silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Muhammad Masdan Riwansyah
Nim : 856949498
Prodi : PGSD
Pada kegiatan pembelajaran didalam video, guru mengucapkan salam dan menyampaikan materi yang akan dipelajari. Kemudian, guru meminta siswa untuk duduk berkelompok dan langsung menjelaskan tentang nama benda kursi, kertas, bola, dan kotak kapur. Lalu guru meminta siswa maju kedepan untuk mendeskripsikan benda.
Menurut saya, kegiatan pembelajaran yang terdapat pada video sudah bagus, guru menjelaskan deskripsi benda langsung menggunakan media yang relevan, sehingga murid jadi lebih mudah memahami apa yang di sampaikan. Siswa juga sangat antusias mengikuti proses pembelajaran. Diakhir kegiatan pembelajaran, guru meminta siswa maju kedepan kelas untuk mendeskripsikan benda yang di tentukan oleh guru.
Hanya saja, pada awal kegiatan pembelajaran, guru tidak terlebih dahulu menjelaskan tentang apa itu “mendeskripsikan benda”
Nama : Muhammad Masdan Riwansyah
Nim : 856949498
Prodi : PGSD
Pada kegiatan pembelajaran didalam video, guru mengucapkan salam dan menyampaikan materi yang akan dipelajari. Kemudian, guru meminta siswa untuk duduk berkelompok dan langsung menjelaskan tentang nama benda kursi, kertas, bola, dan kotak kapur. Lalu guru meminta siswa maju kedepan untuk mendeskripsikan benda.
Menurut saya, kegiatan pembelajaran yang terdapat pada video sudah bagus, guru menjelaskan deskripsi benda langsung menggunakan media yang relevan, sehingga murid jadi lebih mudah memahami apa yang di sampaikan. Siswa juga sangat antusias mengikuti proses pembelajaran. Diakhir kegiatan pembelajaran, guru meminta siswa maju untuk mendeskripsikan benda yang di tentukan oleh guru.
Hanya saja, pada awal kegiatan pembelajaran, guru tidak terlebih dahulu menjelaskan tentang apa itu “mendeskripsikan benda”
Nama : Nengah Darmaja
Nip: 859145725
Prodi : PGSD
UPBJJ : 78 Mataram
Dari hasil pengamatan saya tentang vidio di atas
1. Reaksi anak – anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru sudah sangat bagus, anak – anak menyimak dengan seksama penjelasan guru serta ikut aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
2. Secara keseluruhan vidio megajar ini yang saya dapat simpulkan adalah ibu guru dalam menerangkan atau memaparkan materi sudah sangat bagus, namun menurut saya ada hal yang sedikit kurang dalam kegiatan pelasanaan yang diajarkan oleh ibu guru dalam vidio ini cara pembukaan kurang memberikan semangat dan kurang menarik peserta didik serta pengaplikasianya masih kurang tepat. Anak-anak masih terlalu monoton dan kurang semangat dalam mengikiti pembelajaran.
3. Secara keseluruhan vidio kegiatan mengajar oleh ibu guru, saya dapat mengabik kesimpulan bahwa ibu guru memiliki kelebih dapam menguasai suasana ruangkelas dan mengajak anak- anak untuk tetap fokus dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
4. Dari hasil pengamatan saya, saya berterimakasi kepada ibu guru yang ada di vidio tersebut, dari vidio tersebut saya mendapat tambahan ilmu cara mengajar dan memaparkan materi serta menguasai suasan ruang kelas, namau alangkah baiknya lagi ibu guru tidak terlalu seriu dan memberika semangat dengan membuat tepuk semangat agar anak- anak tidak terlalu jenuh dalam belajar dan bisa menggunakan median yang lebih menarik lagi.
