silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Nurfatimah siregar
    Nim :855867158
    Pokjar : labuhanbatu selatan
    Berdasarkan vidio yang saya tonton,dalam vidio pertama guru kurang memerhatikan penampilannya sehingga siswa kurang tertarik. Sedangkan di vidio ke dua seorang guru melakukan ice breaking terlebih dahulu agar dapat menarik perhatian siswanya, serta menggunakan media yang berwarna untuk menarik minat siswa . Sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan kemudian dalam penggunaan media.

  2. Nama : AFFAN ASFARO RAFSANJANI
    Nim : 857955842
    Pokjar : Temanggung
    Upbjj : Yogyakarta

    Pada video di atas berisi tentang seorang Guru yang sedang berusaha untuk menarik perhatian dari siswa siswanya pada pembelajaran MATEMATIKA yang sedang di ajarkan. Guru tersebut melakukan beberapa metode atau cara untuk mengkondusifkan peserta didik dengan cara sebagai berikut :
    1. Mengajak peserta didik untuk menghitung dengan media jeruk
    2. Meminta kepada peserta didik untuk menemukan benda lain dan menceritakan secara singkat tentang benda yang di temukannya itu.
    3. Guru memberikan penguatan kepada peserta didik ketika memberi respon terhadap apa yang guru tersebut contohkan.
    Kekurangan dari video pembelajaran tersebut adalah
    1. Kurangnya persiapan guru dalam mengajar peserta didik.
    Pada video pembelajaran di atas terlihat sekali guru sangat kurang persiapan dalam mengajar, sehingga peserta didik tidak tertarik pada materi yang diberikan oleh guru tersebut.
    2. Guru tidak memberikan pendahuluan. Pada video pembelajaran di atas guru tidak memberikan pendahuluan/pembukaan terlebih dahulu, terlihat ketika masuk kelas guru tidak memberi salam terlebih dahulu, tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu, tidak meng absen peserta didik terlebih dahulu.
    3. Penampilan guru sangat kurang menarik.
    Pada video di atas guru terlihat memakai sandal dan berpakaian / berpenampilan tidak rapi, sehingga peserta didik kurang tertarik dengan gurunya.
    Kelebihan pada video tersebut adalah :
    1. Guru menarik perhatian siswa dengan mengeksplorasi dengan cara membilang.
    Guru tersebut menarik perhatian peserta didik dengan cara mengeksplorasi dengan membilang, pada video di atas guru tersebut menggabungkan permainan seperti tepuk dan mengajak tanya jawab dengan peserta didik sesuai dengan materi yang diajarkan.
    2. Guru menggunakan media yang nyata
    Pada video diatas guru tersebut menggunakan benda yang nyata, seperti menjelaskan kepada peserta didik tentang pengurangan pada buah jeruk dan menggunakan dan menggunakan contoh dengan benda di sekitarnya.
    3. Guru memberikan penguatan.
    Pada video diatas guru memberikan penguatan menggunakan contoh lain sebagai penguatan materi menghitung, misalnya roda kendaraan mobil dan motor.

  3. Nama : Nurmala Sari
    Nim : 856993209
    Pokjar : Sidomulyo, Lampung Selatan
    Ketika guru masuk kedalam kelas suasana masih gaduh, guru pun berpakaian tidak lengkap dan tidak rapih membuat suasana pun menjadi semakin tidak terkondisi.
    Pentingnya apersepsi dalam pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. didalam video juga tidak disampaikan konsep pembelajarannya.

  4. Nama : Nita chairani saragih
    Nim : 859806445
    Menurut saya ketika saya sudah melihat video tersebut , pak guru ketika memasukin ruangan tidak memperhatikan siswa dan langsung memberikan pelajaran atau pun materi
    karena menurut saya pak guru seharusnya mengucapkan salam , memperhatiakan letak duduk siswa menanyakkan kabar siswa hari ini gimana atau pun bisa kita mulai pelajaran dengan ice breaking atau dengan permainan agar minat siswa dalam memperhatikan guru menerangkan terfokuskan

  5. Nama : Mugi Diah Ulfa
    Nim : 857014056
    Pokjar : Bumi Ratu Nuban
    Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
    KELEMAHAN :
    1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
    2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
    3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
    KELEBIHAN :
    1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
    2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
    SOLUSI :
    Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.

  6. Nama : CICIH MULYASARI
    NIM : 857571282
    UPBJJ : PURWOKERTO
    Menurut pendapat saya tentang video tersebut yaitu reaksi siswa di awal video tidak memperhatikan penjelasan guru, rame, asik sendiri dengan temannya, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran tersebut. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah dalam bentuk berkelompok, dan melakukan proses pembelajaran menggunakan alat peraga siswa lebih tertarik dan kondusif. Siswa juga lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Sehingga dengan metode tersebut siswa tampak lebih senang dan bersemangat dengan proses pembelajaran tersebut.
    Kemudian ketika Guru masuk ke dalam kelas Guru tidak berpakaian rapih membuat suasana menjadi tidak terkondisi. Seharusnya Guru berpenampilan rapih sehingga menarik perhatian siswa agar menjadi lebih fokus dalam proses pembelajaran.

  7. Nama : Haryo Dzati Ramadhan
    NIM : 857778326
    POKJAR : BOJA
    Pekerjaan : Guru SD

    Agar terjalannya pembelajaran secara maksimal dengan pembelajaran sesuai dengan panduan RPP atau Modul Ajar. guru diharuskan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rerefleksi yang sesuai dengan media pembelajaran yang ada. dengan melakukan hal tersebut pembelajaran akan berjalan sesuai dengan modul ajar. dengan melaksanakan penyegaran dalam kelas seperti melakukan permainan yang ringan yang membuat anak tidak jenuh dan akan bisa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP atau Modul Ajar.

  8. Nama : CICIH MULYASARI
    NIM : 857571282
    UPBJJ : PURWOKERTO
    Menurut pendapat saya tentang video tersebut yaitu reaksi siswa di awal video tidak memperhatikan penjelasan guru, rame, asik sendiri dengan temannya, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran tersebut. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah dalam bentuk berkelompok, dan melakukan proses pembelajaran menggunakan alat peraga siswa lebih tertarik dan kondusif. Siswa juga lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Sehingga dengan metode tersebut siswa tampak lebih senang dan bersemangat dengan proses pembelajaran tersebut.
    Kemudian ketika Guru masuk ke dalam kelas Guru tidak berpakaian rapih membuat suasana menjadi tidak terkondisi. Seharusnya Guru berpenampilan rapih sehingga menarik perhatian siswa agar menjadi lebih fokus dalam proses pembelajaran.

  9. Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan media yg variatif sesuai materi yang dibawakan bisa dengan gambar, video atau benda konkret(nyata) sehingga anak-anak mudah dalam memahami pembelajaran.
    Kelemahannya yaitu Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memfokuskan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran .
    Kelebihan : Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dengan benda-benda yang ada disekitar (mengukur benda-benda yang ada di kelas dengan jengkal atau penggaris) sehingga siswa tidak hanya sekedar menerima materi dari guru namun mampu menemukan sendiri dari hasil pengamatan yang dilakukan secara langsung.

  10. Nama: Rostina

    Nim: 855736015

    Prodi: PGSD

    UPBJJ: 20/bandar Lampung

    Dari video yang saya lihat suasana didalam kelas murid murid masih ribut, dan guru pun bernampilan kurang rapi dan lengkap ketika masuk kelas, didalam video juga tidak disampaikan konsep pembelajaran nya.

Leave a Reply