silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

Mery Novianti

Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.

Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)

Similar Posts

88 Comments

  1. Nama : Rezi
    Nim : 856481586
    Pokjar : Pelalawan

    Menurut saya tentang video diatas bagus untuk menerangkan kepada siswa nya, tetapi alangkah baiknya adalah sebelum memulai pembelajaran dan mengajar untuk Berdoa lalu mengabsen siswa dan menanyakan kabar siswa.

    untuk mengetahui apakah siswa/murid tersebut paham untuk materi yg sudah lewat baiknya untuk melakukan evaluasi atau memberikan soal/kuis.

  2. Nama : Muhammad Rizki Hidayat Ali
    Nim : 858431064
    Pokjar :SALUT DAYA TAKA EDUCENTRE

    Dari vidio tersebut, guru menjelaskan materi dengan sangat baik, guru juga memastikan siswa sudah mengerti materi sebelumnya yaitu mencari akar pangkat 3 dari bilangan kurang dari 1000, dan sekarang guru menjelaskan materi mencari akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000. cara penyampaian nya sangat bagus sehingga siswa dapat memahami kosep materi tersebut. karna vidio tersebut hanya singkat, saya harap jika nanti di peraktekan di lapangan, guru bisa lebih berinteraksi dengan siswa dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa siswa untuk memberikan contoh soal di depan. kemudian bersama sama menjawab agar seluruh siswa mampu memahami materi yang saat itu di sampaikan oleh guru. hal ini juga menjadi pelajaran dan contoh buat saya agar bisa menjadi guru yang baik dan bertanggung jawab.

  3. Nama: Herlina Nita Safera
    NIM: 859943882
    Pokjar: Pakisjaya

    Penyampaian materi pada video ini sangat jelas, dengan contoh soal yang diberikan siswa sudah dapat memahami materi dan dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajarannya.

  4. hal yang perlu perbaikan
    – Menambahkan visual pendukung atau animasi untuk memperkuat pemahaman konsep
    – Melibatkan siswa dengan pertanyaan interaktif atau pause sesekali
    – Menjelaskan istilah matematika penting dengan jelas
    – Menyertakan ringkasan akhir atau latihan soal mandiri sebagai penutup

  5. Nama : Aditia Syachri Saputra
    NIM : 858430926
    Pokjar : SALUT DAYA TAKA EDUCENTRE

    Menurut saya setelah menganalisa dan refleksi yang saya berikan setelah melihat video pembelajaran di atas adalah guru sudah bagus dalam memberikan penjelasan serta memastikan anak didiknya memahami pelajaran apa yang di sampaikan, tetapi menurut saya Kegiatan pendahuluan terasa kurang optimal karena guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, menyapa peserta didik, dan tidak mengabsen siswa lalu Pada bagian penutup guru tidak mengingatkan peserta didik mengulang kembali materi yang selesai dibahas dirumah dan mempelajari materi lanjutan untuk pertemuan besok serta Guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.

  6. Nama : Ayu Wahyuni
    Nim : 877631479
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah saya melihat video tersebut saya dapat menyampaikan bahwa, video tersebut menyajikan metode pembelajaran akar pangkat 3 menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dipahami oleh siswa. Selain itu siswa juga pasti sudah lebih dulu di ajarkan bagaimana cara mengerjakan pangkat 3 dari 1sampai dengan 10 terlebih dahulu. Karena jika tidak diberikan materi terkait pangkat 3 maka siswa juga akan kesulitan untuk mengerjakan materi akar pangkat 3 ini, walaupun sebenarnya cara pengerjaannya begitu sederhana. Selain itu juga guru yang menerangkan menggunakan contoh bilangan dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu sehingga dapat membantu pemahaman siswa sebelum berganti ke bilangan yang lebih besar. Namun dari video tersebut hanya memberikan 2 contoh bilangan, akan lebih baik jika video tersebut memberikan lebih banyak contoh dengan variasi angka yang berbeda untuk memperkuat pemahaman. Secara keseluruhan, video ini merupakan materi pembelajaran yang sangat bagus bagi siapa pun yang ingin mempelajari cara menghitung akar pangkat tiga lebih dari 1.000 dengan cara yang lebih praktis.

  7. Nama Mahasiswa : Anna Salsabell
    NIM : 857611465
    PRODI : S1 PGSD / semester 6
    UPBJJ : Purwokerto

    Menurut saya, video pembelajaran “Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000” memiliki beberapa kelebihan. Guru menggunakan pendekatan kontekstual dengan mengaitkan materi ke kehidupan sehari-hari, serta media visual seperti gambar dan tabel yang membantu pemahaman konsep. Pembelajaran berlangsung aktif melalui diskusi kelompok, dan pendekatan saintifik mendorong siswa berpikir kritis. Selain itu, suasana kelas terasa positif karena guru membangun komunikasi yang hangat.
    Namun, masih ada kekurangan yang perlu diperhatikan menurut saya. Waktu diskusi kurang optimal karena tidak semua kelompok sempat mempresentasikan hasilnya. Penilaian juga belum mencakup aspek afektif dan psikomotorik. Pemanfaatan TIK belum terlihat, dan instruksi guru belum menyesuaikan dengan perbedaan kemampuan siswa.
    Secara umum, video ini sudah baik dalam membangun pembelajaran aktif, namun perlu penyempurnaan dalam penilaian dan diferensiasi.

  8. Nama : LAILA RAHMADINI
    NIM : 856617685
    Pada video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.
    Menanggapi video yang disajikan ialah langkah-langkah pembelajaran perlu diperhatikan lagi dari pembukaan hingga penutup, terkait penyampaian materi yang diberikan guru sudah cukup baik karena memiliki alternatif untuk memudahkan peserta didik memahami materi.

  9. Nama : LAILA RAHMADINI
    NIM : 856617685
    Pada video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10. Menanggapi video yang disajikan ialah langkah-langkah pembelajaran perlu diperhatikan lagi dari pembukaan hingga penutup, terkait penyampaian materi yang diberikan guru sudah cukup baik karena memiliki alternatif untuk memudahkan peserta didik memahami materi

Leave a Reply