silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Khoiriyah
    NIM : 858690789
    UPJJ : Surabaya
    Di awal video, siswa menunjukkan kurangnya perhatian terhadap penjelasan guru, kurang fokus, dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Mereka terlihat bosan dengan aktivitas belajar. Namun, setelah pembelajaran diubah, siswa tampak lebih terlibat dan antusias. Mereka menjadi lebih fokus dan bersemangat karena diajak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.

    Beberapa kelemahan yang terlihat adalah guru menggunakan metode ceramah yang kurang bervariasi, sehingga beberapa siswa menjadi kurang tertarik dan lebih cenderung berbicara sendiri. Selain itu, tidak ada kegiatan awal yang dapat memusatkan perhatian siswa sebelum memulai proses pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan kurang kreatif.

    Namun, terdapat beberapa kelebihan dalam pembelajaran tersebut, yaitu guru melibatkan siswa secara langsung dalam pengamatan objek pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bereksplorasi.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya guru mempersiapkan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa secara menyeluruh, dan melakukan kegiatan awal yang dapat memberikan motivasi kepada siswa. Guru juga dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan, seperti permainan, agar siswa dapat belajar sambil bermain. Selain itu, agar siswa tidak merasa bosan, guru bisa menyelipkan kegiatan icebreaking untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan.

  2. Nama : Dewi nir Anhgraini
    NIM : 856997901
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Prodi : PGSD

    Assalamu’alaikum saya akan menanggapi vidio pembelajaran di atas.
    Untuk vidio pertama menurut saya guru belum bisa mengondidikan siswa dalam kelas sebelum pembelajaran di mulai, dan guru pun tidak berpakaian dengan rapi, bahkan tidak mengenakan sepatu.
    Untuk video yang kedua setelah perbaikan awal masuk guru mencoba mengondidikan kelas agar kondusif dengan simulasi tepuk, setelah siswa memperhatikan guru memulai materi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, lalu memberi apresiasi atas jawaban siswa yang benar. Guru pun mengenakan pakaian rapi karena agar seorang guru di contoh murid makan harus bisa menjadi teladan yang baik. Di dalam vidio tersebut metode pembelajaran yang digunakan sudah bagus yaitu belajar berhitung dengan alat peraga yang bisa menarik perhatian siswa

  3. Nama : Dewi nir Anggraini
    NIM : 856997901
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Prodi : PGSD

    Assalamu’alaikum saya akan menanggapi vidio pembelajaran di atas.
    Untuk vidio pertama menurut saya guru belum bisa mengondidikan siswa dalam kelas sebelum pembelajaran di mulai, dan guru pun tidak berpakaian dengan rapi, bahkan tidak mengenakan sepatu.
    Untuk video yang kedua setelah perbaikan awal masuk guru mencoba mengondidikan kelas agar kondusif dengan simulasi tepuk, setelah siswa memperhatikan guru memulai materi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, lalu memberi apresiasi atas jawaban siswa yang benar. Guru pun mengenakan pakaian rapi karena agar seorang guru di contoh murid makan harus bisa menjadi teladan yang baik. Di dalam vidio tersebut metode pembelajaran yang digunakan sudah bagus yaitu belajar berhitung dengan alat peraga yang bisa menarik perhatian siswa

  4. Nama : Ani Nainul Fauziah
    Nim : 856997926
    Pokja : Salut HMPTI
    Pada video tersebut, awal video seorang guru pria awal masuk kelas, suasana kelas sedang tidak kondusif, lalu guru pria tersebut memberikan acuan atau memberi umpan kepada siswa – siswanya yang sedang bercengkrama dengan teman-temannya. Dari video tersebut bukan hanya penampilan gurhbyang menjadi point utama, namun ada juga dengan cara atau teknik yang guru gunakan agar para siswanya mau mendengar dan memperhatikan baik – baik apa yang di sampaikan oleh guru tersebut, kesabaran dan ke telatenan guru juga dalam video tersebut sangatlah harus ekstra karena di sela anak didiknya bising, guru harus menciptakan suasana yang baik. Saya sangat salut dengan guru pria tersebut, beliau sangat perhatian dengan siswanya dan beliau juga sangat paham akan apa yang menjadikan siswanya bisa memperhatikan sang guru pria tersebut.

  5. Nama : Ani Nainul Fauziah
    Nim : 856997926
    Pokjar : Salut HMPTI
    Dari video awal, memang penampilan guru kurang baik, namun dari video yang ke dua, seorang guru pria sangatlah baik, mengajak anak dengan memberi pertanyaan apa yang mereka lakukan, lalu memberikan contoh dari benda yang ada di sekitar.
    Menjadi seorang guru memanglah tidak mudah, apalagi menjadi guru di kelas rendah yang mana sangatlahemberi tantangan tersendiri untuk guru, namun se susah tantangan yang guru hadapi hendaknya guru dapat membuat suasana kelas menjadi lebih kondusif.

