silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

198 Comments

  1. Nama: Ijah Fitriana
    NIM: 859763797
    UPBJJ: Kendari
    Video: Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

    Setelah menyimak video ini, saya menemukan beberapa kelamahan. Beberapa di antaranya adalah:
    1. Video lebih fokus menunjukkan proses pembelajaran sejarah proklamasi tetapi tidak jelas menunjukan bagaimana menciptakan suasana kelas yang kondusif.
    2. Siswa tampak tidak menyadari kondusifitas karena mereka terbawa dalam suasana pembelajaran yang seperti biasanya. Mungkin karena guru tidak menunjukkan kesan upaya strategi menciptakan kondusifitas kelas yang sedang berlangsung.
    3. Jika dilihat dari suasana pembelajaran yang ditampilkan dalam video, siswa sama sekali tampak tidak memahami apa yang dmaksud dengan suasana kelas yang kondusif. Guru semestinya memberikan tanda atau ruang di mana guru dan siswa sama-sama menyadari bahwa mereka sedang menciptkan suasana kelas yang kondusif.

  2. Nama: Salsabila
    NIM: 857317681
    UPBJJ: Bogor
    Video: Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

    Setelah menyimak video ini, saya menemukan beberapa kelamahan. Beberapa di antaranya adalah:
    1. Siswa tampak tidak menyadari kondusifitas karena mereka terbawa dalam suasana pembelajaran yang seperti biasanya. Mungkin karena guru tidak menunjukkan kesan upaya strategi menciptakan kondusifitas kelas yang sedang berlangsung.
    3. Jika dilihat dari suasana pembelajaran yang ditampilkan dalam video, siswa sama sekali tampak tidak memahami apa yang dmaksud dengan suasana kelas yang kondusif. Guru semestinya memberikan tanda atau ruang di mana guru dan siswa sama-sama menyadari bahwa mereka sedang menciptkan suasana kelas yang kondusif.

  3. Nama : Tio Susanti
    Nim : 856236461
    UPBJJ : PADANG
    Menurut saya secara keseluruhan video sudah menunjukkan bagaimana menciptakan suasana kelas yang kondusif ,tetapi ada bagusnya dalam penyampaian materi jangan terlalu cepat.

  4. Nama : Novia Yusnita
    Nim : 856468143
    Upbjj : Pekanbaru

    Menurut saya setelah melihat video mengenai cara menciptakan kondisi kelas yang kondusif, dalam video tersebut guru lebih fokus ke materi yang akan di pelajari dan memulai pembelajaran belum sepenuhnya mengkondisikan kelas yang kondusif karna guru langsung masuk ke materi yang akan di pelajari tanpa mempersiapkan fisik dan psikis siswa untuk memulai pembelajaran, namun ketika dalam proses pembelajaran berlangsung kondisi kelas sudah sangat kondusif karena dalam diskusi mengenai materi yang di pelajari guru membimbing melalui tanya jawab kepada siswa secara sistematis dan siswa melaksanakan tugas yang berikan guru dengan baik tanpa ribut di dalam kelas.
    Untuk keseluruhan kondisi kelas yang kondusif sudah tercipta pada video ini.

  5. NAMA : MYA VINDYA HERVIANI
    NIM: 858920338
    KELAS : 6B WULUHAN
    UPBJJ : JEMBER – PGSD
    Di dalam video di atas berjudul Menciptakan Kelas Kondusif menurut saya keadaan kelas terlihat membosankan dan terlalu monoton dikarenakan guru menerangkan suatu materi ke siswa dengan metode ceramah tanpa menggunakan sebuah media. Pada saat siswa bekerja kelompok siswa memilih kelompok sendiri tanpa bimbingan guru untuk melatih kemandirian siswa, akan didalam kelas monoton.

  6. Nama : IDKHAM KHOLID SUFYAN
    NIM : 858690922
    UPBJJ: SURABAYA

    Munurut saya setelah menyimak dalam vidio tersebut, masih kurang dalam hal dalam kondusif dikarenakan siswa mengikuti alur yang di ajarkan oleh guru. Guru seharusnya memberikan dan menambahkan suasana menjadi riah dan tanya jawab yang lebih baik.

  7. Nama : IDKHAM KHOLID SUFYAN
    NIM : 858690922
    UPBJJ: SURABAYA

    Munurut saya setelah menyimak dalam vidio tersebut, masih kurang dalam hal dalam kondusif dikarenakan siswa mengikuti alur yang di ajarkan oleh guru. Menciptakan suasana kondusif dalam sebuah kegiatan pembelajaran sangat perlu dilakukan dalam pembelajaran. Sebagai guru yang terlibat langsung di kelas suasana semestinya kita bisa memahami perbedaan dan menunjukkan rasa peduli terhadap siswa agar suasana kelas tetap menyenangkan.
    Terimakasih. Guru seharusnya memberikan dan menambahkan suasana menjadi riah dan tanya jawab yang lebih baik, contohnya dengan memberikan ice breaking, media, yang dapat membuat siswa jauh lebih aktif.

  8. Nama : Hartata Damanik NIM: 856022921 UPBJJ: MEDAN. Pada video pembelajaran ini dapat dilihat bahwa suasana kelas cukup kondusif, siswa mengikuti semua perintah guru terkait pembelajaran tersebut. Guru juga membuat kelompok agar semua siswa lebih aktif dan juga dapat dengan mudah memahami materi pelajaran IPS tersebut. Guru membuat kelompok untuk diskusi dan juga bermain peran. Guru juga ada memberikan beberapa pertanyaan kepada beberapa siswa sehingga hal itu membuat siswa lebih merasa fokus mengikuti pelajaran. Namun ada beberapa hal yang kurang dalam video tersebut. ketika beberapa siswa menjawab pertanyaan, tidak ada apresiasi untuk siswa tersebut yang sudah bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Sehingga siswa merasa tidak ada pencapaian atas apa yang telah mereka jawab. Kemudian tidak adanya ice breaking juga membuat siswa lebih terlihat bosan dalam belajar dikarenakan kurangnya motivasi dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Untuk penjelasan materi dari guru juga terlihat kurang, karena guru hanya memerintahkan siswa untuk membaca buku dan diskusi bersama teman. Sebaiknya guru menjelaskan materi tersebut terlebih dahulu kemudian menambahkan media yang bisa meningkatkan minat belajar siswa dikarenakan ketertarikan terhadap materi yang telah dijelaskan.

  9. Nama : Yuliana Rosiana Indah
    NIM : 857638785
    Pokjar : Lebaksiu

    Hasil Analisa “Menciptakan Suasana Kelas Kondusif”
    1. Siswa tampak tidak menyadari kondusifitas karena mereka terbawa dalam suasana pembelajaran yang seperti biasanya.
    2. Jika dilihat dari suasana pembelajaran yang ditampilkan dalam video, siswa sama sekali tampak tidak memahami apa yang dmaksud dengan suasana kelas yang kondusif.

Leave a Reply