silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. menurut pendapat saya, guru dapat melihat bahwa peran aktif seorang guru sangatlah penting, dengan adanya kegiatan apresiasi di awal pembelajaran menimbulkan rasa semangat belajar dan dapat menarik minat siswa agar lebih memperhatikan dan fokus pada pembelajaran yang akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. oleh karena itu, seorang guru dituntut agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif serta inovatif untuk menarik minat peserta didik.

  2. Nama : Melda Yanti Simbolon
    NIM : 859891476

    Ijin memberikan tanggapan terhadap Video Pembelajaran di atas tentang Menarik Perhatian Siswa.
    Menarik perhatian siswa untuk belajar membutuhkan pendekatan yang harus menyenangkan,interaktif,dan sesuai dengan perkembangan usia mereka.
    Beberapa cara yang dapat di lakukan menurut saya adalah :
    1.Gunakan metode Pembelajaran yang berbasis Aktivitas dan Permainan
    2. Ciptakan Lingkungan belajar yang Menyenangkan dan Menarik.
    3. Bangun hubungan yang positif dengan siswa.
    4. Integrasikan teknologi dengan bijak
    5. Variasi metode Pembelajaran

    Perlu kita ingat bahwa,setiap anak itu unik.Apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak berhasil untuk anak lainnya.Amati dan sesuaikan metode pembelajaran kita sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

  3. Nama : Tesya Tria Septiani
    Nim : 857509599
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Garut
    UPBJJ : Bandung

    Dari video pembelajaran diatas yang sudah saya lihat yaitu video pembelajaran menarik perhatian siswa, dari isi video tayangan ke 1 menayangkan situasi di kelas dimana seorang guru kurang enak di lihat, siswa tidak mau mendengar ucapan guru pada saat guru datang,tetapi pada tayangan yang ke 2 guru berpakaian sudah sangat rapih serta pada saat masuk kelas guru berhasil mengkoordinasikan siswa agar proses belajar mengajar menjadi interaktif. Dengan diawali ice breaking tepuk satu kali.

  4. Nama : Tesya Tria Septiani
    Nim : 857509599
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Garut
    UPBJJ : Bandung

    Dari video pembelajaran diatas yang sudah saya lihat yaitu video pembelajaran menarik perhatian siswa, dari isi video tayangan ke 1 menayangkan situasi di kelas dimana seorang guru kurang enak di lihat, siswa tidak mau mendengar ucapan guru pada saat guru datang,tetapi pada tayangan yang ke 2 guru berpakaian sudah sangat rapih serta pada saat masuk kelas guru berhasil mengkoordinasikan siswa agar proses belajar mengajar menjadi interaktif. Dengan diawali ice breaking tepuk satu kali

  5. Nama : Tesya Tria Septiani
    Nim : 857509599
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Garut
    UPBJJ : Bandung

    Dari video pembelajaran diatas yang sudah saya lihat yaitu video pembelajaran menarik perhatian siswa, dari isi video tayangan ke 1 menayangkan situasi di kelas dimana seorang guru kurang enak di lihat, siswa tidak mau mendengar ucapan guru pada saat guru datang,tetapi pada tayangan yang ke 2 guru berpakaian sudah sangat rapih serta pada saat masuk kelas guru berhasil mengkoordinasikan siswa agar proses belajar mengajar menjadi interaktif,dengan diawali ice breaking tepuk satu kali.

  6. NAMA : UMI HABIBAH
    NIM : 859540402
    POKJAR : SIDOMULYO
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    – Tanggapan saya setelah melihat video tersebut kurang mempersiapkan kegiatan pra pembayaran karna sangat penting sekali persiapan sebelum melakukan pembelaan.

    – Kekurangan
    1. Guru tidak membiasakan siswa-siswinya untuk berdoa sebelum belajar.
    2. Guru tidak membacakan daftar hadir siswa sehingga ketertiban kelas berkurang

    – kelebihan
    1. Guru menggunakan jeruk sebagai alat peraga untuk media belajar
    2. Guru mahir untuk menggunakan ice breaking supaya anak bisa tertarik perhatiannya dan mulai mengikuti perintah guru

    – yang harus di perhatikan adalah
    Dalam hal ini guru kurang menggunakan alat peraga untuk pembelajaran supaya anak lebih fokus dan tertarik kepada guru supaya bisa mengambil perhatian murid dan murid lebih senang dalam belajar jika banyak menggunakan alat peraga yang bermacam-macam

    – Yang perlu di perhatikan adalah guru harus rapih dalam mengajar seperti menggunakan sepatu dan mengajarkan cara berdoa dengan baik menanyakan daftar hadir agar siswa disiplin dalam sekolah.

  7. Dari isi video tayangan ke 1 menayangkan situasi di kelas dimana seorang guru kurang enak di lihat, siswa tidak mau mendengar ucapan guru pada saat guru datang,tetapi pada tayangan yang ke 2 guru berpakaian sudah sangat rapih serta pada saat masuk kelas guru berhasil mengkoordinasikan siswa agar proses belajar mengajar menjadi interaktif. Dengan diawali ice breaking tepuk satu kali

  8. Nama : Tesya Tria Septiani
    Nim : 857509599
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Garut
    UPBJJ : Bandung

    Dari video pembelajaran diatas yang sudah saya lihat yaitu video pembelajaran menarik perhatian siswa, dari isi video tayangan ke 1 menayangkan situasi di kelas dimana seorang guru kurang enak di lihat,sehingga siswa tidak mau mendengar ucapan guru pada saat guru datang,tetapi pada tayangan yang ke 2 guru berpakaian sudah sangat rapih serta pada saat masuk kelas guru berhasil mengkoordinasikan siswa agar proses belajar mengajar menjadi interaktif. Dengan diawali ice breaking tepuk satu kali.

  9. Nama : Dewi Setianingrum
    NIM : 858862727
    Setelah menonton tersebut, saya menyimpulkan bahwa guru tersebut kurang memperhatikan penampilannya, sehingga ia kurang rapi. Selain itu, guru tidak membiasakan siswa untuk salam, sapa, dan berdoa terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran. Serta guru juga tidak memberikan apersepsi dan menjelaskan konsep yang akan dipelajarinya.
    Oleh karena itu, upaya yang harus dilakukan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu guru harus lebih memperhatikan penampilannya seperti berpakaian rapi dan menarik. Dan membiasakan siswa untuk salam, sapa dan berdoa terlebih dahulu sebelum kegiatan pembelajaran. Serta guru memberikan apersepsi terlebih dahulu dan menjelaskan konsep apa saja yang akan dipelajari dalam kegiatan pembelajaran.

  10. Nama : Diah Mei Sulistyawati
    Nim : 858863729

    Izin berkomentar pada video tersebut menurut pendapat saya, Guru dapat lebih memperhatikan cara berpakaian rapi saat mengajar, Guru membiasakan salam, sapa, dan berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Guru memberikan apersepsi sebelum masuk ke materi untuk menyiapkan siswa dalam memasuki materi selanjutnya. Guru dapat memberikan penjelasan tentang konsep yang akan pelajari terlebih dahulu, dan guru dapat menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.

Leave a Reply