silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

Mery Novianti

Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.

Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)

Similar Posts

67 Comments

  1. Nama : EKA RAHAYU
    NIM : 877324911
    Pokjar : Musi Nganjuk
    UPBJJ : Malang

    Setelah Saya memutar video yang berjudul”Akar pangkat 3 lebih dari 1000 , Pada awal kegiatan tidak diawali dengan salam, doa ataupun ice breaking untuk penyegaran. Dalam penyampaian materi guru sudah cukup bagus dimana guru memiliki trik khusus dan cara cepat dalam menyelesaikan soal tersebut. Namun dalam pembelajaran tersebut guru tidak menerapkan interaktif pembelajaran terhadap siswa dengan guru yang mana guru tidak memberikan umpan balik sehingga tidak ada kesempatan siswa untuk bertanya tentang kesulitan yang dirasakan siswa dan siswa tidak ditanya apakah mereka sudah paham terhadap materi yang disampaikan guru karena saya melihat dari video tersebut masih ada beberapa siswa yang masih kebingungan pada materi yang disampaikan oleh gurunya.

  2. Nama : IBEZISOKHI HALAWA
    Nim : 855836232
    Semester 8
    Pokjar Idanogawo
    Kab. Nias

    Setelah saya analisis video diatas, Reaksi siswa, sangat bersemangat dan memperhatikan guru ketika menerangkan pelajaran, fokus siswa hanya pada penjelasan guru.Kekurangan, dalam video di atas siswa fokus tapi kurang terlihat menangkap pelajaran apa yang dijelaskan guru. Akan tetapi dalam pembelajaran tersebut guru tidak menerapkan interaktif pembelajaran terhadap siswa dengan kita saksikan guru tidak memberikan umpan balik sehingga tidak ada kesempatan siswa untuk bertanya tentang kesulitan yang dirasakan siswa, dan juga siswa tidak di tanya apakah mereka sudah paham terhadap materi yang telah disampaikan guru tersebut .
    Trimakasih

  3. Nama : Diky Chandra
    NIM : 856084501

    1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Pada kegiatan pendahuluan juga guru tidak menyapa peserta didik dan Guru tidak mengabsen peserta didik.
    • Bagian pendahuluan guru juga tidak ada apersepsi terhadap peserta didik.
    • Tidak ada media pembelajaran sehingga peserta didik tidak semangat
    • Tidak ada Lembar Kerja Peserta Didik.
    • Pada bagian penutup sebaiknya guru mengingatkan peserta didik mengulang kembali materi yang selesai dibahas dirumah dan mempelajari materi lanjutan untuk pertemuan besok.
    • Guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya

    2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    • dalam video di atas guru sudah sangat baik dalam menjelaskan namun mungkin di beberapa siswa yang memang sulit untuk memahami pelajaran matematika ini. Namun di balik kesulitan itu guru menjelaskan dengan cara melingkari angka angka sehingga siswa mudah memahami,

    3. Saran Pembelajaran dalam Video
    • Pada bagian pendahuluan sebaiknya menambahkan sapaan,menyanyi lagu kebangsaan atau kegiatan literasi sebelum memulai pembelajaran
    • Pada bagian penutup guru memberikan penguatan berupa evaluasi

  4. Nama : Dandes Amiltri
    NIM : 855724676
    Pokjar : Sidomulyo

    Berikut adalah hasil analis dan beberapa refleksi yang saya berikan setelah melihat video pembelajaran diatas yaitu sebagai berikut:
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu memastikan pemahaman siswa terkait cara mencari akar pangkat 3 di awal pembelajaran, termasuk memberi hafalan pada siswa kelas tinggi, dan menjelaskan konsep tersebut untuk bilangan di atas 1000. Video memberikan trik mencari akar untuk bilangan di atas seribu dengan asumsi pemahaman perpangkatan tiga dari 1 hingga 10.
    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video yaitu kurangnya interaksi siswa dan guru dan kurangnya latihan soal yang dapat mengukur pemahaman siswa tentang akar pangkat tiga. Tidak adanya pengecekan pemahaman siswa, kurangnya motivasi awal, pembelajaran kurang interaktif, dan tidak ada tugas yang diberikan kepada siswa untuk dilakukan di rumah.

    Kelebihan guru dalam pembelajaran adalah penyampaian apersepsi dan tujuan belajar yang jelas, penjelasan materi yang rinci, serta kemampuan mengelola kelas dan menyampaikan pembelajaran secara efektif.

    Adapun hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu siswa dapat cepat memahami materi tanpa keterlibatan aktif dari guru, menunjukkan kemampuan siswa untuk belajar mandiri.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu guru sebaiknya lebih mempersiapkan apersepsi yang sesuai dengan materi, menciptakan kondisi kelas yang kondusif, dan menggunakan metode dan alat peraga yang bervariasi guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

  5. NAMA : HERNAWATI
    NIM : 817163711
    Menanggapi vidio yang disajikan ialah langkah-langkah pembelajara perlu diperhatikan lagi dari pembukaan hingga penutup, terkait penyampaian materi yang diberikan guru sudah cukup baik karena memiliki alternatif untuk memudahkan peserta didik memahami materi

  6. Nama : Andreyanes Yanuar
    NIM : 824670791

    Berikut hasil analisa dan refleksi yang saya berikan setelah melihat video pembelajaran di atas antara lain :
    1. KELEMAHAN PADA VIDEO
    • Kegiatan pendahuluan terasa kurang optimal karena guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, menyapa peserta didik, dan tidak mengabsen siswa.
    • Guru juga tidak membuka pembelajaran dengan melakukan apresiasi terhadap peserta didik melainkan langsung mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
    • Guru tidak menggunakan media saat pembelajaran.
    • Tidak ada Lembar Kerja Peserta Didik saat memberi tugas.
    • Pada bagian penutup guru tidak mengingatkan peserta didik mengulang kembali materi yang selesai dibahas dirumah dan mempelajari materi lanjutan untuk pertemuan besok.
    • Guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.

    2. KELEBIHAN PADA VIDEO
    • Guru telah mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
    • Sudah ada komunikasi yang baik antara guru dan siswa.
    • Ada beberapa siswa yang aktif menjawab dan berkomunikasi dengan guru saat pembelajaran.

    3. SARAN
    • Guru sebaiknya menggunakan alat peraga saat menjelaskan pembelajaran.
    • Guru sebaiknya memberi salam, menyapa siswa dan memeriksa kehadiran siswa.
    • Guru memberi apresiasi/penghargaan terhadap siswa yang berperan aktif dalam proses pembelajaran.
    • Guru memberi penguatan terhadap pembelajaran.
    • Guru juga bisa mengajak siswa untuk yel-yel atau menyanyi bersama agar siswa bersemangat dalam belajar.

  7. Nama :Muhammad Irfan Nahrowi
    Nim :858541806
    pokjar: BKPSDM Kudus
    Dari video yang saya lihat Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan
    materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti
    bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Kekurangan dari
    tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam
    memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.
    Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada
    apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru
    kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas
    di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar,
    mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas
    pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
    Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan
    penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas
    agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.

Leave a Reply