silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamu’alaikum, wr.wb.
Perkenalkan saya Nuris Rahmawati dengan nomor NIM 878198845
Menurut saya, setelah saya melihat dan mengamati vidio di atas awalnya, siswa kelas satu sekolah dasar menunjukkan tidak adanya minat yang signifikan terhadap kegiatan pembelajaran. Mereka terlihat seringkali tampak gelisah, tidak dapat diam, dan lebih banyak sibuk dengan aktivitas lain. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Kegiatan Pembelajaran yang Kurang Menarik (Siswa merasa bahwa pembelajaran yang dilakukan sebelumnya tidak sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Akibatnya, mereka kurang tanggap terhadap ajaran guru. Dan guru juga tidak ada kesiapan dalam kegiatan pembelajaran)
Transisi Psikologis (Kelas satu adalah masa peralihan, yaitu dari TK ke Sekolah Dasar di mana siswa masih memiliki jiwa bermain dan eksplorasi yang kuat. Pembelajaran yang terlalu kaku dan formal cenderung membuat mereka kehilangan fokus. Dan setelah guru mengubah metode pengajaran dengan melibatkan siswa secara aktif, terlihat peningkatan minat dan keterlibatan siswa. Misalnya, dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, siswa menjadi lebih antusias dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran).
Terima Kasih
Wassalamu’alaikum, wr.wb
assalamualikum warahmatullahi wabarakatu,
tanggapan saya mengenai video di atas adalah masalah yang di tayangkan dan solusi yang deberikan sudah tepat, sebagai seorang guru harus punya kontrol terutama untuk kelas yang sedang di ajar, kesiapan guru juga menjadi point penting pada saat mengajar, guru mempersiapkan rancangan belajar, bahan ajar, media ajar, dan kesiapan penampilan, penampilan yang sopan dan rapi saat mengajar membuat semangat mengajar lebih tinggi. siswa kelas 1 SD memiliki sifat yang lebih aktif dari siswa tingkatan atasnya, anak kelas 1 masih dalam proses transisi dari TK ke SD, kebiasaan bermain masih menjadi kebiasan mereka pada awal semester, sehingga guru di tuntut untuk dapat mengontrol anak dengan cara memberi kesempatan untuk anak berkomunikasi, proses tanya jawab membuat anak lebih fokus dan terkontrol. serta penggunaan media belajar juga sangat efektif dilakukan dalam kelas untuk menarik perhatian anak.
sekian dari saya, terimaksih, wassalam.
Nama : Abdul manaf harahap
Nim: 878256352
Prodi: PGSD
UPBJ: Medan
ijin menanggapi video yang di atas. menurut saya seorang guru yang ada di dalam video tersebut sangat tidak mencerminkan penampilan seorang guru dalam berpaikan. yang dimana guru tersebut memakai sendal dan pakaian yang tidak rapih. tapi dilain itu saya sangat suka dengan guru tersebut karna mampu mengendalikan siswa yang ribut dengan cara mengajak siswa berinteraksi. dalam video tersebut sangat berguna karena memberikan edukasi tentang cara kita sebagai guru untuk menarik perhatian siswa agar pemberlajaran lebih aktif di dalam kelas. di dalam video tersebut juga guru memberikan interaksi yang baik kepada siswa. contoh mengajak siswa untuk menghitung jumlah buah jeruk bersama.
Nama : Zulfi Restu Nugraini
NIM : 857866753
Assalamualaikum Wr. Wb.
Ijin memberikan pendapat terkait video tentang menarik perhatian siswa tersebut. Pada video terlihat bahwa seorang guru masuk ke dalam kelas yang gaduh untuk memberikan pelajaran matematika kepada siswa kelas 1. Guru tersebut melakukan tepuk 1 kali dan 2 kali untuk menarik perhatian siswa supaya diam dan memperhatikan pembicaraan guru. Amat disayangkan penampilan guru waktu masuk ke dalam kelas kurang baik. Guru tersebut menggunakan sepatu sandal dan sebagian bajunya ada yang keluar sehingga terkesan tidak rapi. Sebaiknya penampilan guru harus diperhatikan karena guru merupakan contoh bagi para siswanya. Dalam video juga terlihat bahwa dalam menarik perhatian siswa, guru membawa buah jeruk untuk membantu siswa dalam melakukan perhitungan. Hal itu sangatlah bagus dilakukan pada pembelajaran matematika kelas 1 untuk mempermudah siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan. Mengajar siswa kelas 1 juga perlu dilakukan dengan mimik wajah yang gembira supaya siswa merasa dekat dengan gurunya.
Sekian pendapat dari saya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Nama : Ni Wayan Ayu Anggreni
NIM : 859026998
Dari vidio tersebut dapat kita lihat bagaimana sabarnya seorang guru terutama wali kelas 1 yang mengajar dengan keadaan siswa yang merupakan murid transisi dari TK.Disana guru di tuntut untuk lebih bersabar dan lebih memahami siswa salah satunya dengan melibatkan siswa dalam memahami mata pelajaran yang diberikan.Dalam vidio tersebut guru dituntut juga agar terlihat ramah dan rumah senyum agar siswa tidak takut untuk mengikuti pembelajaran tersebut.
