silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Desi Pajriyati
NIM : 877836232
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ UT Bandung
Selamat Siang, rekan-rekan semuanya.
Saya izin memberikan tanggapan mengenai video di atas dengan seri pengembangan matematika topik ‘menarik perhatian siswa’.
Melalui video tersebut, saya mempelajari bahwa pentingnya persiapan bagi seorang guru. Baik dari segi penampilan maupun dalam membawakan materi pembelajaran. Penampilan yang menarik serta rapi akan memberikan kesan yang baik pula. Persiapan guru dalam memulai pembelajaran pun penting. Guru sebaiknya memulai pembelajaran dengan memberikan ice breaking seperti yang ditampilkan di video. Dengan memberikan ice breaking di awal pembelajaran akan memberikan kesan baik saat memulai pembelajaran. Siswa dapat terfokus pada guru dan guru mendapatkan perhatian siswa. Siswa diajak memulai pembelajaran tanpa paksaan dan secara sukarela mengikuti arahan yang diberikan guru. Hal ini menjadikan pedoman bagi saya agar dapat menguasai kemampuan keterampilan keteraturan suasana kelas. Selain itu guru pada video memulai pembelajaran melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari sehingga memudahkan siswa dalam menjawab pertanyaan guru. berikut yang bisa saya tanggapi dari video di atas. terima kasih.
Nama : Khomsah Khoerun Nisa
NIM : 860034522
Bismillah, ijin menambahkan tanggapan dari video pembelajaran diatas.
Menurut saya ketika melakukan pembelajaran alangkah baiknya guru memperhatikan langkah – langkah, seperti pembuka, isi, dan penutup.
Alangkah baiknya ketika membuka pembelajaran guru memberikan salam, berdoa, mengabsen siswa, melakukan ice breaking, menyampaikan tujuan pembelajaran. Kemudian mengemas strategi – strategi pembelajaran dengan baik manfaatkan teknologi supaya siswa lebih antusias dan semangaatt dalam mengikuti pembelajaran.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama : Fadilah Nur Azizah
NIM : 860033814
Izin menanggapi video tersebut,
Bahwa di dalam pembelajaran guru harus memahami karakteristik anak usia SD dalam penggalan kelompok usia tertentu, seperti yang ada divideo tersebut, guru harus menggunakan pembelajaran yang asik dan menyenangkan , mudah dipahami oleh siswa dan menggunakan media pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa, di dalam video tersebut anak di dorong untuk belajar aktif dan mengarah pada pencapaian tujuan belajar atau kompetensi.
Assalamualaiku wr.wb
Nama : LUK MONIKA
NIM : 859645106
Setelah melihat vidio diatas mungkin saya bisa menambahkan sedikit tentang cara menarik perhatian siswa bisa menjadi tantangan, tetapi ada banyak strategi yang bisa diterapkan. Berikut beberapa cara efektif:
1. Gunakan Cerita atau Narasi
Cerita yang menarik dapat membuat materi lebih hidup. Mengaitkan pelajaran dengan cerita dapat membantu siswa merasa lebih terhubung.
2. Aktivitas Interaktif
Libatkan siswa dalam diskusi, kuis, atau permainan yang relevan dengan materi. Aktivitas seperti role play atau simulasi juga bisa sangat menarik.
3. Visual yang Menarik
Gunakan media visual seperti gambar, video, atau infografis. Visual dapat membantu siswa lebih memahami dan mengingat informasi.
4. Teknologi dan Alat Pembelajaran Digital
Manfaatkan aplikasi atau platform pembelajaran interaktif. Menggunakan teknologi bisa membuat pelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa.
5. Tanyakan Pertanyaan Provokatif
Mengajukan pertanyaan yang memicu rasa ingin tahu dapat mendorong siswa untuk berpikir dan berpartisipasi lebih aktif.
6. Berikan Pilihan
Biarkan siswa memilih topik atau metode pembelajaran. Rasa memiliki dapat meningkatkan motivasi mereka.
7. Kaitkan dengan Kehidupan Sehari-hari
Tunjukkan bagaimana materi yang diajarkan relevan dengan kehidupan mereka. Contoh konkret bisa membuat pembelajaran lebih berarti.
