silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Rosina Bui
Nim : 837853602
Prodi : S1-PGSD
Tema : Membangun Kesiapan belajar Siswa
Judul Vidio : Menarik Perhatian Siswa
Ijinkan saya menyampaikan pendapat tentang vidio di atas.
Vidio Pertama
Vidio tersebut menampilkan upaya seorang guru dalam menarik perhatian siswa selama pembelajaran matematika. Namun terdapat catatan penting yang dapat kita amati dalam vidio tersebut adalah penampilan guru yang kurang rapi, seperti tidak memakai sepatu dan pakaian yang tidak tertata, yang dimana dita ketahui bersama bahwa seorang guru diguguh dan ditiru sehingga penampilan guru dapat memengaruhi kesan profesionalisme dan efektivitas pembelajaran. Pada awal kegiatan belajar mengajar harusnya guru membiasakan siswa siswi melakukan kegiatan berdoa, menanyakan kabar dan suasana hat peserta didik, serta mengecek kehadiran peserta didik. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar sebaiknya guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai terlebih dahulu lalu melakukan apersepsi, dan memberi motifasi terhadap siswa. Sesudah itu guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan penjelasan materi, agar suasana belajar tidak akan terlihat seperti vidio pertama.
Vidio Kedua
Vidio tersebut menampilkan penampilan guru yang sudah rapi sehingga suasana pembelajaran terlihat guru membuka pembelajaran dengan memberikan salam kepada siswa, melakukan ice breaking, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan materi penjumlahan dan pengurangan dengan membilang menggunakan benda-benda di sekitar sehingga terlihat siswa begitu antusias menerima pelajarana dari guru.
Nama : Asmarani Dewi Anggi
NIM : 857160754
UPBJJ Jakarta
Judul : Menarik Perhatian Siswa
Ijin menanggapi video diatas , pada video sesi 1 sebaiknya seorang guru menyiapkan dengan baik hal-hal yang diperlukan sebelum proses pembelajaran . Karena kunci dari keberhasilan proses pembelajaran adalah matangnya persiapan.Dan dari video sesi 1 dapat dilihat seorang guru yang tidak menggunakan sepatu dalam proses pembelajaran , pakaian guru yang kurang rapi menggambarkan kurang siapnya dalam memberikan materi pembelajaran . Tidak membiasakan berdoa sebelum memulai kelas dan menegur siswa dengan nada tinggi , dan langsung membahas materi tanpa memberikan apresiasi kepada siswa lebih dahulu. Sangat berbeda dengan video pertama , pada video kedua seorang guru yang siap untuk memberikan pembelajaran kepada siswa , masuk kedalam kelas dengan diawali salam dan ice breaking , serta mengajak siswa mengeksplorasi dengan membilang menggunakan objek ( jeruk ) . Hal tersebut membantu untuk menarik perhatian atau minat belajar siswa sehingga lebih menarik dan tidak bosan dalam pembelajaran.
Hasil analisis yang saya dapatkan dari video tersebut yaitu terkait kekurangan dan potensi perbaikan dalam pembelajaran matematika yang sedang berlangsung di kelas.Di mana guru sangat penting dalam memperhatikan aspek pedagogis yakni dalam video tersebut saya perhatikan pada saat suasana kelas masih gaduh, apresiasi yang baik yang dapat guru berikan akan sangat membantu dalam mengalihkan perhatian siswa dan mempersiapkan mereka untuk pembelajaran matematika. Nah selain dari aspek pedagogis hal yang bisa saya dapatkan dan yang saya pelajari yaitu penggunaan metode pembelajaran, dari video tersebut penggunaan metode tanya jawab dan demonstrasi sudah sangat tepat. Nah dari metode tersebut juga guru melibatkan siswa secara aktif di mana hal tersebut dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.
Jadi dengan memperbaiki cara mengajar, menentukan metode pembelajaran dan juga memperhatikan penampilan bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar di dalam kelas.
