silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Milda
    858 080 832

    1 Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada tahap tanpa adanya ice breaking siswa tidak memperhatikan guru dan mereka masih sibuk akan kegiatan mereka masing-masing.
    Pada tahap adanya ice breaking siswa sangat antusias mendengarkan guru dan sangat fokus serta menjawab pertanyaan dengan benar

    2 Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahannya guru tidak berpenampilan baik ketika mengajar menggunakan sendal.Dan sebaiknya guru harus menjelaskan terlebih dahulu cara berhitung

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihannya melakukan tahapan mengajar secara benar seperti memberikan salam,melakukan ice breaking.Sudah menggunakan media pembelajaran yang baik dengan menggunakan buah jeruk untuk membangkitkan semangat anak untuk menghitung.Serta mampu menarik perhatian siswa.

    Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -Guru tidak mengunakan sepatu
    -Siswa sibuk akan kegiatan nya masing-masing
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapat saya usulkan setelah menonton video tersebut adalah dalam pembelajaran, Meminta siswa melakukan hal yang sama,Ajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang,berikan pula contoh langsung oleh guru dengan benda sesuatu yang telah disiapkan.Guru dapat menggunakan berbagai metode yang menarik dan interaktif,game, dan media pembelajaran yang kreatif. Selain itu, penting juga untuk membuat pembelajaran yang menuntut siswa aktif berpartisipasi, memberikan contoh kehidupan nyata, dan memperhatikan karakteristik individu siswa. Dan penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dapat menjadi contoh role model untuk siswa-siswi dengan menggunakan sepatu.

  2. assalamualaikum.wr.wb
    Nama : Hesti Sartika
    NIM : 820520823
    POKJAR : BARADATU

    Dilihat dari vidio diatas, guru tersebut tidak ada persiapan dan kesiapan apa pun. Bisa dilihat dari baju yang tidk rapi, mengenakan sandal, dan tidak ada media pembelajaran yang dibawa. Guru harus berpenampilan menarik dan harus menarik perhatian siswa Sebelum melakukan proses pembelajaran. Apalagi pembelajaran yang kita lakukan di kelas satu.
    Sebelum memulai pembelajaran lebih baiknya mengajak anak- anak untuk pemanasan atau ice breaking terlebih dahulu, agar anak lebih semangat, ceria dalam mengikuti pembelajaran.
    Kesimpulannya adalah Menjadi guru bukan hanya menguasai materi pembelajaran tetapi guru juga harus bisa menguasai kelas, memberikan pembelajaran yang menarik untuk siswa, menggunakan beragam metode pembelajaran Agar siswa tidak merasa bosan, takut dan pembelajaran lebih efektif.

  3. Nama : Hasna’ Mu’afa Rofifah Mukarrom
    Nim : 857838779

    Pada awal vidio tersebut menampilkan guru kurang memperhatikan kondisi/keadaan kelas. Sebelum memulai pelajaran kelas dikondisikan terlebih dahulu, contohnya dengan ice breaking agar anak – anak fokus terlebih dahulu. Selain itu agar menarik perhatian siswa guru juga harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan terlebih jika mengajar dikelas bawah. Pada vidio tersebut guru juga tidak berpakaian seperti guru pada umumnya, seharusnya guru memakai sepatu dan tidak memakai sandal.
    Dari vudio tersebut juga ada vidio yang menampilkan bagaiman menarik perhatian yang baik untuk siswa. Guru masuk kelas lalu mengkondisikan kelas terlebih dahulu dengan ice breaking yang menarik ketika sudah fokus barulah pembelajaran dimulai.

  4. Nama : Hasna’ Mu’afa Rofifah Mukarrom
    Nim : 857838779

    Pada vidio tersebut guru kurang memperhatikan kondisi kelas. Sebaiknya kelas dikondisikan dulu, contohnya dengan ice breaking yang menarik agar anak-anak fokus terlebih dahulu. Selain itu agar menarik perhatian siswa guru harus menggunakan metode yang pembelajaran yang menarik. Setelah anak-anak fokus pembelajaran bisa dimulai. Pada vidio tersebut guru tidak memakai menunjukan kedisiplinan cara berpakaian yang baik, seharusnya guru memakai sepatu bukan sandal.
    Dari vidio diatas juga ada vidio pebaikan oleh guru lain. Guru tersebut masuk kelas lalu mengkodisikan kelas terlebih dahulu, ketika sudah fokus barulah dimulai pelajaran.

