silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,012 Comments

  1. Nama : Fitri Meilia Rusli
    NIM : 857123682

    Izin berkomentar setelah saya melihat video tersebut. Menurut saya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.
    Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari video “Menarik Perhatian Siswa” :

    Kelebihan:
    Penggunaan Metode Interaktif:
    Video ini menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi yang efektif untuk menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran lebih interaktif.
    Visual yang Menarik:
    Penggunaan media visual dalam video membantu siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
    Materi yang Relevan:
    Materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan peserta didik, sehingga membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik.

    Kelemahan:
    Kurangnya Apersepsi:
    Guru dalam video tersebut kurang menggunakan prinsip apersepsi di awal pembelajaran, yang penting untuk menyiapkan mental siswa dan menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
    Penampilan Guru:
    Penampilan guru dalam video kurang rapi, yang dapat mempengaruhi kesan dan perhatian siswa terhadap pembelajaran.
    Keterlibatan Siswa:
    Meskipun metode yang digunakan sudah tepat, sebaiknya siswa lebih banyak dilibatkan secara langsung dalam demonstrasi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka.

    Mengidentifikasi Masalah:
    Masalah: Kurangnya keterlibatan siswa dan penampilan guru yang kurang rapi.

    Menganalisis Penyebab Masalah:
    Penyebab: Metode apersepsi yang kurang diterapkan dan kurangnya perhatian terhadap penampilan.

    Menentukan Alternatif Pemecahan Masalah:
    Alternatif 1: Meningkatkan penggunaan apersepsi di awal pembelajaran untuk mengaitkan materi baru dengan pengetahuan sebelumnya.
    Alternatif 2: Memperbaiki penampilan guru agar lebih rapi dan profesional.
    Alternatif 3: Melibatkan siswa lebih aktif dalam demonstrasi dan kegiatan interaktif.

    Menentukan Tujuan Perbaikan:
    Tujuan: Meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran melalui penggunaan apersepsi yang lebih baik, penampilan guru yang lebih rapi, dan metode pembelajaran yang lebih interaktif.
    Dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahan ini, serta mengidentifikasi masalah dan alternatif pemecahannya, video pembelajaran dapat lebih ditingkatkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.

  2. Nama : Fitri Meilia Rusli
    NIM : 857123682
    Prodi : PGSD S1

    Izin berkomentar setelah saya melihat video tersebut. Menurut saya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.
    Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari video “Menarik Perhatian Siswa” :

    Kelebihan:
    Penggunaan Metode Interaktif:
    Video ini menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi yang efektif untuk menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran lebih interaktif.
    Visual yang Menarik:
    Penggunaan media visual dalam video membantu siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
    Materi yang Relevan:
    Materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan peserta didik, sehingga membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik.

    Kelemahan:
    Kurangnya Apersepsi:
    Guru dalam video tersebut kurang menggunakan prinsip apersepsi di awal pembelajaran, yang penting untuk menyiapkan mental siswa dan menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
    Penampilan Guru:
    Penampilan guru dalam video kurang rapi, yang dapat mempengaruhi kesan dan perhatian siswa terhadap pembelajaran.
    Keterlibatan Siswa:
    Meskipun metode yang digunakan sudah tepat, sebaiknya siswa lebih banyak dilibatkan secara langsung dalam demonstrasi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka.

    Mengidentifikasi Masalah:
    Masalah: Kurangnya keterlibatan siswa dan penampilan guru yang kurang rapi.

    Menganalisis Penyebab Masalah:
    Penyebab: Metode apersepsi yang kurang diterapkan dan kurangnya perhatian terhadap penampilan.

    Menentukan Alternatif Pemecahan Masalah:
    Alternatif 1: Meningkatkan penggunaan apersepsi di awal pembelajaran untuk mengaitkan materi baru dengan pengetahuan sebelumnya.
    Alternatif 2: Memperbaiki penampilan guru agar lebih rapi dan profesional.
    Alternatif 3: Melibatkan siswa lebih aktif dalam demonstrasi dan kegiatan interaktif.

    Menentukan Tujuan Perbaikan:
    Tujuan: Meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran melalui penggunaan apersepsi yang lebih baik, penampilan guru yang lebih rapi, dan metode pembelajaran yang lebih interaktif.

    Dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahan ini, serta mengidentifikasi masalah dan alternatif pemecahannya, video pembelajaran dapat lebih ditingkatkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.

