silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Shinta Nuryana
NIM : 857655387
saya akan sedikit berkomentar dalam video tersebut. terlihat jelas kalau diawal video semua murid bermain sendiri tanpa merespon atau memperhatikan guru. disisi lain guru menggunakan pakaian yang kurang sopan. terlihat guru tersebut menggunakan sandal dan bajunya tidak rapi. seorang guru seharusnya menjadi contoh yang baik untuk muridnya. salah satunya yaitu dengan berpakaian rapi dan sopan. lalu divideo selanjutnya guru tersebut melakukan ice breaking interaksi dan umpan balik dengan siswa, dilihat siswa fokus dan memperhatikan guru. jadi, guru harus lebih kreatif guna menarik perhatian seorang murid, agar murid senang tapi tetap fokus memperhatikan guru
Assallamualaikum wb, salam sejahtera
Nama : Decky NW
NIM : 836241222
Prodi : PGSD 119 UPBJJ 21
Menurut hemat saya dari pembelajaran video tersebut, dapat ditarik kesimpulan Guru perlu melakukan pendekatan psikologis dalam penyampaian materi pada peserta didik, dari mulai awal hingga akhir. Hal ini dapat dilakukan dengan “First Impression” peserta didik pada guru yakni dari kerapihan, senyum, sapa, ekspresi keceriaan hingga chemistry yang di pancarkan.
Penyampaian materi perlu disampaikan menggunakan alat bantu yang dapat diambil dari bahan sekitar, untuk melakukan operasi perhitungan dasar. agar dapat menimbulkan atensi peserta didik untuk kelancaran transfer pengetahuan.
Assalamualaikum
Nama : Udiyat Khaerul Ahyar
NIM : 857595045
Izin memberikan tanggapan.
Agar pembelajaran di kelas dapat berlangsung sesuai dengan rencana. Menarik perhatian siswa kelas 1 memang tidak mudah, karna di masa itu anak masih dalam proses transisi atau peralihan. Biasanya anak-anak tersebut masih susah untuk dikendalikan karena di masa itu anak masih suka bermain dan asyik sendiri. Untuk dapat memusatkan perhatian guru dapat melakukan kegiatan awal sebelum pembelajaran seperti, melakukan ice breaking, melakukan tanya jawab, eksplorasi kepada siswa sehingga perhatian siswa dapat terpusat kepada guru. Selain itu penampilan seorang guru juga harus diperhatikan, karena penampilan guru juga akan dilihat oleh siswa. Karena seorang guru yang seharusnya menjadi panutan siswa harus mencontohkan yang baik agar siswa juga dapat bercermin kebaikan dari guru tersebut.
Assalamualaikum wr. wb
Nama : Putri Dahlia Andaningsih
NIM : 857027418
Prodi : S1 PGDS
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
izin memeberikan komentar terkait video diatas…
Dalam sebuah proses pembelajaran dibagi menjadi 3 tahapan yaitu pembuka, inti pembelajaran, penutup. dalam membuka sebuah pembelajaran yang efektif diawali dengan sapa,salam, berdoa, ice breaking, absensi, menanyakan kabar peserta didik, pertanyaan pemantik, setelah itu masuk ke dalam inti pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik keterampilan menguasai kelas sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran berlangsung efektif.
Dari video diatas terlihat bahwa salah satu keterampilan yang harus kita miliki yaitu menarik perhatian peserta didik, terutama kelas 1 SD dimana pada fase ini anak anak berada pada fase peralihan. bagaiman cara kita untuk menarik perhatian anak anak ? Hal yang harus kita perhatikan pertama kali adalah penampilan dimana pakaian kita harus rapih serta wangi menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian anak anak. Kemudian sikap yang ramah, ceria, dan bersemangat sangat disukai oleh anak anak terutama anak SD kelas 1 mereka akan terbawa suasana yang kita pancarkan, alangkah baiknya juga sebelum mulai pembelajaran agar anak anak tertarik dengan kita lakukanlah ice breaking sebagai penyemangat pembuka serta tanyakan kabar pada anak anak dengan penuh senyuman. nah, setelah anak mulai bersemangat barulah kita mulai berdoa dan absensi. dalam proses inti pembelajaran juga kita harus dapat menarik perhatian mereka dengan membangun interaksi langsung dengan bertanya serta mengapresiasi setiap jawaban yang anak berikan , selain itu berikanlah contoh yang konkrit dan nyata sebagai media pembelajaran karena saat masih SD kelas 1 mereka belum bisa membayangkan dan mengaitkan dengan pelajaran, maka dari itu kita harus menarik perhatian anak anak dengan contoh benda benda nyata seperti yang dilakukan dalam video diatas. Dilihat dari pengalaman saya perlu diingat juga dalam proses pembelajaran sesekali selingi anak untuk bermain games atau memberikan tepuk semangat atau bernyanyi karena daya konsentrasi anak pada usia ini masih sangat terbatas dan cepat merasa bosan, Jadi kita harus sigap untuk menarik perhatiannya kembali.
