silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Tsalisani Matun Nazila
    Nim : 857002789
    Upjj : Bandar lampung
    Salut : way tuba
    Reaksi anak
    Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.

    Kelebihan
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk, dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibanding dengan teori.

    Kelemahan
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.

    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  2. Nama : nova amellia
    Nim :856751146
    Kelas : 8A
    Upbjj : palembang
    Pokja : gelumbang
    Menurut pendapat saya kelebihan dari video tersebut adalah
    1.guru mengajak siswa untuk mengeksploitasi dengan menghitung
    2.Guru memberikan contoh langsung dengan benda atau sesuatu yang telah dipersiapkan
    3.Guru melakukan tanya jawab sehingga membangkitkan minat belajar siswa dalam pelajaran matematika tersebut
    4.Siswa tutupan antusias Dalam proses pembelajaran matematika
    Kelemahan
    jelaskan dari kedua video tersebut yaitu :
    1.Guru belum siap untuk mengajak karena masih memakai sandal jepit ketika masuk kelas sehingga siswa merasa bosan sehingga tidak ada niat belajar siswa
    2.Siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran
    3.Metode yang digunakan hanya satu macam tidak bervariasi sehingga siswa akan lebih mudah bosan.

  3. Nama:Haldy martunas situmorang
    Nim:855866156
    Pokjar:Tapteng
    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut
    Kelebihan
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk, dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibanding dengan teori.

    Kelemahan
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.

    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  4. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu
    Nama : Rahmi Kurnia
    UPBJJ : 14 / Padang

    Baiklah dari video yang saya lihat, sangat terlihat reaksi para siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, yaitunya oleh Pak Rusdianto. Dimana pada awal memasuki kelas Pak Rusdianto mengucap salam sedangkan para siswa masih sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Reaksinya terlihat seperti acuh dan tidak memperhatikan pak Rusdianto yang sedang bicara di depan. Akan tetapi, Pak Rusdianto mencari solusi agar menarik minat siswanya terhadap pembelajaran yang akan dilakukan dan terus berusaha untuk menarik perhatian siswa, sehingga pada akhirnya berhasillah Pak Rusdianto mengambil perhatian siswanya, dan pembelajaran pun berjalan secara efektif.
    sekian terima kasih, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  5. perkenalkan nama saya esra lebang
    dengan nim 859417399. setelah melihat vidio tentang “menarik perhatian siswa” maka saya menarik kesimpulan bahwa Untuk menarik perhatian siswa sekolah dasar dalam proses belajar mengajar, ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan. Misalnya, Anda bisa menggunakan permainan edukatif, alat peraga, atau media pembelajaran yang menarik seperti video, gambar, atau musik.
    Selain itu, libatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif. Anda bisa mengajak mereka berdiskusi, melakukan eksperimen, atau membuat proyek kreatif. Hal ini akan membuat mereka lebih tertarik dan terlibat dalam proses belajar.
    Selanjutnya, buat suasana belajar yang menyenangkan dan positif. Ciptakan lingkungan yang ramah dan dukung, di mana siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berbagi pendapat. Berikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, agar mereka merasa termotivasi dan termotivasi untuk belajar lebih baik.
    Selain itu, sesuaikan materi pembelajaran dengan minat dan kebutuhan siswa. Cobalah untuk membuat koneksi antara materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, jika Anda sedang mengajarkan matematika, gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, seperti menghitung harga barang di supermarket atau membuat pola dengan permen.
    Terakhir, jadikan proses belajar mengajar lebih menyenangkan dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler atau kunjungan lapangan yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Hal ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata dan menyenangkan bagi siswa.

  6. Nama : Khusnul Khotimah
    Nim : 857002148

    Setelah melihat cuplikan vidio di atas.. Guru seperti biasa masuk ke dalam kelas, lalu mengucap kan salam.. Tetapi tidak ada respon dari anak2. Karna anak anak anak2 masih asik bermain di dalam kelas. Di tambah juga guru kurang memperhatikan kerapian dalam berpakaian ..
    Setelah itu guru keluar untuk persiapan lalu masuk kembali dalam kelas dengan trik yg berbeda sehingga membuat murid tertarik dan mau belajar.

  7. Masya Allah, luar biasa’, materi pada laman ini bener² menjawab berbagai pertanyaan dari berbagai keadaan kelas🤗

Leave a Reply