silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Mahmudah
    NIM : 822993847
    UPBBJJ : Bondowoso
    Menurut pendapat saya dalam Video tersebut memperlihatkan pendekatan pendakatan seorang guru dalam menyampaikan materi supaya lebih mudah diterima oleh murid.
    seorang guru wajib melakukan berbagai metode pendekatan demi lancarnya pembelajaran didalam kelas. dengan bervariasinya cara mengajar, murid lebih antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar didalam kelas.

  2. NAMA : Eka purnama sari
    NIM : 855856338
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : UT MEDAN
    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang di lakukan guru adalah di awal guru masuk siswa tidak mendengarkan apa yang di suruh oleh guru mereka asik bermain, bercerita dengan teman nya tetapi di saat guru menjelaskan pengurangan bilangan dengan membawa buah yang sudah di siapkan sebagai bahan praktek pembelajaran berhitung, siswa mulai tertarik dengan pembelajaran yang di di bawakan oleh guru dan mereka mulai menyenangi pembelajaran matematika tersebut.

    2. Kelemahan guru dalam proses pembelajaran di dalam video tersebut adalah guru tersebut kurang menarik saat memulai pembelajaran tersebut sehingga siswa kurang minat untuk mempelajari nya dan siswa pun tidak begitu mendengarkan apa yang di bilang oleh gurunya.

    3.kelebihan guru dalam pembelajaran di video tersebut adalah guru berhasil membuat siswa untuk lebih minat dan tertarik dalam pembelajaran matematika tersebut sehingga siswa mulai memperhatikan guru saat menjelaskan apa yang di sampaikan oleh guru

    4. Hal unik yang saya temui dalam video tersebut adalah saat guru membawa 5 jeruk ke dalam kelas

    5. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru tersebut adalah :
    – guru harus bisa membuat siswa untuk tertarik dan minat saat belajar
    – guru seharus nya saat mau memulai pembelajaran mengajak siswa untuk bernyanyi atau tepuk angka
    – membuat siswa bagaimana agar mereka lebih fokus saat belajar dan membuat metode pembelajaran yang berbeda seperi kelompok atau quiz
    – mengajak siswa bercerita atau bercanda gurau agar siswa tidak bosen di tengah-tengah pembelajaran berlangsung

  3. Nama : Nadiah
    Nim : 855736276
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar : Kota agung ( Tanggamus-Lampung )

    Setelah saya menonton video yang berjudul menarik perhatian siswa, menurut saya video yang pertama guru belum berhasil menarik perhatian siswa, karena saat guru sedang berbicara siswa masih asik ngobrol, bemain-main dengan teman sebangkunya tanpa menghiraukan apa yang guru bicarakan, pakaian guru kurang rapih dan sopan, dan ketika guru masuk kelas apresepsi guru monoton kurang menarik sehingga guru susah mengondisikan karena siswa belum tertarik dengan guru dan belum siap belajar. sedangkan pada video kedua guru menggunakan pakaian yang lebih rapih dan lebih menarik perhatian siswa, terlihat adanya ice breaking di awal pembelajaran sehingga membuat siswa semangat untuk belajar dan guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kegiatan sehari-hari. Pada video kedua guru juga menggunakan benda-benda konkret seperti jeruk dan baterai dalam mengaplikasikan materi penjumlahan dan pengurangan.

  4. Nama : Wulan Nur Endah
    NIM : 858528807
    Prodi : S1 PGSD
    Semester : 6
    UPBJJ : 42/Semarang

    mohon izin menanggapi video tersebut. Setelah saya melihat video “Menarik Perhatian Siswa” tersebut. Menurut saya seorang guru memang harus memiliki ketrampilan menarik perhatian siswa apalagi jika siswa yang diajaranya adalah siswa kelas 1 yang merupakan siswa transisi dari PAUD/TK ke SD oleh karena itu benar sekali dalam mengajar kelas transisi harus mempertimbangkan aspek psikologis anak dan minat belajar anak yang masih berkembang. Sehingga dibutuhkan guru yang memiliki ketrampilan menarik perhatian anak dengan ekspresi/mimik wajah yang menyenagkan, mau mendengarkan pendapat anak dan berpenampilan rapih dan menarik. Sangat terlihat perbedaannya di awal video saat guru datang dengan penampilan yang kurang rapih (baju seragamnya keluar dan ia memakai sandal), kemudian langsung memberi intruksi kepada anak-anak untuk membuka buku pelajarannya, di situ terlihat anak-anak masih gaduh belum terkondisi namun bapak guru tersebut mengabaikan kondisi tersebut dan meminta anak-anak untuk diam.Hal tersebut terlihat menandakan bahwa guru tidak dapat menarik perhatian siswa, Sedangkan berbeda sekali pada video selanjutnya. Seorang guru datang ke kelas dengan penampilan begitu rapih dan menarik kemudian tidak langsung menuju ke materi pembelajaran tetapi bapak guru tersebut melakukan kegiatan ice breaking untuk menarik perhatian anak dengan gerakan tepuk-tepuk. Kemudian guru tersebut juga memiliki ketrampilan bertanya yang baik atau memberikan kalimat pemantik sebelum masuk ke materi dengan tujuan untuk memusatkan perhatian anak. selanjutnya saat guru tersebut menyampaikan materi, guru tersebut menggunakan benda-benda konkret untuk mengeksplorasi pemahaman anak menjadi lebih mudah. Anak-anak terlihat kondusif, minat belajarnya tinggi dan aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran, hal ini menunjukkan guru tersebut memiliki ketrampilan menarik perhatian siswa. Jadi terdapat perbedaan antara video awal dan video selanjutnya. Demikian analisis dan tanggapan saya terhadap video tersebut. Terima kasih.

