silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Agus Syarifuddin
NIM : 857485697
Izin berkomentar,
Pada tayangan yang pertama guru belum mampu menarik perhatian siswa, penampilan guru pun sangat tidak rapi, kegiatan pembelajaran seolah-olah hanya memenuhi kewajiban sebagai guru tanpa adanya kreatifitas dan kedisiplinan.
Pada tayangan kedua, guru sudah berpenampilan baik, guru mampu menarik perhatian dan fokus siswa dengan menggunakan media pembelajaran.
untuk lebih mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dikelas, guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
– Ciptakan suasana kelas yang nyaman, aman, dan menyenangkan sehingga siswa merasa betah dan termotivasi untuk belajar.
– Memulai dengan apersepsi yaitu menghubungkan materi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
– Memberikan contoh dan latihan yang relevan dengan memberikan contoh-contoh nyata dan latihan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
– Menggunakan berbagai metode pembelajaran, variasikan metode pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, atau pembelajaran berbasis proyek.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Ilham Cahaya Ramadhani
NIM : 857858312
Mohon izin untuk mengomentari video terkait dengan bagaimana cara guru dalam menarik perhatian siswa ketika pembelajaran di kelas. Menurut saya pada tayangan video tadi sudah cukup baik dalam menarik perhatian siswa, namun pada pratiknya masih ada sebagian anak yang tidak mau memperhatikan pembelajaran guru. Karena siswa kelas 1 masih beradaptasi sehingga perlu menggunakan metode pembelajaran yang digunakan di Paud atau TK. Misalnya dalam pembelajaran matematika tema berhitung tersebut setiap anak diberikan media pembelajaran seperti : biji-bijian, dedaunan, ranting kecil-kecil ataupun kertas yang di gunting menjadi beberapa bagian. Kemudian guru memberikan nya kepada semua siswa. Sehingga semua siswa dapat menghitung jumlah media yang diberikan guru tersebut. Sehingga semua siswa dapat berkonsentrasi dan memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru. Terima Kasih
Nama : Fatriana Indatun Ni’mah
NIM : 858962643
Menurut saya video tersebut mengenai menarik perhatian siswa di kelas 1 memerlukan pendekatan yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan mereka, karena siswa pada usia ini cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek dan lebih mudah teralihkan.Dengan pendekatan yang kreatif dan disesuaikan dengan perkembangan anak, perhatian siswa kelas 1 dapat ditangkap secara eferktif, memungkinkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan produktif.
Nama : Muhammad Danial Wathoni
NIM : 858940211
assalammualaikum wr wb.
dari video yang saya lihat dan cermati di atas, saya akan berkomentar. kelas 1 memang butuh tenaga ekstra untuk mengajar, membimbing dan membentuk karakter dari seorang anak yang baru memulai dan mengenal dunia sekolah dasar. maka dari itu, ketika kelas akan di mulai dan para siswa masih ramai/tidak kondusif di dalam kelas yang menyebab kan kurang nya perhatian terhadap guru yang ingin mengajar saran saya ketika akan di mulai pembelajaran dan ingin mendapatkan perhatian yang fokus dari murid sebaiknya di mulai dengan mengadakan ice breaking yang mengandung pelajaran yang akan di ajarkan. contoh nya seperti di video tersebut yang akan dimulai dengan pelajaran pertamanya adalah matematika, jadi anak anak di beri ice breaking yang mengandung pelajaran matematika ntah itu jumlah jumlahan, pengurangan, pembagian bahkan perkalian. yang mana nantinya anak anak akan berusaha fokus dan memperhatikan pada gurunya juga pelajaran yang akan di sampaikan oleh gurunya.
sekian komentar saya, terimakasih
Nama : Muhammad Danial Wathoni
NIM : 858940211
assalammualaikum wr wb, setelah saya melihat video di atas tersebut ijin kan saya untuk berkomentar mengenai video tersebut :
Dalam video tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, seorang guru percaya bahwa pembelajaran yang efektif dan efisien harus mempertimbangkan kebutuhan dan potensi setiap siswanya. Dengan menerapkan diferensiasi pembelajaran, guru tersebut dapat menyesuaikan materi dan metode pengajaran sesuai dengan kemampuan dan minat siswa dalam proses pembelajaran yang diberikan. Dan dalam sinopsis yang saya baca, guru tersebut dapat memberikan berbagai pilihan tugas atau aktivitas yang memungkinkan siswa berkolaborasi dan belajar dari satu sama lainnya. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan motivasi, tetapi juga menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap siswa merasa dihargai dan terlibat.
