silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
NAMA : ANISA SYABNA AZZAHRA
NIM :855739906
hal menarik yang saya temukan adalah. pada video tersebut guru menunjukan bagamaina cara menarik perhatin para siswa dengan mini games atau i breaking, lalu, guru tersebut menjelaskan pelajaran sambil sesekali melempar pertanyaan tentang pelajaran tersebut sehingga siswa dapat belajar dengan santai dan pelajaran tersebut mudah di mengerti.
kelebihan
Visual dan Audio: Video tutorial di atas menyajikan informasi secara visual dan audio, yang memungkinkan guru untuk memahami cara menarikperhatian para siswa
Interaktif: Ini membantu guru sd untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran dan memungkinkan mereka untuk langsung menguji pemahaman mereka.
Fleksibilitas: Video tutorial dapat diakses kapan saja dan di mana saja, yang memungkinkan guru untuk belajar sesuai dengan waktu dan kecepatan mereka sendiri. Ini memungkinkan pembelajaran mandiri dan memungkinkan guru untuk mengulangi materi yang sulit sebanyak yang diperlukan.
kekurangan
menurut saya kekurangan dari video di atas yaitu ada di kualitas video. selain dari pada itu saya rasa sudah cukup
NAMA : MUSHIB RASYID
NIM : 877768383
UPBJJ: PALEMBANG
PRODI: PGSD
SEMESTER: 6
Baiklah saya akan menanggapi pertanyaan tentang video pembelajaran tersebut.
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
– Pada saat guru akan masuk ke kelas reaksi siswa di dalam kelas tampak cuek dan sibuk bermain sendiri atau dengan teman Sebangkunya, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk ke dalam kelas.
– Pada saat guru tersebut sudah masuk berusaha memusatkan perhatian murid dengan mengajak mereka bertepuk tangan dan melakukan apresiasi atau tepuk tangan.
2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Sisi kelemahan guru pada video tersebut yaitu pada saat seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang tidak rapi dan hanya memakai sendal akan menurunkan wibawa seorang pengajar.
– Hal lain kelemahan guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa mempelajari kondisi kelas sudah kondusif apa blm untuk menerima materi.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Kelebihan guru di video selanjutnya, yaitu guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang di gunakan adalah alat peraga yang sudah familiar dengan siswa.
– Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid supaya mereka fokus untuk belajar.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
-Ada beberapa Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk, buah yang sudah familiar sekali di lingkungan anak didik. Hal ini tentu mepemudah dalam memahami materi pembelajaran.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
– Sebagai seorang pendidik, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu untuk meningkatkan image di depan siswa. – – – Dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang.
– Untuk membuat susana tidak terlalu tegang harusnya ada ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar.
– Sedangkan media pembelajaran harus bisa memanfaatkan alat atau bahan lain yang dapat kita temukan dilingkungan sekolah kita.
Demikianlah tanggapan saya, terima kasih.
Nama: Fuji Asia Ella
Nim: 858708569
Pokjar: Bangkalan
Semester VI
Menurut saya saat memulai pembelajaran sebaiknya guru bisa memulai dengan menyapa dan memberikan ice breaking agar agar tertarik dengan belajar, siswa pun bersemangat untuk memulai pembelajarannya. guru juga harus mempersiapkan bahan ajar ataupun media yang ingin di jelaskan saat pembelajaran. agar siswa tertarik dan tidak bosan selingi dengan game. setelah saya menonton video tersebut saya belajar bahwa guru harus menciptakan susana kelas yang aktif, terampil dan kreatif, harus membawa siswa untuk mengaitkan pelajaran dengan apapun yang ada disekitar.
NAMA: WINDY YUNI TYAS HAPSARI
NIM: 877314602
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa didalam kelas terlihat acuh dan tidak kondusif, mereka tidak peduli dan tidak tertarik atas apa yang dilakukan oleh gurunya. hal ini dikarenakan guru kurang inovatif dan ekspresif dalam menarik perhatian siswa apalagi dengan penampilan yang kurang praktis. selanjutnya, reaksi siswa berbeda apabila guru mampu menarik perhatian siswa dengan menggunakan ice breaking berupa tepuk angka dan melakukan kaitan terhadap pembelajaran.
2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru pada video tersebut yaitu guru hanya menggunakan sandal dalam mengajar, serta kurang rapi dalam berpakaian. selain itu, guru tidak melakukan apresepsi terlebih dahulu ataupun ice breaking sehingga langsung saja menjelaskan materi didepan kelas dengan membiarkan kelasnya tidak berjalan kondusif.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
pada akhirnya, guru sudah mampu untuk memperbaiki penampilan, dan melakukan apresepsi ataupun ice breaking untuk membuka pelajaran, serta menjelaskan materi menggunakan alat peraga benda konkret yaitu buah jeruk. Sehingga siswa menjadi tertarik dan perhatian akan penjelasan guru.
4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan benda konkret sebagai peraga seperti buah jeruk, guru melakukan ice breaking dengan mengajak siswa melakukan tepuk angka, dengan kemampuan membuka pelajaran yang bagus maka siswa dan kelas akan lebih kondusif.
5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Sebaiknya sebagai seorang guru, kita harus paham etika guru dan profesionalisme, sehingga seharusnya guru lebih rapi dan praktis dalam berpenampilan dan berseragam, mengetahui cara membuka dan menutup kelas, bagaimana cara menarik perhatian siswa dan menguasai kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan kondusif.