  5. Nama: Sumarni Purba
    Nim: 855860882
    Upbjj: ut Medan
    Menurut saya video ini menggambarkan tentang seorang guru yang berusaha untuk menarik siswa nya, menurut yang saya ketahui alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran seorang guru harus membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan ice breaking, seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya.

  6. Nama : Mahmudah
    Nim : 822993847
    UPBBJJ : Bondowoso

    Setelah saya amati video tersebut sangat penting bagi seorang guru untuk bisa menarik perhatian murid supaya proses belajar mengajar lebih mudah di terima siswa.
    Guru juga melakukan kegiatan yg menarik perhatian siswa supaya siswa yg gaduh lebih fokus terhadap pelajaran yang diberikan.
    dalam video tersebut juga diperlihatkan dampak sisi negatif dari kerapian seorang guru di dalam kelas, supaya menjadi contoh yang baik seharusnya pendidik menjaga kerapian di didalam kelas.

  7. Nama : Lisda Ananda Putri
    Nim : 855742144
    Pokjar : Sidomulyo
    Upbjj : Bandar Lampung
    Menurut pendapat saya dari video yang sudah saya tonton cara guru menarik perhatian siswa saat belajar itu bisa menggunakan metode pendekatan dengan siswa, contohnya, siswa berdoa bersama- sama sebelum memulai pelajaran, mengecek kehadiran siswa , lalu menanyakan kabar siswa, setelah masuk ke pembahasan mengenai pelajaran kita bisa mendekati siswa untuk lebih dekat lagi supaya bisa menarik perhatian siswa untuk belajar yang menyenangkan dan tidak membuat bosan yaitu dengan cara :
    1. Ajak siswa Dengan cara mengeksplorasi dengan membilang.
    2. Berikan pula contoh langsung oleh guru dengan benda sesuatu yang telah disiapkan
    3. Meminta siswa melakukan hal yang sama.

  8. Nama: IRA PERMATA SARI
    Nim: 825443567
    Upbjj: Pekanbaru
    Menurut saya dari video pembelajaran diatas.yang berjudul membangun suasana aktif interaktif dan menyenangkan seharusnya guru harus selalu memperhatikan semua murid -murid nya dalam proses pembelajaran.dari video di atas kurang memperhatikan kondisi kelas dan kurangnya memberi motivasi terhadap siswa.Adapun kelebihan dari video diatas ialah berhitung menggunakan jengkal tangan Dan penggaris.dan membagi kelompok ini terbilang efektif karena siswa lebih aktif untuk nyelesaikan masalah.

  9. Nama : Rohmiati
    Nim : 858071439
    Prodi : S1 PGSD
    Semester : 6
    UPBJJ : 47 / PONTIANAK

    Mohon ijin menanggapi vidio “Menarik perhatian siswa”.Dalam vidio tersebut saya setuju bagaimana cara guru dalam menarik perhatian siswa agar siswa mau mendengarkan penjelasan guru.Kita sebagai guru memang harus kreatif dalam mendidik anak – anak apalagi untuk kelas 1, agar anak – anak bisa menangkap pembelajaran yang kita ajarkan memang sebaiknya pembelajaran tersebut memerlukan alat peraga yang mudah dipahami anak – anak dan bisa kita kaitkan dengan kehidupan sehari – hari.
    Terimakasih

  10. Nama : Septiani Rahayuningsih
    NIM : 855744431
    Prodi : PGSD_S1
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Menurut saya dalam video tersebut, guru telah melaksanakan inti pembelajaran dengan cukup baik. Pemahaman tentang pengurangan dan penjumlahan dapat diterima oleh siswa melalui media berupa jeruk. Namun, beberapa hal dapat diperbaiki seperti awal pembelajaran guru mengajak anak berdoa, kemudian melakukan absensi, serta bertanya mengenai materi sebelumnya. Guru juga dapat meningkatkan proses belajar mengajar melalui penampilan yang rapi serta penguasaan materi yang baik. Pada akhir pembelajaran guru perlu menambahkan tugas untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pembelajaran yang diberikan. Demikian tanggapan saya mengenai video tersebut, terimakasih.

Leave a Reply