silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Ugtiya rifki
Nim:857031844
Pokjar: Sidomulyo
Setelah saya melihat video tersebutdapat disimpulkan bahwa ada beberapa kelemahan yaitu saat memasuki ruang kelas, guru tidak melakukan pembiasaan dan memberi contoh baik kepada siswanya seperti mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa. Lalu hal unik yang saya temui didalam video tersebut yaitu didalam video tersebut langsung memberikan solusi yang seharusnya dilakukan oleh guru. Ada beberapa perbaikan yang harus di perbaiki di dalam video tersebut seperti:
1. Sebaiknya guru harus memberikan contoh kepada siswanya dengan berpakaian rapih, dan memakai sepatu.
2. Guru sebaiknya memberikan motivasi atau memberikan apresiasi kepada siswanya agar membuat siswa tersebut menjadi semangat belajar dan vokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran didalam kelas.
Nama : Yopie vitria syahrani sinaga
Nim : 859873518
Pokja : Labura
S1 PGSD
Izin berpendapat mengenai bagaimana menarik perhatian siswa. Dalam menarik perhatian siswa terdapat beberapa point yang tentunya harus dilakukan guru.
1) Guru disebut sebagai rolle model disekolah maupun kelas. Dari video tersebut dapat kita lihat bahwa guru seharusnya berpakaian rapi dan bersih, selain untuk menarik perhatian siswa tentu ini juga menjadi contoh bagi siswa.
2) Bangun koneksi emosional. Guru harus menunjukkan mimik dan tingkah laku yang lebih semangat, dan tunjukkan bahwa kita senang dan suka terhadap mereka guna untuk membangun semangat siswa.
3) Ketika memasuki kelas hendaknya guru mengucapkan salam dan menyapa siswa dengan ramah, tentunya dengan ini siswa akan teralihkan sedikit untuk mengucapkan salam dan menyapa guru. Tidak lupa dengan pembiasan berdoa sebelum belajar dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal ini untuk menciptakan rasa cinta terhadap tanah air.
4) gunakan pembukaan yang menarik, sama hal nya seperti di video bahwa tentu perhatian siswa akan lebih tertarik dengan adanya ice breaking/yel yel sehinggal siswa lebih semangat dan konsentrasi.
5) guru seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran atau pelajaran apa yang akan dibahas. Memberikan apersepsi juga diperlukan dalam memulai pembelajaran. Pertanyaan pertanyaan kecil juga dapat menarik perhatian siswa
6) ajak siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran, seperti menyuruh mereka maju sebagai contoh dalam melakukan pengurangan. Hal ini mungkin dapat membuat siswa lainnya lebih fokus dalam memperhatikan. Pelajaran.
Nama : Kiki Fatmala
Nim : 856113143
Prodi : S1-PGSD
Tema : Membangun kesiapan belajar siswa
Judul video : Menarik perhatian siswa
Pokjar : Labusel
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa bagamana cara seorang guru menarik perhatian siswa ketika menyampaikan pembelajaran yaitu mengucapkan salam, berdoa ataupun menarik perhatian siswa dengan cara memerikan Ice Breaking terleih dahulu agar membangun semangat siswa ketika belajar. Kemudian dalam proses belajar mengajar tentunya seorang guru harus
Dapat di simpulkan bahwa memperhatikan penampilannya baik itu cara berpakain karena guru adalah contoh panutan bagi siswa. Kelemahannya:
1. Penampilan guru kurang rapi karena menggunakan sandal seharusnya mengguakan sepatu.
2. Pakain gurunya kurang rapi terliat sebagain pakaiinya tida dimasukin.
3. Tidak mengucapkan salam terlebih dahulu ketika memasuki kelas
4. Tidak berdoa sebelum memulai pembeajaran
5. Guru tidak mengenalkan konsep penjulahan dan pengurangan kepada siswa
Dapat di simpulkan bahwa Kelebihannya:
1. Guru menggunakan media yang konkret dalam kehidupan sehari agar memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran penjumlahan siswa.
2. Guru melibatkan siswa dalam menjelaskan pembelajaran
3. Guru dapat menguasi kelas.
Adapun perbaikanya : sebaiknya guru harus dalam keadaan rapi ketika ingin memasuki kelas kemudian guru menayakan kabar siswa dan melibatkan siswa dalam mengerjakan tugas penjumlahan dengan cara membuat contoh penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari – hari
Nama : Sinta Krisna Dewi
NIM : 858549248
Di awal video bisa kita lihat guru masuk dalam kondisi kelas sangat tidak kondusif. Siswa ada yang mengantuk ada yang mainan dengan temannya. Guru langsung masuk ke kelas dengan penampilan tidak rapi dan tidak bersepatu tapi memakai sandal, memberi salam, langsung menyuruh siswa membuka buku pelajaran, siswa tidak memperhatikan perkataan guru. Kemudian guru marah karena siswa tidak memperhatikan guru tsb. Maka disaat terjadinya kondisi kelas yang tidak kondusif, tidak tertib dan siswa belum siap untuk melanjutkan proses pembelajaran.
