silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
NAMA : MESKAN
NIM 877793781
POKJAR : SIDOMULYO
MATKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Menurut saya, pada vidio tersebut, materi yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik, dari penyampaian dan penjelasannya sudah cukup jelas dan siswa siswa mudah memahami materinya.
Guru menggunakan contoh benda-benda yang ada disekitar dan meangaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mudah memahaminya.
Kelemahan :
Guru tidak menerapkan kegiatan berdoa pada awal pembelajaran
Guru tidak membacakan tujuan dari pembelajaran
Guru tidak memberikan sesi tanya jawab
NAMA : RANTI
NIM : 857006754
POKJAR : BARADATU
MATKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
Video yang saya analisis ini membahas mengenai “MATEMATIKA KELAS 1 SD MENDISKRIPSIKAN BENDA-BENDA SECARA TEPAT”. Didalam video ini terdapat kelebihan dan kekurangan. menurut saya kelebihannya ialah, dalam penyampaian materi guru menggunakan benda-benda disekitar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahaminya. sedangkan kekurangan dalam video ini yaitu pada saat awal pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, guru juga tidak melakukan absensi, guru tidak melakukan apersepsi, sebagai salah satu pembuka dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yang mana kegiatan apersepsi ini bertujuan untuk mengulang dan mengingat memori siswa mengenai pembelajaran pada pertemuan sebelumnya, dia akhir video juga tidak ada kesimpulan dari pembelajaran tersebut.
Nama : Anna Riana Sipayung
NIP : 856086426
UPBJJ-UT Batam
Pada Video “Mendeskripsikan Benda Secara Tepat” yang telah saya tonton beberapa tanggapan saya yaitu pada kegiatan awal sebaiknya dilakukan penyampaian tujuan pembelajaran yang akan disampaikan, berikan pertanyaan pematik guna mengetahui pemahaman awal peserta didik akan materi yang akan disampaikan. Guru sudah benar menggunakan benda kongkrit dalam menyampaikan materi pembelajaran dan benda-benda disekitar yang mudah di dtemukan karena itu penting bagi peserta didik kelas bawah. Akan lebih menyenagkan bagi peserta didik jika kita sebagai guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas menunjukan sikap yang menyenagkan dan membuat peserta didik bahagia dengan joks atau ice breaking walau apapun keadaannya. Interaksi guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik yang lainnya juga perlu di lakukan agar proses pembelajaran akan lebih menyenagkan sehingga peserta didik memiliki rasa semangat pada pembelajaran yang akan datang.
Nama : Nony Arini
Nim : 859890689
berdasarkan video diatas, guru tampaknya sudah menguasai materi yang diajarkan, dan menambahkan contoh konkret dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar yang akan di bahas, siswa juga diajak untuk aktif dalam pelajaran, sedikit tambahan alangkah lebih baik jika dari setiap kelompok menjelaskan masing-masing juga benda yang mereka bawa sendiri.
Baik izin menanggapi vidio di atas sebenarnya udah mantap tapi perlu di perbaiki karena pertama awal pembelajaran itu harus di awali dengan doa dan pengecekan kehadiran siswa, yang bertujuan untuk membiasakan siswa taat bersyukur dan tidak lalai di sekolah, setelah itu harus mengawasi siswa di setiap pembelajaran misalnya berkeliling kelas, dan menanyakan setiap kesulitan yang di hadapi oleh siswa
Nama : Prastika Resti Ayu Anggraini
Nim : 858571809
Pokjar : kab. Kediri
Semester/Kelas : 8/b
Pada video tersebut sudah bagus dalam penyampaian materi,akan tetapi masih ada beberapa kekurangan yaitu :
1. Guru hanya memberi sapaan dan tidak ada kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
2. Tidak ada penjelasan pengertian benda sebelum mendeskripsikan suatu benda
3. Guru berfokus hanya didepan kelas, tidak berkeliling
4. Tidak ada kesimpulan pada akhir pembelajaran
Adapun kelebihannya yaitu :
Pembelajaran cukup jelas karena ada media sebagai alat peraga untuk menjelaskan suatu benda secara langsung, ada sesi tanya jawab sehingga siswa tertarik maju kedepan kelas.
