silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,742 Comments

  1. Nama :Ratna Sari
    Nim :859874011
    Pokjar: Salut Permata Labura

    Setelah saya mengamati video tersebut saya menyimpulkan bahwa bagi kita seorang guru harus melakukan tiga hal ketika kita sedang proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Setelah saya lihat video bagian pertama dan bagian kedua tersebut bahwa pendahuluan pada saat belajar mengajar itu sangat penting untuk menarik perhatian siswa supaya konsentrasi seperti ice breaking, menanyakan kabar seperti yang telah dilakukan bapak guru dalam video tersebut. Pada kegiatan inti dalam video tersebut kita lihat bahwa siswa sangat antusias dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran karena bapak guru menggunakan bahan ajar konkret berupa jeruk yang dapat menambah semangat siswa dalam belajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pada penutup pembelajaran di video tersebut guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswanya yang di mana motivasi itu bisa membuat siswa menjadi semangat dalam belajar.

  2. Nama :Ratna Sari
    Nim :859874011
    Pokjar: Salut Permata Labura
    Setelah saya mengamati video tersebut saya menyimpulkan bahwa bagi kita seorang guru harus melakukan tiga hal ketika kita sedang proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Setelah saya lihat video bagian pertama dan bagian kedua tersebut bahwa pendahuluan pada saat belajar mengajar itu sangat penting untuk menarik perhatian siswa supaya konsentrasi seperti ice breaking, menanyakan kabar seperti yang telah dilakukan bapak guru dalam video tersebut. Pada kegiatan inti dalam video tersebut kita lihat bahwa siswa sangat antusias dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran karena bapak guru menggunakan bahan ajar konkret berupa jeruk yang dapat menambah semangat siswa dalam belajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pada penutup pembelajaran di video tersebut guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswanya yang di mana motivasi itu bisa membuat siswa menjadi semangat dalam belajar.

  3. Nama:Novita Hardini
    Nim :859873381

    Dari vidio di atas saya ingin menanggapi nya hal yang utama dari kita sebagai seorang guru ketika masuk kedalam kelas atau sebelum memulai pelajaran alangkah lebih baiknya mengucapkan salam berdoa dan menanyakan kabar siswa.
    Nah di dalam vidio tersebut terlihat seorang guru laki laki sedang memasuki kelas 1 . Di mana guru tersebut menurut saya sudah lumayan baik dalam mengajak siswa supaya aktif dalam pembelajaran. Nah terlihat siswa juga ikut aktif dan memperhatikan bapak guru.

  4. Nama : Novita Hardini
    NIM : 859873381

    Izin Bapak/Ibu Tutor untuk memberikan opini saya terkait video di atas,

    Diawal sebelum memulai kegiatan proses pembelajaran, hendaknya kita melakukan pembiasaan seperti mengucapkan salam ketika Guru masuk ke dalam kelas lalu mengawalinya dengan pembiasaan doa, seperti berdo’a hendak memulai pembelajaran, membaca surat pendek sebagai bentuk pembiasaan religius. Setelah itu Guru bisa memberikan ice breaking dengan memberikan pertanyaan pemantik guna untuk mengingat kembali materi yang lalu, dengan harapan dapat menelaah sejauh mana pemahaman yang telah di dapatkan siswa dari materi tersebut. selain itu, ice breaking juga efektif untuk membangkitkan motivasi dan minat belajar murid.

    Di dalam proses pembelajaran, selain terdapatnya metode/teknik pembelajaran yang menyenangkan dan bahan ajar yang menarik, teknik simulasi juga sangat berperan dalam membantu murid untuk memberikan pengalaman langsung dibanding hanya sekadar dengan metode ceramah. Terlebih lagi yang saya rasakan jika sedang mengajar di dalam kelas, anak-anak itu haus akan hal-hal yang belum pernah mereka alami dan mereka ketahui sebelumnya, terlebih lagi jika berhubungan dengan teknologi terbarukan, sehingga hal ini dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk melibatkan mereka pada kegiatan pembelajaran yang interaktif, komunikatif, inovatif namun tetap berjalan dengan kondusif hingga pembelajaran berakhir.

  5. Nama : Anggit Dwi Nabilla
    NIM : 860032647
    UPBJJ : Bandung (Salut Cimalaka)

    Izin mengomentari video pembelajaran yang telah saya saksikan :
    Di dalam video tersebut, guru berusaha menarik perhatian siswa dengan cara memberikan pertanyaan pemantik untuk membangun konsentrasi siswa. Setelah diberikan pertanyaan pemantik, siswa terlihat antusisas dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Namun terdapat kekurangan dalam video tersebut, guru tidak memberikan kebiasaan berdoa kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu, pakaian yang digunakan akan menjadi contoh bagi siswa sehingga pakaian guru harus memberikan contoh yang baik dan serapih mungkin.

  6. Nama : NIRMALA SAFITRI
    NIM : 859874756
    Pokjar : Tebing Tinggi

    Dari video tersebut, dapat disimpulkan :
    1. Guru tidak membiasakan mengucap salam.
    2. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mulai pembelajaran.
    3. Guru tidak berpakaian rapi.
    Sehingga hal tersebut tidak menarik perhatian siswa. Akan tetapi dengan solusi yang terdapat di video tersebut tampak seorang guru yang merubah cara untuk menarik perhatian siswa nya yaitu dengan melakukan pertanyaan-pertanyaan menarik dan memecahkan masalah bersama. Hal tersebut membuat siswa menjadi lebih semangat dalam menjawab dan kegiatan membuka pembelajaran menjadi menarik.

  7. Nama : Novita Rahmawati
    NIM : 857153687
    UPBJJ JAKARTA

    Dari video yang telah saya lihat, dimana tugas seorang guru untuk menarik perhatian siswanya. Dalam video awal ketika guru masuk hendaknya memberi salam atau menyapa anak agar anak dapat merespon dan lagi penampilan guru pun perlu di perhatikan kerapihannya agar jadi panutan siswanya, dalam video awal dimana murid sama sekali tidak menghiraukan guru yang akan mengajar. Hendaknya pembelajaran dimulai dari sapaan pendahuluan, review, mini game, dan lainnya agar murid aktif dan menarik perhatiannya juga guru berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan seperti yang kita lihat di pertengahan sampai ke akhir video. Sekian. Terimakasih

  8. Nama : Zakia Ainun
    Nim : 859868784
    Pokjar : Binjai
    Saya Zakia izin menanggapi dan memberi komentar saya setelah melihat dan meneliti video tersebut. Menurut saya,dalam video tersebut :

    1. ) Guru harus memiliki ide dan cara mengajar terhadap siswa yang diajarkan.
    2. ) Guru juga harus menggunakan cara berbicara yang sesuai dengan tingkatan kelas yang diajarkan.
    3. ) Guru juga harus mampu mengendalikan kelas dengan menggunakan cara nya sendiri misalnya dengan ice breaking singkat yang cocok dengan permasalahan mengendalikan siswa dan menguasai kelas.
    4. ) Guru sebaiknya menggunakan bahasa, ekspresi dan juga nada yang ceria saat masuk kelas agar siswa juga ikut merasakan ekspresi bahagia dari guru tersebut.

    Demikian pendapat dari saya,,sekian dan terimakasih

Leave a Reply