Nama : Eva latifatuzzahroh
Nim : 856975375
Pokjar : Kotaagung
Dalam Vidio yang pertama seorang guru berpakaian kurang rapih,baju masuk sebelah,memaki sandal,dan ia juga memasang mimik wajah yang lesu kurang bersemangat,dan tidak ada argumen penyambutan apapun untuk siswa sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan datangnya guru dalam kelas
Vidio yang ke dua guru berpenampilan rapih,dan terlihat bersemangat dan guru tersebut juga menyambut siswa dengan gembira dan memberikan suatu trik contoh cara berhitung matematika menggunakan suatu benda ,agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran tersebut .
Pembelajaran seperti itu sangat diperlukan untuk trik pembelajaran dikelas rendah sehingga siswa bisa tertarik mengikuti pembelajaran tersebut
Nama Mahasiswa : Dhea Fitriani
NIM : 855777493
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Palembang
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
Di awal kami melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Selain itu pakaiannya kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rapi, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba. Dalam adegan video 2 seharusnya siswa disuruh ke depan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
Guru berhasil menarik perhatian siswa dengan mengajak mengeksplorasi benda-benda sekitar dalam pembelajaran. Guru juga memberikan contoh langsung sebagai media pembelajaran sehingga siswa antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran.
3. Hal unik yang terdapat dalam video
Ketika guru masuk kelas siswa gaduh, dan beliau tidak mampu membuat fokus siswa tertuju padanya. Tetapi setelah metode pembelajaran diganti dengan metode yang tepat langsung siswa fokus dengan perintah guru, termasuk perintah permainan tepuk tangan. Ini menurut kami menjadi hal unik yang bisa kami tiru dalam mengelola keadaan kelas ketika pembelajaran berlangsung.
4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Dari kelemahan dan kelebihan video 2 yang diamati, kami merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan metode yang mampu menarik perhatian siswa. Penggunaan media atau bahan pembelajaran berupa contoh langsung benda sehari-hari dengan mengekplorasi lingkungan sekitar merupakan cara yang perlu dilakukan. Penampilan seorang guru yang rapi juga mampu menunjang dalam metode ini.
NAMA : SEKAR RESTU BUMI
NIM : 857732457
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : SEMARANG
Pengamatan saya setelah melihat video “Menarik Perhatian Siswa” tersebut, bahwa seorang pengajar perlu menguasai keterampilan menghidupkan suasana belajar anak dengan baik dan kreatif. Karena pada jenjang kelas kecil khususnya kelas satu, anak lebih tertarik dengan hal-hal menyenangkan dan membuat suasana kelas hidup, tidak membosankan. Sebagai guru pengajar juga penting dalam memperhatikan kerapihan busana, karena itu berpengaruh dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan begitu peserta didik akan lebih memperhatikan dan menghargai guru yang mengajarnya.
Pada kegiatan pembelajaran, untuk pengenalan materi matematika hendaknya guru membawa alat peraga untuk mempermudah pembelajaran dan pemahaman peserta didik di kelas. Karena peserta didik dapat melihat proses pembelajaran secara visual, mereka dapat lebih mudah memproses pengalaman pengajaran.
Nama = Nurjana
Nim = 859641076
Pokjar = kotaraya
Upbjj = Palu
Prodi = PGSD
Semester = 8
Setelah saya melihat vidio tersebut saya dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam menarik perhatian siswa sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar di kelas. Karena proses belajar mengajar dikelas akan berlangsung baik dan berjalan sebagaimana mestinya dan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Untuk itu menurut saya agar siswa lebih perhatian tentunya kita sebagai guru haru berpenampilan menarik dan enak dipandang agar siswa lebih betah dikelas. Menggunakan metode pembelajaran diskusi agar proses pembelajaran tidak terlihat monoton. Belajar sambil bermain agar siswa tidak merasa bosan untuk belajar. Dengan begitu menurut saya siswa pasti akan tertarik dan menjadi lebih giat lagi untuk belajar.
Nama : Yulia Christin Br Bangun
NIM : 855856796
Pokjar : Labuhanbatu Utara
UPBJJ : UT Medan
Kesimpulan yang saya dapat dari video ini adalah guru harus memiliki peran aktif di dalam kelas dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik agar kelas terlihat lebih kondusif saat proses pembelajaran dimulai, dan guru harus menyiapkan media yang menarik sesuai kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat untuk saya sebagai seorang guru dan biaa saya terapkan di dalam kelas kepada peserta didik. Dalam video tersebut sebagai seorang guru kita harus mampu mengembangkan metode belajar yang kreatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di dalam kelas.
Demikian komentar yang bisa saya berikan dan saya ucapkan terima kasih.
Nama : Lina Kusumawati
NIM : 858528022
UPBJJ : Semarang
Prodi : PGSD
Semester : 6
Baiklah, saya akan menanggapi tentang video tersebut
1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Sebagian besar siswa masih belum fokus mengikuti pembelajaran dikelas
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Ketika masuk kelas guru belum menerapkan disiplin positif yaitu masih memakai sandal, yang seharusnya memakai sepatu.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Dengan menggunakan peraga benda konkrit dalam pembelajaran, memudahkan siswa dalam memahami cara berhitung.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut ?
Siswa dengan mudah menemukan jawaban yangbditanyakan oleh guru.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dan tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
a. Guru perlu meningkatkan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan benda konkrit dengan jumlah yang lebih banyak.
b. Siswa diberi tugas membawa benda konkrit yang mudah didapat sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.