silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. NETA LIANA
    858412791
    Pokjar Tunas Mandiri Kutai Barat.
    menurut saya dalam vidio tersebut guru harusnya sebelum memasuki kelas harus memperhatikan penampilan, artinya baju, sepatu dan lainnya, karena sebagai seorang guru kita menjadi teladan untuk anak didik, dividio ini guru memakai sandal.
    kelebihan dari vidio ini guru menyampaikan salam pembuka, memberi apersepsi dan menggunakan media agar siswa tertarik untuk belajar

  2. Nama : Rika Ramadhan Yaumul Khamsah
    Nim : 858697022
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : SURABAYA
    Pokjar : Putra bangsa – JOMBANG

    Pada video ini berisi tentang seorang Pak Guru yang berusaha untuk menarik perhatian peserta didik pada materi pelajaran yang diberikan. Pak Guru tersebut melakukan beberapa cara diantaranya, yaitu :
    1) Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
    2) Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
    3) Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu.
    Kekurangan pada video pembelajaran tersebut adalah :
    1) Kurangnya persiapan dalam mengajar
    Pada video pembelajaran tersebut terlihat Pak guru sangat kurang dalam persiapan mengajar, sehingga peserta didik tidak tertarik pada materi yang diberikan oleh Pak guru.
    2) Penampilan Pak guru yang kurang menarik
    Pada video pembelajaran tersebut terlihat Pak guru yang memakai sandal dan berpakaian / berpenampilan tidak rapi, sehingga kurang menarik peserta didik.
    3) Pak guru tidak memberikan pendahuluan
    Pada video pembelajaran tersebut Pak guru tidak memberikan pembukaan/pendahuluan, terlihat ketika masuk kelas tidak memberikan salam terlebih dahulu, tidak mengajak anak untuk berdo’a Bersama, tidak mengabsen kehadiran siswa.
    4) Pak guru langsung memberikan materi
    Pada video pembelajaran tersebut Pak guru langsung memberikan materi, tanpa menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’.
    Kelebihan pada video pembelajaran tersebut adalah :
    1. Pak guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi dengan membilang
    Pak guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi dengan membilang, pada video tersebut terlihat saat Pak guru menggabungkan permainan seperti tepuk dan mengajak tanya jawab dengan peserta didik yang sesuai dengan materi.
    2. Pak guru menggunakan benda konkret
    Pada video tersebut Pak guru menggunakan benda konkret, seperti menjelaskan kepada peserta didik tentang pengurangan pada buah jeruk dan menggunakan contoh benda-benda yang ada di sekitarnya.
    3. Pak guru memberi penguatan
    Pada video tersebut Pak guru memberi penguatan menggunakan contoh lain sebagai penguatan materi berhitung, misalnya roda kendaraan mobil dan motor.

  3. Nama : Nur Arinda. M
    Nim : 859407137
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : 80 UT MAKASAAR
    Assalamualaikum Wr.wb, setelah saya melihat video tersebut dapat saya simpulkan beberapa hal. Pada video pertama terlihat suasana kelas yg gaduh. Guru yang masuk mengajar penampilannya tidak rapi. Guru tersebut tidak melakukan apersepsi kepada siswa. Guru tersebut juga langsung meminta siswa membuka buku paket tanpa ada penjelasan. Mimik wajahnya pun tak tampak ceria sehingga siswa merasa malas mendengar penjelasan guru. Pada video selanjutnya guru tersebut terlihat rapi. Suasana kelas yg gaduh bisa guru itu kondisikan. Siswa juga merasa senang dengan metode dan pembawaan guru yg ceria. Penggunaan media pembelajaran mengurang dan menjumlahkan menggunakan benda-benda yang ada disekitar memudahkan siswa memahami dengan mudah materi pelajaran.

  4. Nama : Nur Arinda.M
    Nim: 859407137
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ : 80 UT MAKASSAR
    Assalamualaikum wr.wb, setelah saya melihat video tersebut dapat saya simpulkan beberapa hal. Pada video pertama terlihat suasana kelas yang gaduh. guru yang masuk mengajar penampilannya tidak rapi. guru tersebut tidak melakukan apersepsi kepada siswa. Guru Tersebut juga langsung meminta siswa membuka buku paket tanpa ada penjelasan. Mimik wajahnya pun tak tampak ceria sehingga siswa merasa malas mendengar penjelasan guru. pada video kedua guru tersebut terlihat rapi , suasana kelas yang gaduh bisa guru itu kondisikan. siswa juga merasa senang dengan metode dan pembawaan guru yang ceria penggunaan media pembelajaran mengurangi dan menjumlahkan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar memudahkan siswa memahami dengan mudah materi pembelajaran.