  3. Assalamu’alaikum Wr. wb
    Perkenalkan nama saya Ucu Nurhalimah
    Nim : 877832797
    Upbjj : Bandung
    Izin memberi pendapat berdasarkan video di atas, bahwa jika kita ingin menarik perhatian anak harus dengan memberikan ice breaking agar anak terpaku pada kita dan merespons apa yang kita lakukan, selain itu juga kita harus memberi mereka pertanyaan agar ada feedback dari mereka juga sehingga mereka terpusat pada kita dan merespon apa yang kita sampaikan. Demikian yang dapat saya sampaikan
    Wassalamu’ala ikut. Wr. Wb

  4. Dari video di atas, Pada awal pembelajaran guru tidak menguasai keterampilan pembukaan kelas antara lain salam, absensi, doa, pengertian, ice-breaking, dan lain-lain. Media yang digunakan sudah tepat dan menarik namun masih belum menunjukkan keterlibatan siswa secara maksimal. Belum melihat penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran, belum melihat keterampilan pendampingan kelompok, belum melihat keterampilan memberikan penguatan dan pembelajaran jarak dekat.

  5. Nama: Arifatul Azizah
    NIM: 858990549
    UPBJJ: Jember – PGSD

    Pada video di atas yang berjudul menarik perhatian siswa setelah saya amati bahwa terdapat kelebihan dan kelemahan dari video tersebut.
    Kelemahan : 1. Guru berpenampilan kurang rapi saat di dalam kelas karena menggunakan sandal bukan sepatu. 2. Saat guru menyapa siswa, siswa tidak memperdulikan guru dan masih tetap gaduh. 3. Guru menyapa siswa dengan ekspresi dan nada suara yang datar, seharusnya dengan ekspresi yang ceria agar siswa lebih perhatian.
    Kelebihan: 1. Saat guru melakukan ice breaking siswa menjadi tertarik untuk fokus dalam pembelajaran. 2. Metode yang digunakan sudah tepat yaitu demonstrasi dan tanya jawab.

  6. Nama: TRI WULAN ANDRIANI
    NIM : 859896927
    Dari video diatas saya melihat bahwa sebelum melakukan pembelajaran atau menjelaskan materi pembelajaran dikelas,
    Pendidik perlu melakukan ice breaking agar anak tidak merasa tertekan dalam pelajaran dan anak merasa happy lalu agar anak dapat fokus ketika kita memberikan materi bahan ajar yang akan kita lakukan

  7. Nama: TRI WULAN ANDRIANI
    NIM : 859896927
    Dari video diatas saya dapat menyimpulkan bahwa pendidik kurang melakukan kesiapan pembelajaran sebelum mengajar.
    1. Reaksi: pada awal pembelajaran pendidik tidak memberikan salam terlebih dahulu, lalu pendidik juga tidak melakukan ice breaking sebelum melakukan penjelasan materi yang mengakibatkan anak kurang fokus terhadap pendidik.
    2. Kelebihan dari pendidik : yaitu pendidik dapat mengalihkan fokus anak dari yang awalnya tidak kondusif menjadi fokus kepada apa yang disampaikan oleh pendidik.
    3. Kelemahan dari video tersebut yaitu pendidik tidak dapat menghidupkan suasana kelas sehingga anak didik masih ada yang tidak fokus atau asyik dengan kegiatan masing-masing
    4. Tindak lanjut: sebaiknya pendidik perlu melakukan ice breaking dari awal kelas dimulai, agar hidupnya suasana kelas dan agar anak menjadi fokus terhadap pendidik, karna kelas yang menyenangkan akan membuat murid bahagia tanpa adanya tekanan dari materi pembelajaran yang akan dilakukan.

  8. assalamulaikum wr. wb
    Nama : Lutvi Avivah
    NIM : 857864649
    Program : PGSD S-1

    izin mengomentari vidio di atas .
    dalam vidio di atas menjelaskan tentang ketrampilan menarik perhatian siswa kelas satu yang masih dalam proses peralihan dari Paud saya setuju dengan solusi yang ada dalam vidio tetapi kurang tepat. menurut saya hal pertama saat guru masuk ke kelas harus memakai seragam yang rapi sehingga siswa dapat melihat bahwa seorang guru mencerminkan kerapian dan kedisiplinan. langkah yang kedua mengajak anak bernyanyi. pada masa Paud siswa banyak di ajarkan menyanyi.kita tidak bisa merubah kegiatan tersebut, karena sejatinya anak belajar dari kebiasaanya. untuk itu sebagai guru kita harus ,mengikuti kebiasaan belajar sebelumnya kemudian secara perlahaan bisa di rubah atau di variasi kan agar tidak monoton. misalkan dengan menyapa di pagi hari, mengajak tanya jawab kegiatan yang di lakukan sebelum berangkat sekolah, mengajak ice breaking. langkah selanjutnya sebelum memulai pembelajaran aangkah baiknya mengajak anak untuk berdoa terlebih dahulu agar kegiatan belajar mengajar lancar sampai akhir. lalu menanyakan keadaan siswa pada saat ini, mengabsen siswa yang hadir dalam kelas, menanyakan apakah ada siswa yang tidak masuk, setelah itu mengulang pembelajaran yang telah di pelajari minggu lalu. kemudian menjelaskan pembelajaran materi sekarang yang akan di pelajari. dalam contoh vidio di atas setelah anak bernyayi guru langsung menyakan pertanyaan penjumlahan dan pengurangan, menurut saya itu kurang tepat, karena anak belum siap untuk memulai pembelajaran. hal yang harus di lakukan menjelaskan materi yang akan di pelajari menyiapkan buku dan alat tuli. setelah itu baru di mulai pembelajaran.
    sekian terimaksih itu menurut pendapat saya apa bila ada kesalahan mohon maaf .

