silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Menurut pendapat saya Vidio pembelajaran tersebut sudah cukup baik. Karena guru Dan siswa sangat antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut, karena Kegiatan pembelajaran di awali dengan pembentukan kelompok dimana siswa di bagi menjadi beberapa kelompok dan guru melakukan interaksi dengan siswa untuk menyebutkan nama nama benda contohnya seperti kursi, buku, kertas dan lain -lain sehingga siswa siswa lebih memahami tentang benda benda tersebut. Namun masi ada kekurangan dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal dengan
mngadakan pengelolaan kelas
yaitu dgn me nertibkan siswa, Tidak mengucapkan salam, berdoa,
mengabsen,guru tersebut lnsung pada kegiatan inti.
Menurut pendapat saya tentang Vidio pembelajaran tersebut mata pelajaran matematika kelas 1 SD materi tentang mendeskripsikan benda secara tepat sudah cukup baik. Adapun kelebihan dan kekurangan dalam Vidio pembelajaran tersebut. : *Kelebihan yang saya amati guru menyampaikan materi disertai dengan respon siswa sehingga interaksi guru dan siswa sangat aktif karena guru memberikan contoh benda nyata yang ada di kelas seperti kursi, buku kertas sehingga siswa mudah memahaminya. * Kelemahan yang saya amati guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal dengan memberi salam, berdoa, mengabsen, guru tersebut lnsung msuk pada kegiatan inti. Saat akhir pembelajaran tidak ad kesimpulan materi. ” Saran saya , upaya yang dilakukan oleh guru tersebut untuk perbaikan yaitu guru harus memperhatikan dia Awal pijakan pembelajaran mulai dari salam ,menyapa siswa menyampaikan tujuan pembelajaran dan Melakukan gerakan refelksi untk membangun konsentrasi semangat siswa. Terimakasih.
Di video guru msh byk kekurangan dlm pembelajaran, gurunya tdk melakukan kegiatan awal sprti: mengabsen/ mngevek kehadiran siswa, tdk melakukan apersepsi. Guru lgsg kegiatan inti, dan ketika mmberikan tugas kpd siswa, guru tdk mmberikan penghargaan kpd siswa yg telah berani maju dan bercerita. Dan ketika penutup guru tdk mmberikan penguatan.
Nama : Patmawati
NIM : 856634033
Prodi : S-1 PGSD
Guru tidak memberikan apersepsi. Guru tidak melakukan refleksi .siswa kurang konsentrasi &tidak fokus menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.guru tidak memberikan reward kepada siswa.
Menurut pendapat saya pembelajarannya cukup interaktif, namun hanya diapersepsi awal saja guru kurang menanyakan absen, langsung kegiatan inti. Jadi, guru harusnya memberikan reward kepada siswa yang tampil Sehingga siswa akan lebih semangat dalam belajar.
nama : FITRI ARNOVA
nim : 859886585
pokjar : pargarutan – Tapsel
UPBJJ : Medan
Menurut saya pembelajaran nya yang dilakukan guru sudah sangat baik. Dimana guru sudah mengajak siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Guru mengajak siswa untuk menjelaskan atau mendeskripsikan benda benda yang ada dikelas.
Kelemahannya Guru tidak menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran untuk menulis materi apa yang diajarkan pada hari itu. Diawal pembelajaran guru masih kurang dalam hal pendahuluan. Seperti mengabsen siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran.Dan diakhir pembelajaran atau penutup guru tidak merangkum pembelajaran serta guru juga tidak memberikan kesempatan untuk siswa untuk bertanya.
NAMA : SYUWAYBATUL ASLAMIYAH
NIM : 857111737
PRODI : PGSD
Identifikasi Masalah
Pada kurikulum sekarang ini adalah perbaikan dari kurikulum sebelumnya, pada zaman ini guru bukan lagi sebagai senter utama dalam pembelajara, lebih menuntut siswa lebih aktif, dan lebih menekankan kepada Pendidikan karakter. Dari video yang sudah saya tonton tentang mendeskripsikan benda secara tepat, saya dapat melihat kekurang dan kelebihan dari video tersebut.
Kekurangan :
1. Dalam video tidak adanya kegiatan (pendahuluan/apersepsi) seperti salam pembuka, menyapa siswa, melakukan doa, melakukan “ ice breaking” guna membangun semangat siswa untuk menerima pembelajaran, dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan dari kegiatan belajar.
