silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nur Yenni Eka Safitri
NIM : 859508331
Izin memberikan tanggapan :
Dalam video tersebut terlihat guru menggunakan beberapa strategi untuk menarik perhatian siswa nya. strategi yang digunakan mulai dari sapaan hangat, pertanyaan pemantik dan ekspresi yang riang oleh guru tersebut. Sayangnya ketika memulai pembelajaran guru tersebut tidak mengawali dengan berdoa bersama yang dapat membentuk sikap religius siswa. Tetapi secara garis besar guru sudah menggunakan bahasa yang hangat dan ekspresi wajah yang menyenangkan sehingga siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pelajaran.
Guru pun terlihat interaktif terhadap siswanya, guru tidak hanya berbicara satu arah tapi mengajak semua siswa untuk merespon melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Tapi sayangnya belum semua siswa merespon pertanyaan-pertayaan guru tersebut, hanya sebagian siswa yang duduk paling depan yang responsif terhadap pertanyaan guru.
Teknik penggunaan media pembelajaran guru tersebut sudah bagus, menggunakan benda-benda yang ada disekitarnya sehingga siswa menanggapi atau merespon dengan cepat apa yang dicontohkan oleh guru tersebut. Guru pun sudah memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.
Nama. : Brengki Runsiadi
Nim : 856617535
Izin berpendapat tentang vidio di atas Guru berhasil membangun suasana belajar yang menyenangkan. Pendekatannya mudah diterapkan oleh guru lain. Namun tentu vidio diatas memiliki kelemahannya juga menurut saya tidak semua siswa terlihat aktif berpartisipasi. Tindak lanjut setelah perhatian siswa tercapai belum dijelaskan secara detail. Pada intinya vidio di atas menunjukkan pentingnya metode menarik perhatian siswa, seperti pendekatan kontekstual dan penggunaan media konkret, sebagai kunci awal meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar mereka. Terimakasih.
Tugas 1
Komen video
Nama : YORIY HANDICA
NIM : 856602187
Menurut pendapat saya tentang video tersebut sudah cukup baik, guru tersebut membawa dan memanfaatkan alat peraga berupa gambar untuk media pembelajaran dan melibatkan siswa sehingga fokus siswa dan siswi fokus dalam pembelajaran tersebut. Hanya saja ada kelemahan yang ada dalam video tersebut, guru hanya aktif dengan siswa yang di depan dan poster yang di bawa berukuran kecil jadi untuk m murid yang paling belakang tidak terlalu. Mendapat perhatian dan kurang fokus pada gambar. Guru kurang ekspresif dalam menyampaikan pelajaran sehingga cenderung membosankan serta tidak ada apersefsi, motivasi, sapaan, dan lain-lain
Nama : Siti Sakinah
Nim : 856601081
Pokjar : kerinci
Izin menjelaskan
1. Reaksi anak:
Selama berlangsungnya proses pembelajaran, peserta didik menunjukkan respons yang sangat positif, ditandai dengan antusiasme yang tinggi, semangat belajar yang luar biasa, serta kekompakan yang tercermin dalam kerja sama dan partisipasi aktif mereka di setiap kegiatan yang dilakukan.
2. Hal unik:
Guru menggunakan media pembelajaran yang uni dengan buah buahan seperti buah jeruk untuk mengajak anak anak belajar berhitung
Guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan
3. Kelebihan yang Diamati:
a. Guru Mengajak Siswa Ice Breaking Agar Siswa Memperhatikan Gurunya, Icebreaking adalah teknik yang efektif untuk membuat siswa lebih nyaman dan terbuka, serta membantu mereka memperhatikan guru dengan lebih baik.
b. Guru Telah Menyediakan Media atau Bahan Ajar untuk Menarik Perhatian Siswa, Menyediakan media atau bahan ajar yang menarik dapat membantu menarik perhatian siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran
4. Kekurangan yang Diamati:
a. Guru Tidak Mengucapkan Salam Waktu Masuki Kelas, Mengucapkan salam adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat dan menyambut siswa dengan baik. Ini juga membantu menciptakan suasana yang lebih ramah dan terbuka di kelas.
b. Tidak Ada Kebiasaan Memimpin Doa, Memimpin doa dapat memberikan kebiasaan spiritual dan membantu siswa merasa lebih terhubung secara emosional dan moral.
c. Belum Mengecek Kehadiran Siswa, Mengecek kehadiran siswa adalah langkah penting untuk memastikan bahwa semua siswa hadir dan siap untuk belajar.
d. Guru Belum Mengulas Materi Minggu Lalu, Mengulas materi sebelumnya membantu siswa mengingat dan memahami konsep yang telah dipelajari, serta mempersiapkan mereka untuk materi baru.
e. Guru Belum Menyampaikan Tujuan dan Topik Pembelajaran, Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran secara jelas membantu siswa memahami fokus dan pentingnya pelajaran tersebut.
