silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. NAMA : HARDIYANTI
    NIM : 859404615
    SEMESTER : 6
    UPBJJ : MAKASSAR
    PRODI : PGSD

    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru .
    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran Dalam video tersebut adalah Guru tersebut kesulitan untuk menarik perhatian siswa.

    Secara keseluruhan kelebihan guru dalam menerapkan pembelajaran Pada video tersebut adalah sering memancing peserta didik untuk Lebih meningkat akan Rasa ingin tahunya dengan cara mengajak siswa untuk Tanya jawab.

    Hal-hal Unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru pada saat proses pembelajaran adalah Guru tersebut sering memancing para siswa untuk Aktif dalam pembelajaran walaupun beberapa siswa nyatanya kurang aktif tapi guru tersebut masih terus berusaha untuk memancing keaktifan siswa. Hal yang dapat meningkatkan peningkatan kualitas pembelajaran pada video tersebut adalah sebaiknya guru pada saat Mengajar Membawa media pembelajaran berupa alat peraga sehingga hal tersebut dapat menarik perhatian siswa Dan dapat juga membangun suasana kelas yang kreatif dan menyenangkan.

  2. Menurut pendapat saya setelah menonton vidio tersebut, dapat disimpulkan bahwa seorang guru itu harus menyiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa,dengan begitu anak akan lebih tertarik dan mau untuk mengikuti pembelajaran di kelas

  3. Nama: Sarti Evi Elida Aritonang
    Nim: 855868095
    Pokjar: Humbang Hasundutan

    Dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa sebelum guru masuk kedalam kelas guru harus mempersiapkan diri bagaimana metode pembelajaran yang hendak digunakan supaya anak didik tertarik dan terarah untuk fokus mengikuti pembelajaran. Kemudian jika guru mau mengajar sebaiknya menggunakan pakaian yang rapi dan sopan agar anak merasa senang, melihat penampilan guru yang rapi juga termasuk hal yang bisa menumbuhkan ketertarikan siswa untuk belajar. Kemudian dalam menggunakan alat peraganya juga sudah lumayan walaupun masih pakai alat peraga visual tetapi guru sudah berusaha membangun siswa untuk aktif memberi umpan balik atas apa yang dipertanyakan guru.

  4. Nama : Tryanti Siringoringo
    Nim : 855862689
    Pokjar : Humbanghasundutan

    Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya. Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.

  5. NAMA : DESI ANGRIANI
    NIM : 859407176
    UPBJJ : MAKASSAR
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa di dalam kelas tidak merespon guru, tampak acuh tak acuh dan tidak memperhatikan guru sama sekali.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan pada video tersebut yaitu seorang guru hendaknya memakai pakaian yang rapi agar bisa menjadi contoh yang baik terhadap siswa dan menunjukkan sikap disiplin. Guru tidak ada kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, berdoa, mengecek kehadiran siswa. Selain itu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa melihat suasana kelas yang tidak kondusif.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video tersebut, guru dapat menarik perhatian siswa dan fokus kepada guru dengan memberikan semangat atau yel yel. Serta guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk sebagai salah satu daya tarik yang kuat untuk menarik perhatian siswa yang sering dijumpai di lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu sebagai guru harus kreatif dan bisa mengambil perhatian siswa agar lebih fokus kepada kita dan menggunakan alat peraga sebagai daya tarik untuk menarik perhatian siswa.
    Serta sebagai guru kita harus berpenampilan yang rapih,memakai sepatu dan bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.

  6. NAMA : DESI ANGRIANI
    NIM : 859407176
    UPBJJ : MAKASSAR
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa di dalam kelas tidak merespon guru, tampak acuh tak acuh dan tidak memperhatikan guru sama sekali.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan pada video tersebut yaitu seorang guru hendaknya memakai pakaian yang rapi agar bisa menjadi contoh yang baik terhadap siswa dan menunjukkan sikap disiplin. Guru tidak ada kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, berdoa, mengecek kehadiran siswa. Selain itu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa melihat suasana kelas yang tidak kondusif.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video tersebut, guru dapat menarik perhatian siswa dan fokus kepada guru dengan memberikan semangat atau yel yel. Serta guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk sebagai salah satu daya tarik yang kuat untuk menarik perhatian siswa yang sering dijumpai di lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu sebagai guru harus kreatif dan bisa mengambil perhatian siswa agar lebih fokus kepada kita dan menggunakan alat peraga sebagai daya tarik untuk menarik perhatian siswa.
    Serta sebagai guru kita harus berpenampilan yang rapih,memakai sepatu dan bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.

  7. NAMA : Sri Lestari
    NIM : 859508671
    UPBJJ : Jakarta

    Kegiatan pembelajaran dalam video sudah menggunakan media yang menarik sehingga siswa dapat menjadi lebih fokus dan semangat, meski di awal video nampak pak guru berpenampilan kurang rapi, dan siswa juga terkesan cuek dengan kedatangan guru. Guru memberikan contoh dalam penjumlahan dan pengurangan dengan media buah, hal ini membuat siswa tertarik untuk berhitung.

