silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Proses belajar mengajar sudah sangat baik namun guru hanya fokus menyampaikan isi materi saja dan fokus terhadap anak yg ikut serta dalam proses tanya jawab kurang memperhatikan keadaan kelas, terutama anak” yg dibelakang saya lihat masih banyak anak yg hanya melihat saja tanpa ada feedback atau respon terhadap apa yy disampaikan guru. Dan juga pada saat memulai pelajaran guru langsung menyampaikan materi melupakan pendahuluan seperti menyapa anak mengucapkan salam menanyakan kabar anak absensi dan kemudian berdoa begitu juga pada saat pulang tidak adanya doa sebelum pulang
Nama. : Nor Selawati
Nim : 858288949
Program studi : PGSD S1
UPBJJ : Banjarmasin
Menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar terkait pengenalan nama nama benda yang ada di dalam kelas sudah cukup baik mulai dari pembukaan, penyampaian dan penutup.
Kelebihan yang saya amati.
-Guru sudah sangat baik dalam kegiatan awal pembukaan dan murid merespon sangat bagus untuk memulai pembelajaran.
-Guru memberikan contoh benda nyata yang ada di dalam kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda.
-Guru meminta murid maju untuk mendeskripsikan 1 contoh pengenalan benda.
Kelemahannya
Pembelajaran tidak di awali dengan salam dan berdoa sebelum memulai pembelajaran serta di akhir pembelajaran tidak ada kesimpulan materi yang barusan dibahas.
Upaya yang dapat dilakukan dalam menunjang pembelajaran agar lebih baik lagi yaitu.
-Guru harus memperhatikan di awal pijakan pembelajaran mulai dari salam, menyapa siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan melakukan gerakan refleksi untuk membangun konsentrasi dan semangat siswa.
-Guru harus memberi apresiasi pada setiap siswa yang telah berani aktif tampil
-Guru harus mengevaluasi pembelajaran dan memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
Nama : titik rahayu
Nim : 858778382
Prodi : pgsd s1
Menurut saya guru telah menjelaskan tentang mendiskripsikan benda secara baik seperti kursi, kertas dan lain lain. Dengan menggunakan media yang ada dilingkungan sekitar sekolah. Siswa akan lebih mudah memahami . Sebaiknya siswa di adakan belajar secara kelompok untuk berdiskusi sehingga anak anak akan lebih kreatif lagi. Setelah siswa maju kedepan , guru tidak memberi apresiasi atau pujian untuk siswa yang sudah berani aktif maju kedepan agar memotivasi yang lain agar ikut aktif juga.
Nama : Milka Septiani
NIM : 856075842
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK 4209
Program Studi : PGSD-S1
UPBJJ : Batam
menurut saya, reaksi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di video ini ialah peserta didik banyak yang cuek, yang berada di belakang banyak tidak memperhatikan guru, peserta didik sibuk dengan teman semejanya dan benda-benda yang ada di atas mejanya, peserta didik masih banyak yang pasif dalam proses pembelajaran dikelas.
kelebihan guru yang saya pehatikan dari video pembelajaran ini, guru tersebut mampu memberi penjelasan deskripsi ciri-ciri benda kepada peserta didik dengan menggunakan benda-benda yang berada di sekitar peserta didik.
secara keseluruhan menurut saya, kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di video ialah guru terpaku pada satu titik, tidak melakukan pendekatan secara maksimal di dalam kelas, sehingga peserta didik tidak benar-benar memperhatikan guru saat menjelaskan materi di depan. guru juga tidak mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran,sehingga hanya murid-murid yang mau berbicara saja yang aktif dikelas, yang lainnya menjadi siswa yang pasif di kelas.
hal unik yang saya temukan dalam video tersebut ialah peserta didik bisa memahami ciri-ciri benda padahal pada saat guru menjelaskan mereka terkesan tidak memperhatikan, sibuk sendiri dengan benda-benda yang ada di atas mejanya.
masukkan dari saya, kedepannya guru saat menjelaskan jangan berada di satu titik, guru hampiri peserta didik yang tidak memperhatikan diajak untuk melihat penjelasan guru. jika guru mendeskripsikan benda yang ada di sekitar peserta didik, minta peserta didik tesebut juga pegang dan mengulangi ciri-ciri benda yang sudah disebut gurunya.
contoh ibu guru mau mendeskripsikan tentang buku, guru minta anak-anak juga pegang buku mereka,supaya mereka tahu dengan jelas ciri-ciri buku dan dengan mereka ikut langsung dalam mendeskripsikan ciri-ciri benda tersebut, maka mereka akan lebih paham, ingat materi pembelajaran itu. hal ini juga salah satu cara mengurangi potensi anak-anak untuk bermain dikelas.
demikian tanggapan saya, terhadap video pembelajaran ini, terima kasih.
Menurut pengamatan saya pada video pempelajaran Matematika judul “ Mendeskripsikan Benda Secara Tepat ” Secara proses belajar mengajar sudah sangat baik, namun pendidik terlalu fokus pada penyampaikan isi materi dan juga hanya fokus terhadap anak yang aktif dalam proses tanya jawab.Pendidik kurang memperhatikan keadaan atau situasi kelas, terutama anak” yang berada dibarisan dibelakang masih banyak anak yg hanya melihat saja tanpa ada respon terhadap apa yang disampaikan pendidik. Dan juga pada saat awal memulai pembelajaran pendidik langsung menyampaikan materi pembelajaran tidak mengawali dengan salam, menyapa peserta didik, tidak menanyakan kabar peserta didik, absensi kehadiran, sakit atau izin dan kemudian berdoa begitu juga pada saat pulang tidak ada doa sebelum pulang dan hafalan atau edukasi maupun dukungan kepada peserta didik dan pesan-pesan.