Guru harus mampu menciptakan suasana yang lebih baik dari sebelumnya dan jalan keluarnya seperti yang kita bisa lihat di video guru masuk tidak langsung memberi materi tetapi memberikan ice breaking terlebih dahulu untuk mencairkan suasana dan menarik perhatian siswa di kelas.
Kemudian guru juga memberikan apersepsi “Siapa yang kesekolah naik mobil? Berapa jumlah roda mobil?” Tujuan utama dari apersepsi adalah untuk menghubungkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya siswa dengan materi yang akan diajarkan, sehingga siswa dapat lebih fokus dan siap menerima informasi baru. Apersepsi yang menarik dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Kemudian guru menggunakan media pembelajaran benda-benda yang ada disekitar siswa. Bisa dilihat divideo siswa lebih paham untuk memahami materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media tsb.
Guru harus menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengekplorasikan benda-benda di sekitarnya sehingga mendorong terbentuknya motivasi belajar yang tinggi dalam pembelajaran yang mengasyikkan.
Nama : Nur Aminah Munthe
NIM : 860238964
Pokjar : Salut labuhanbatu utara
Setelah melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kurangnya penyambuatan diawal bertemu dipagi hari kepada anak-anak contoh seperti memberikan pujian terhadap anak anak atau ucapan yang membuat anak senang dengan suasana positif dan menanyakan kabar anak tersebut
2. Setelah itu membiasakan anak didik berdoa sebelum dimulainya belajar
3. Absen murid sebelum belajar dengan cara absen yang menarik
4. Ice breaking supaya suasana hangat dan tidak tegang apalagi kelas rendah contoh berdiri bersama sama dengan tepuk tangan anak pintar
5. lalu masuk pembelajaran dengan menggunakan media sesuai yang dibutuhkan oleh anak dan apalagi zaman sekarang kebanyakan anak menyukai media digital dengan gambar anak bernuansa anak-anak
6. biasakan seorang guru rapi dengan seragam guru dan wangi suapaya anak nyaman dan usahakan selalu membawakan suasana yang ramai.
dan saya melihat video tersebut sudah lumayan bagus karena guru menggunakan media visual dalam mengasah otak anak dalam pengurangan dan penjumlahan dan kalau bisa ditambah media digital spaya anak tidak bosan dengan melihat gambar yang bernuansa anak-anak. Guru tersebut mengaplikasikan materi dengan kehidupan anak didik dengan menanyakan naik apa kesekolah dan rodanya ada berapa dan sangat bagus dalam memberikan contoh materi tersebut.
Nama : Nur Aminah Munthe
NIM : 860238964
Pokjar : labura
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Medan
Setelah saya melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan sbb :
1. Kurangnya sapaan atau sambutan hangat dari guru seperti menanyakan kabar dan memberikan pujian yang berkaitan dengan anak
2. biasakan jadi sang guru berpenampilan yang rapi sehingga anak nyaman memandang kita karena pada hakikatnya guru panutan yang ditiru oleh anak
3. biasakan membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. ice breaking supaya anak bersemangat dalam proses belajar contoh serperti tepuk anak pintar dengan cara berdiri bersama sama
5. upayakan kita senang didepan anak anak dengan mimik wajah yang ceria dan menciptakan suasana yang ramai dan video diatas sang guru sangat tidak bersemangat dengan mimik wajah yang lesuh
Dan solusi dari video dapat saya simpulkan soluasi yang cukup bagus yang mana seorang guru menerapkan materi dengan kehidupan sehari-hari anak, menciptakan suasana yang ceria dan menyambut murid dengan sapaan yang cerita yang berkaitan dengan anak.
Nama : Lia Solikhatul Amalia
NIM : 877863698
Pokjar : Kedungwuni
Dari video yang diputar tentang bagaimana menarik perhatian anak yang saya tangkap adalah :
1. Guru haruslah memposisikan diri sebagaimana murid. Jika masuk ke kelas bawah sepertinya contohnya kelas 1 2 ataupun 3 maka guru haruslah memberikan kesan ceria, banyak senyum, dan menyenangkan. Berikan kesan kepada mereka kalau belajar itu seasyik bermain. Maka dengan begitu anak akan mudah tertarik perhatian dan bisa diajak fokus ke pelajaran. Begitu juga jika berhadapan dengan kelas atas. Selain guru harus menampakkan sisi tegasnya, haruslah guru juga menampakkan diri mereka dengan sedikit sisi yang terlihat sebagai sahabat teman mereka. Dengan begitu tercipta suasana yang kondusif, tidak terlalu saklek, dan anak juga enjoy menerima penjelasan dari guru.
