silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,008 Comments

  1. Nama : Zahara Maryam Arga Daru Jati
    Nim : 857741868
    Izin menanggapi video

    Dari video dapat disepakati bahwa sebelum melakukan pembelajaran sangat perlu untuk memusatkan perhatian siswa agar pembelajaran dapat berjalan secara sistematis dan maksimal.Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap kita sebagai pengajar,antara lain yaitu;
    1.Menjaga penampilan,terkesan sepele namun dengan kita sebagai pengajar berpenampilan yang rapi maka akan menarik perhatian siswa,selain itu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena dengan pakaian yang rapi siswa akan ikut merasa siap untuk mengikuti pembelajaran.
    2.Melakukan apersepsi,hal ini hal yang wajib kita lakukan untuk mempersiapkan siswa untuk masuk ke dalam kegiatan pembelajaran,melalui apersepsi kita dapat membuat jembatan antara pengetahuan yang telag dimiliki siswa dengan materi yang akan diajarkan.Maka dari itu apersepsi dapat meningkatkan ketertarikan serta motivasi belajar siswa.
    3.Menggunakan media pembelajaran, media pembelajaran menjadi kunci untuk menarik perhatian siswa,media pembelajaran dapat dirancang semenarik mungkin namun harus fungsional dan relevan dengan materi yang akan diajarkan.

  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Jessy Okta Nalysta
    NIM : 856301157

    Izin menanggapi video di atas bapak/ibu.

    Dari video di atas dapat kita simpulkan bahwa guru harus memberikan penguatan dan sebelum belajar siswa harus di beri kesiapan dalam belajar dengan cara memotivasi memberikan dukungan dan menjadi contoh kepada peserta didik.
    Guru juga harus mampu mengelola kelas dengan baik agar pembelajaran berjalan dengan maksimal, caranya adalah menarik perhatian siswa atau masuk ke dunia mereka terlebih dahulu, atau lakukan ice breaking terlebih dahulu sehingga siswa bisa memperhatikan gurunya dan guru juga memiliki metode pengajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar

  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama : Jessy Okta Nalysta
    NIM : 856301157

    Izin menanggapi video di atas bapak/ibu
    Dari video di atas dapat kita simpulkan bahwa mengelola kelas sangat di perlukan dalam pembelajaran dan yang lebih diutamakan ialah media yang di gunakan.
    Dengan pengelolaan kelas yang maka siswa akan dapat memperhatikan dengan baik, caranya dengan menarik siswa untuk kesiapan belajar atau masuk ke dunia siswa terlebih dahulu serta perlunya melakukan ice breaking agar anak semangat dalam belajar, yang dilakukan selanjutnya adalah memberikan penguatan atau motivasi sehingga siswa mengetahui apa tujuannya ke sekolah.

    Dengan media yang menarik akan membuat siswa untuk memiliki minat belajar, karena yang sama kita ketahui zaman sekarang siswa bosan dengan metode ceramah. Untuk itu sebagai guru memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran agar tercapainya pembelajaran

  4. NAMA : JUMA’IYAH
    NIM : 857780132
    POKJAR : KUDUS

    Izin menanggapi video diatas.
    Video tersebut berisi tentang bagaimana kita menarik perhatian siswa untuk belajar terkhusus untutk kelas rendah. Dalam video tersebut digambarkan suasana kelas yang sangat ramai dan tidak kondusif. Kemudian datang seorang Guru yang masuk kelas tetapi dengan kondisi yang tidak bersemangat dan terlihat tidak bisa menguasai kelas ditambah dengan penampilan yang kurang menarik. Dari awal beliau masuk saja sudah tidak bisa menarik perhatian siswa maka akan sulit untuk melanjutkan KBM selanjutnya.
    Kenudian ada adegan yang menunjukkan seorang guru yang masuk kelas dengan bersemangat, menyapa siswa dengan memberikan suatu tepukan agar perhati an siswa dapat dialihkan. Saat siswa-siswa tersebut sudah bisa di alihkan perhatiannya guru tersebut melanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang bisa membangun kelas menjadi hidup dan kondusif. Guru tersebut juga menggunakan beberapa media pembelajaran.
    Tanggapan saya terkait video tersebut adalah untuk menarik perhatian siswa dimulai dari diri kita sebagai pendidik. Kita harus menunjukkan sikap yang bersemangat, kreatif dan berpenampilan menarik.