8. Pujian dan Penghargaan
Berikan umpan balik positif. Penghargaan kecil bisa meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi.
9. Variasi Metode Mengajar
Gunakan berbagai metode pengajaran (diskusi, presentasi, kelompok kecil) untuk menjaga suasana kelas tetap dinamis dan menarik.
10. Membangun Hubungan yang Baik
Luangkan waktu untuk mengenal siswa. Ketika mereka merasa dihargai dan diperhatikan, mereka lebih cenderung terlibat dalam pembelajaran.
Dengan menerapkan beberapa strategi ini, Anda dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sekian pendapat dan saran dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian wassalamualaikum wr.wb.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Tita Mutia
NIM : 860034181
izin menanggapi,
Jika dilihat dari video, proses pembelajaran sudah cukup baik tetapi masih ada kekurangan seperti dalam apersepsi. Guru harus pintar dalam melakukan apersepsi. Apersepsi yang benar sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat membantu siswa mengaitkan pengetahuan baru dengan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep yang diajarkan, meningkatkan motivasi, mengidentivikasi pemahaman awal, dan memfasilitasi proses kognitif. dengan demikian apersepsi yang baik adalah kunci untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan bermakna.
NAMA : SUNDARI
NIM :878212914
PRODI PGSD
izinkan saya memberikan komentar terhadap video di atas
seorang guru harus siap menghadapi murid dalam pembelajaran dan guru harus bisa menarik perhatian murid dalam melakukan pembelajaran, karena penting bagi seorang guru suasana kelas dengan mengajak siswa untuk melakukan ice breking , bermain game dan bernyany dan sebagainya, dan mengenalkan siswa dengan benda yang yang ada d sekelilingnya. sehingga siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran dengan nyaman dan mudaah untk memahami materi yang sedang dipelajari.
Setelah
Variasi metode pengajaran: 1.Gunakan berbagai metode seperti diskusi, presentasi, demonstrasi, permainan, dan lainnya untuk mencegah kebosanan. Variasi ini akan membuat pelajaran lebih menarik dan interaktif atau b
2. Gunakan media visual dan audio: Memanfaatkan media seperti slide presentasi, video, gambar, atau audio dapat membantu menarik perhatian siswa. Hal ini membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
3. Libatkan siswa secara aktif: Dorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui pertanyaan, diskusi, atau tugas kelompok. Keterlibatan aktif akan membuat mereka lebih fokus dan tertarik.
Variasi metode pengajaran: Gunakan berbagai metode seperti diskusi, presentasi, demonstrasi, permainan, dan lainnya untuk mencegah kebosanan. Variasi ini akan membuat pelajaran lebih menarik dan interaktif.
2. Gunakan media visual dan audio: Memanfaatkan media seperti slide presentasi, video, gambar, atau audio dapat membantu menarik perhatian siswa. Hal ini membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
3. Libatkan siswa secara aktif: Dorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui pertanyaan, diskusi, atau tugas kelompok. Keterlibatan aktif akan membuat mereka lebih fokus dan tertarik.
Pada kesimpulannya yaitu ketika hendak memasuki kelas guru harus mengucapkan salam terlebih dahulu dan harus menunjukan ekspresi
Variasi metode pengajaran: Gunakan berbagai metode seperti diskusi, presentasi, demonstrasi, permainan, dan lainnya untuk mencegah kebosanan. Variasi ini akan membuat pelajaran lebih menarik dan interaktif.
2. Gunakan media visual dan audio: Memanfaatkan media seperti slide presentasi, video, gambar, atau audio dapat membantu menarik perhatian siswa. Hal ini membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
3. Libatkan siswa secara aktif: Dorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui pertanyaan, diskusi, atau tugas kelompok. Keterlibatan aktif akan membuat mereka lebih fokus dan tertarik.
Kesimpulannya yaitu jika ingin di perhatikan oleh siswa kita sebagai guru harus ketika memasuki kelas mengucapkan Slam terlebih dahulu dan