada anak usia dini melalui pengalaman langsung yang bermakna. Misalnya mengajak anak bermain peran seperti dalam video diatas, Anak-anak belajar bahwa sebelum memarkir “kendaraan”-nya, mereka harus mengambil dan menyerahkan karcis parkir terlebih dahulu, seperti di kehidupan nyata.
    Menurut saya, video ini adalah contoh asesmen otentik yang merupakan metode penilaian yang mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi dunia nyata, bukan hanya sekadar menguji pengetahuan teoritis. Asesmen ini melibatkan berbagai bentuk pengukuran, seperti proyek, presentasi, atau tugas-tugas yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

    Terimakasih…

  5. Nama: Safria Herviza
    NIM: 855901759

    Video tersebut menunjukkan kreativitas guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran. Penggunaan karcis parkir sebagai alat untuk mengatur siswa dalam mengambil dan menyimpan mainan sangatlah inovatif dan efektif. Metode ini membantu siswa memahami konsep kepemilikan dan tanggung jawab, serta mengurangi konflik dan kekacauan di dalam kelas. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih fokus dan siswa dapat belajar dengan lebih nyaman dan teratur. Ini adalah contoh baik dari bagaimana guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  6. Nama: Safria Herviza
    NIM: 855901759

    Video tersebut menunjukkan kreativitas guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran. Penggunaan karcis parkir sebagai alat untuk mengatur siswa dalam mengambil dan menyimpan mainan sangatlah inovatif dan efektif. Metode ini membantu siswa memahami konsep kepemilikan dan tanggung jawab, serta mengurangi konflik dan kekacauan di dalam kelas. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih fokus dan siswa dapat belajar dengan lebih nyaman dan teratur. Ini adalah contoh baik dari bagaimana guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  7. Nama: Mir’atul Ummah
    NIM: 860002368
    UPBJJ: Semarang
    Sebagai mahasiswa PGPAUD, saya menilai bahwa video ini sebagai contoh nyata dari penerapan asesmen otentik yang sangat efektif dalam evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang ditampilkan bukan hanya menarik dan menyenangkan bagi anak, tetapi juga sarat akan nilai-nilai edukatif yang mendukung pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan sosial sejak usia dini. Ini selaras dengan isi buku Evaluasi Pembelajaran TK, yang menegaskan bahwa penilaian terhadap anak usia dini sebaiknya dilakukan secara alami, menyeluruh, serta menyatu dalam aktivitas bermain mereka sehari-hari.

  8. setelah saya menonton video seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD melalui penggunaan karcis parkir, menurut saya itu cara yang cukup efektif agar anak anak lebih tertib dan lebih disiplin dalam mentaati peraturan yang ada,sehingga pembelajaran lebih kondusif . dan pada saat guru bercerita ,sebaiknya menggunakan media yang menarik perhatian anak sehingga cerita tidak membosankan.

  9. Nama : Bakoh Putro Sambodo
    NIM : 857865568
    Sem. : 8 (delapan)

    Melalui video menanamkan ketertiban dengan cara menggunakan karcis parkir tersebut saya rasa bisa diterapkan. Namun kondisi berbeda dengan lembaga dimana tempat kami mengajar. Sejak awal masuk kegiatan pembelajaran, orang tua sudah diberikan pengertian bahwa anak-anak dimohon untuk tidak membawa mainan dari rumah. Tetapi apabila terpaksa ada anak yang tetap membawa mainan dari rumah dan membuat teman yang lain akan tergangu maka biasanya kami akan menyinmpan maina tersebut dan mengembalikan mainan tersebut setelah kegiatan KBM selesai.

    Demikian tanggapan saya dari video pembelajaran diatas, terima kasih

  10. video ini menjelaskan tentang cara menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir . guru akan lebih mudah menentramkan dan menertibkan anak pada saat mengambil dan menyimpan mainanya. melalui media ini anak lebih fokus untuk mengikuti pembelajaran dan menjadi lebih tertib,tidak lagi saling berebut mainan yang bukan miliknya. video ini sangat membantu kita sebagai seorang guru PAUD

Leave a Reply