Menurut pendapat saya, mengenai cara menarik perhatian siswa saat pembelajaran bapak tersebut sudah baik dalam menarik perhatian siswa karna Ia dapat langsung bisa mengubah suasana yang ribut menjadi tenang tanpa bersorak-sorak dengan mengajak siswa mengeksplorasi bahan yang ada disekitar atau juga sudah dipersiapkan untuk pembelajarannya.
Terimakasih
Nama:CICI RODAME HUTASOIT
NIM :859893874
POKJAR :TAPUT
menurut saya guru mengucapkan salam waktu memasuki kelas, lalu memimpin doa, mengabsen siswa yang tidak hadir terlebih dahulu,
lalau guru mengajak tanya jawab untuk materi yang akan disampaikan
kelebihan, guru mengajak siswa ice breaking agar siswa memperhatikian gururnya, dan sudah bagus membawa media atau bahan ajar untuk menarik perhatian siswa.
kekurangan, alangkah baiknya gurur berpakaian rapi, bersepatu waktu mengajar atau di dalam lingkungan sekolah
Nama : Meisella Muhti Septia
Nim : 857032878
Prodi : S1- PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Menanggapi video pembelajaran diatas tersebut :
1. Judul video: menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Ringkasan isi video
• Video ini dibuat di sekolah dasar dengan penulis rusdianto
• sinopsis video ini yaitu bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi, memberi kemampuan, dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video Guru tersebut adalah tidak menggunakan sepatu hanya menggunakan sandal. Selain itu baju yang digunakan terlihat kurang rapi karena ada Sebagian baju yang tidak dimasukkan.
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video tersebut adalah pemakaian media yang digunakan sudah cukup meski hanya visual saja. Kemudian guru cepat mencari solusi bagaimana mencari cara agar menarik perhatian siswa.
5. Hal unik yang terjadi dalam video pembelajaran tersebut adalah Awal masuk kelas suasana terlihat gaduh, beliau tidak mampu membuat siswa fokus memanggilnya. Tetapi setelah guru mengajak para siswa bertepuk tangan dan guru menggunakan metode dan media jeruk terlihat siswa mulai mengikuti pembelajaran.
6. Rencana Perbaikan yang Dapat Dilakukan adalah Menggunakan metode yang mampu menarik perhatian siswa, dengan menggunakan media di sekitar kita.
Guru harus kreatif dalam pembelajaran agar siswa selalu antusias dengan pelajaran yang diberikan. Penampilan guru yang rapi juga mampu menunjang dalam metode ini.
Nama : Meisella Muhti Septia
Nim : 857032878
Prodi : S1- PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Menanggapi video pembelajaran diatas tersebut :
1. Judul video: menarik perhatian siswa sumber dari “guru pintar online” (Seri pembelajaran)
2. Ringkasan isi video
• Video ini dibuat di sekolah dasar dengan penulis rusdianto
• sinopsis video ini yaitu bagaimana cara menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengeksplorasi, memberi kemampuan, dan meminta siswa untuk menceritakan secara singkat benda yang ditemukan.
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video Guru tersebut adalah tidak menggunakan sepatu hanya menggunakan sandal. Selain itu baju yang digunakan terlihat kurang rapi karena ada Sebagian baju yang tidak dimasukkan.
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video tersebut adalah pemakaian media yang digunakan sudah cukup meski hanya visual saja. Kemudian guru cepat mencari solusi bagaimana mencari cara agar menarik perhatian siswa.
5. Hal unik yang terjadi dalam video pembelajaran tersebut adalah Awal masuk kelas suasana terlihat gaduh, beliau tidak mampu membuat siswa fokus memanggilnya. Tetapi setelah guru mengajak para siswa bertepuk tangan dan guru menggunakan metode dan media jeruk terlihat siswa mulai mengikuti pembelajaran.