5. Saran untuk Perbaikan atau tindak lanjut:
a. Salam Pembuka: harus selalu mengucapkan salam ketika memasuki kelas. Ini bisa dilakukan dengan cara berjabat tangan atau menyapa siswa secara langsung.
b. Doa Pembuka: Jika sesuai, mulailah kebiasaan memimpin doa sebelum pelajaran dimulai. Ini bisa menjadi momen refleksi dan penghubung spiritual bagi siswa.
c. Mengecekan Kehadiran: Pastikan untuk selaluiksa kehadiran siswa di awal pelajaran. Ini bisa dilakukan dengan cara memanggil nama siswa satu per satu atau menggunakan sistem absensi digital.
d. Mengulas Materi Sebelumnya:Luangkan waktu untuk mengulas materi yang telah dipelajari sebelumnya. Ini bisa dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan ringan atau melakukan latihan soal.
e. Menyampaikan Tujuan dan Topik Pembelajaran: Pastikan untuk selalu menjelaskan tujuan dan topik pembelajaran di awal pelajaran. Ini membantu siswa memahami apa yang akan dipelajari dan mengapa penting.
Dengan memperhatikan poin-poin ini, diharapkan kualitas pengajaran dapat meningkat dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa.
Nama: Alzahara Fitri
Nim: 856593579
UPJJ: Jambi
Pokjar: Kerinci
Judul: Menarik Perhatian Siswa
Reaksi:
diawal video anak-anak sangat tidak memperhatikan gurunya dan asik bercanda dengan teman kelasnya karena cara menyapa guru sangat tidak menarik hanya dengan berteriak untk meminta anak-anak untuk diam itupun membuat anak-anak tambah ribut dan kelas menjadi sangat tidak kondusif, disesi kedua video anak-anak juga ribut tetapi disambut dengan bapak guru dengan memberi reaksi menyapa siswanya dengan memberi yel-yel itu membuat siswanya berfokus dengan bapak guru dan memerhatikan guru di depan.
Kelebihan :
bapak guru ketika anak muridnya tidak memerhatikannya didepan asik bercanda dengan temannya bapak guru sigap merubah cara menyapa agar diawal pembelajaran membuat anak-anak semangat untuk belajar dengan memberikan yel-yel , juga penampilan bapak guru dirubah menjadi rapi
Kekurangan :
diawal video bapak guru berpakaian yang tidak rapi baju dikeluarkan dan menggunakan sendal kesekolah untuk mengajar membuat siswa juga bersemangat untuk memperhatikan gurunya didepan.
Hal Unik:
bapak guru sigap memutar otak untuk membuat kelas yang diajarnya menjadi konduksif dan terkendali dengan membuat yel-yel diawal mengajar dan memberi pertanyaan ke anak murid tentang aktivitas sebelum kesekolah membuat anak-anak bersemangat untuk memulai belajar
Tindak Lanjut/Solusi :
sebaiknya bapak guru selalu berpakaian rapi kesekolah dan membuat kelas nya lebih kondusif lagi dengan membuat hal-hal menarik seperti membuat yel-yel sapaan dari anak murid ketika guru masuk kedalam kelas itu akan lebih membuat kelas lebih kondusif lagi.
Nama: Sholatiyah
Nim:821168349
Pokjar:Kerinci
Menarik Perhatian Siswa
Vidio ini berisi tentang bagaimana seorang guru yg berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yg diberikan.memanfaatkan alat eraga berupa gambar untuk media pembelajaran dan melibatkan siswa .sehingga fokus siswa dan siswi fokus dalam pembelajaran tersebut
NAMA : NOVA RAHMAWATI
NIM : 859543637
SALUT : BANJAR AGUNG
Video ini menunjukkan upaya guru yang sangat baik dalam menarik perhatian siswa dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang dan meminta mereka menemukan benda lain serta menceritakan secara singkat membantu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Memberikan penguatan saat siswa merespon juga membangun suasana positif dan memotivasi siswa untuk lebih berpartisipasi. Pendekatan seperti ini sesuai dengan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, di mana siswa tidak hanya pasif menerima materi, tetapi juga aktif menemukan dan menghubungkan konsep dengan benda nyata di sekitar mereka. Cara ini juga dapat meningkatkan minat dan konsentrasi siswa, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan. Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik pembelajaran yang inspiratif dan dapat dijadikan referensi bagi guru lain dalam menciptakan suasana kelas yang menarik dan interaktif.