Nama : NUR ALIMA SARI DONGORAN
NIM : 856046192
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK4209
Program Studi : PGSD – S1
UPBJJ/Pokjar : UT Sumatera Utara/Medan
Menurut pengamatan saya pada video pempelajaran Matematika judul “ Mendeskripsikan Benda Secara Tepat ” Secara proses belajar mengajar sudah sangat baik, namun pendidik terlalu fokus pada penyampaikan isi materi dan juga hanya fokus terhadap anak yang aktif dalam proses tanya jawab.Pendidik kurang memperhatikan keadaan atau situasi kelas, terutama anak” yang berada dibarisan dibelakang masih banyak anak yg hanya melihat saja tanpa ada respon terhadap apa yang disampaikan pendidik. Dan juga pada saat awal memulai pembelajaran pendidik langsung menyampaikan materi pembelajaran tidak mengawali dengan salam, menyapa peserta didik, tidak menanyakan kabar peserta didik, absensi kehadiran, sakit atau izin dan kemudian berdoa begitu juga pada saat pulang tidak ada doa sebelum pulang dan hafalan atau edukasi maupun dukungan kepada peserta didik dan pesan-pesan.
Nama : Nurul Safitri
NIM : 856976148
POKJAR : KOTA AGUNG
Setelah saya amati proses pembelajaran yg dilakukan guru tersebut sangatlah menarik,kreatif dan inovatif. Guru mampu memanfaatkan benda benda disekitar untuk bahan praktik pembelajaran anak. Tetapi masih ada kekurangan guru dalam menguasai kelas yaitu disaat awal pembelajaran seharusnya ada pembukaan yg menarik atau ice breaking agar siswa siswa tidak bosan dan semangat memulai pelajaran.
Nama : Milen Widya Sari Waruwu
NIM : 856021152
Program Studi: SI-PGSD
Menurut pendapat saya kegiatan membuka pelajaran yang telah dilalukan oleh ibu tersebut sudah baik namun sebaiknya dalam memulai pelajaran guru/ tenaga pendidik harus menguasal keterampilan dalam mengajar salah satunya dengan mengarahkan siswa terlebih dahulu misanya dengan merapihkan atau meluruskan meja dan kursi mereka agar terlihat lebih baik dan divideo diatas saya melihat peserta didik masih belum sepenuhnya siap untuk mengikuti pelajaran karena disana-sini masih banyak yang ribut dan suka menganggu teman disebelahnya
selanjutnya saya melihat divideo tersebut materi yang telah disampaikan sudah baik dan jika kita melihat tanggapan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran antusias pembelajararan menarik, kreatif dan terampil .guru tersebut juga memberikan contoh yang konkretnyata dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar sebagai media pembelajaran sehingga membuat siswa siswa ingin tahu dan aktif dimateri in). siswa dapat mudah memahaminya dan mendeskripsikan benda disekitar Divideo ini juga guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju mendeskripkan benda tersebut. Disini guru menunjukan agar anak berani dan percaya diri ini sangat bagus dan menginspirasi guru lainnya
Demikian.
Nama : Milen Widya Sari Waruwu
NIM : 856021152
Program Studi: SI-PGSD
Menurut pendapat saya kegiatan membuka pelajaran yang telah dilalukan oleh ibu tersebut sudah baik namun sebaiknya dalam memulai pelajaran guru/ tenaga pendidik harus menguasal keterampilan dalam mengajar salah satunya dengan mengarahkan siswa terlebih dahulu misanya dengan merapihkan atau meluruskan meja dan kursi mereka agar terlihat lebih baik dan divideo diatas saya melihat peserta didik masih belum sepenuhnya siap untuk mengikuti pelajaran karena disana-sini masih banyak yang ribut dan suka menganggu teman disebelahnya selanjutnya saya melihat divideo tersebut materi yang telah disampaikan sudah baik dan jika kita melihat tanggapan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran antusias pembelajararan menarik, kreatif dan terampil .guru tersebut juga memberikan contoh yang konkretnyata dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar sebagai media pembelajaran sehingga membuat siswa siswa ingin tahu dan aktif dimateri in). siswa dapat mudah memahaminya dan mendeskripsikan benda disekitar Divideo ini juga guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju mendeskripkan benda tersebut. Disini guru menunjukan agar anak berani dan percaya diri ini sangat bagus dan menginspirasi guru lainnya
Demikian.
Nama : Wiwid Dwi Holila
Nim : 856458482
Prodi : PGSD
Menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar tersebut terkait pengenalan nama nama benda yang ada di lingkungan sekitar sudah cukup baik mulai dari pembukaan, penyampaian dan penutup.
Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
a. Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran.
b. Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama.
c. Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut .
d. Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar semua murid dikelas diajarkan untuk aktif.
Ada hal yang kurang, Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi sehingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan .