silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Evi Dwi Arifianti
Nim: 858926418
UPBJJ: Jember
Pokjar: Purwoharjo
A. Pada kegiatan vidio tersebut, pada awal vidio Reaksi siswa masih banyak yang tidak fokus, banyak siswa yang mainan sendiri sehingga membuat kelas menjadi tidak kondusif, tetapi setelah di intruksi oleh bapak guru siswa menjadi kondusif.
B. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah kurangnya motivasi oleh guru terhadap siswa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dan juga penyampaian materi oleh guru terlalu sehingga membuat siswa mudah bosan, setelah dilanjut vidio berikutnya siswa menjadi lebih bersemangat.
C. Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru berusaha untuk membuat siswa fokus dengan cara melakukan kegiatan seperti ice breaking, menanyakan naik apa ketika berangkat sekolah, berapa jumlah buah yang diberikan guru.
E. Hal unik yang ada dalam video Pembelajaran tersebut adalah penampilan guru yang kurang rapih seperti hanya menggunakan sepatu sendal yang terkesan kumuh, Dan Pak kayaknya kurang rajin apa ada sebagian bajunya yang lepas.
D. Seharusnya mengerti pentingnya apersepsi. Hal ini sangat penting dalam pelajaran seperti terlihat dalam video waktu guru masuk kelas, suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu, selanjutnya ketika memanfaatkan metode sudah tepat dengan menggunakan metode demonstrasi seharusnya guru juga mengajak siswa aktif untuk maju juga dan mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda-benda bahan demonstrasi guru.
Vidio tersebut menunjukkan cara guru menarik perhatian siswa. Hal itu sering kali terjadi saat proses belajar mengajar. Siswa terkadang sulit untuk dikondisikan. Vidio tersebut menunjukkan bagaimana cara menarik perhatian siswa. Yaitu dengan berpaiakan rapi, menanyakan kabar, memberi pertanyaan pemantik seputar masalah yang ada dikehidupan sehari hari, ketika di tengah pembelajaran siswa tidak kondusif guru dapat menarik perhatiannya dengan mengajak siswa melakuakan tepuk atau ice breaking lainnya agar perhatian siswa kembali terpusat, dan di akhir vidio menunjukkan guru memberi apresiasi kepada siswa ketika siswa berani untuk mengajukan pendapat atau menjawab pertanyaan
Nama : Nur Arinda. M
Nim : 859407137
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : 80 UT MAKASAAR
Assalamualaikum Wr.wb, setelah saya melihat video tersebut dapat saya simpulkan beberapa hal. Pada video pertama terlihat suasana kelas yg gaduh. Guru yang masuk mengajar penampilannya tidak rapi. Guru tersebut tidak melakukan apersepsi kepada siswa. Guru tersebut juga langsung meminta siswa membuka buku paket tanpa ada penjelasan. Mimik wajahnya pun tak tampak ceria sehingga siswa merasa malas mendengar penjelasan guru. Pada video kedua guru tersebut terlihat rapi. Suasana kelas yg gaduh bisa guru itu kondisikan. Siswa juga merasa senang dengan metode dan pembawaan guru yg ceria. Penggunaan media pembelajaran mengurang dan menjumlahkan menggunakan benda-benda yang ada disekitar memudahkan siswa memahami dengan mudah materi pelajaran.
Menurut saya Video tersebut menampilkan situasi yang dimana seorang guru berusaha dengan cara tersendiri dalam menarik perhatian siswa dalam upaya menjadikan pembelajaran lebih menarik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang disebutkan agar memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi, kreatifitas dan panduan bagi guru-guru lainnya.
Selain itu dalam menarik perhatian siswa juga harus memperhatikan materi yang akan disampaikan, jika materi yang disampaikan sangat menarik bagi siswa maka siswa tersebut akan selalu terus memperhatikan dan mencari tahu terkait apa yang di pelajari sesuai dengan harapan seorang guru. Sehingga akan lebih mudah atupun efisien dalam pembelajaran baik bagi siswa maupun guru.
Nama : Aditya Bayu Anggara
Nim : 857691423
Prodi : PGSD S1
Menurut pendapat saya dari Video tersebut menampilkan situasi yang dimana seorang guru berusaha dengan cara tersendiri dalam menarik perhatian siswa dalam upaya menjadikan pembelajaran lebih menarik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang disebutkan agar memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi, kreatifitas dan panduan bagi guru-guru lainnya.
Selain itu dalam menarik perhatian siswa juga harus memperhatikan materi yang akan disampaikan, jika materi yang disampaikan sangat menarik bagi siswa maka siswa tersebut akan selalu terus memperhatikan dan mencari tahu terkait apa yang di pelajari sesuai dengan harapan seorang guru. Sehingga akan lebih mudah atupun efisien dalam pembelajaran baik bagi siswa maupun guru.
Nama : Triwahyuli br Siahaan
Nim : 855869097
Pokjar : Labuhan Batu
Dari video tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa kita sebagai guru sebelum masuk kedalam kelas guru harus mempersiapkan diri, bagaimana metode pembelajaran yang hendak digunakan agar siswa/i tertarik dan fokus untuk mengikuti pembelajaran tersebut.
Assalamualaikum wr. wb.
Nama : Rukoiyah Nasution
NIM : 878252624
Prodi : PGSD S1
Dari vidio tersebut yaitu tentang bagaimana seorang guru menarik perhatian siswa ketika mengajar dikelas. guru harus memiliki kepribadian dan jiwa sosial yang baik, supaya guru pintar dapat menarik perhatian siswa secara persoanal, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan anatara lain seperti berikut :
1. Bersikap ramah dan hangat
2. Sabar, tidak mudah emosi
3. Perhatian terhadap siswa
4. Tegas dalam bertindak
5. Berpenampilan rapi dan menarik
1.Video diatas yaitu yang berisikan.tentang bagaimana caranya seorang guru yang dapat untuk menarik perhatian siswa untuk dapat lebih fokus dengan materi pelajaran yang akan diberikan dan memperhatikannya, guru dapat melakukan nya dengan beberapa cara berikut ini:
– Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
– Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
– Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
2. Kelemahan pembelajaran dalam video :
Kelemahan guru dalam pembelajaran pada video tersebut, antara lain:
– guru masuk tanpa mengucap salam
– guru tidak peduli dengan kehadiran siswa tidak melakukan absensi
– guru tidak peduli dengan adanya kesiapan siswa untuk belajar
– guru tidak mencoba memberikan ice breaking agar siswa lebih semangat dan fokus
– guru tidak memakai sepatu
– guru langsung memberikan materi tanpa memberikan gambaran terhadap konsep materi itu;
3. Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, yaitu
– Guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi
– guru menggabungkan tepuk dengan materi
– guru mengajak tanya jawab dengan siswa tentang materi hari itu
– guru memberikan contoh pada siswa menggunakan benda nyata sehingga memberikan gambaran pada siswa.
4. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
– guru memakai sandal bukan sepatu saat mengajar;
– guru menggunakan benda benda di sekitar sebagai contoh, misalnya jeruk
– guru menggunakan contoh lain sebagai gambaran materi berhitung, misalnya roda kendaraan bermotor
5. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
Materi sudah cukup sesuai dengan peserta didik.
Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
NAMA: AFNEARATI OMPUSUNGGU
NIM : 877522521
PRODI: PGSD S1
Berdasarkanvidio diatas yang Saya tonton Bagaimana cara guru menarik perhatian siswa supaya mau belajar dengan baik dan intraktif dan mau mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak bosan, disini kita banyak belajar seorang guru untuk mengajar kepda siswanya.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Rukoiyah Nasution
Nim : 878252624
Prodi : PGSD S1
Dari vidio tersebut yaitu mengenai tetang menarik perhatian siswa. Guru harus memiliki kepribadian dan jiwa sosial yang baik. supaya guru pintar dapat menarik perhatian siswa secara personal, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain seperti berikut ini :
1. bersikap ramah dan hangat
2. sabar tidak mudah emosi
3. perhatian terhadap siswa
4. tegas dalam bertindak
5. berpenampilan rapi dan menarik.