  5. Nama : maghfirah
    NIM : 857134917
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : UT JAKARTA
    Pokjar : Kalideres

    Dalam video pembelajaran tersebut berisi tentang bagaimana caranya agar dapat membangun siswa yang aktif dalam mengajar, seperti:
    1. memberikan sapaan atau pendekatan kepada anak agar kita mengetahui bagaimana kondisi anak pada hari itu, maka dari itu guru harus terampil dalam menarik perhatian siswa dengan ekspresi dan mimik yang bersahabat, mau mendengarkan pendapat serta curahan anak, dan berpenampilan diri yang rapi
    2. membuat ice breaking agar anak lebih tertarik dan fokus dalam mengikuti pembelajaran
    3. menanyakan keseharian yang dilakukan anak
    4. mengajak anak untuk ikut menghitung dengan benda yang ada di sekitar
    5. ketika anak sudah berani menjawab pertanyaan, maka guru memberikan apresiasi sederhana dengan berkata “pintar” “bagus” atau “hebat”

  6. Nama:Regina Tubun
    Nim:858430141
    Prodi:PGSD-SI
    UPBJJ:Samarinda
    Pokjar:Kutai Barat.

    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk bisa memperhatikan pelajaran yang akan guru tersebut berikan.Guru mengajak siswa untuk mengeksplor,guru memberikan contoh dengan menggunakan media yang menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

  7. Nama:Regina Tubun
    Nim:858430141
    Prodi:PGSD-S1
    UPBJJ:Samarinda
    Pokjar:Kutai Barat.

    Video ini berisi tentang seorang guru berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan.Guru mengajak siswa untuk mengeksplor,Guru memberikan contoh menggunakan media yang menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran.

  8. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama: Nadia Julia Cania
    NIM : 856080987
    UPBJJ: Batam
    Pengamatan saya setelah melihat vidio pembelajaran diatas adalah sebagai seorang guru hendaknya memperhatikan penampilan dan kerapian dalam berpakaian saat mengajar, karena kerapian guru saat mengajar itu berpengaruh dalam proses belajar mengajar dikelas. kemudian saat memulai pembelajaran hendaknya guru menunjukkan ekspresi atau mimik wajah yang ceria dan menyenangkan agar kelas dapat dimulai dengan baik dan kondusif serta peserta didik dapat fokus pada guru yang ada di depan kelas, salah satu cara memulai kelas yang menyenangkan guru dapat memulai dengan ice breaking yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
    Dalam pembelajaran matematika kelas 1 peserta didik akan lebih mudah memahami konsep pembelajaran dengan guru menunjukkan dan menggunakan benda yang konret atau nyata. kemudian mengajak peserta didik berinteraksi secara aktif kepada guru dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. dengan cara melakukan tanya jawab sesuai materi yang telah diajarkan.
    sekian terimakasih.

  9. Nama : Novita Sri Dewi Sinaga
    NIM : 877530124
    UPBJJ : Medan
    Pokjar: Humbang Hasundutan
    Saya akan mencoba menganalisis Video yang ditampilkan yaitu menarik perhatian siswa.
    1. Pada cuplikan video diawalnya seorang guru masuk kedalam kelas dalam keadaan yang kurang menarik, yaitu bapak guru tersebut masuk dengan seragam yang tidak rapi dan bapak guru tersebut memakai alas kaki yaitu sandal. bapak guru tersebut masuk dengan kondisi kelas dalam suasana yang tidak kondusif, dimana para murid ribut di dalam kelas, dan tidak memperhatikan bapak guru tersebut. setelah bapak itu masuk, langsung masuk ke materi yang diajarkan. tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu, dan menyapa para peserta didik.
    2. Pada cuplikan video berikutnya, bapak guru masuk kedalam kelas yang sudah lebih dulu dikondusifkan, dengan terlebih dahulu menyapa anak-anak dalam keadaan bapak guru yang rapi, dan membuat ice breaking di kelas terlebih dahulu. Bapak guru juga menarik perhatian murid-murid dengan membawa alat peraga berupa jeruk, sehingga menarik perhatian peserta didik untuk lebih memperhatikan pelajaran.
    Dari Video yang ditampilkan, saya dapat membuat kesimpulan, dimana kita sebagai tenaga pendidik harus terlebih dahulu mengkondisikan diri kita terlebih dahulu, yaitu dengan kerapian, penampilan yang ceria dan menguatkan siswa untuk bisa mendapatkan perhatian akan mata pelajaran yang kita ajarkan. Dengan mengkondisikan keadaan kelas terlebih dahulu supaya proses belajar mengajar lebih kondusif. serta menyediakan alat peraga supaya lebih menarik perhatian peserta didik.
    demikian yang bisa saya sampaikan, terimakasih.

  10. Nama :Siti zulaiha
    Nim :857007455
    Upbjj. : bandar Lampung
    Pokjar. : Sidomulyo

    Menurut saya dalam video tersebut seorang guru sedang berusaha menarik perhatian siswa dengan cara memberikan contoh dengan benda yang mereka gunakan sehari” dan yg mereka lihat.
    Kekurangan nya adakah guru tidak mengucapkan salam saat akan membulai pembelajaran dan guru tersebut juga hanya menggunakan sendal tidak menggunakan sepatu.

Leave a Reply