silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

254 Comments

  1. NAMA : DEBBY HERINDITYA CHAIRUNNISA
    NIM : 857918726
    PRODI : 118/PGSD S-1
    UPBJJ : PARAKAN
    MATA KULIAH : PDGK4501
    TUGAS PRAKTIK 1

    Berdadsarkan hasil analisis dari video ini adalah guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif yang membutuhkan peran siswa dan guru. dalam hal in guru sangat penting untuk membangun suasana yang kondusif. dalam video ini para siswa mengikuti perintah guru dalam pembelajaran tersebut. namun tidak semua guru bisa mencptakan suasana yang kondusif padahal sudah memakai media pembelajaran yang berbeda,. perlu banyak masukan dari guru-guru senior agar bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif.

  2. Nama : Rahma
    Nim : 856026484
    Pokjar : Sri Balai

    Setelah melihat dan mengamati Video diatas tersebut menurut saya guru telah melakukan kegiatan pembelajaran secara kondusif.
    1. Pembukaan dalam kegiatan pembelajaran belum dilakukan dengan baik, Tujuan pembelajaran belum di jelaskan sepenuhnya.
    2. Tanggapan/ respon siswa terhadap pertanyaan guru sesuai dengan kemampuan siswa tersebut
    3. Media yang digunakan berupa buku, dapat juga menggunakan media yang lain, yang lebih dipahami oleh siswa
    4. Siswa dapat menanggapi teknik yang diajarkan oleh guru
    5. Siswa melakukan kerja kelompok dengan baik

  3. NAMA : DEBBY HERINDITYA CHAIRUNNISA NIM : 857918726 PRODI : 118/PGSD S-1 UPBJJ : PARAKAN MATA KULIAH : PDGK4501 TUGAS PRAKTIK 1 Berdadsarkan hasil analisis dari video ini adalah guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif yang membutuhkan peran siswa dan guru. dalam hal in guru sangat penting untuk membangun suasana yang kondusif. dalam video ini para siswa mengikuti perintah guru dalam pembelajaran tersebut. namun tidak semua guru bisa mencptakan suasana yang kondusif padahal sudah memakai media pembelajaran yang berbeda,. perlu banyak masukan dari guru-guru senior agar bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif.

  4. NAMA : DEBBY HERINDITYA CHAIRUNNISA NIM : 857918726 PRODI : 118/PGSD S-1 UPBJJ : PARAKAN MATA KULIAH : PDGK4501 TUGAS PRAKTIK 1 Berdadsarkan hasil analisis dari video ini adalah guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif yang membutuhkan peran siswa dan guru. dalam hal in guru sangat penting untuk membangun suasana yang kondusif. dalam video ini para siswa mengikuti perintah guru dalam pembelajaran tersebut. namun tidak semua guru bisa mencptakan suasana yang kondusif padahal sudah memakai media pembelajaran yang berbeda,. perlu banyak masukan dari guru-guru senior agar bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif.

  5. Nama : Wawan Junianto
    NIM : 856959238
    Kelas : A Semester 8
    Pokjar : Sidomulyo
    Judul Video : Menciptakan suasana kelas kondusif

    Setelah saya melihat dan menyimak video pembelajaran tersebut, bahwasanya untuk menciptakan kelas yang kondusif membutuhkan kejasama antara guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran tersebut.
    Dalam video tersebut sebenarnya guru sudah bagus dalam menciptakan kelas yang kondusif namun guru masih kurang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran tersebut jadi anak menjadi jenuh dan ada yang tidak memperhatikan kegiatan belajar mengajar tersebut. Dan di awal video guru terlihat kurang ceria dalam membawakan pembelajaran dan harusnya guru memancing dengan pengalaman mereka saat kegiatan kemerdekaan Indonesia untuk memancing imajinasi siswa dan keterampilan siswa dalam belajar.
    Guru kurang mengapresiasi siswa setelah menjawab pertanyaan yang di berikan, harusnya guru memberikan apresiasi meskipun hanya tepuk tangan untuk siswa lebih semangat dalam menjalankan pembelajaran di kelas tersebut. selain itu juga guru tersebut terkesan kaku pada saat megajar, yang menyebabkan siswa menjadi tegang dalam mengikuti pembelajaran.