2. Hendaknya pakaian guru harus rapi dan representatif sebagai tauladan. Karena anak akan meniru apa yang guru pakai. Misalkan di dalam sebuah sekolah menerapkan peraturan wajib memakai pakaian yang rapi, maka contoh awal kerapian yang anak lihat adalah dari gurunya. Kalau sepatu saja tidak dipakai bagaimana kita mencontohkan ke anak
3. Untuk awal masuk pendahuluan hendaknya di awali dengan berdoa terlebih dahulu.
4. Menurut saya untuk variasi media pembelajaran lebih ditambah lagi. Terlebih jika diberikan kesempatan untuk anak-anak mengeksplor sendiri dengan maju ke depan mempraktikkan penjumlahan dan pengurangan dengan media yang anak pegang sendiri.
Nama : Nurul Hidayani
Nim : 858081906
pokjar : UPBJJ pontianak mempawah
mohon izin untuk menyampaikan pendapat saya tentang video ini
menurut saya untuk menarik perhatian siswa hendaknya seorang guru harus memberikan contoh yang baik dan sopan entah itu dari segi pakaian, tutur kata yang sopan. Dari video tersebut Pak Guru ketika masuk di kelas berpakaian sudah sopan tetapi kurang disiplin tidak menunjukkan perhatian dalam berpakaian yang mana baju tidak di masukan kedalam dan hanya memakai sendal bukan memakai sepatu maka siswa ketika guru masuk mereka masih sibuk sendiri dengan teman sebangkunya. Lalu ketika memulai pembelajaran tidak mengucapkan salam, tidak berdoa terlebih dahulu dan mungkin baiknya di lakukan yel-yel biar semangat anak-anak terkumpul dan lebih memperhatikan guru di depan kelas.
lalu di video yang selanjutnya pak guru sudah membenahi pakaiannya dan akan memulai pembelajaran di kelas. hendaknya ketika akan memulai pembelajaran di jelaskan dulu arah pembelajaran tersebut misalnya untuk perhitungan dan pengurangan jadi siswa tidak bingung kemana arah pembelajaran akan di laksanakan.
penggunaan media jeruk dan kotak-kotak tadi itu sudah bisa untuk menalarkan siswa tentang pengurangan itu sendiri tetapi alangkah baiknya siswa diminta memberikan contoh lain selain ban mobil, ban motor dan jeruk tersebut ataupun mungkin bisa meminta siswa memberikan contoh lainnya.
sekian menurut saya mohon maaf jika ada kesalahan, Terima kasih.
Nama : Nurul Hidayani
Nim : 858081906
pokjar : upbjj pontianak
mohon izin untuk menyampaikan pendapat saya
menurut saya ketika sudah memasuki kelas ada baiknya memang di persiapkan entah itu dari pakaian, bahan ajar, media yang akan di gunakan maka ketika sudah memulai pembelajaran bagaimana cara kita supaya siswa tertarik dalam belajar karna menarik perhatian siswa terkadang memang sulit apalagi memang keadaan kelas yang kurang kondusif maka sebagai guru hendaknya sebelum memulai pembelajaran ucapkanlah salam, menyapa siswa, menanyakan kabar, apakah mood mereka bagus atau tidak sehingga yang awalnya mereka kurang tertarik belajar makaa akan terfokuskan untuk belajar. Dan ada baiknya menggunakan media – media yang yang ada sekitar kelas untuk mempermudah menyampaikan materi siswa itu kan paling suka dengan benda- benda yang kurang populer ataupun benda yang populer mereka lihat jadi mereka senang tu melihat benda-benda itu di depan kemungkinan akan mempermudah menarik perhatiannya sehingga materi akan mudah di ajarkan.
sekian menurut pendapat saya, mohon maaf jika ada kekurangan. Terima kasih.
nama ; AHMAD FIRZATULLAH
NIM : 859537855
POKJAR : SIDOMULYO
Izin menyampaikan pendapat mengenai vidio diatas yang perlu diperhatikan yang pertama kita sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik dalam segala hal apapun terutama tentang cara berpakaiyan kita sebagai guru harus memberi contoh yang baik untuk siswa yang kita ajar dikelas dilihat dari vidio diatas seorang pendidik tidak menggunakan sepatu saat mengajar.
Kemudian untuk yg selanjutnya yg perlu dikoreksi adalah kita seharusnya bisa mengajarkan kebiasaan berdoa sebelum memulai kegiatan belajar mengajar
. pada video yang kedua dapat dilihat bahwa seorang guru yang mengajar dengan suasana hati yang ceria dan gembira, memberikan salam pembuka dan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang menggunakan benda-benda sekitar. memberikan penguatan dan meminta siswa untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan contoh benda-benda lain yang ditemukan siswa. Hal tersebut dapat menarik perhatian siswa karena adanya interaksi yang aktif dan komunikatif antara guru dan siswa serta penggunaan metode belajar yang bervariasi membuat siswa tidak merasa bosan