Selain itu, saya dapat menarik kesimpulan baik dari sinopsis dan video yang telah disajika, guru tersebut juga mengintegrasikan problem-based learning (PBL) ke dalam proses pembelajaran yang diberikan. Dengan menghadirkan masalah nyata yang relevan, siswa diajak untuk berpikir kritis dan mencari solusi secara kolaboratif. Proses ini membantu mereka menghubungkan teori dengan praktik, serta mengembangkan keterampilan penting seperti pemecahan masalah dan komunikasi.
Nama : Aswardi
Nim : 856077649
Izinkan saya menanggapi vidio diatas
Terkait menarik perhatian siswa, pendapat saya seorang guru haruslah mempunyai sikap teladan yang akan ditiru oleh peserta didik baik dari cara berpakaian, bertindak dan berbicara, serta memaksimalkan pembawaan didalam kelas sehingga akan menarik perhatian peserta didik untuk mendengarkan apabila gaya bahasa guru dalam berbicara sesuai dengan karakteristik mereka. Serta guru perlu menciptakan suasana kelas yang efektif dari awal masuk kelas sampai selesai dengan metode pendekatan yang sesuai dengan karakteristik anak, hal ini dirasa sangat penting untuk keberlangsungan dalam pengajaran.
Nama : Fatriana indatun ni’mah
NIM : 858962643
Menurut saya kekurangan video tersebut adalah tentang metode pembelajaran tidak menarik,siswa tidak fokus pada tujuan pembelajaran dan siswa tidak ikut terlibat dalam proses pembelajaran.
Kelebihan video tersebut adalah ketika perhatian siswa berhasil ditarik,mereka lebih aktif dalam pembelajaran.
Perbaikan dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan metode yg kreatif dan menarik, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa kelas 1
Nama : Selfia yuliawati
NIm: 856861848
NAMA : Selfia Yuliawati
NIM : 856861848
PRODI : S1 PGSD
MK : PKP
TUTOR : Syarmayeni, M.TPD
Izin memberikan komentar Menurut pendapat saya sebagai guru kita harus bisa memberikan contoh yang terbaik dan menarik perhatian siswa d kelas 1, dari cara kita bepakaian , menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, dan menarik perhatian siswa yang awalnya tadi kelas ribut sehingga menjadi fokus dengan pertanyaan guru. metode yang di gunakan juga sudah menarik siswa untuk menjawab petanyaan yang guru berikan. jadi sebagai guru kelas 1 kita harus sebisa mungkin menarik perhatian mereka agar fokus mendengarakan kita di depan kelas. apalagi kalau di kelas 1, siswa akan meniru setiap apa yg d berikan contohnya dari seorang guru di sekolah.
Nama RIKO
Nim 858109163
izin menanggapi vido yang saya tonton yang berjudul menarik perhatian siswa
dalam vedio tersebut seorang guru masuk ke kelas untuk mengajar siswa di kelas dengan pembukkan sorang guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang pelajaran yang akan di sampaikan, seperti konsep tentang bertambah dan berkurang yang berakibat siswa lambat untuk memahami pelajaran tersebut.
kalau di lihat dari gaya berpakaian tidak mencerminkan contoh berpakaian yang disiplin terlihat dari menggunakan sendal saat mengajar, berbaju keluar tidak di masukkan, dan gaya rambut tidak rapi. kalau sesorang guru mengajar dengan cara tersebut sama saja memberikan contoh secara tidak langsung kepada siswa sehingga siswa akan meniru perwatakan sesorang guru yang akan mengajar yang berakibat siswa lebih mudah menirunya. kesediplinan seorang pengajar sangat perlu sehingga memberikan contoh yang baik kepada siswa.