  6. Nama : Tiara Restilia
    Nim : 856948195
    Semester : 8
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Menurut hasil analisis saya dari video diatas tentang menciptakan suasana kelas kondusif tersebut sudah bagus, Dari video pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa suasana kelas yang kondusif sangat dibutuhkan pada saat pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran dari awal hingga akhir. Dari video diatas guru bisa mengarahkan siswa dalam proses pembelajarannya dengan baik. Dengan metode bermain peran, siswa lebih mudah untuk mengemukakan pendapatnya. Selain itu, guru menggunakan metode tanya jawab dan juga pembagian kelompok agar memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
    Namun ada kekurangan dari video di atas menurut saya dibagian pembuka pembelajaran seharusnya lebih baik diawali dengan salam serta sapaan kepada siswa, dilanjutkan dengan absensi siswa. Kemudian sedikit menanyakan kembali pembelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya (Apersepsi), dan dilanjutkan dengan menyampaikan tema materi yang akan dipelajari hari ini, serta menyampaikan tujuan-tujuan pembelajaran. Lalu menjelaskan terlebih dahulu materi-materi yang akan dipelajari pada pagi hari ini. Dan dibagian penutup, guru menjelaskan kembali inti materi apa yg sudah di sampaikan, dan penting pula bagi guru yaitu harus ada Apresiasi untuk anak, dengan tujuan agar anak lebih bersemangat untuk belajar, guru harus ada motivasi untuk anak. Dan terakhir mengucapkan salam penutup.
    Sekian dan Terimakasih

  7. Nama : ERHASUDIN
    Nim : 856734157
    UPBJJ : 18/Palembang

    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas adalah untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif peran guru dan siswa sangat dibutuhkan, Kepedulian seorang guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Apabila guru tidak antusias dan tidak semangat dalam proses belajar mengajar maka siswa akan tidak termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru perlu selalu tampil baik, percaya diri dan selalu antusias di depan kelas. Seorang guru menjelaskan kepada siswa dengan penuh semangat dan antusias kepada siswanya maka siswa pun akan merespon dengan baik dalam pembelajaran dan akan termotivasi dalam proses pembalajaran sehingga daya serap siswa menjadi efektif.

  8. Nama : ERHASUDIN

    NIM : 856734157

    UPBJJ : 18/Palembang

    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas adalah untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif peran guru dan siswa sangat dibutuhkan, Kepedulian seorang guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Apabila guru tidak antusias dan tidak semangat dalam proses belajar mengajar maka siswa akan tidak termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru perlu selalu tampil baik, percaya diri dan selalu antusias di depan kelas. Seorang guru menjelaskan kepada siswa dengan penuh semangat dan antusias kepada siswanya maka siswa pun akan merespon dengan baik dalam pembelajaran dan akan termotivasi dalam proses pembalajaran sehingga daya serap siswa menjadi efektif.

  9. Nama : FANGKY PRASETYO
    NIM : 858901607
    Prodi : 118/S1 – PGSD
    UPBJJ : UT Jember

    Dari hasil analisis video yang saya pelajari setelah melihat dan mengamati video pembelajaran di atas.
    Point yang saya ambil terkait dengan kelemahan dan kelebihan dari pembelajaran tersebut.
    *Kelebihan* :
    1. Guru dapat menertibkan siswa sehingga suasasana kelas menjadi kondusif.
    2. Partisipasi siswa yang sangat baik dalam mengikuti pembelajaran.
    3. Inisiatif cerdas dari Guru dengan membagi kelompok kepada siswa. Hal ini dapat memudahkan guru dalam mengontrol siswa memuat pembelajaran, juga dapat membuat siswa saling bertukar pikiran dan berinteraksi satu sama lain dalam kelompok.
    4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk forum tanya jawab.

    *Kekurangan* :
    1. Guru seharusnya memberi salam atau sapaan terlebih dahulu kepada siswa.
    2. Kemudian di lanjut dengan cek kehadiran siswa.
    3. Dan memberikan motivasi terlebih dahulu kepada siswa.
    4. Mengulas singkat dari materi sebelumnya.
    5. Dilanjut menjelaskan point point penting yang akan dibahas.
    6. Bentuk memberi apresiasi ini sangat penting ketika siswa telah melakukan sesuatu baik pertanyaan atau tindakan, tentu dengan diberi arahan. Yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
    7. Penutup, memberikan evaluasi singkat dan memberi motivasi dalam bentuk arahan juga penting dalam sesi akhir pembelajaran, yang kemudian dilanjut salam/sapaan untuk mengingat akhir pembelajaran.

    Sekian, apabila ada kalimat yang kurang tepat dari bentuk komentar saya.
    Semata itu hanya argument dan asumsi pribadi guna untuk pembelajaran bagi saya.
    Mohon maaf dan Terimakasih.

  10. Setelah saya menyaksikan Vidio diatas,guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu dan langsung memberikan tugas kepada anak anak sehingga siswa terlihat kurang antusias terhadap materi tersebut.Dan terlihat juga anak anak ada yang sibuk sendiri ,ada yang ngobrol walaupun pada akhirnya siswa mampu mengerjakan apa yang di perintah kan oleh guru.menurut pendapat saya untuk meningkat kan antusias anak dalam menerima pelajaran sebaiknya kita menggunakan media pembelajaran seperti gambar atau poster.

Leave a Reply