  6. firmansyah Putra
    NIM 858928744
    UPBJJ Pokjar Bondowoso
    A. Reaksi anak dalam video yang sedang mepelajari mata pelajaran matematika, siswa sedang sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan kurang paham dalam memahami materi yang guru sampaikan
    B. Kelemahan guru dalam proses pembelajra yaitu sulit menarik perhatian siswa di kelas sehingga siswa sibuk dengan akifitasnya masing masing
    C. Guru mulai pembelajaran dengan memberikan hal hal konkrit yang ada di lingkungan siswa, sehingga siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan dengan kehidupan sehari hari. Aplikasi materi terhadap kehidupan anak anak sehari hari dapat mempermudah siswa untuk memahami matei yang disampaikan karena siswa antusias dalam megikuti materi
    D. Guru melibatkan langsung siswa dalam proses pembelajaran matematika bab pembagian yaitu langsng praktek dengan bahan buah yang mereka bawa dari rumah.
    E. Agar pebelajaran lebih menarik guru harus mempersiapkan pembelajaran dengan baik ssuai dengan konsep RPP yang sudah dibuat agar pembelajaran lebih terarah dan diawal pembelajaran guru disarankan berusaha menarik simpti dan perhatian siswa agar lebih fokus dalam pembelajaran

  7. Nama : Muhammad Setiawan
    NIM. : 856973783
    Pokjar : tulang bawang udik
    Setelah saya perhatikan vidio di atas Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa tampak bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar. Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.

  8. NAMA : ERLINDA SARI
    NIM : 856973959
    POKJAR : TULANG BAWANG UDIK

    Keadaan kelas saat guru masuk ke kelas sudah tidak kondusif, anak anak masih saling bermain dan tidak menganggap guru yang masuk dan tidak mendengarkan materi yang disampaikan guru. Dan pakaian guru juga kurang rapi. Sedangkan setelah proses pembelajaran yang diperbaiki keadaan kelas lebih terlihat kondusif dan anak anak lebih kreatif dalam melakukan pembelajaran.
    Kelemahan:
    1. Model pembelajaran yang diberikan masih terlalu monoton sehingga anak anak kurang menarik dengan pembelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media yang kreatif.
    3. Guru tidak mengulang pembelajaran yang telah diberikan.

    Kelebihan :
    1. Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksplorasi tentang pelajaran
    2. Guru lebih melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran yang berlangsung dan guru sangat produktif dalam pembelajaran.

    Solusi :
    Menurut saya sebelum melakukan pembelajaran seharusnya guru melihat kondisi kelas dan siswa, jika anak masih belum siap maka guru dapat mengajak siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

  9. Nama:
    Nim:
    Upbj:
    Baik, saya akan menjelaskan tentang pendapat saya menurut saya Reaksi siswa di awal video sedikit kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran, kita sebagai guru harus mencerminkan yg baik seperti halnya kita berpakaian/penampilan yang rapi, gaya bicara sopan, dll. Sebab secara tidak langsung murid akan merasa tertarik untuk berbicara atau memperhatikan pada saat proses pembelajaran.
    KELEMAHAN :
    1.guru tidak menggunakan media visual dan audio seperti contoh Tampilkan video, gambar, atau audio yang relevan dengan materi. Hal ini dapat membantu menstimulasi indera siswa dan meningkatkan pemahaman.
    KELEBIHAN
    1.Libatkan siswa secara aktif: Berikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran, seperti diskusi, presentasi, atau praktik.
    SOLUSI:
    Menurut saya Sesuaikanlah dengan gaya belajar siswa: Kenali gaya belajar siswa dan sesuaikan metode pengajaran agar dapat menjangkau semua siswa.

  10. Assalamualaikum wr.wb saya Asma’ul Qoiriyah NIP.877316541 ProDI PGDS-S1dari Pokjar Malang . Reaksi siswa di awal video adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak fokus, dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Sedangkan setelah proses pembelajaran diubah siswa lebih terlihat kondusif, dan mau memperhatikan. Siswa tampak lebih bersemangat dan tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa lebih fokus karena diajak aktif terlibat langsung dalam kegiatan belajar.Untuk menarik perhatian anak kita sebagai guru juga perlu intropeksi diri baik dari kedisiplinan berpaiakan maupun jam masuk mengajar. Jika hal itu sudah kita terapkan dengan benar maka untuk menarik perhatian siswa akan lebih mudah dan gampang,

    Kelemahan :
    1. Guru menjelaskan dengan model ceramah yg kurang variatif sehingga ada anak yang ngobrol dan asik sendiri dan tidak memperhatikan guru yang menjelaskan.
    2. Guru tidak melakukan kegiatan awal yang mampu memusatkan perhatian siswa untuk siap memasuki proses pembelajaran.
    3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif.
    Kelebihan :
    1.Guru melibatkan anak secara langsung untuk mengamati objek pembelajaran
    2.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi
    Solusi :
    Menurut saya sebaiknya guru tersebut melakukan pembelajaran dengan memperhatikan kesiapan siswa baik secara menyeluruh dengan melakukan kegiatan awal agar memberi motivasi kepada siswa Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan menggunakan permainan sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain Agar anak-anak tidak bosan sebaiknya guru menyelingi pembelajaran dengan icebreaking agar suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.

Leave a Reply