6. Rencana Perbaikan yang Dapat Dilakukan adalah Menggunakan metode yang mampu menarik perhatian siswa, dengan menggunakan media di sekitar kita.
Guru harus kreatif dalam pembelajaran agar siswa selalu antusias dengan pelajaran yang diberikan. Penampilan guru yang rapi juga mampu menunjang dalam metode ini.
Nama: vidya erina putri
Nim : 859538176
Menarik perhatian siswa adalah tantangan yang penting bagi setiap pendidik. Berikut beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini:
1. **Mulailah dengan Pertanyaan**: Membuka pelajaran dengan pertanyaan yang menarik atau menggelitik rasa ingin tahu siswa dapat segera menarik perhatian mereka. Pertanyaan harus relevan dengan topik dan mendorong siswa untuk berpikir.
2. **Gunakan Cerita atau Anecdote**: Memulai dengan cerita atau anekdot yang terkait dengan topik dapat membuat siswa lebih tertarik. Cerita yang menarik dapat membantu siswa membayangkan konsep atau ide yang diajarkan.
3. **Visualisasi dan Multimedia**: Penggunaan visualisasi, video, atau alat multimedia lainnya dapat membuat pelajaran lebih menarik. Gam grafik, dan video dapat membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik dan lebih cepat.
4. **Interaksi dan Diskusi**: Melibatkan siswa dalam diskusi atau kegiatan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan mereka. Ini bisa berupa diskusi kelompok, permainan edukatif, atau kegiatan hands-on.
5. **Tantangan dan Penghargaan**: Memberikan tantangan atau proyek yang menarik dan memberikan penghargaan atas pencapaian mereka dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif.
6. **Pendekatan Multisensori**: Menggunakan berbagai metode untuk menyampaikan materi, seperti kombinasi antara pembacaan, diskusi, dan kegiatan praktis, dapat membantu menarik perhatian siswa dengan berbagai gaya belajar.
7. **Membuat Lingkungan Belajar yang Positif**: Menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif di kelas dapat membantu siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar.
8. **Keterlibatan Emosional**: Mengaitkan materi dengan pengalaman pribadi atau relevansi sehari-hari dapat membantu siswa melihat nilai dalam apa yang mereka pelajari.
Dengan menerapkan strategi-strategi ini, pendidik dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif, sehingga siswa lebih mudah terlibat dan memahami materi yang diajarkan.
Nama : Aprilia Virgi Lestari
Nim : 857031733
Pokjar : Sidomulyo
Dalam video diatas adalah cara bagaimana menarik perhatian siswa di dalam kelas yang dilakukan oleh guru, dengan beberapa metode yang menarik bagi siswa sehingga para siswa lebih fokus memperhatikan penjelasan dari guru.
NAMA : Dewi Masitoh
NIM : 860158376
PRODI : S1-PGSD
TEMA : MEMBANGUN KESIAPAN BELAJAR SISWA
JUDUL VIDEO : MENARIK PERHATIAN SISWA
Dari dari video di atas tentang bagaimana menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran guru harus menyiapkan strategi dan metode mengajar juga manajemen kelas untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Guru harus hadir dalam kondisi fisik dan mental yang baik lalu sabar dan terbuka dan siap menghadapi berbagai dinamika kelas.
Seperti tantangan pada video di atas bahwa guru masuk ke dalam kelas saat siswa sedang gaduh, guru dapat menarik perhatian siswa menggunakan sinyal khusus atau isyarat non verbal seperti tepuk tangan pola tertentu. Atau guru dapat mendekati sumber keributan dengan diam-diam, kadang dengan cukup berdiri dekat siswa yang sedang gaduh mereka Langsung sadar dan tenang tanpa harus dimarahi. Dengan begitu mereka dapat langsung memperhatikan kita.
Lalu Dalam proses pembelajaran berlangsung guru menggunakan alat peraga untuk membilang menggunakan alat atau bahan yang ada disekitar, yang membuat para siswa aktif berinteraksi dalam belajar.