    Terimakasih

  5. NAMA : Fajriyah Ariskah
    NIM : 856292169

    izin menanggapi ulasan video diatas

    1. seharusnya guru memulai kegiatan pendahuluan pembelajaran dengan benar sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan disekolah tersebut
    2. guru berpakaian tidak rapi. seperti : bajunya setengah masuk dan setengah keluar dan memakai sendal. hal ini mencerminkan sesuatu yang tidak bagus kepada siswa karena guru adalah contoh bagi para siswanya dalam berpakaian
    3. saat guru menarik perhatian siswa ketika siswanya sedang bersenda gurau dengan teman sebangkunya, dan guru menarik perhatian siswa dalam keadaan tersebut dengan cara menanyakan langsung dengan pertanyaan yang berkiatan dengan kehidupan sehari-hari siswa
    4. guru memberikan contoh teknik berhitung yang bagus.

    untuk menarik perhatian siswa, penting untuk memahami kebutuhan dan minat mereka, menggunakan variasi metode pengajaran dan menciptakan suasana belajar yang menarik. membangun keterkaitan antara materi pembelajaran dan kehidupan sehari-hari siswa, juga sangat membantu. selain itu, menciptakan interaksi positif dan memotivasi siswa dapat meningkatkan keterlibatan mareka dalam proses belajar.
    Terima Kasih.

  6. Menarik perhatian siswa, terutama untuk tingkat sekolah dasar, bisa dilakukan dengan cara-cara kreatif dan menyenangkan. Berikut beberapa strategi yang mungkin dapat membantu untuk menarik perhatian siswa :

    1. Gunakan Visual yang Menarik : Anak-anak sangat responsif terhadap visual. Anda bisa menampilkan gambar, grafik, atau video singkat yang relevan dengan materi pelajaran. Misalnya, untuk pelajaran Sains, tampilkan eksperimen sederhana atau ilustrasi proses alam.

    2. Buat Permainan atau Kuis Interaktif : Kuis cepat atau permainan terkait pelajaran dapat membantu siswa tetap fokus. Anda bisa membagi mereka ke dalam tim dan memberikan poin untuk setiap jawaban yang benar. Ini juga bisa dijadikan cara untuk menilai pemahaman mereka dengan cara yang menyenangkan.

    3. Cerita atau Analogi : Menggunakan cerita atau analogi yang mereka kenal bisa membuat materi pelajaran lebih mudah dipahami. Misalnya, menjelaskan konsep matematika dengan cerita tentang “perjalanan liburan” untuk memperkenalkan konsep waktu atau jarak.

    3. Gunakan Aktivitas Hands-On : Belajar dengan cara praktis sering kali lebih efektif. Untuk sains, mungkin Anda bisa mengajak mereka membuat eksperimen sederhana di kelas. Sementara untuk matematika, coba gunakan alat bantu nyata seperti blok atau koin untuk menjelaskan konsep.

    4. Berikan Teka-Teki atau Tantangan Ringan : Anak-anak suka tantangan! Berikan teka-teki sederhana yang memerlukan pemikiran kritis terkait topik pelajaran, seperti teka-teki logika atau masalah matematika kreatif.

    5. Gunakan Suara atau Musik : Suara dan musik yang sesuai dapat meningkatkan daya tarik pelajaran. Misalnya, gunakan lagu-lagu singkat untuk mengingat rumus matematika atau fakta sains.

    6. Berikan Penghargaan atau Pengakuan Kecil : Berikan apresiasi untuk siswa yang aktif atau menunjukkan pemahaman yang baik. Ini bisa berupa pujian sederhana, stiker, atau sertifikat penghargaan.

    Sumber : BMP PDGK4209 Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar

  7. NAMA : YOZA MAIYORI
    NIM :856292209

    kesimpulan
    Dalam mengajar kelas rendah atau kelas satu yang mana kelas satu adalah kelas dimana masa perkenalan atau transisi dan masi dalam permainan, oleh karena itu kita sebagai guru bagai mana cara mengalihkan pandangan murid kepada kita. oleh karena itu proses pembelajaran perlu mempertimbangkan aspek sikologis serta minat anak yang berkembang,keinginan dan kebutuhan mereka perlu di akomondasikan secara baik sehinga guru terampil dalam menarik perhatian mereka dengan cara ekspersi mimik ceria dan bersahabat mau mendengarka pendapat dan curhatan anak serta berpenampilan diri yang rapi

