silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk dapat menanamkan karakter baik pada diri anak, khususnya anak usia dini. Selain itu, metode ini pun dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya sehingga anak dapat lebih mudah dalam memahami pesan moral dari cerita yang disimaknya, menstimulus imajinasinya, serta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Pada video pembelajaran di atas, pendidik telah menyampaikan cerita yang relevan dengan tujuan yang diharapkan, yaitu agar anak menumbuhkan sikap jujur dalam dirinya. Pemilihan ceritanya pun sangat sesuai bagi anak usia dini dengan menghadirkan tokoh yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari anak dengan menampilkan gambar-gambar yang dapat menarik minat anak untuk menyimak cerita yang disampaikan oleh pendidik. Penyampaian guru dengan intonasi yang pas dan tidak terburu-buru, menjadikan anak lebih mudah memahami isi cerita yang disampaikan. Guru merecalling dengan memberikan beberapa pertanyaan pemantik terkait cerita untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada akhir kegiatan, guru pun menyampaikan pesan moral terkait perilaku jujur yang diharapkan akan ditanamkan dan dipraktikkan oleh peserta didik dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Nama : Riska Rosdiana
Nim : 857479543
Dalam video pembelajaran tersebut sangat baik menurut saya karena guru aktif dalam bercerita kepada siswanya dengan cara bercerita anak akan lebih mudah mengerti penyampaiannya pun menggunakan buku cerita yang di dominasi dengan karakter yang membuat anak antusias dalam menyimak cerita ,dimana anak di beri pemebelajaran tentang pentingnya menanamkan nilai kejujuran oleh karena guru sangat berperaan aktif untuk membentuk karakter anak didiknya tentunya video pembelajaran di atas akan saya terapkan pada anak didik saya.
Nama : Uswatun Hasanah
NIM : 857484552
Judul Video : Menanamkan kejujuran Anak melalui cerita moral
Kegiatan bercerita memiliki makna yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini. Kegiatan ini tidak hanya sekedar hiburan,tetapi juga menjadi jendela bagi anak untuk mengenal dunia sekitarnya,mengembangkan berbagai kemampuan dan membentuk karakternya.
Kegiatan bercerita yang dilakukan oleh ibu guru didalam video tersebut sangat sarat akan pesan moral. Cerita yang dibacakan dapat menjadi contoh teladan bagi anak, mereka dapat belajar dari karakter-karakter dalam cerita tentang apa yang baik dan apa yang buruk yang nantinya akan dijadikan pedoman bagi anak-anak dalam menjalankan kehidupan dan membentuk karakter dan nilai-nilai moral mereka.
Setelah mengamati vidio tentang moral dan menerapkan tentang kejujuran tersebut, kejujuran sudah seharusnya d terapkan pada anak usia dini,dengan memberikan pembelajaran disekolah tentang kejujuran melalui bercerita,nyanyian,dan juga bermain peran.supaya anak anak mengerti dan mampu memahami termotivasi dengan peran kejujuran tersebut.sehingga anak anak mulai mencontoh dan menerapkan sikap jujur sejak dini .
Nama : Uniroh
NIM : 857484316
setelah melihat vidio mengenai tentang moral dan menerapkan tentang kejujuran bahwa sikap jujur harus diajarkan atau diterapkan dari usia dini melalui bercerita karena lebih menarik dan diterima oleh anak-anak agar senantiasa teringat akan pentingnya sebuah kejujuran. dan mereka belajar dari karakter-karakter yang ada pada cerita tersebut karena dengan bercerita mudah dipahami oleh anak-anak pada usia dini. metode belajar bercerita adalah metode belajar yang paling efektif untuk diajarkan pada anak-anak.
Nama : Rini
Nim : 857488123
Assalamu’alaikum wr.wb.
Di dalam video yang saya lihat,ibu guru menanamkan kejujuran kepada anak melalui kegiatan bercerita.kegiatan bercerita sangat baik dan menarik untuk anak usia dini,karena sebagai salah satu tekhnik atau cara untuk menstimulasi anak agar dapat mencintai kejujuran atau berprilaku jujur.dan di dalam video tersebut ketika ibu guru bercerita sangatlah bagus dengan intonasi dan ekspresi yang baik serta melalui media buku cerita menarik sehingga tujuan kegiatan belajar tersampaikan dan anak memahami isi cerita tersebut.
Nama :Chintya Eka Merdekawati
Nim : 857485665
Menurut saya untuk menanamkan kejujuran pada anak dengan cara bercerita seperti yang ada di video merupakan suatu strategi yang benar,tetapi di video alangkah baiknya jika guru melibatkan anak dalam cerita tersebut sehingga anak dapat mengerti tentang apa yang sedang di ceritakan yaitu kejujuran.
Nama :Chintya Eka Merdekawati
Nim : 857485665
Menurut saya untuk menanamkan kejujuran pada anak dengan cara bercerita seperti yang ada di video merupakan suatu strategi yang benar,tetapi di video alangkah baiknya jika guru melibatkan anak dalam cerita tersebut sehingga anak dapat mengerti tentang apa yang sedang di ceritakan yaitu kejujuran.Jadi ada timbal balik antara yang bercerita dan menyimak.
Nama : Dewi Nopita
NIM : 857480405
Menurut pendapat saya cerita moral sangat efektif untuk menanamkan kejujuran kepada AUD.Melalui kegiatan bercerita anak-anak cenderung lebih memahami dan mengingat nilai-nilai kehidupan dari sebuah cerita yang disampaikan gurunya.Mereka di stimulus rasa empati dan emosi-emosi yang sesuai dengan cerita yang sedang dibacakan.Anak juga akan melihat dan belajar bagaimana karakter jujur dapat berdampak positif bagi kehidupannya secara nyata .Pada kegiatan bercerita akan menciptakan ruang diskusi terbuka antara anak dengan guru/orang tua,sehingga secara tidak langsung mampu menstimulus kemampuan linguistic pada anak,menanamkan rasa percaya diri ,berani berpendapat dan yang paling utama memahami bahkan mencontoh karakter dan nilai kejujuran.
Evi Oktaviany
857488646
Metode pengembangan tentang kejujuran yang di tunjukkan guru di dalam video ini menurut saya sangat bagus, yaitu dengan metode bercerita. Karena untuk pengembangan nilai moral anak harus diberi contoh yang konkrit seperti di dalam video tersebut. Guru dapat meminta anak untuk menceritakan kembali cerita yang sudah guru ceritakan dengan memberikan umpan balik. Guru disimi berfungsi sebagai pembimbing untuk mengarahkan, memandu dan mendampingi anak untuk mengerti akan arti dari cerita tersebut.