Sekian dari saya semoga bermanfaat. terimakasih
Wassalamualaikum wr. wb
Nama : Yeyen widyana
Nim : 857015398
Prodi : 118/PGSD-S1
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sragi
Materi : MTK/menarik perhatian siswa
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menanggapi vidio pembelajaran ini
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada awal nya terkesan kurang berkonsentrasi karena guru tersebut kurang memberikan ice breaking yang menarik. Namun pada saat guru tersebut menerapkan pembelajaran yang menggunakan media jeruk dan menarik interaksi siswa, terlihat sekali siswa berantusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran . Sehingga hampir seluruh siswa secara kompak mampu menjawab soal cerita yang di sampaikan oleh guru tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru kurang berpenampilan rapih
2. Tidak melakukan salam pembukaan ketika memasuki kelas,hanya mengucapkan selamat pagi
3. Tidak melakukan absensi kelas
4. Tidak melakukan ice breaking untuk memantapkan para siswa mengikuti kegiatan pembelajaran
5. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Tidak ada literasi pada awal pembelajaran
7. Metode pembelajaran terkesan kaku sehingga banyak siswa pada awal pembelajaran tidak konsentrasi
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Menggunakan media pembelajaran yang mudah di temui oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengajak siswa untuk berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran
3. Melakukan apresiasi
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik dalam vidio ini adalah bagaimana seorang tersebut dapat melakukan apresiasi terhadap siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru tersebut dengan gaya bicara yang khas dan uluran jari jempol yang dapat membangkitkan semangat motivasi siswa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu bagaimana seorang guru ketika melakukan kegiatan awal pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Alur pembelajaran pun dapat di susun dengan apik dalam RPP sesuai dengan materi yang akan di empu. Sehingga dengan adanya RPP tahapan pembelajaran dari awal pembelajaran Sampai akhir akan tersusun dengan rapih, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.
Nama : Muhammad Boksa Al amin
Nim : 857008131
Prodi : 118/PGSD-S1
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Materi : Manarik perhatian siswa
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menanggapi vidio pembelajaran ini
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang berkonsentrasi karena guru kurang menyampaikan tujuan pembelajaran . Namun pada saat guru tersebut menerapkan pembelajaran yang menggunakan media,hal itu menarik keantusiaan siswa, terlihat sekali siswa berantusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran .
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru memakai sandal ketika mengajar
2. Tidak melakukan salam pembukaan ketika memasuki kelas
3. Tidak melakukan absensi kelas
4. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Metode pembelajaran terkesan lama
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Menggunakan media pembelajaran
2. Mengajak siswa untuk berinteraksi
3. Apresiasi
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru tersebut memiliki gaya bicara yang unik dan penggunaan soal cerita yang mampu di pahami siswa.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya menciptakan kegiatan awal pembelajaran yang menarik dan inovatif. Alur pembelajaran pun dapat di susun dengan adanya silabus dan RPP sesuai dengan materi yang akan di sampaikan kepada siswa .Sehingga dengan adanya silabus dan RPP dapat menjadikan pedoman guru dalam menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
NAMA: INDAH DWI AMANDA
NIM : 856313452
PRODI: S1 PGSD
Izin berkomentar video diatas
Dalam masih kurangnya peran guru dalam menarik perhatian siswa, sebagai guru kelas 1 hendaknya memasuki kelas dengan senyuman, pembawaan diri yang ceria dan happy, serta melakukan ice breaking atau aktivitas permainan ringan yang bertujuan untuk mencairkan suasana, membangun interaksi, dan menghilangkan kekakuan. Ice breaking bisa dilakukan di awal, tengah, atau akhir pelajaran, tergantung kebutuhan guru tersebut. Beberapa contoh ice breaking yang bisa dilakukan adalah: Yel-yel , menyanyi, tepuk tangan dan bermain game. durasi melakukan ice breaking cukup 10-15 menit saja. Dengan begitu kita bisa menarik perhatian siswa dan siswa akan merasa pelajaran dengan guru tersebut sangat menyenangkan.
Nama : salmah
Nim : 856650923
Program : PGSD S1
Dari video diatas saya melihat bahwa pentingnya kesiapan guru didalam mengajar. Dimana dalam video tersebut sudah ada beberapa bahan untuk yang disediakan guru agar siswanya tertarik didalam belajar matematika, misalnya menanyakan naik kendaraan apa sebelum berangkat sekolah dan lain lain sebagainya. Akan tetapi hal tersebut belum bisa menarik perhatian siswa secara keseluruhan. Disini lah peran guru sangat diperlukan karena disini bukan tentang gurunya yang harus pintar akan tetapi bagaimana cara gurunya agar menarik perhatian siswa dan siswa bisa paham dan mengerti dengan materi yang disampaikan oleh gurunya, barulah hal tersebut dikatakan berhasil dalam mendidik anak
Nama : Afni Hidayati
Nim : 878367447
Jurusan : PGSD In service
Dalam menarik perhatian peserta didik dapat kita lakukan beberapa hal kegiatan yang menarik seperti mengucapkan salam kepada peserta didik dan juga menanyakan kabar mereka dan persiapan apa yang mereka lakukan sebelum pergi ke sekolah dan dalam pembelajaran. Hal ini dapat di lakukan dengan kegiatan ice breaking berupa nyanyian, kuis, dan juga teka teki yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilakukan dengan kata lain kita juga bisa membuat pertanyaan pemantik yang dapat memancing saya ingat mereka pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pembelajaran sekarang.
Nama : Liani Kristanti
Nim : 858545881
Program : PGSD S1
Izin memberikan komentar dari video diatas.
Dari segi profesionalisme, guru sebaiknya mencerminkan sikap yang sesuai dengan lingkungan formal. Menggunakan sandal di kelas mungkin dianggap kurang pantas di beberapa tempat, karena pakaian dan penampilan guru biasanya mempengaruhi cara siswa memandang otoritas mereka. Jika penggunaan sandal ini karena alasan kesehatan atau kenyamanan, hal tersebut dapat dikomunikasikan dengan siswa agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.
Murid Bercanda Saat Guru Menjelaskan , kurangnya Disiplin Ketika murid bercanda saat guru menjelaskan, ini menunjukkan adanya masalah disiplin di kelas. Guru perlu memperbaiki manajemen kelas dan menegakkan aturan yang lebih ketat agar murid lebih fokus.