  8. NAMA : RETNOWATI
    NIM : 857740185
    POKJAR : KUDUS
    Dari vidio pembelajaran tersebut dapat dianalisis sebagai berikut :
    1.Reaksi Siswa terhadap Kegiatan Pembelajaran
    Antusias dan Aktif Terlibat: Siswa terlihat tertarik karena guru melibatkan mereka secara langsung melalui eksplorasi dan pengamatan.
    2. Kelemahan Guru dalam Melakukan Pembelajaran
    Kurangnya Pengaturan Waktu: Guru mungkin membutuhkan manajemen waktu yang lebih baik agar setiap aktivitas berjalan efektif dan tidak memakan waktu terlalu lama.
    3. Kelebihan Guru dalam Melakukan Pembelajaran
    Menyisipkan Pembelajaran Kontekstual: Guru menghubungkan materi dengan benda-benda nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga membuat pembelajaran lebih relevan dan mudah dipahami.
    Mendorong Siswa Berkomunikasi: Kegiatan menemukan dan menceritakan benda melatih kemampuan komunikasi siswa.
    4. Hal-Hal Unik dalam Video Pembelajaran
    Pembelajaran Eksploratif: Guru tidak hanya memberikan materi, tetapi mengajak siswa menemukan sendiri pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan benda di sekitar seperti jumlah roda dalam mobil
    Ini menunjukkan bagaimana guru memanfaatkan objek sekitar untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
    5. Usulan Peningkatan untuk Kualitas Pembelajaran
    Pengelolaan Waktu yang Lebih Baik: Membuat alokasi waktu yang tepat untuk setiap aktivitas agar pembelajaran tetap fokus dan efektif.
    Penggunaan Media yang Lebih Variatif: Selain benda nyata, guru bisa memanfaatkan alat bantu digital seperti gambar atau video untuk menambah variasi dan menarik perhatian siswa lebih lama.
    Dengan pengelolaan waktu dan keterlibatan siswa yang lebih merata, pembelajaran akan menjadi lebih optimal. Hal ini akan membuat siswa merasa lebih termotivasi, aktif, dan mendapatkan pemahaman yang mendalam.
    Demikian analisis video pembelajaran dari saya kurang lebih mohon maaf, terimakasih

  9. NAMA : RETNOWATI
    NIM : 857740185
    POKJAR : KUDUS
    Dari vidio pembelajaran tersebut dapat dianalisis sebagai berikut :
    1.Reaksi Siswa terhadap Kegiatan Pembelajaran
    Antusias dan Aktif Terlibat: Siswa terlihat tertarik karena guru melibatkan mereka secara langsung melalui eksplorasi dan pengamatan.
    2. Kelemahan Guru dalam Melakukan Pembelajaran
    Kurangnya Pengaturan Waktu: Guru mungkin membutuhkan manajemen waktu yang lebih baik agar setiap aktivitas berjalan efektif dan tidak memakan waktu terlalu lama.
    3. Kelebihan Guru dalam Melakukan Pembelajaran
    Menyisipkan Pembelajaran Kontekstual: Guru menghubungkan materi dengan benda-benda nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga membuat pembelajaran lebih relevan dan mudah dipahami.
    Mendorong Siswa Berkomunikasi: Kegiatan menemukan dan menceritakan benda melatih kemampuan komunikasi siswa.
    4. Hal-Hal Unik dalam Video Pembelajaran
    Pembelajaran Eksploratif: Guru tidak hanya memberikan materi, tetapi mengajak siswa menemukan sendiri pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan benda di sekitar seperti jumlah roda dalam mobil
    Ini menunjukkan bagaimana guru memanfaatkan objek sekitar untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
    5. Usulan Peningkatan untuk Kualitas Pembelajaran
    Pengelolaan Waktu yang Lebih Baik: Membuat alokasi waktu yang tepat untuk setiap aktivitas agar pembelajaran tetap fokus dan efektif.
    Penggunaan Media yang Lebih Variatif: Selain benda nyata, guru bisa memanfaatkan alat bantu digital seperti gambar atau video untuk menambah variasi dan menarik perhatian siswa lebih lama.
    Dengan pengelolaan waktu dan keterlibatan siswa yang lebih merata, pembelajaran akan menjadi lebih optimal. Hal ini akan membuat siswa merasa lebih termotivasi, aktif, dan mendapatkan pemahaman yang mendalam.
    Demikian analisis video pembelajaran dari saya kurang lebih mohon maaf, terimakasih.

  10. NAMA. : PURI AGUSTINA
    NIM : 877673129

    Identifikasi Masalah:
    • Siswa sulit fokus dan mempertahankan konsentrasi dalam pembelajaran.
    • Guru kesulitan menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan.
    Kelemahan:
    • Guru tidak menampilkan contoh konkret penerapan strategi pembelajara.
    • Guru hanya fokus pada aspek menarik perhatian siswa, belum membahas strategi mengelola kelas dan menangani perilaku siswa.
    Kelebihan:
    • Guru memberikan penjelasan yang menarik perhatian siswa, seperti menggunakan ekspresi ceria, mendengarkan pendapat siswa, dan berpenampilan rapi.
    • Guru menekankan pentingnya memperhatikan aspek psikologi dan minat siswa.
    • Guru menunjukkan contoh penggunaan benda konkret dalam pembelajaran.

Leave a Reply