silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. nama : peggy sheldima putri
    nim: 856617083

    menurut saya dalam video ,reaksi anak sangat bagus karna guru nya memberikan permainan untuk mengalihkan perhatian anak anak ke pembelajaran.di dalam video saya melihat ada kekurangan yaitu tidak menjelaskan dengan menulis di papan tulis atau bernyanyi tentang berhitung. kelebihan dalam video anak anak tetap memperhatikan guru nya menjelaskan dengan baik dn anak anak bersikap dengan tenang dan sopan. hal unik dalam video adalah ketika anak anak bermain berhitung seperti tepuk dua kali anak anak langsung merespon nya. solusi untuk video adalah sebaik nya membuat lebih dari 1 permainan berhitung supaya anak anak lebih rilek dan konsen terhadap pembelajaran.

  2. Nama : Dwi Sri Yuniati
    NIM : 826162216
    Setelah melihat vidio diatas, menurut saya guru sudah sangat bagus memulai pelajaran dengan kegiatan yang menarik yaitu dengan tepuk untuk mencairkan suasana, meningkatkan fokus, dan membangun keakraban dengan siswa. Guru juga menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, dan menghubungkan materi dengan kehidupan nyata.

  3. Nama : Arnil fatma
    Nim : 856571494
    Ass wr wb menurut pendapat saya dari kedua video tersebut sudah jelas perbedaan dari penampilan guru yang tanpak tidak rapi dan juga tidak disiplin,dan juga fokus sudah seharus nya tidak hanya kepada materi yang akan diajarkan saja tetapi juga fokus siswa harus diperhatikan terlebih dulu sebelum memberikan materi pembelajaran dikarenakan jikalau siswa tersebut melihat guru nya rapi dan pembukaan pembelajaran yg tidak membosankan maka fokus para siswa kepada guru akan jauh lebih baik dan pembelajaran pun akan terlaksana dengan baik dan menyenang kan.

  4. Saya nova meliani lumban raja
    dari pokjar labura ,ut medan
    saya berpendapat dalam video tersebut
    1.Guru tidak memberikan salam saat memasuki ruangan kelas
    2.Guru tidak mengajak murid untuk berdoa memulai pebelajaran
    3.Guru tidak mengapersipasi siswa saat dalam keadaan ribu
    4 Guru dalam memasuki materi pembelajaran tidak menjelaskan materi pebelajaran terlebih dahulu dan tidak memberikan maksud dan tujuan dari pembeljaran
    5.Dalam video tersebut guru lebih banyak menggunakan metode ceramahsehingga siswa tidak dapat memahami pembelajaran ,
    nah dalam pengamatan saya dlam video tersebut harus melakukan metode pembelajaran karya wisata sehingga murid mudah memahami pembeljaran dan semangat belajar.dan saya sebagai guru juga dapat menampilkan sebuah cuplikan video yang terkait dengan pebelajaran

Leave a Reply