2. Pada video ini guru sangat sedikit memberikan contoh dari benda-benda nyata seharusnya guru memanfaatkan benda sekitar sebagai alat pembelajaran dan siswa akan lebih mudah mengerti.
3. Pada video ini pada saat diakhir pembelajaran guru tidak melakukan doa atau kegaitan mengasikkan berupa yel-yel guna memancing semangat siswa Kembali, dan sebaiknya guru dapat menayakan kepada siswa guna menilai seberapa memperhatikannya siswa selama pembelajaran berlangsung, dan memberikan kesimpulan dari pembelajaran hati itu.
Kelebihan:
1. Pada video ini guru sudah memberikan tambahan pembelajaran berupa mengulang Kembali setelah pembelajaran berlangsung.
2. Guru juga sudah memberikan kesempatan siswa untuk mencoba guna melatih keberanian siswa untuk tampil kedepan dan menilai sejauh mana siswa tersebut mengerti tentang pembelajaran yang sudah guru berikan.
3. Guru juga sudah menggunakan benda nyata sebagai contoh sehingga siswa dapat melihat secara langsung dan tidak membanyangkan gambar apa yang sedang dijelaskan dan siswa akan lebih mudah mengerti.
Analisis masalah
Dari analisis saya pada video yang sudah saya nonton dan penemuan kekurangan ( menurut saya ) :
1. Kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajan dan menyematkan TIK dalam penyampaian. Penggunaan TIK dalam menyampaikan pembelajaran memberikan keuntungan yang banyak bagi guru salah satunya kemudahan dalam menyampaikan dan mencari bahan ajar.
Kesimpulan:
Menurut saya, cara mengajar dari video ini membuat saya lebih mengerti bagaimana memacing siswa untuk lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan. Tetapi menutur saya pada video ini telah menciptakan kelas yang kondusif untuk menerima pembelajaran dan sudah menggunakan media nyata sehingga siswa lebih mengerti dan pada video ini adalah kelas rendah, kelas yang sangat masih dalam tahap bermain sehingga lebih baik pembelajaran di gabung dengan bermain dan guru dudah menerapkannya.
nama : ana restiana
nim : 856572457
pogkar : sarolangun
UPBJJ : UT JAMBI
Menurut saya pembelajaran yang telah dilakukan pada vidio tersebut sudah cukup dipahami, apalagi untuk anak anak karena mengenalkan benda dimulai dari lingkungan sekitar yaitu benda benda yang ada di kelas. Dan anak anak pun terlihat sangat antusias saat menyimak apa yang sedang diajarkan oleh guru. Tetapi dalam vidio tersebut guru kurang dalam membangun suasana bersama anak, kurang berinteraksi dengan anak anak.
Nama :FRAS SURYA DHARMA
Nim :856444681
Jurusan : PGSD
Ringkasan isi video di atas adalah guru menjelaskan tentang mendeskripsikan benda seperti kursi dari bentuk dan kegunaannya, kertas, bola, kotak kapur dari warna dan bentuknya. Kemudian guru memberikan kesempatan kepada salah satu siswa memberikan contoh mendiskripsikan benda. Setelah guru selesai melakukan pembelajaran, guru memberikan tugas mengamati nama-nama benda yang berada di kamar siswa masing-masing.
Kelebihan yang saya amati divideo tersebut ialah :
•Guru sudah bagus dalam kegiatan awal pembuka dan murid sangat antusias untuk memulai pembelajaran
•Guru membuat kelompok untuk murid untuk saling ber diskusi untuk kerja sama
Kekurangan yang saya amati di video tersebut ialah :
•Pembukaan yang kurang dijabarkan diawal dari kehadiran lanjut materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari hari tidak ada untuk keterkaitan sebelum masuk ke praktik pengenalan benda
nama : Aciyah
Nim : 857099693
prodi : s1 pgsd
menurut pendapat saya setelah melihat vidio pembelajaran tersebut siswa sangat antusis dalam mengikuti pembelajaran , metode yang digunakan sudah cukup baik dengan memberikan contoh-contoh benda disekitarnya hingga siswa bisa mampu mempahami materi pembelajaran gurunya pun cukup menguasai materi pembelajaran .
namun ada kekurangan dalam vidio pembelajran tersebut yaitu masih banyak siswa yang mengobrol dengan teman nya dan ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran , kurangnya interaksi antar siswa dan guru membuat siswa kurang memperhatikan pembelajaran.