Hal yang dapat diperbaiki :
Guru dapat memulai/menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa, dan memberi gambaran materi yang akan disampaikan, dan memberikan kesimpulan pada akhir pembelajaran. Guru mencoba berkeliling di kelas untuk berinteraksi dengan siswa yang lain. Guru dapat bertanya pada siswa yang belum memahami materi dan bisa mengajarkan ulang penjelasannya.
assalamualaikum wr.wb ijin menangapai vidio tersebut menurut saya sendiri dalam penyampaian vidio sudah sangatlah bagus akan tetapi ada kekurangan dalam di awal pembelajaran dimana guru masuk belum melakukan berdoa bersama setelah itu apsensi juga belum ada, perlu adanya kebiasaan kebiasaan yang baik sehingga menumbuhkan pola pikir anak yang baik, dan rasa semangat terhadapat yang di pelajari, diawal pembelajran tidaklah langsung dengan materi kita bisa melakukan tepuk, atau mecam kegiatan yang membuat anak menjadi semangat dalam belajar.
NAMA : ERNI SITI NURJANAH
NIM : 860025136
a.Judul Video : Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
b.Sumber : Seri Pembelajaran SD – Guru Pintar Online
a)Ringkasan Video Pembelajaran
Dalam Video tersebut proses pembelajarannya menggunakan media berupa Kursi, bola dan kotak kapur yang di deskripsikan dengan kegunaannya, dan guru memberikan tugas yang ada didalam kertas yang sudah guru gambar benda-benda untuk anak-anak jawab apa kegunaan barang yang ada pada lembar tugas yang guru berikan.
b)Kelemahan dari Video Pembelajaran
Dari pengamatan saya kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut
-Kurang maksimalnya penggunaan Media,bisa menggunakan media berupa pensil, dan menjelaskan apa kegunaanya, dan masih banyak media di kelas yang bisa dijadikan contoh dengan menjelaskan kegunaannya.
c)kelebihan dari Video Pembelajaran
Dari pengamatan saya kelebihan guru tersebut
-Dari awal pembelajaran sampai penutup guru sangat baik menggunakan tata Bahasa sopan santun kepada siswa.
d)Hal yang unik yang terdapat dalam pembelajaran video
Dari pengamatan saya hal yang unik terdapat dari video tersebut dari awal pembelajaran dimulai sampai penutup siswa yang pada awal nya kurang semangat belajar dan dengan guru memberi Solusi cara metode yang lain dalam pembelajaran siswa menjadi semangat dan aktif sehingga pembelajaran menjadi efektif dan baik.
Nama : Laura Pero Ika Br Sitohang
Nim : 859870551
Dalam video tersebut, guru sudah cukup baik dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas, tepat dan tegas, serta guru tersebut menyampaikan atau mendeskripsikan materi pembelajaran dengan benda konkret yang ada di kelas dan dan melakukan interaksi tanya jawab atau komunikasi 2 arah sehingga siswa nya fokus dan aktif dalam pembelajaran dan juga paham akan materi yang di sampaikan . akan tetapi ada beberapa kekurangan yang dilakukan guru yang ada dalam video tersebut, seperti :
a. guru tanpa memulai pelajaran dikelas tanpa apersepsi seperti berdoa sebelum memulai pelajaran atau melakukan cek kehadiran.
b. guru tidak memberikan reward atau pujian pada saat salah satu siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru.
c. Guru tidak melakukan penguatan atau memberikan kesimpulan materi pembelajaran.
d. Guru tampak mengakhiri pembelajaran di kelas tanpa berdoa terlebih dahulu.
Dalam video tersebut, guru sudah cukup baik dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas, tepat dan tegas, serta guru tersebut menyampaikan atau mendeskripsikan materi pembelajaran dengan benda konkret yang ada di kelas dan dan melakukan interaksi tanya jawab atau komunikasi 2 arah sehingga siswa nya fokus dan aktif dalam pembelajaran dan juga paham akan materi yang di sampaikan . akan tetapi ada beberapa kekurangan yang dilakukan guru yang ada dalam video tersebut, seperti :
a. guru tanpa memulai pelajaran dikelas tanpa apersepsi seperti berdoa sebelum memulai pelajaran atau melakukan cek kehadiran.
b. guru tidak memberikan reward atau pujian pada saat salah satu siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru.
c. Guru tidak melakukan penguatan atau memberikan kesimpulan materi pembelajaran.
d. Guru tampak mengakhiri pembelajaran di kelas tanpa berdoa terlebih dahulu.