Nama : Nova Rahmawati
NIM :859543637
SALUT : Banjar Agung
Video ini sudah sangat baik dalam menunjukkan cara guru menarik perhatian siswa dengan metode yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif, seperti mengajak eksplorasi dengan membilang, memberikan penguatan positif, dan meminta siswa menemukan serta menceritakan benda lain. Pendekatan ini sesuai dengan prinsip pembelajaran aktif yang efektif untuk meningkatkan fokus dan motivasi siswa.
Komentar:
Cara mengajak siswa mengekplorasi dengan membilang sangat efektif untuk mengaktifkan keterlibatan siswa secara langsung dan membuat mereka lebih fokus pada pelajaran.
Penguatan positif ketika siswa merespon dengan benar dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar siswa.
Meminta siswa menemukan benda lain dan menceritakan secara singkat membantu mengembangkan kemampuan observasi dan komunikasi, serta membuat pembelajaran lebih kontekstual dan menarik.
Saran:
Guru dapat menambahkan variasi metode seperti memberikan pertanyaan provokatif atau fakta menarik di awal pembelajaran untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih awal.
Menggunakan media pembelajaran yang menarik atau alat peraga yang relevan dapat memperkuat pemahaman dan mempertahankan perhatian siswa lebih lama.
Menyisipkan humor atau kejutan kecil di kelas dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan meningkatkan keterlibatan siswa.
Rotasi teknik menarik perhatian agar siswa tidak bosan dan tetap antusias mengikuti pelajaran.
Dengan pengembangan tersebut, video pembelajaran ini bisa menjadi contoh praktik pembelajaran yang semakin efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Menurut pendapat saya, cara mengajar dalam video tersebut memiliki beberapa aspek positif dan area yang mungkin bisa dikembangkan lebih lanjut:
Aspek Positif:
• Mengaitkan Matematika dengan Kehidupan Nyata: Video ini berhasil menunjukkan relevansi matematika dengan berbagai profesi dan aktivitas sehari-hari. Ini adalah cara yang efektif untuk memotivasi siswa dan membuat mereka melihat matematika sebagai sesuatu yang berguna, bukan hanya sekadar rumus abstrak. Contoh-contoh seperti mengukur Tugu Monas, pekerjaan pilot, dan mengukur gedung bertingkat dapat membantu siswa memahami aplikasi praktis matematika.
• Penggunaan Visual: Video ini menggunakan visual yang menarik untuk mengilustrasikan konsep matematika. Gambar dan video konkret dapat membantu siswa memahami ide-ide abstrak dengan lebih baik.
• Penyampaian yang Sederhana: Penjelasan dalam video tampaknya disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami, terutama ketika memberikan contoh soal pengukuran dengan penggaris. Ini penting untuk membangun pemahaman dasar siswa.
nama : siti syarah
nim : 877847844
izin berpendapat
Dari video pembelajaran di atas merupakan video pembelajaran bagaimana cara menarik perhatian peserta didik kepada kita, saat kita masuk dalam kelas. di dalam video tersebut, di awal pembelajaran guru masuk dalam keadaan tidak memakai sepatu, dan langsung masuk ke dalam materi pembelajaran, padahal kalau memiliki RPP atau modul ajar yang sesuai maka kita dapat dengan mudah mengajar ke peserta didik dengan mudah terstruktur dan teratur. dan oleh karena itu guru dituntut agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan kreatif dan inovatif untuk menarik minat bakat peserta didik
seperti yang saya lihat ada beberapa kekurangan guru pada saat mengajar :
1. tidak mengucapkan salam pada saat memasuki kelas
2. tidak berdoa
3. guru tidak menyampaikan materi pembelajarannya
4. tidak mengecek kehadiran siswa
adapun kelebihannya,
1. guru melakukan ice breaking untuk mengalihkan perhatian siswa agar fokus ke gurunya
2. guru menggunakan media belajar