silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. Nama : Siti Uswatun Hasanah
    Nim : 858740163
    Prodi : PGSD – BI

    Menurut pengamatan saya setelah menonton video pembelajaran terkait materi pendeskripsian benda yang ada di lingkungan sekitar sudah berjalan cukup baik. Namun ada beberapa kegiatan yang belum muncul dalam pembelajaran ini. Dan pembelajaran masih sering berpusat pada guru (teacher centered) sehingga keaktifan siswa kurang terbentuk secara menyeluruh karena sebagian siswa masih ada yang tidak fokus memperhatikan.
    Menurut saya ada beberapa kegiatan yang belum muncul atau belum dilakukan dalam video ini yaitu :
    1. Pada awal pembelajaran belum dimulai do’a dan guru
    belum memberikan sapaan, motivasi dan mengecek
    kehadiran siswa
    2. Guru belum memberikan apersepsi pada awal
    pembelajaran
    3. Tujuan pembelajaran belum tersampaikan
    4. Pengelolaan kelas kurang maksimal karena sebagian siswa
    yang duduk di belakang masih ramai dan belum
    memperhatikan
    5. Pada saat pengelompokkan belum disampaikan instruksi
    atau pengelolaan kelompok yang baik dari guru
    6. Pada kegiatan akhir guru belum memberikan kesimpulan
    dan refleksi pembelajaran

    Kegiatan yang sudah muncul atau sudah dilakukan dalam video ini yaitu :
    1. Guru memberi apresiasi/pujian kepada siswa
    2. Guru sudah memberi penugasan di akhir pembelajaran
    3. Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar
    kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri
    benda tersebut
    4. Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh
    pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar lebih aktif

  2. NAMA : SITI USWATUN HASANAH
    NIM : 858740163
    PRODI : PGSD-BI
    Nama : Siti Uswatun Hasanah
    Nim : 858740163
    Prodi : PGSD – BI

    Menurut pengamatan saya setelah menonton video pembelajaran terkait materi pendeskripsian benda yang ada di lingkungan sekitar sudah berjalan cukup baik. Namun ada beberapa kegiatan yang belum muncul dalam pembelajaran ini. Dan pembelajaran masih sering berpusat pada guru (teacher centered) sehingga keaktifan siswa dan keterlibatannya kurang terbentuk secara menyeluruh karena sebagian siswa masih ada yang tidak fokus memperhatikan.
    Menurut saya ada beberapa kegiatan yang belum muncul atau belum dilakukan dalam video ini yaitu :
    1. Pada awal pembelajaran belum dimulai do’a dan guru belum memberikan sapaan,
    motivasi dan mengecek kehadiran siswa
    2. Guru belum memberikan apersepsi pada awal pembelajaran
    3. Tujuan pembelajaran belum tersampaikan
    4. Belum ada pertanyaan pemantik terkait materi untuk memacu semangat siswa
    5. Pengelolaan ice breaking supaya kelas lebih hidup dan siswa lebih bersemangat belum dilakukan oleh guru
    6. Pengelolaan kelas kurang maksimal karena sebagian siswa yang duduk di belakang masih ramai dan belum memperhatikan
    7. Pada saat pengelompokkan belum disampaikan instruksi atau pengelolaan kelompok yang baik dari guru
    8. Pada kegiatan akhir guru belum memberikan kesimpulan dan refleksi pembelajaran.

    Kegiatan yang sudah muncul atau sudah dilakukan dalam video ini yaitu :
    1. Guru memberi apresiasi/pujian kepada siswa
    2. Guru sudah memberi penugasan di akhir pembelajaran
    3. Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    4. Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar lebih aktif

  3. Nama: RIDHO RAMADHANI
    NIM: 856020182
    Kelas: 6 A AKPMM
    Prodi: PGSD S1
    POKJAR: SALUT PERMATA LABURA

    Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya kelebihan dan kekurangan didalam video tersebut ialah:

    Kelebihan dari video tersebut ialah :
    1. Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka, hal ini dapat dilihat dari murid yang sangat bersemangat untuk memulai pembelajaran
    2. Guru membuat kelompok agar murid dapat saling diskusi dan bekerjasama dalam mengerjakan soal-soal
    3. Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    4. Guru meminta murid untuk maju menjelaskan dan mendeskripsikan ciri-ciri benda.