  9. Nama: Hilda Islami Ahza
    NIM: 858973345
    Izin memberi komentar terhadap video pembelajaran di atas.

    Agar pembelajaran efektif dan berkualitas guru harus mampu memusatkan dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, selain menarik perhatian murid salah satunya adalah berpakaian rapi dan nyaman dilihat. seperti halnya video diatas kita dapat melihat bagaimana pentingnya bagi guru untuk mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran apabila guru tidak bisa menarik perhatian siswa maka itu akan mempengaruhi bagaimana hasil dan proses pembelajaran kedepannya.
    Untuk dapat menarik perhatian siswa terutama siswa kelas bawah yang masih beradaptasi dengan masa peralihan guru harus berpenampilan menarik, masuk kedalam kelas dengan senyuman dan penuh semangat, melakukan kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, melakukan gerak badan, dan lain sebagainya.

  10. NAMA:SITI AAN KARNILA
    NIM:856339748
    JURUSAN :PGSD S1
    Menurut saya dalam
    Mengamati video pembelajaran menarik perhatian siswa pada tayangan tersebut:
    1. Saat memasuki kelas, guru melihat suasana kelas yang gaduh, siswa bermain – main dan tidak memperhatikan guru yang masuk kelas tersebut
    2. Kemudian guru mengucapkan salam selamat pagi dan langsung mengalihkan perhatian siswa dengan mengajak anak bertepuk
    ( tepuk satu kali, tepuk dua kali ), lalu melakukan appersepsi dengan bertanya kepada siswa ( kendaraan apa yang di pakai ke sekolah ), lalu bertanya kepada salah satu siswa, perihal jumlah ban mobil
    3. Lalu guru memulai belajar bilangan dengan menggunakan media buah jeruk.
    Dari hasil Pengamatan tersebut yang perlu di perhatikan oleh guru adalah
    1. Sebelum mengajar hendaknya mempersiapkan diri dengan pakaian yang rapih, memakai sepatu dan wajah yang ceria.
    2. Saat melihat kondisi kelas yang tidak kondusif, siswa tidak tertib, bermain – bermain,maka guru harus mampu mengkondisi dahulu siswa agar siap belajar dengan melakukan ice breaking atau games terlebih dahulu, sampai kondisi kelas kondusif dan siswa siap belajar.
    3. Setelah siswa siap belajar, maka guru mengajak siswa berdoa dan guru mengecek kehadiran siswa ( pendahuluan )
    4. Guru melakukan apersepsi adan tujuan pembelajaran hari ini
    ( pendahuluan )
    5. Selanjutnya guru memberikan materi inti pembelajaran, sebaiknya saat melakukan pembelajaran melibatkan siswa dalam pembelajaran ( Inti )
    6. Setelah selesai materi ini guru mereview materi dan mengevaluasi materi yang sudah dipelajari hari ini
    ( penutup )Setelah menyaksikan video dengan topik menarik perhatian siswa, dimana pada video tersebut dibagi dalam dua sesi pada setiap sesinya menanyangkan kondisi kelas yang berbeda-beda. Adapun beberapa perbedaannya
    yaitu:
    Video sesi 1
    Pada sesi ini sebenarnya video dibuat agar kita lebih fokus memperhatikan tentang kesiapan guru yang akan mengisi jam pelajaran di kelas tersebut.Tentunya kesiapan dari seorang gurusebelum memasuki kelas akan memberikan dampak yang signifikan pada proses pembelajaran. Pada video tersebut, guru belum memiliki kesiapan yang cukup, hal itu terlihat dari penampilan guru tersebut juga tidak berpakaian rapi dan menggunakan alas kaki yang tidak tepat untuk mengajar. Hal ini tentu saja mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Dari penampilan saja sudah sangat tidak menarik dan memberikan contoh yang tidak baik kepada murid.

Leave a Reply