  5. nama : Novia suprihatin
    Nim : 856826528
    prodi : PGSD-S1
    salut : ketahun
    Menurut pendapat saya dari vidio yang saya lihat bahwasanya seorang guru itu harus memliki kreatifitas untuk menarik perhatian anak dalam pembelajaran karena anak akan lebih tertarik dalam belajar jika ada sesuatu yang menurut siswa itu menarik. dalam vidio tersebut juga dapat di ambil jika menjadi seorang guru maka kita harus benar-benar siap siap dalam mata pelajaran,siap penampilan,siap alat peraga untuk menarik anak . Apalagi mengajar di kelas yang lebih rendah seperti kelas satu.
    Ketika memasuki kelas, guru terlebih dahulu meminta anak-anak untuk berkonsentrasi, . kemudian meminta siswa untuk berdoa. Setelah berdoa, guru meminta anak-anak untuk mencairkan suasana. Dengan cara ini, ketika kita menggunakan ice breaking untuk memulai kelas, anak-anak akan merasa sangat senang. Saat anak memfokuskan perhatiannya pada kita, kita mulai belajar.
    Dan guru juga harus memiliki penampilan yang menarik agar anak dapat berkonsentrasi saat kita menjelaskan. Dilihat dari video di atas, guru ini tidak terlihat seperti guru biasa. Guru seharusnya mengenakan sepatu, bukan sandal.
    Dilihat dari video di atas, guru juga telah membuat beberapa kemajuan. Setelah adanya perbaikan, siswa mulai mampu berkonsentrasi mendengarkan ceramah guru. Tidak ada yang bermain atau berbicara lagi. Kelas menjadi bermanfaat.

  6. Assalamualaikum wr wb

    Nama : Alifia Nur Hidayah
    NIM : 857839351
    UPBJJ : Surakarta

    Menurut saya dalam video tersebut guru kurang menarik perhatian anak-anak karena penampilannya yang terlihat kurang rapi dan juga ekspresi guru tersebut tidak menampilkan ekspresi yang ceria dan terkesan datar, maka dari itu bisa dilihat dalam video bahwa anak-anak tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Solusi untuk menarik perhatian anak-anak adalah guru harus mempunyai persiapan yang matang, yang pertama yaitu guru harus berpenampilan rapi, kemudian mengajak siswa untuk mengeksplorasi, salah satu caranya yaitu dengan memberikan pertanyaan pemantik, kemudian setelah siswa menjawab pertanyaan itu, guru memberikan apresiasi kepada siswa contohnya di dalam video menggunakan kata “pintar” atau “bagus”. Dalam pembelajarannya guru juga bisa menggunakan alat peraga, dengan menggunakan alat peraga siswa terlihat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

  7. Nama : ERINA JUNIARTI
    NIM : 860236652
    UPBJJ : UT PALEMBANG
    Assalamualiakum Wr.Wb
    Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut haruslah seorang guru sebelum mempersiapkan proses pembelajaran harus memiliki ide dan kreatifitas serta berpenampilan menarik, supaya minat siswa dalam proses belajar agar lebih semangat, aktif, dan tidak mudah bosan. Apalagi kalau kita sebagai guru yang mengajar pada kelas rendah ini harus benar-benar siap kenapa karena peserta didik kelas rendah ini baru merasakan fase baru yaitu dari jenjang TK menuju jenjang SD.
    Kesimpulan pada video tersebut yaitu, menjadi seorang guru bukan hanya sekedar mengajar saja tetapi kita sebagai seorang guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang nyaman, bersih, tentram supaya peserta didik dalam proses belajar mengajar menyenangkan. Selain itu juga sebelum memulai pelajaran ada baiknya kita melakukan ice breaking terlebih dahulu supaya menambah semangat peserta didik.

  8. NAMA : MASEBIAH SUNARTI ADHANINGGAR
    NIM : 867839226

    Dari video di atas, guru tersebut tidak melakukan persiapan apapun sehingga siswa tidak memperhatikan guru tersebut. Namun dihari berikutnya guru tersebut mempersiapkan diri dengan ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Guru yang efektif harus mempersiapkan diri sebelum memasuki ruang kelas. Saat memulai pembelajaran, guru sebaiknya mengajak siswa untuk fokus dengan berdoa dan melakukan ice breaking untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Penampilan guru yang profesional juga berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Setelah melakukan perbaikan, guru dalam video tersebut berhasil membuat siswa lebih fokus dan kelas menjadi lebih kondusif.Guru yang efektif harus mempersiapkan diri sebelum memasuki ruang kelas. Saat memulai pembelajaran, guru sebaiknya mengajak siswa untuk fokus dengan berdoa dan melakukan ice breaking untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Penampilan guru yang profesional juga berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Setelah melakukan perbaikan, guru dalam video tersebut berhasil membuat siswa lebih fokus dan kelas menjadi lebih kondusif.

  9. Nama : Maida Hafni Rambe
    Nim : 878259516
    Prodi : PGSD S1
    Pendapat saya tentang Vidio ini adalah guru terlebih dahulu mengkondusifkan kelas. Apalagi yg di ajar adalah kelas 1 dimana mereka ini belum memiliki pengetahuan yg cukup untuk berhitung. Kemudian guru juga sebaiknya meng absen ke hadiran siswanya. Selebinya penerapan pembelajaran dalam vidio ini bagus karena menggunakan media seperti jeruk untuk materi pengurangan dan penjumlahan, kemudian juga ada tanya jawab antara siswa dan guru.

  10. Nama : Mey Imelda Rahayaan
    Nim : 855703239
    Dari video di atas dapat disimpulkan bahwa Seorang Guru harus mempelajari da menggunakan metode yg tepat dalam melakukan sebuah pembelajaran.metode yang tepat jika digunakan dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar.metode yang tepat harus disesuaikan dengan matapelajaran dan lingkungan sekolah.
    Bukan hanya itu,juga diperlukan seorang Guru yg ‘siap’ bukan hanya dari segi mengajar namun juga dari segi penampilan yg rapi.

Leave a Reply