silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
video sangat memotivasi dan memberi banyak pengetahuan.
Nama:Noviza diana
Nim:856466609
Pokjar: RENGAT
Pada awal guru masuk para siswa tidak memperhatikan, namun setelah melakukan ice breaking siswa mulai memperhatikan
Nama : Yuni Astuti
Nim : 856467618
Ubjj : pekan baru
Bapak atau ibu guru perlu mengunakan ide-ide kreatif dalam mengajak siswa memulai pembelajaran.
Contoh nya menggunakan ice breaking pada saat mulai atau masuk kelas, sama seperti pada video bagian 2 .
Nama: Reka Febrianti
Nim : 857005509
Setelah saya menonton tayangan video di atas, dapat saya analisis bahwa sebagai guru sebelum masuk ke dalam sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri yang saya maksud adalah mempersiapkan materi, metode media serta penampilan juga dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa.
Ada 2 hal yang bisa saya analisis dari video tersebut
1. Kelemahan
– Pada awal video terlihat bahwa ketika guru masuk ke dalam kelas menggunakan sandal. Terlihat dari situ bahwa guru kurang memperhatikan penampilan.
– Pada saat masuk ke dalam kelas siswa tidak memberikan respon terhadap guru.
Adapun
2. Kelebihan
– Pada tayangan video setelah guru melakukan ice breaking siswa menjadi semangat dan memberikan respon terhadap informasi/ pelajaran yang diberikan guru.
Nama : M IQBAL HIDAYATULLAH
NIM : 857002882
Menarik Perhatian Siswa
Setelah saya menonton tayangan video di atas, dapat saya analisis bahwa sebagai guru sebelum masuk ke dalam sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri yang saya maksud adalah mempersiapkan materi, metode media serta penampilan juga dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa.
Ada 2 hal yang bisa saya analisis dari video tersebut
1. Kelemahan
– Pada awal video terlihat bahwa ketika guru masuk ke dalam kelas menggunakan sandal. Terlihat dari situ bahwa guru kurang memperhatikan penampilan.
– Pada saat masuk ke dalam kelas siswa tidak memberikan respon terhadap guru.
Adapun
2. Kelebihan
– Pada tayangan video setelah guru melakukan ice breaking siswa menjadi semangat dan memberikan respon terhadap informasi/ pelajaran yang diberikan guru.
– Guru melatih psikomotorik siswa terlebih dahulu sebelum masuk ke materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
Nama: Reva Noviana
Nim: 857002495
Menurut saya dalam vidio tersebut kuranglah tepat untuk kita sebagai guru yang mana murid kurang berkonsentrasi dalam belajar matematika saat pada jam pelajaran sedang berlangsung, serta kurangnya perilaku guru untuk menarik perhatiian kepada siswanya. Dan kondisi dalam kelas kuranglah kondusif sebab para siswa sangatlah ribut dan siswapun pada bermain sendiri-sendiri sehingga menghambat pembelajaran, jadi guru haruslah bisa menarik perhatian siswa untuk proses pembelajaran tersebut.
NAMA : NIKEN PUTRI ANDANI
NIM : 857002352
POKJAR : WAYTUBA
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Reaksi anak
Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan icebreaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.
Kelebihan
Kelebihan video tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan pembelajaran diawal icebreaking, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk , dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibandingkan dengan teori.
Kelemahan
Kelemahan pada video diatas yaitu terlihat diawal video kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.
Hal-hal unik yang ada di dalam video
Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan icebreaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan icebreaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.
Nama ; Mela Santika
Nim ; 857002273
Upbjj ; Salut waytuba
Menurut pendapat saya itu Menarik Perhatian Siswa
Setelah saya menonton tayangan video di atas, saya analisis sebagai guru sebelum masuk ke dalam sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri. Dan persiapkan diri yang saya maksud adalah mempersiapkan materi, metode media serta penampilan juga dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa.
Ada 2 hal yang bisa saya analisis dari video itu yaitu
1. Kelemahannya yaitu
– dan Pada awal video terlihat bahwa ketika guru masuk ke dalam kelas menggunakan sandal. Terlihat dari situ bahwa guru kurang memperhatikan penampilan.
– dan Pada saat masuk ke dalam kelas siswa tidak memberikan respon terhadap guru.
Adapun
2. Kelebihan yaitu
–dan Pada tayangan di video setelah guru melakukan ice breaking siswa menjadi semangat dan memberikan respon terhadap informasi/ pelajaran yang diberikan guru.
Dan Guru juga melatih psikomotorik siswa terlebih dahulu sebelum masuk ke materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
Uci Asmiarti
856469066/rengat
menurut pendapat saya video sudah sangat memotivasi dan memberi pengetahuan kepada saya khususnya.
meskipun diawal terlihat penampilan guru kurang bagus untuk dicontoh anak”, karena baju kurang rapi, kemudian mengunakan sendal.
untuk media digunakan sangat baik menggunakan benda nyata sehingga menarik perhatian siswa.
Nama : R. Nurjana
Nim : 856470569
Kelemahannya kurang nya perhatian anak terhadap guru atau materi yang di sampaikan guru, dan kurangnya persiapan seorang guru dalam menyampaikan materi
Kelebihannya
Guru mampu mengembalikan kefokusan anak dengan memberi kan ide” Bagus dengan itu anak kemabali bangkit semangat untuk belajar