silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Aprilia Virgi Lestari
    Nim : 857031733
    Kekurangan: Diawal video, guru sebelum memulai pembelajaran tidak berdoa terlebih dahulu dan mengucapkan salam.
    Kelebihan: para siswa menjadi antusias dalam mendengarkan pelajaran dari guru

  2. SRI BULAN RIZHA
    859882595
    PGSD
    Setelah menonton video tersebut saya dapat mengerti bahwasanya seorang guru haruslah memiliki banyak ide agar dapat terciptanya suasa kelas yang aktif, dengan menyelipkan permainan pada pembelajaran atau diseling dengan menyanyi itu akan membuat fokus pada anak dan tidak membosankan
    Dan seorang guru juga harus berpenampilan menarik agar anak anak fokus pada kita saat kita menjelaskan. Dari video di atas guru tidak berpenampilan seperti guru pada umumnya, seharusnya guru tersebut memakai sepatu bukan sendal.
    Dari vidio di atas juga terdapat perbaikan dari gurunya, yang mana guru mulai berpenampilan menarik dan rapi serta sudah memberikan apresiasi terhadap anak, melakukan ice breaking serta menyapa anak dengan ceria dan bahagia, setelah adanya perbaikan tersebut murid murid sudah berfokus pada guru tersebut

  3. Sri bulan rizha,859882595,pgsd
    Setelah menonton video tersebut saya dapat mengerti bahwasanya seorang guru haruslah memiliki banyak ide agar dapat terciptanya suasa kelas yang aktif, dengan menyelipkan permainan pada pembelajaran atau diseling dengan menyanyi itu akan membuat fokus pada anak dan tidak membosankan
    Dan seorang guru juga harus berpenampilan menarik agar anak anak fokus pada kita saat kita menjelaskan. Dari video di atas guru tidak berpenampilan seperti guru pada umumnya, seharusnya guru tersebut memakai sepatu bukan sendal.
    Dari vidio di atas juga terdapat perbaikan dari gurunya, yang mana guru mulai berpenampilan menarik dan rapi serta sudah memberikan apresiasi terhadap anak, melakukan ice breaking serta menyapa anak dengan ceria dan bahagia, setelah adanya perbaikan tersebut murid murid sudah berfokus pada guru tersebut

  4. Sri bulan rizha
    859882595
    Setelah menonton video tersebut saya dapat mengerti bahwasanya seorang guru haruslah memiliki banyak ide agar dapat terciptanya suasa kelas yang aktif, dengan menyelipkan permainan pada pembelajaran atau diseling dengan menyanyi itu akan membuat fokus pada anak dan tidak membosankan
    Dan seorang guru juga harus berpenampilan menarik agar anak anak fokus pada kita saat kita menjelaskan. Dari video di atas guru tidak berpenampilan seperti guru pada umumnya, seharusnya guru tersebut memakai sepatu bukan sendal.
    Dari vidio di atas juga terdapat perbaikan dari gurunya, yang mana guru mulai berpenampilan menarik dan rapi serta sudah memberikan apresiasi terhadap anak, melakukan ice breaking serta menyapa anak dengan ceria dan bahagia, setelah adanya perbaikan tersebut murid murid sudah berfokus pada guru tersebut

  5. Menurut aku videonya bagus banget ya. Soalnya keliatan jelas gimana peran guru itu ngaruh ke semangat belajar murid. Di awal pas gurunya masuk kelas dengan penampilan yang berantakan dan nggak semangat, murid-murid jadi cuek juga. Tapi setelah itu, pas gurunya udah rapi dan masuk kelas dengan kasih ice breaking dulu, suasana langsung berubah. Murid jadi lebih antusias dan siap buat belajar.
    Emang penting banget sih menurut aku, sebelum mulai pembelajaran tuh ada pemanasan dulu kayak ice breaking atau sekadar ngobrol santai biar murid nggak tegang dan bisa lebih fokus.
    Terus pas guru jelasin pengurangan pakai buah jeruk, itu juga udah kreatif banget. Jadi murid bisa lihat langsung dan praktek, nggak cuma dengerin teori doang. Tapi mungkin bakal lebih bagus lagi kalau sebelum praktek, dijelasin dulu secara sederhana pengurangan itu apa, biar murid nggak bingung pas diajak langsung nyoba. Tapi secara keseluruhan, videonya udah keren dan ngasih contoh kalau cara mengajar yang seru dan interaktif bisa bikin murid jadi lebih semangat belajar.

  6. Nama : Putri Dina Fauziah /857153727

    Menurut aku videonya bagus banget ya. Soalnya keliatan jelas gimana peran guru itu ngaruh ke semangat belajar murid. Di awal pas gurunya masuk kelas dengan penampilan yang berantakan dan nggak semangat, murid-murid jadi cuek juga. Tapi setelah itu, pas gurunya udah rapi dan masuk kelas dengan kasih ice breaking dulu, suasana langsung berubah. Murid jadi lebih antusias dan siap buat belajar.

    Emang penting banget sih menurut aku, sebelum mulai pembelajaran tuh ada pemanasan dulu kayak ice breaking atau sekadar ngobrol santai biar murid nggak tegang dan bisa lebih fokus. Terus pas guru jelasin pengurangan pakai buah jeruk, itu juga udah kreatif banget. Jadi murid bisa lihat langsung dan praktek, nggak cuma dengerin teori doang. Tapi mungkin bakal lebih bagus lagi kalau sebelum praktek, dijelasin dulu secara sederhana pengurangan itu apa, biar murid nggak bingung pas diajak langsung nyoba.Tapi secara keseluruhan, videonya udah keren dan ngasih contoh kalau cara mengajar yang seru dan interaktif bisa bikin murid jadi lebih semangat belajar.

  7. Dari video tersebut dapat diketahui bahwa seorang guru haruslah memiliki banyak ide agar dapat terciptanya suasana kelas yang aktif. Dengan menyelipkan ermainan pada pembelajaran akan membuat fokus pada anak dan tiak membosankan.

  8. Nama : Yuniar Latifah
    NIM : 857133431
    UPBJJ : UT-Jakarta

    Kelemahan :
    1. Guru kurang memberikan kata-kata motivasi sebelum belajar
    2. kurang rapih dalam berpenampilan
    3. kurang menguasai materi yang akan di pelajari

    kelebihan :
    1. jelas dan rinci dalam membrikan materi pembelajaran
    2. ada objek sebagai bahan pembelajaran
    3. mampu menraik perhatian siswa

  9. Dari video tersebut dapat diketahui bahwa seorang guru haruslah memiliki banyak ide agar dapat terciptanya suasana kelas yang aktif. Dengan menyelipkan ermainan pada pembelajaran akan membuat fokus pada anak dan tiak membosankan.

  10. Dari video diatas pelajaran matematika soal nambah dan kurang bilangan menurut saya sudah bagus dengan tujuan jelas, metode tanya jawab, demo, kalau bisa pake video biar anak-anak tertarik. Tapi, masih kurang greget karena gak ada pemanasan buat bikin anak-anak siap, mereka cuma nonton tanpa nyobain sendiri, guru tampil agak berantakan, dan kelas awalnya rame. Setelah diperbaiki, dievaluasi dengan ditambah pemanasan seru, ajak anak-anak main sambil hitung, guru pake baju rapi, dan kelas lebih terkendali, pelajaran bakal jauh lebih asik, nempel di otak, dan bikin anak-anak suka matematika. Ini juga pas banget sama Kurikulum Merdeka yang mau belajar jadi fun dan bikin anak-anak aktif!

Leave a Reply