silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Dian Wahyuni
Nim : 859782299
Dalam video ini kita dapat belajar beberapa cara menanamkan kejujuran pada anak usia PAUD melalui cerita moral:
1. Guru bisa memilih cerita yang mengangkat nilai-nilai kejujuran. Ceritakan kisah sederhana tentang anak yang jujur.
2. Melibatkan anak dalam cerita. Ajak anak untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya atau meminta pendapat anak tentang tindakan tokoh dalam cerita.
3. Mengajak anak mendiskusikan pesan moral dalam cerita. Setelah membacakan cerita, ajak anak untuk membahas apa yang dapat dipelajari dari tokoh dalam cerita, khususnya mengenai kejujuran.
4. Memberikan contoh nyata. Ceritakan pengalaman Anda atau orang-orang di sekitar anak yang menunjukkan kejujuran dan konsekuensinya.
5. Memberikan penguatan positif. Puji dan beri penghargaan ketika anak menunjukkan perilaku jujur, agar anak termotivasi untuk terus berlaku jujur.
Nama: Nurlaili Suhailah
Nim: 859524114
Penanaman tindakan kejujuran harus dilakukan sejak anak berusia dini salah satunya adalah melalui kegiatan bercerita. Metode tersebut sangat baik karna menanamkan sikap kejujuran sejak dini. Menanamkan sikap kejujuran pada anak usia dini merupakan investasi penting dalam pembentukan karakter mereka yang akan membawa dampak positif jangka panjang dalam kehidupan mereka.
Metode cerita seringkali kita gunakan dalam pembelajaran di PAUD, karena melalui cerita anak-anak akan lebih mudah menerima pembelajaran. Anak seringkali akan lebih mudah menerima pesan, membentuk karakter jujur sejak dini sangatlah penting. Selain itu melalui metode bercerita anak akan mengembangkan kemampuan bahasanya baik dalam menyimak, berbicara, berpendapat. anak juga akan terasah kemampuan kognitifnya dalam mengingat apa yang telah di dengarnya dan dilihatnya. Video menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui cerita moral ini merupakan suatu metode cerita yang sangat bermanfaat sekali.
assalamualaikum
nama;nabela maryama
nim ;858957555
upbjj;jember
vidio di atas cukup membantu saya dala menerapkan cara belajar menanamkan kejujuran yang menarik dan menyenangkan bagi anak dan dengan adanya vidio di portal ini cukup bermanfaat bagi saya
NAMA : RIDA PRESTI RAHAYU
NIM : 877318703
Mohon izin menanggapi,
Cerita moral merupakan alat yang kuat dalam mendidik anak tentang kejujuran. Melalui cerita, anak-anak tidak hanya belajar tentang konsep kejujuran secara abstrak, tetapi juga melihat dalam berbagai situasi kehidupan nyata. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memilih dan menyampaikan cerita-cerita yang kaya akan nilai moral dan relevan dengan pengalaman anak-anak.
Nama : Nur Tahlia Mokodenseho
Nim : 859952939
UPBJJ : UT Manado
Menurut saya dalam video tersebut, menggunakan buku cerita bergambar adalah pendekatan yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai kepada anak-anak. Gambar membantu anak-anak memahami cerita dengan lebih baik dan membuat mereka lebih tertarik. Dengan menanyakan kepada siswa tentang tokoh-tokoh dalam cerita, guru tidak hanya memeriksa pemahaman mereka, tetapi juga melibatkan mereka secara aktif dalam proses belajar.
Masukan :
Interaksi yang lebih mendalam bisa di tambahkan setelah cerita selesai. Misalnya, diskusi kelompok kecil di mana siswa bisa berbagi pengalaman mereka sendiri tentang kejujuran.
Saran :
Memberikan penghargaan atau pengakuan kepada siswa yang menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Ini bisa dalam bentuk pujian verbal, stiker, atau sertifikat kejujuran.
Nama : Sefi Kurniawati Mariam
NIM : 859684527
UPBJJ : Surabaya
dari video diatas untuk menanamkan kejujuran bisa melalui cerita moral contohnya cerita saleha diatas. kegiatan menanamkan kejujuran melalui cerita moral dapat menanamkan pengetahuan tentang kebaikan, merasakan dan mencintai kebaikan, dan melakukan perbuatan baik. dari video diatas memberikan banyak manfaat bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak. terima kasih.
nama : tiara juniawasti
nim : 857246472
vidio pembelajaran sangat menginspirasi, meningkatkan kesadaran nilai kejujuran cerita moral membantu anak memahami pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari hari mereka dapat belajar secara langsung dan mengalami konsep kejujuran melalui pengalaman praktis dan menarik
Nama: Herawati
Nim:857525633
Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral dapat mudah dipahami karena anak akan lebih senang ketika diajak bercerita
Nama: Tsalitsa
NIM: 858970404
Pendekatan melalui cerita moral sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif seperti kejujuran pada anak usia dini. Dengan mengajak diskusi dan melibatkan anak dalam memahami makna kejujuran dari cerita dapat membantu mereka memahami nilai tersebut. Dan pelaksanaan secara teratur dan konsisten sangat penting agar penanaman nilai kejujuran menjadi efektif.