silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Putri Astuti Telaumbanua
NIM : 855853547
Dari pengamatan saya pada video pembelajaran di atas yaitu :
1. Reaksi siswa antusias dan cukup bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tentang tentang mengenal benda-benda dan mendeskripsikannya.
2. Dari video tersebut ada beberapa kelemahan guru yaitu, baiknya dalam mengawali pembelajaran siswa dan guru berdoa. Guru juga tidak melakukan ice breaking atau bernyanyi yang tujuannya untuk menumbuhkan semangat para siswa dalam mengikuti pembelajaran. Terlihat dalam video tersebut pengajaran guru monoton dan terlihat kurang bersemangat. Kelemahan lainnya yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru.
3. Ada juga kelebihan dari guru tersebut yaitu seperti mengenalkan nama benda-benda serta menjelaskan deskripsinya dengan kata-kata yang mudah dimengerti oleh siswa. Benda-benda yang dideskripsikan oleh guru juga benda-benda yang ada di sekitar sehingga para siswa lebih mudah mengerti dan memahami penjelasan dari guru tersebut.
Dari video pembelajaran di atas sebaiknya guru melakukan ice breaking untuk memacu semangat siswa. Guru juga harus memiliki ekspresi yang bersemangat dan lebih murah senyum agar pembelajaran tidak monoton. Siswa harus lebih banyak dilibatkan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru.
Nama : Gatot Prabowo
NIM : 858828233
Pokjar : Musi
Video pembelajaran yang baik, sehingga siswa dapat mengenal visualisasi bangun geometri melalui benda-benda yang di sekitar siswa, dan mendeskripsikan benda-benda tersebut.
Dwi Martina Anggraini
858920922
a. Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat antusias dan bersemangat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
b. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
1. Guru tidak memberikan salam diakhir pembelajaran
2. Guru terlihat kurang bersemangat saat mengajar
3. Guru tidak melakukan ice breaking untuk menambah semangat belajar anak
4. Guru tidak melakukan doa penutup saat pembelajaran berakhir
c. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
1. Guru menggunakan banyak media pembelajaran seperti kursi, buku, bola, kotak pensil dan penghapus papan sebagai bahan untuk mendeskripsikan suatu
benda.
2. Guru mendeskripsikan benda dengan jelas sehingga anak-anak bisa memahaminya
3. Murid merespon penjelasan guru dengan baik
4. Siswa tampak antusias untuk menjawab pertanyaan
d. Hal unik guru saat pembelajaran:
Guru menggunakan banyak media pembelajaran seperti kursi, buku, bola, kotak pensil dan penghapus papan sebagai bahan untuk mendeskripsikan suatu
benda sehingga mudah dipahami oleh siswa dan tidak membosankan selama pelajaran berlangsung.
e. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran:
Melakukan kekurangan yang telah disebutkan diatas, supaya kegiatan pembelajaran lebih berjalan dengan baik.
Nama : Nurmadina Rajab
NIM : 859501615
Berdasarkan video diatas, menambah wawasan kita sebagai guru pentingnya pembelajaran mendeskripsikan benda dengan baik dan benar. Tetapi di dalam video tersebut, guru masih kurang dalam menguasaan kelas yang terlihat masih ada peserta didik yang kurang memperhatikan malah lebih asik dengan permainan mereka sendiri. Selain itu, guru tersebut juga tidak menunjukkan rasa semangat dalam proses belajar-mengajarnya sehingga ini secara tidak langsung membuat peserta didik tidak semangat juga. Serta, penjelasan materi masih kurang dapat dilihat dari guru tersebut menyebutkan bahwa kotak kapur itu berbentuk persegi panjang tetapi seharusnya balok karena kotak kapur tersebut merupakan bangun ruang bukan bangun datar, yang dapat menyebabkan miskonsepsi terhadap anak akan perbedaaan bangun datar dan bangun ruang.
Nama : NURMADINA RAJAB
NIM :859501615
UPBJJ : MAJENE
Berdasarkan video diatas, menambah wawasan kita sebagai guru pentingnya pembelajaran mendeskripsikan benda dengan baik dan benar. Tetapi di dalam video tersebut, guru masih kurang dalam menguasaan kelas yang terlihat masih ada peserta didik yang kurang memperhatikan malah lebih asik dengan permainan mereka sendiri. Selain itu, guru tersebut juga tidak menunjukkan rasa semangat dalam proses belajar-mengajarnya sehingga ini secara tidak langsung membuat peserta didik tidak semangat juga. Serta, penjelasan materi masih kurang dapat dilihat dari guru tersebut menyebutkan bahwa kotak kapur itu berbentuk persegi panjang tetapi seharusnya balok karena kotak kapur tersebut merupakan bangun ruang bukan bangun datar, yang dapat menyebabkan miskonsepsi terhadap anak akan perbedaaan bangun datar dan bangun ruang.