    Kekurangan dari video tersebut ialah :
    1. Pembukaan kurang dijabarkan secara luas seperti kehadiran, doa dll.
    2. Guru tidak memberikan pujian atau apresiasi untuk siswa yang sudah berani aktif maju kedepan.

  4. Bima Rizky Ismail
    858777398
    kelebihan
    1 guru tela mengunakan alat peraga
    2 guru memberikan apresiasi kepada siswa
    3 guru juga memberi penugasan
    kekurangan
    1 guru kurang menginformasiakan tujuan pelajaran
    2 guru langsung membentuk kelompok tanpa menjelaskan materi
    3 guru tidak memberikan kesempatan bertanya
    analisis
    dalam pembelajaran guru cukup bagus dalam pembelajaran Lalu pada saat memberikan tugas kepada siswa untuk mengisi deskripsi benda ada gambar.
    Alangkah baiknya siswa juga belajar mencari benda disekitar mereka yang bisa mereka deskripsikan, mungkin masing-masing siswa akan berbeda benda dan berbeda jawaban, disitu akan muncul keinnovatifan dan kreatifitas siswa dalam mendeskripsikan benda.

  5. Nama :Diah Wulan Sari
    Nim : 856028757
    Semester:6
    Pokjar : Asahan
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ-Ut: Medan

    Menurut pendapat saya berdasarkan video mendeskripsikan benda secara tepat ada beberapa hal yg belum diterapkan oleh guru dalam video tersebut seperti mengabsen siswa,berdoa dan mempersiapkan siswa untuk belajar materi karena terlihat beberapa siswa yang kurang fokus saat memulai pembelajaran.
    Akan tetapi guru dalam menyampaikan materi sudah cukup bagus beliau memilih benda nyata untuk dijadikan bahan ajar,dan siswa pun begitu antusias saat guru menjelaskan dan mereka juga merespon saat pembelajaran.dan guru juga memberikan umpan balik pada siswa nya mengenai materi

  6. Nama : Puspita Sari
    Nim : 856025017
    Program Studi : S1-PGSD
    Menurut saya setelah melihat video ini terdapat kelemahan dan kelebihan di dalamnya, sebagai berikut:
    Kelemahan: – Di awal penyampaian guru tidak memulai nya dengan berdoa dan mengecek kehadiran siswa, begitu juga di akhir pembelajaran guru tidak menutup nya dengan berdoa.
    Kelebihan: -Proses pembelajaran terlihat aktif ketika guru menggunakan bahasa yang sederhana yang di mengerti para siswa saat menjelaskan. -Terlihat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran dengan adanya media pembelajaran berupa benda-benda yang nyata. -Guru sudah baik dalam menggunakan media dengan memanfaatkan benda yang ada di ruang kelas yang sangat mendukung proses pembelajaran.
    Adapun saran saya : Pada saat memulai pembelajaran guru sebaiknya melakukan apresiasi dan motivasi kepada siswa agar suasana di dalam kelas lebih menyenangkan.
    Terima kasih.

  7. Nama : Lisa Ariani Sarumpaet
    NIM : 856031612
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : LABURA (Labuhanbatu Utara)

    Menurut pengamatan saya setelah melihat video tersebut video tentang “Mendeskripsikan Benda Secara Tepat” Dari video tersebut bisa saya berikan tanggapan bahwa materi pendeskripsian benda yang ada di lingkungan sekitar sudah berjalan cukup baik.
    Dari video tersebut sangat wajar untuk mengenalkan benda kepada anak karena ibu gurunya menggunakan benda itu secara nyata, jadi siswa bisa melihat benda nya secara langsung tidak hanya bayang bayang dipikirannya saja ibu juga sangat bagus mencontohkan benda nya dimulai dari benda benda yang ada di sekitar mereka. Interaksi guru dalam video ini sudah terlihat baik tetapi harus lebih ditingkatkan juga materi yang diberikan juga sudah jelas dan alat praktek nya pun sudah baik serta memberikan pertanyaan dan memberikan tugasnya dengan baik.