Nama : Ima Resmawati
NIM : 857529268
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Pokjar : Katapang
Tanggapan saya,
Secara keseluruhan, siswa dapat menyimak dengan cukup baik yang ditunjukkan dengan respon siswa dalam menjawab semua pertanyaan guru. Di sisi lain, guru menggunakan media pembelajaran yang disukai siswa atau sudah mereka kenal. Siswa ikut berpartisipasi dengan aktif dalam proses pembelajarannya. Namun, sepertinya guru belum menyampaikan tujuan dari pembelajaran hari itu. Salah satu upaya dlam rangka memberikan pemahaman yang lebih baik adalah dengan memberikan penjelasan atau alasan dari materi pelajaran yang disampaikan dan memberikan siswa kesempatan untuk mencari benda sendiri yang mereka sukai dan mendeskripsikannya.
Terima kasih
Terima kasih
Nama : Debbi Pransiska
NIM : 856811449
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bengkulu
Pokjar : Curup
Dari video pembelajaran diatas yang berjudul mendeskripsikan benda secara tepat menurut saya sudah cukup baik karena guru mengaitkan materi dengan benda-benda konkret/real sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi tentang mendeskripsikan suatu benda, selain itu kelebihan dalam video tersebut adalah interaksi antar guru dan siswa berjalan baik sehingga kelas tersebut tidak vakuum, alhamdulillah setelah menyimak video tersebut dapat menambah wawasan saya bahawa dengan mengaitkan pelajaran dengan benda real/konkret lebih memudahkan siswa dalam memahami pelajaran,namun terdapat beberapa kelemahan dalam video tersebut yaitu kelas tidak dibuka dengan berdo’a, selain itu menurut saya sebaiknya guru membuka kelas dengan nyanyian/ice breaking yang menarik mengingat yang diajar adalah siswa kelas rendah agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan bagi siswa, dalam video tersebut sebelum pelajaran berakhir nampak siswa mulai tidak fokus dan sibuk sendiri serta tidak ada nya kesimpulan akhir sebelum mengakhiri pembelajaran. Dengan kelemahan-kelemahan ini juga saya dapat belajar dan tidak mengulangi hal yang sama ketika berada di dalam kelas nantinya.
Pendapat saya setelah video ini, guru dalam mengajar rendah sudah cukup bagus, dapat dilihat dari kegiatan pembukaan guru sudah menyapa siswanya dengan ramah dan seluruh siswa sudah memjawab salam dengan antusias. Guru melibatkan siswa untuk meminta siswanya maju ke depan kelas untuk menyampaikan pendapatnya sehingga hal tersebut dapat menambah kepercayaan diri siswa dalam belajar berpendapat. Guru dalam menjelaskan materi menggunakan contoh nyata atau benda – benda konkrit yang ada di sekitar siswanya dalam menjelaskan materi, sehingga membuat sisiwa mudah untuk memahami yang disampaikan guru.
Namun, diawal pembelajaran guru kurang menghubungkan mata pelajaran dengan kehidupan nyata siswa sebelum masuk materi, dan guru kurang memberikan apresiasi ke siswanya sebagai bentuk reward seperti pujian atau tepuk tangan ketika siswanya maju ke depan kelas
Sebaiknya sebelum materi pembelajaran dimulai guru memberikan pertanyaan pemantik untuk memancing siswa untuk menebak materi pembelajaran hari ini dan selalu memberikan apresiasi kepada setiap siswa yang berani maju kedepan dengan memberikan tepuk tangan dan pujian untuk memberikan motivasi kepada setiap sisiwa dikelas.
Nama : Fitri Nur Khaeri
NIM : 858317312
Pendapat saya setelah video ini, guru dalam mengajar rendah sudah cukup bagus, dapat dilihat dari kegiatan pembukaan guru sudah menyapa siswanya dengan ramah dan seluruh siswa sudah memjawab salam dengan antusias. Guru melibatkan siswa untuk meminta siswanya maju ke depan kelas untuk menyampaikan pendapatnya sehingga hal tersebut dapat menambah kepercayaan diri siswa dalam belajar berpendapat. Guru dalam menjelaskan materi menggunakan contoh nyata atau benda – benda konkrit yang ada di sekitar siswanya dalam menjelaskan materi, sehingga membuat sisiwa mudah untuk memahami yang disampaikan guru.