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Lintang Aulia Sutardi
NIM : 857865024
Izin berkomentar mengenai video solusi untuk menarik perhatian perserta didik, menurut saya video di atas kurang maksimal untuk peran sebagai seorang guru, menurut saya untuk menarik perhatian peserta didik adalah peran utama terletak pada guru, guru harus lebih interaktif dalam berkomunikasi dengan siswa, kalimat-kalimat yang menyenangkan dan gembira akan menarik perhatian siswa memperhatikan kita. Pembelajaran yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi siswa. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif, guru dapat membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka:
1. Pentingnya alat peraga dan media pembelajaran dengan membuat pembelajaran lebih konkret, alat peraga membantu siswa memahami konsep abstrak dengan cara yang lebih nyata. Meningkatkan minat belajar alat peraga yang menarik dan interaktif dapat membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Memvariasikan metode pembelajaran: Penggunaan alat peraga dapat membantu guru untuk memvariasikan metode pembelajaran, sehingga siswa tidak mudah bosan.
2. Peran guru dalam mengelola Kelas kondisikan suasana belajar yang kondusif guru harus mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan sehingga siswa merasa betah untuk belajar. Guru perlu memberikan motivasi kepada siswa agar mereka tetap terdorong untuk belajar dan mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus aktif berinteraksi dengan siswa, baik secara individual maupun kelompok, untuk memastikan bahwa semua siswa terlibat dalam pembelajaran.
3. Penampilan guru yang menarik memberikan kesan positif. Penampilan guru yang rapi dan menarik dapat memberikan kesan positif kepada siswa. Menjadi role model guru menjadi contoh bagi siswa dalam hal penampilan dan perilaku. Membuat siswa merasa nyaman penampilan guru yang sopan dan rapi dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam bertanya atau berinteraksi.
Nama : Aini Lutfiana Sari
NIM : 877697809
Assalamualaikum wr wb
Ijin menanggapi dari video tersebut mengenai menarik perhatian siswa.
Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut terlihat kurang ketertarikan siswa dalam pembelajaran dan siswa tidak menunjukkan perhatian terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan kurangnya strategi pengelolaan kelas dan gaya belajar guru yang tidak menarik perhatian dan minat belajar siswa. Adapun kelebihan guru tersebut mampu menguasai kelas dan komunikatif terhadap siswanya seperti menunjuk siswa untuk menjawab, adapun hal unik lainnya guru membawa alat peraga seperti benda (jeruk) sebagai contoh dalam pembelajaran. Adapun upaya yang harus dilakukan untuk menarik perhatian siswa yaitu guru harus lebih komunikatif, guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, berinovasi untuk menggunakan alat peraga, selalu mengapresiasi kinerja siswa seperti “HEBAT” “BAGUS” “PINTAR” karena hal ini akan menambah semangat belajar siswa, selain itu guru harus mampu memberi motivasi siswa untuk belajar.
Dalam video tersebut diatas guru sebaiknya harus lebih siap untuk mengajar, dari segi pakaian yg dipakainya, lebih interaktif komunikasi kepada siswa dan yang pastinya menyenangkan. Sikap guru yang menyenangkan dan cara berkomunikasi yang aktif serta menyenangkan akan menarik perhatian siswa untuk memperhatikan gurunya.
Saya fauziah wan 856225634 pgsd smst 8 upbjj padang berpendapat video ini memberikan beberapa tips yang berguna untuk menarik perhatian siswa di kelas. Guru yang dapat menarik perhatian siswa akan lebih efektif dalam mengajar.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk menarik perhatian siswa:
• Gunakan suara yang jelas dan tegas.
• Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
• Gunakan visual yang menarik.
• Gunakan humor.
• Buat suasana yang menyenangkan di kelas.
• Sesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa.
• Berikan umpan balik kepada siswa.
• Motivasi siswa.
Dengan menerapkan tips ini, guru dapat lebih efektif dalam menarik perhatian siswa dan membantu mereka untuk belajar dengan lebih baik.
Saya fauziah wan 856224634 pgsd smstr 8 upbjj padang berpendapat bahwa ,video ini memberikan beberapa tips yang berguna untuk menarik perhatian siswa di kelas. Guru yang dapat menarik perhatian siswa akan lebih efektif dalam mengajar.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk menarik perhatian siswa:
• Gunakan suara yang jelas dan tegas.
• Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
• Gunakan visual yang menarik.
• Gunakan humor.
• Buat suasana yang menyenangkan di kelas.
• Sesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa.
• Berikan umpan balik kepada siswa.
• Motivasi siswa.
Dengan menerapkan tips ini, guru dapat lebih efektif dalam menarik perhatian siswa dan membantu mereka untuk belajar dengan lebih baik.