Nama : INTAN DELIMA BR. PURBA
NIM : 856026255
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan, menurut saya ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari cara mengajar guru tersebut.
Adapun kelebihannya yaitu:
a. Guru menggunakan media berupa alat peraga
b. Sebagian besar siswa aktif dalam pembelajaran
c. Beberapa siswa dapat mendesak benda yang ada di kelas
d. Guru menjelaskan materi dengan bahasa yang sederhana sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran
e. Berlangsungnya tanya jawab antara guru dan siswa
Kelemahan dari video pembelajaran yang dilakukan yaitu:
a. Kelas kurang kondusif
b. Guru tidak melakukan awal pembelajaran dengan baik
c. Masih ada siswa yang tidak fokus mendengarkan penjelasan dari guru
d. Guru tidak melakukan evaluasi dan tindak lanjut untuk benar-benar memahamkan materi kepada siswa
e. Guru tidak melakukan akhir pembelajaran dengan baik
Nama : KHORUL HIDAYAH
NIM : 858829242
Dari pengamatan saya pada video pembelajaran di atas yaitu :
1. Reaksi siswa antusias dan cukup bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tentang tentang mengenal benda-benda dan mendeskripsikannya.
2. Dari video tersebut ada beberapa kelemahan guru yaitu, baiknya guru mengajak siswa untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing.
3. Ada juga kelebihan dari guru tersebut yaitu seperti mengenalkan nama benda-benda serta menjelaskan deskripsinya dengan kata-kata yang mudah dimengerti oleh siswa. Benda-benda yang dideskripsikan oleh guru juga benda-benda yang ada di sekitar sehingga para siswa lebih mudah mengerti dan memahami penjelasan dari guru tersebut.
Dari video pembelajaran di atas guru juga harus memiliki ekspresi yang bersemangat dan lebih murah senyum agar pembelajaran tidak monoton. Siswa harus lebih banyak dilibatkan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru.
Nama : KHORUL HIDAYAH
NIM : 858829242
Dari pengamatan saya pada video pembelajaran di atas yaitu :
1. Reaksi siswa antusias dan cukup bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tentang tentang mengenal benda-benda dan mendeskripsikannya.
2. Dari video tersebut ada beberapa kelemahan guru yaitu, baiknya guru mengajak siswa untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing.
3. Ada juga kelebihan dari guru tersebut yaitu seperti mengenalkan nama benda-benda serta menjelaskan deskripsinya dengan kata-kata yang mudah dimengerti oleh siswa. Benda-benda yang dideskripsikan oleh guru juga benda-benda yang ada di sekitar sehingga para siswa lebih mudah mengerti dan memahami penjelasan dari guru tersebut.
Dari video pembelajaran di atas guru juga harus memiliki ekspresi yang bersemangat dan lebih murah senyum agar pembelajaran tidak monoton. Siswa harus lebih banyak dilibatkan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru.
Nama Meri Agustin/Nim 856991466/Pokjar Sidomulyo
Menurut sya dari pengamatan saya pada video pembelajaran di atas yaitu : guru menjelaskan kepada siswa cukup baik, guru juga melakukan tanya jawab kepada siswa agar menarik fokus siswa,Siswa bersemangat dalam mendeskripsikan benda-benda disekitar, walaupun sebagian ada siswa yang tidak memperhatikan.Akan tetapi ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan oleh guru sehingga kurang maksimalnya kegiatan belajar mengajar seperti tidak melakukan kegiatan berdo’a sebelum mulai belajar dan sesudah selesai mengajar atau waktu pulang, dan kurang adanya interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung.
NAMA:Ria indah pratiwi
Nim: 856863146
Setelah melihat video diatas menurut saya reaksi anak- anak sangat antusias dalam melakukan proses pembelajaran.
-kelemahan
Guru tidak melakukan sesi berdoa
Guru terlihat kurang ekspresif
-kelebihan
Bisa membuat suasana yg menyenangkan sehingga siswa antusias dalam mengikuti proses belajar.
Banyak media yg digunakan dan cara deskripsi yg jelas membuat siswa mudah memahami.
– hal unik
Guru banyak menggunakan media sehingga proses belajar tidak membosankan.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mungkin guru dapat memberi waktu untuk sesi berdoa sehingga akan menumbuhkan sikap religius pada siswa.
Lebih ekspresif lagi.