silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
nama ; Fajri Ramadhan
NIM : 857106387
kelas : AKPMM
Peran guru pada vidio tersebut menurut saya sudah memelihara kondisi belajar yang optimal.
Reaksi siswa terlihat tanggap atas perintah dan arahan terhadap pembelajaran yang dilakukan guru, siswa mengikuti pembelajaran dengan cenderung kondusif dan tidak ada kegaduhan. Akan tetapi siswa tidak terlihat menunjukkan reaksi yang menyenangkan terhaap pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kelemahan guru dalam vidio tersebut terlihat monoton dalam proses pembelajaran dan tidak ada variasi dalam pembelajarannya, sehingga terasa membosankan.
Akan tetapi peran guru tersebut sangat membantu siswanya dalam mengatur kegiatan kelompok, walaupun pembelajarannya monoton, tetapi guru mampu dalam mengarahkan siswa-siswinya dalam berdiskusi.
Misalnya, ketika kita menginginkan penjelasan dan visualisasi materi yang kita ajarkan dapat dilihat seluruh siswa di tengah kita dapat menyusun bangku menjadi bentuk bulat atau U. Jika cara-cara penataan kelas tersebut sudah kita kuasai, bukan tidak mungkin misi kita untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif akan tercapai.
Nama : Yuli Puspitasari
NIM : 857102659
Prodi : S1 PGSD
Menurut pengalaman saya memelihara kondisi kelas yang kondusif yaitu bukan hanya dengan bekerja secara kelompok dan bermain peran, tetapi menurut pengalaman saya secara langsung biasanya ketertarikan penyajian materi yang akan di bawakan oleh guru juga sangat mempengaruhi kondisi kelas agar kondusif,, dengan cara di berikan kesepakatan dan pijakan secara konsisten sebelum mulai pembelajaran di kelas oleh guru dan siswa,
Dengan metode diskusi kelompok yaitu bertujuan untuk sesama teman untuk bisa bertanggung jawab dan mengemukakakn pendapatnya mengenai materi tersebut yang di tugaskan, dengan presentasi kelompok, gal tersbeut dapat melatih keberanian, rasa percaya diri, dan berbicara permulaan sampai berkelanjutan itu sndiri.
Metode bermain peranpun pernah saya lakukan dalam mengajar, hal ini akan berdampak baik bagi siswa dalam emmahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran, karena siswa dapat terjun langsung dan terlibat dalam pembelajaran tersebut di kondisi materi tersebut
Nama : satrio Dwi Kuncoro Adi
NIM: 857108287
Prodi: S1-PGSD
dalam video tersebut, saya mendapat kesimpulan bahwa kelas kondusif sangat mempengaruh kualitas belajar mengajar. di video tersebut sangat enak sekali dilihat karena siswa yang tanggap oleh perintah guru dan guru yang dapat menguasai kelas. namun, menurut saya masih bisa di tingkatkan lagi dari segi kenyamanannya, yaitu disisipkan ice breaking atau permainan singkat untuk meminimalisisr kejenuhan siswa. terima kasih.
Nama : Wanaenus
Nim : 859768488
Prodi : PGSD BI
Assalamualaikum, setelah menyimak video di atas, saya sebagai seorang guru juga terkadang menemukan kendala dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran di kelas, terkadang harus menghadapi peserta didik yang membuat kegaduhan, tidak memperhatikan pelajaran dan arahan guru dan sebagainya. Untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif seorang guru harus menguasai teknik pengelolaan kelas yang baik, selain itu perlu adanya kerjasama yang baik antara guru dan peserta didik.
Terima kasih.
Nama : Nurul Hidayah
Nim : 856984303
Prodi : s1 pgsd
Pokjar : Waytuba
Setelah menonton video diatas ada saya menyimpulkan pada video memiliki kekurangan yaitu di awal pembelajaran guru tidak menjelaskan dengan detail mengenai materi yang akan di pelajari, guru hanya meminta siswa untuk membaca materi di buku. Pada video diatas juga memiliki kelebihan yaitu guru interaktif terlihat pada video, guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab pertanyaan dengan tepat. Di akhir komentar ini saya akan menyampaikan saran sebaiknya diawal pembelajaran guru menjelaskan lebih detail materi yang akan dipelajari supaya siswa lebih mudah memahami materi yang akan di pelajari
Nama : Reni Husin
NIM : 822690458
Pokjar : Ambon
Menurut pengamatan saya pada video tersebut kegiatan belajar mengajar sudah kondusif.pengkondisian kelas yang dilakukan oleh guru sudah sangat tepat sehingga kelas menjadi tenang.Pembelajaran yang dilakukan guru juga kurang interaktif.artinya guru kurang interaksi dengan siswa sehingga siswa merasa kurang ada perhatian.Hal ini juga memengaruhi siswa dakam.menerima pelajaran dikelas
NAMA : AHMAD KAMIL
NIM : 857101499
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : SUKAKARYA/TAMBELANG
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas adalah untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif peran guru dan siswa sangat dibutuhkan.