  8. Nama : Lisna Nur Wahyuni
    Nim : 856573158
    Upbjj : jambi
    Prodi : PGSD-S1

    Setelah menyimak vidio diatas saya dapat menyimpulkan beberapa poin sebagai berikut:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran awalnya cenderung acuh dan sibuk dengan diri sendiri atau teman sebangkunya. Namun, guru berhasil memperoleh perhatian siswa dengan mengajak mereka tepuk tangan dan melakukan apersepsi.

    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran terlihat saat kedatangannya ke kelas dengan pakaian kurang rapi dan hanya menggunakan sendal. Selain itu, guru langsung menjelaskan materi tanpa memperhatikan kondisi kelas yang tidak kondusif

    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran terlihat saat menggunakan alat peraga untuk menyampaikan materi dan melakukan ice breaking dengan tepuk tangan untuk menarik perhatian siswa. Guru juga memanfaatkan benda-benda di sekitar kelas dalam penjelasannya.

    4. Hal unik dalam video pembelajaran adalah penggunaan alat peraga seperti buah jeruk yang familiar bagi siswa, memudahkan pemahaman materi.

    5. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya, disarankan agar guru memperhatikan penampilan dengan rapi dan menggunakan sepatu. Guru juga perlu menguasai kondisi kelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Selain itu, disarankan untuk tetap melakukan ice breaking dan apersepsi, serta memanfaatkan berbagai alat atau bahan pembelajaran yang tersedia di lingkungan sekolah.

  9. Nama : AHMAD GHUFRON
    NIM : 856982507
    UPBJJ : UT_Bandar Lampung

    1. agaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa didalam kelas tampak acuh dan sibuk pada diri sendiri atau pada temen Sebangkunya,, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk kedalam kelas,, namun ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berhasil memfokuskan perhatian murid dengan mengajak mereka tepuk tangan dan melakukan apersepsi

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan pada video tersebut yaitu ketika seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang kurang rapi dan hanya memakai sendal. Selain itu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa menjelaskan terlebih dahulu pelajaran tersebut,, dan tetap menjelaskan tanpa melihat suasana kelas yang tidak kondusif.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    pada video selanjutnya,guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid. guru dalam menjelaskan juga menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan juga menggunakan benda yang ada didalam kelas.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk,, buah yang sering dijumpai dalam lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu,selain itu,, dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang dan juga adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar,, untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

  10. Nama : Edi Suranta Padang
    Nim :856051116
    Upbjj : Medan
    Prodi : PGSD-S1

    1. Pada video yang saya analisis dari pembelajaran matematika di SD mengenai kesulitan Menarik Perhatian siswa , Rekasi siswa dalam proses pembelajaran tersebut adalah siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran,Ini ditunjukkan dengan suasana kelas yang ribut dan tidak tertib,siswa asik bermain dengan temannya, sehingga pada saat guru berbicara siswa tidak mendengarkan.

    2.Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dari vidio tersebut adalah: -kurang rapihnya penampilan guru saat mengajar, ini dapat dilihat dari baju yang keluar dan tidak dimasukkan saat akan memulai proses pembelajaran, dan juga Guru tersebut memakai sandal saat mengajar siswa.
    -kurang menariknya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, ekspresi guru tidak ceria ,terlebih lagi jika yang di ajarkan di kelas rendah seharusnya seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran harus ekspresif dan menyenangkan, ceria dan mau medengarkan pendapat siswa.

    3. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran berdasarkan vidio tersebut adalah guru mengajak siswa menghitung dengan mengeksplorasi benda benda di lingkungan sekitar seperti saat guru mananyakan “siapa yang kesekolah naik mobil ? kemudian guru bertanya kembali “ada berapa jumlah ban mobil ?” pertanyaan seperti ini memancing siswa untuk bereksplorasi. Kemudian saat proses pembalajaran guru juga menggunakan alat dan media pembelajaran.

    4. Hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut saat proses pembelajaran adalah guru mengajak siswa bereksplorasi dengan benda–benda di sekitar,penggunaan alat dan media yang digunakan guru pada proses pembelajaran, seperti penggunaan buah jeruk dan batu jam serta gambar poster dalam menyampaikan materi berhitung. Selain itu, siswa yang ribut saat guru akan memulai proses pembelajaran dapat berhenti saat guru mengajak siswa untuk melakukan tepuk satu kali dan dua kali sehingga siswa dapat fokus dan tertarik pada guru.

    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru harus berpenampilan rapih dan menarik saat mengajar di dalam kelas.
    Saat proses pembelajaran terutama di kelas rendah seorang guru harus lebih ekspresif, aktif dan ceria dalam menyampaikan materi. Dalam melakukan pembelajaran sebaik nya menggunakan alat atau media yang dapat ditemui dilingkungan sekitar untuk menunjang proses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan memperhatikan saat guru menerangkan. Sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Leave a Reply