silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Nurfatimah Lubis
Nim : 878250179
Pokjar: Asahan
UPBJJ: Medan
Assalamu’alaikum..
Berdasarkan tampilan video pada awal pembelajaran reaksi anak tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri dan saya melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi memakai sandal, di samping itu pakaiannya juga kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang keluar seharusnya guru itu cerminan untuk siswa-siswinya, apalagi terlihat di video awal raut wajah gurunya kurang bersemangat.
Kemudian dividio yang kedua guru sangat rapi dan mencerminkan kedisiplinan , cara mengajar pun bagus di awali dengan salam sapa dan ice breaking , serta mengeluarkan kalimat pemantik untuk menarik perhatian murid , guru juga mengajar dengan menggunakan media yang cukup sering di temui di kehidupan sehari-hari siswa.
Terima kasih…..🙏
Nama : Nurfatimah Lubis
Nim : 878250179
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Assalamu’alaikum..
Berdasarkan tampilan video pada awal pembelajaran reaksi anak tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri dan saya melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi memakai sandal, di samping itu pakaiannya juga kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang keluar seharusnya guru itu cerminan untuk siswa-siswinya, apalagi terlihat di video awal raut wajah gurunya kurang bersemangat. Kemudian dividio yang kedua guru sangat rapi dan mencerminkan kedisiplinan , cara mengajar pun bagus di awali dengan salam sapa dan ice breaking , serta mengeluarkan kalimat pemantik untuk menarik perhatian murid , guru juga mengajar dengan menggunakan media yang cukup sering di temui di kehidupan sehari-hari siswa. Terima kasih…..🙏
Nama: citra
Nim :856464225
Dari vidio yang pertama dapat saya melihat bagaimana kesiapan seorang guru pada saat itu kurang baik dimana bapak guru tersebut tidak memakai pakaian kurang rapi dan kurang bersemangat pada awal masuk kelas mempengaruhi suasa dalam kelas sehingga para siswa kurang berminat dalam pembelajaran matematika.
Tetapi pada vidio kedua diawal masuk guru tersebut melakukan apersepsi dan melakukan ice breaking ketika masuk kelas sehingga para siswa bersemangat dalam proses belajar ,,,dan pak guru juga sudah memberikan media pembelajaran yang konkret kepada Siswa
Nama : Nurfatimah Lubis
Nim : 878250179
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Assalamu’alaikum..
Berdasarkan tampilan video pada awal pembelajaran reaksi anak tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri dan saya melihat penampilan guru kurang rapi, guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi memakai sandal, di samping itu pakaiannya juga kurang rapi nampak ada sebagian bajunya yang keluar seharusnya guru itu cerminan untuk siswa-siswinya, apalagi terlihat di video awal raut wajah gurunya kurang bersemangat. Kemudian dividio yang kedua guru sangat rapi dan mencerminkan kedisiplinan , cara mengajar pun bagus di awali dengan salam sapa dan ice breaking , serta mengeluarkan kalimat pemantik untuk menarik perhatian murid , guru juga mengajar dengan menggunakan media yang cukup sering di temui di kehidupan sehari-hari siswa.
Terima kasih…..🙏
Nama : Magdalena Filiurniwati Lafau
Nim : 855836178
Popjar : Idanogawo
Dari video yang saya lihat/yang saya amati,Guru tersebut tidak mencerminkan sikap kedisplinan,mulai dari segi berpakaian tidak rapi dan tidak memakai sapatu, tetapi guru tersebut mengunakan sandal Disekolah,Dan sebelum memulai proses belajar itu harusnya guru mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum di mulai proses belajar mengajar di dalam kelas.Dan guru tersebut,kurang persiapan dalam proses mengajar,dan tetapi guru tersebut memulai proses pembelajaran padahal siswa masih dalam keadaan ribut.
Kelebihannya,Guru tersebut mengundang atau membangkitkan semangat siswa dalam hal memberikan sebuah tanya jawab kepada siswa.
Nama : Mia Sulastri Tampubolon. NIM. : 855843291. Prodi. : S1 PGSD. Dari video 1 yang saya lihat yang pertama tidak ada kesiapan guru dalam mengajar. Contoh siswa disekolah adalah guru. Dalam video guru tidak merapikan baju dan memakai sendal, tidak menjukkan sikap disiplin. Pada saat masuk kedalam kelas siswa tidak memperdulikan keberadaan guru yang bisa saja karena guru tersebut kurang tegas pada kelas. Pada video 2, guru mencerminkan kedisiplinan, melakukan ice breaking dan sudah menyiapkan materi pembelajaran dengan mengajak siswa untuk aktif dikelas dengan memakai kalimat pemantik untuk menarik perhatian siswa. Pembelajaran akan berhasil jika guru mematangkan materi pembelajaran dengan media media yang mudah ditemukan. Terimakasih
Pada pembelajaran pertama guru berpakaian tidak rapi dan kondisi kelas kurang kondusif sehingga siswa masih banyak yang ribut dan kurang memperhatikan perintah guru.
Pada pembelajaran kedua guru berpakaian rapi dan kondisi kelas sangat kondusif sehingga siswa aktif dalam berpartisipasi dan mengikuti pembelajaran yang berlangsung ,karena di awali dengan kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali proses pembelajaran berupa soal materi baik yang akan di bahas maupun yang telah di bahas dengan menggunakan media yang mudah di temui dalam kehidupan dan di lingkungan sekitar
Dalam cuplikan video tersebut
Nama : Detia Putri Asih
NIM : 857126941
UT : Jakarta
Menurut hasil pengamatan saya, guru tersebut kesulitan untuk menarik perhatian siswa namun setelah guru mengadakan kegiatan apersepsi di awal pembelajaran menimbulkan rasa semangat belajar dan dapat menarik minat siswa agar lebih fokus mendengarkan penjelasan yang disampaikan, Guru tidak melakukan ice breaking namun setelah guru melakukan ice breaking peserta didik lebih bersemangat dan Guru terlihat mengenakan pakaian yang kurang rapi sehingga peserta didik bisa jadi mencontoh perilaku berpakaian guru tersebut, namun ketika guru tersebut berpakaian rapi pembelajaran berlangsung dengan baik.
Assalamualaikum Wr.Wb.
Nama saya Suci Anggraini
NIM 856464146
Mahasiswa UT semester 8, Pokjar Dumai, UPBJJ Pekanbaru.
Di saat awal pembelajaran reaksi siswa tidak memperhatikan guru dan asik main dengan teman-temannya. Selain itu penampilan guru tidak rapi, guru tidak menggunakan sepatu, hanya menggunakan sandal. Pakaiannya tidak rapi, sebagian bajunya terlihat keluar.
Di awal pembelajaran guru juga tidak ada mengucapkan salam dan berdoa bersama siswa. Guru kurang terampil untuk menarik perhatian siswa.
Cara menarik perhatian siswa : guru harus berpenampilan yang rapi, melakukan ice breaking, seperti video yang kedua terlihat guru mengajak siswa bertepuk tangan, dan melakukan pertanyaan yang dapat membangkitkan semangat siswa. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media yang nyata, seperti yang dilakukan guru tersebut menggunakan media buah jeruk, sehingga siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan (dalam materi matematika, berhitung).