silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Masniati
Nim : 858516651
Izin menanggapi
Setelah menonton vidio di atas saya berpendapat bahea pengembangan sosial emosional (sosem)pada anak Paud sangat penting kerena dapat mempengaruhi kepercayaan diri,empati dan kemampuan anak untuk berteman.jika perkembangan sosem anak terhambat,anak akan kesulitan bersosialisasi dengan orang lain di sekitarnya.berikut ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengembangan sosial anak :
a. Perkembangan anak sejak Dini
b. Mengajarkan anak mengontrol emosi
C. Memantau perkembangan anak
d. Membiasakan anak
e. Menciptakan lingkungan belajar yang aman
f. Mengajarkan keterampilan sosial emosional
g. Memberikan dukungan dan bimbingan.
Nama : Ridha Amalia Nasution
Nim : 878249658
Pokjar : Sergai
Izin menanggapi
1. Judul video : menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Ringkasan isi video
• Video ini dibuat di sekolah dasar dengan penulis rusdianto
• sinopsis video ini yaitu bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi , memberi penguatan , dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
3. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah tidak diawali dengan menyambung siswa atau ice breaking, penampilan guru yang kurang rapi, tidak bersemangat dalam mengajar. Kemudian guru langsung masuk ke inti pembelajaran seharusnya tanyakan terlebih dahulu pelajaran apa kemarin dan hubungkan dengan materi hari ini.
4. Kelebihan dalam video ini adalah terlihat guru sabar dan pemakaian media yang digunakan sudah cukup walau hanya visual saja. Kemudian guru cepat mencari solusi bagaimana mencari cara agar menarik perhatian siswa.
5. Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran adalah guru langsung cepat mencari solusi bukan hanya sekedar ceramah saja tapi dengan menggunakan media yang cocok untuk menarik pembelajaran walau media hanya digunakan sedikit.
Terimakasih 🙏
Nama : Ridha Amalia Nasution
Nim : 878249658
Pokjar sergai
Izin menanggapi
1. Judul video : menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Ringkasan isi video
• Video ini dibuat di sekolah dasar dengan penulis rusdianto
• sinopsis video ini yaitu bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi , memberi penguatan , dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
3. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah tidak diawali dengan menyambung siswa atau ice breaking, penampilan guru yang kurang rapi, tidak bersemangat dalam mengajar. Kemudian guru langsung masuk ke inti pembelajaran seharusnya tanyakan terlebih dahulu pelajaran apa kemarin dan hubungkan dengan materi hari ini.
4. Kelebihan dalam video ini adalah terlihat guru sabar dan pemakaian media yang digunakan sudah cukup walau hanya visual saja. Kemudian guru cepat mencari solusi bagaimana mencari cara agar menarik perhatian siswa.
5. Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran adalah guru langsung cepat mencari solusi bukan hanya sekedar ceramah saja tapi dengan menggunakan media yang cocok untuk menarik pembelajaran walau media hanya digunakan sedikit.
Terimakasih 🙏