Namun, diawal pembelajaran guru kurang menghubungkan mata pelajaran dengan kehidupan nyata siswa sebelum masuk materi, dan guru kurang memberikan apresiasi ke siswanya sebagai bentuk reward seperti pujian atau tepuk tangan ketika siswanya maju ke depan kelas
Sebaiknya sebelum materi pembelajaran dimulai guru memberikan pertanyaan pemantik untuk memancing siswa untuk menebak materi pembelajaran hari ini dan selalu memberikan apresiasi kepada setiap siswa yang berani maju kedepan dengan memberikan tepuk tangan dan pujian untuk memberikan motivasi kepada setiap sisiwa dikelas.
Nama : Debbi Pransiska
NIM : 856811449
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bengkulu
Pokjar : Curup
Dari video pembelajaran diatas yang berjudul mendeskripsikan benda secara tepat menurut saya sudah cukup baik karena guru mengaitkan materi dengan benda-benda konkret/real sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi tentang mendeskripsikan suatu benda, selain itu kelebihan dalam video tersebut adalah interaksi antar guru dan siswa berjalan baik sehingga kelas tersebut tidak vakuum, alhamdulillah setelah menyimak video tersebut dapat menambah wawasan saya bahawa dengan mengaitkan pelajaran dengan benda real/konkret lebih memudahkan siswa dalam memahami pelajaran,namun terdapat beberapa kelemahan dalam video tersebut yaitu kelas tidak dibuka dengan berdo’a, selain itu menurut saya sebaiknya guru membuka kelas dengan nyanyian/ice breaking yang menarik mengingat yang diajar adalah siswa kelas rendah agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan bagi siswa, dalam video tersebut sebelum pelajaran berakhir nampak siswa mulai tidak fokus dan sibuk sendiri serta tidak ada nya kesimpulan akhir sebelum mengakhiri pembelajaran. Dengan kelemahan-kelemahan ini juga saya dapat belajar dan tidak mengulangi hal yang sama ketika berada di dalam kelas nantinya.
Nama : Masriani
Prodi : PGSD
UPBJJ : Majene
Saya sangat mengapresiasi pendekatan guru SD dalam mengajar pelajaran mendeskripsikan benda secara tepat. Guru tersebut memperlihatkan keahlian yang luar biasa dalam mengaitkan konsep abstrak dengan realitas sehari-hari, sehingga memudahkan pemahaman siswa. Dengan menggunakan contoh yang relevan dan menghidupkan materi dengan cerita-cerita yang menarik, guru tersebut berhasil membangun minat siswa terhadap pelajaran dan memotivasi mereka. Selain itu, guru juga memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk berlatih dan menerapkan keterampilan mendeskripsikan benda secara tepat melalui berbagai aktivitas kreatif dan interaktif. Ini membantu siswa untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengobservasi, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan deskripsi dengan jelas dan akurat. Dengan demikian, pendekatan yang digunakan oleh guru SD dalam mengajar pelajaran ini tidak hanya memperkuat pemahaman konsep, tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan ekspresi siswa secara keseluruhan.
Terima Kasih.
Nama : Ratna Purnamasari
NIM : 857630551
Ijin menanggapi vidio pembelajaran di atas.
Menurut saya dalam proses pembelajaran guru sudah bagus. Pada awal kegiatan sudah dibuka dengan salam. Pada kegiatan inti guru mejelaskan konsep dengan contoh benda konkret dan melakukan tanya jawab. Kemudian guru juga memberikan latihan atau tugas secara individu dan kelompok sehingga melatih anak untuk bekerja sama. Pada kegiatan penutup guru mengucapkan salam.
Setelah saya melihat vidio tersebut saya berharap saya bisa menjadi seorang guru yang terampil dalam mengelola kelas, sehingga dalam proses pembelajaran anak tidak bosan dan dapat menguasai materi sehingga tujuan pembelajran tercapai dengan baik.
Terimakasih