silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Menanamkan nilai kejujuran melalui cerita moral adalah pendekatan yang efektif untuk anak-anak usia dini. Setelah membacakan cerita-cerita tersebut, Kita bisa mendiskusikan pesan moralnya dengan anak-anak. Bertanya kepada mereka tentang bagaimana mereka akan bertindak dalam situasi yang serupa atau bagaimana mereka bisa menunjukkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu mereka memahami nilai kejujuran dengan lebih baik dan menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Menanamkan kejujuran melalui cerita moral memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi anak-anak usia dini:
1. Membentuk Karakter: Cerita moral mengilustrasikan nilai-nilai positif seperti kejujuran, integritas, dan tanggung jawab. Ini membantu membentuk karakter anak-anak dengan memberikan mereka contoh konkret tentang perilaku yang diharapkan.
2. Pengembangan Empati: Cerita moral sering kali melibatkan karakter yang mengalami perjuangan atau konflik. Anak-anak dapat merasa empati terhadap karakter tersebut dan belajar untuk memahami perspektif orang lain.
3. Peningkatan Penalaran Moral: Cerita moral memicu diskusi tentang apa yang benar dan salah, memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan penalaran moral mereka. Ini membantu mereka belajar mengenali dan memahami konsekuensi dari tindakan mereka.
4. Peningkatan Bahasa dan Keterampilan Komunikasi: Mendengarkan dan berpartisipasi dalam diskusi tentang cerita moral membantu anak-anak memperluas kosakata mereka, meningkatkan pemahaman mereka tentang narasi, dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.
5. Membangun Kesadaran Nilai: Cerita moral membantu anak-anak memahami pentingnya nilai-nilai seperti kejujuran, kerja keras, dan empati dalam kehidupan sehari-hari. Mereka belajar bahwa nilai-nilai ini penting untuk membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain dan membangun masyarakat yang harmonis.
6. Pendidikan Moral yang Positif: Cerita moral menawarkan pendekatan yang positif dan membangun untuk pendidikan moral. Mereka mengajarkan anak-anak tentang pentingnya perilaku yang baik dan memberikan contoh konkret tentang bagaimana nilai-nilai ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, menanamkan kejujuran melalui cerita moral memberikan landasan yang kuat bagi perkembangan moral dan karakter anak-anak usia dini, membantu mereka menjadi individu yang lebih baik dan bertanggung jawab di masa depan.
Nama : Jesi Rupianta
NIM : 878252276
UPBJJ : Medan
Dari video tersebut dijelaskan bahwa nilai kejujuran dapat ditunjukkan di dalam bercerita. Ini adalah salah satu contoh pembelajaran baru terhadap anak bagaimana cara sikap dan tingkah kita dalam jujur. Dan juga anak bisa menilai kejujuran tersebut baik apa benar.
menanamkan kejujuran dalam kelas dengan metode membacakan cerita merupakan metode yang efektif untuk anak usia dini. karena anak usia dini cenderung menyukai dingeng dengan gambar-gambar yang menarik.hal ini akan lebih mudah diingat oleh anak karena kebanyakan buku cerita dirancang mengunakan karakter-karakter yang lucu. dengan adanya video ini dapat menambah wawasan saya bagaimana bercerita dengan menyenangkan dihadapan anak-anak.
* Dari video diatas sangat menambah wawasan dan menginspirasi
saya sebagai pendidik.
* Vidio diatsa juga sangat kreatif, jelas, dan terperinci,serta cara
penyampaiannya jugamudah dimengerti.
* Penjelasan dalam video diatas juga memberikan pengetahuan
bagaimana cara memberikan pengetahuan kejujuran tentang
kebaikan, merasakan, mencintai kebaikan, melakukan perbuatan
baik.
* Peningkatan pengetahuan tentang kejujuran diberikan sejak usia
dini sehingga menjaga generasi muda yang jujur seta berbudi
pekerti yang baik.
* Video diatas juga memberikan contoh bagaimana cara
menyampaikan dan meningkatkan kejujuran dari cerita memberikan
kemudahan kepada peserta didik AUD agar lebih mudah
menerapkan kejujuran.
* Didalam video diatas anak yang berani mengakui akan
kesalahannya (selalu menjaga kejujuran) dan ibunya memberikan
apresiasi kepada anaknya sudah berani mengakui kesalahannya
(menerapkan kejujuran sejak usia remaja).
Terimakasi untuk vidionya yang sangat menginspirasi saya sebagai pendidik anak usia dini.
Nama : sri lestari
NIM : 857748323
Mengajarkan anak tentang kejujuran melalui cerita sangat lah efektif, anak akan tertarik jika cerita yang mereka dengarkan terdapat pula gambarnya. Seperti dalam video diatas cara menanamkan kejujuran dengan memberikan cerita tentang keteladanan nasional ataupun cerita-cerita tentang akhlak terpuji lainnya.
Nama : Siti Nur Saadah
Nim : 855708847
seri pembelajaran PAUD, judul “menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral”
memang betul metode pembelajaran melalui bercerita sangat efektif untuk perkembangan anak usia dini. karna anak-anak cenderung menyukai dongeng dengan gambar-gambar yang lucu dan menarik. dengan metode cerita atau mendongeng kita sisipkan nilai-nilai positif bagi anak, hal itu akan mudah di ingat dan di laksanakan oleh anak.
Video ini sangat bermanfaat dan mudah untuk dipraktikkan di lapangan, serta saya setuju dengan metode yang dilakukan yaitu melalui cerita karena penyampaiannya tidak kaku dan mudah untuk menarik perhatian mereka. penting untuk menanamkan nilai kejujuran dan memberikan pengenalan mengapa anak-anak perlu menanamkan nilai kejujuran pada dirinya.
dari video di atas pembelajaran yang digunakan pendidik untuk menanamkan sifat jujur pada anak melalui bercerita di mana kegiatan tersebut menarik perhatian anak karena penyampaiannya yang jelas juga menggunakan buku cerita bergambar, dan kegiatan di atas juga sangat memungkinkan untuk dilakukan di PAUD.
Nama : Ermiwati.
NIM : 858189873.
Menanamkan nilai kejujuran memang perlu dilakukan sejak usia dini. Seperti dalam video pembelajaran, guru mengajarkan tentang kejujuran melalui cerita menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan tokoh yang ada dalam cerita. Guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada anak. Mungkin di waktu yang akan datang tokoh dalam cerita bisa di ganti dengan tokoh yang sedang di sukai anak-anak atau yang tokoh yang sedang trend. Sehingga anak lebih bersemamgat lagi mendengar cerita dan melihat gambarnya. Karena anak peniru yang handal, pasti mereka senang meniru tokoh andalannya. Terima kasih untuk videonya, sangat bermanfaat.🙏
Nama:Dea pitria
Nim:858105736
Vidio ini sangat bermanfaat bagi anak karena mengajarkan kebaikan dan kejujuran untuk anak anak bangsa indonesia