Pasalnya mengontrol siswa secara langsung saja bisa dibilang sulit. Dalam situasi ini, guru harus bisa menjaga stabilitas emosi, sabar dan menunjukkan minat yang tulus dalam mengajar.
Seorang guru perlu membekali diri dengan strategi pengelolaan kelas yang tepat untuk menciptakan suasana belajar yang tenang, kondusif dan menyenangkan.
Selain itu, penting juga untuk membangun kedekatan dengan murid agar kelas menjadi lebih aktif dan partisipatif.
Suasana kelas yang kondusif akan membantu siswa dan mempermudah Anda sebagai guru untuk menangkap pelajaran dan menyampaikan materi pelajaran.
dalam menjelaskan tentang pelajaran IPS dengan tema “Persiapan Kemerdekaan Indonesia” guru tersebut tidak terlalu banyak menjelaskan karena semua siswa sudah bisa membaca mandiri di buku pelajaran yang sudah tersedia, semua siswa sudah mampu menjelaskan isi dari pelajaran tersebut dengan baik.
Nama : Fitri Nurjayanti Sunarta
Nim : 857361922
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Warungkondang
UPBJJ : UT Bogor
dari hasil analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang kondusif tentunya membutuhkan kerjasama antara guru dan siswa. berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi selama pembelajaran siswa tidak bisa fokus dalam pembelajaran, siswa sering bicara dengan teman yg lainnya, anak yang tidak bisa diam dan lain lain, yang saya lakukan adalah melibatkan siswa dalam belajar sehingga siswa aktif dalam belajar dan pembelajaran lebih kondusif selain itu guru juga harus mampu mengelola kelas dengan baik
Nama : Yulida
NIM : 856947881
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : UT Bandar Lampung
SALUT : Way tuba
Menurut Saya guru seringengalami kesulitan dalam mengendalikan kelas itu dikarenakan guru terlalu monoton menggunakan metode ceramah,,dan hanya duduk saja di atas bangku..Cara mengatasinya yang pertama seharusnya guru masuk kedalam kelas dengan keadaan ceria agar energi positif sampai ke anak, setelah itu guru menyapa siswa berdoa dan menanyakan kabar, serta absensi,,dilanjutkan dengan ice breaking menyanyikan lagu atau yel yel..setelah itu guru menyampaikan apa yang akan dipelajari hari ini,,guru memimpin kegiatan belajar berlangsung,,untuk pembacaan materi seharusnya guru mengawalinya setelah itu guru membentuk kelompok dan penugasan setiap kelompok..seharusnya guru tidak monoton duduk di bangku lebih baik guru keliling sambil mengecek keadaan siswa,,setelah siswa memahami pelajaran hari itu guru memimpin untuk saling lempar pertanyaan,,untuk menututp kegiatan pembelajaran guru melakukan refleksi,,menyampaikan motivasi ke anak dan memberi umpan balik ke anak dalam bentuk nilai agar anak lebih semangat lagi dan merasa hasil kerjanya dihargai
Nama : Tri Sutrisno
NIM : 856705758
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Palembang
Pokjar : Lawang Wetan
Setelah menyimak video pembelajaran, dapat dianalisa bahwa untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif perlu adanya hubungan timbal balik yang terjadi antara guru dan siswa. Disini guru bertindak sebagai pemberi materi dan juga pengarah alur kegiatan siswa didalam kelas. proses belajar mengajar yang kondusif tentunya akan meningkatkan daya serap bagi siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, Dalam hal ini tentunya guru harus mempunyai persiapan yang matang sebelum memasuki kelas agar pada saat proses belajar mengajar tidak terjadi kebingungan tentang hal apa yang akan dikerjakan atau dipraktekkan di dalam kelas. kemampuan untuk mengatur siswa agar tidak melakukan hal hal yang mengganggu dalam proses pembelajaran sudah sepatutnya menjadi skill individu yang harus dimiliki oleh seorang guru.