    Namun ada beberapa kekurangan dari video tersebut yaitu guru kurang dalam melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengabsen siswa dan berdo’a, serta guru juga lupa melakukan kegiatan penutupan.

  8. Nama : Akhmad Hafiludin
    NIM : 857724743
    Prodi : S1 PGSD

    Menurut pengamatan saya dalam video di atas cukup baik dalam penyampaian guru. dalam penyampaian materi pembelajaran beliau membuat kelompok belajar yang bertujuan untuk saling bekerjasama dengan temanya. Tetapi pada saat awal masuk, guru seharusnya tidak langsung mengarahkan pada materi pokok bahasan menurut saya. karena yang di hadapi adalah siswa SD kelas 1 maka pertama tama guru menanyakan siswanya yang tidak masuk atau kabar anak anak untuk membangun suasana yang menyenangkan dulu bagi mereka supaya semua siswa berkontrasi terhadap penyampaian materi selanjutnya. setelah penyampaian materi, guru membuat pertanyaan yang menjebak misalnya guru menunjukkan jam dinding berbentuk bundar tetapi guru membuat pertanyaan ” Apakah ini berbentuk Persegi ? ” dengan demikian guru bisa menilai anak didiknya siapa saja yang kurang berkonsentrasi atau memahami dalam penyampaian materi.
    demikian pendapat kami semoga tayangan di atas juga menginspirasi bagi kami.

  9. Nama : Aries Anderson
    NIM : 856075369
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : 13/Batam

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut pendapat saya, setelah saya menonton video tersebut diatas saya menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu :

    Kelebihan :
    1. Awal pembukaan guru tersebut cukup bagus dalam berinteraksi dengan siswa.
    2. Tataan tempat duduk dalam kelas menjadi beberapa orang dalam 1 kelompok bagus agar siswa dapat berinteraksi tidak hanya dengan guru namun juga dengan teman sebaya.
    3. Penggunaan alat bantu berupa barang yang ada di sekitar menjadikan anak didik mudah memahami materi yang disampaikan.
    4. Penjelasan materi jelas, bahasa yang digunakan mudah dipahami peserta didik.
    5. Melibatkan siswa untuk menjawab apa yang telah dijelaskan.

    Kekurangan :
    1. Diawal pembukaan masih kurang dengan do’a absen dan lain sebagainya.
    2. Tidak dijelaskan maksud dan tujuan pembelajaran di awal dan di akhir pembelajaran.

    Wassalamualaikum wr.wb

  10. Nama : Aries Anderson
    NIM : 856075369
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : 13/Batam

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut pendapat saya, setelah saya menonton video tersebut diatas saya menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu :

    Kelebihan :
    1. Awal pembukaan guru tersebut cukup bagus dalam berinteraksi dengan siswa.
    2. Tataan tempat duduk dalam kelas menjadi beberapa orang dalam 1 kelompok bagus agar siswa dapat berinteraksi tidak hanya dengan guru namun juga dengan teman sebaya.
    3. Penggunaan alat bantu berupa barang yang ada di sekitar menjadikan anak didik mudah memahami materi yang disampaikan.
    4. Penjelasan materi jelas, bahasa yang digunakan mudah dipahami peserta didik.
    5. Melibatkan siswa untuk menjawab apa yang telah dijelaskan.

    Kekurangan :
    1. Diawal pembukaan masih kurang dengan do’a absen dan lain sebagainya.
    2. Tidak dijelaskan maksud dan tujuan pembelajaran di awal dan di akhir pembelajaran.

    Wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply