silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Assalamuβalaikum
Nama : Firda Afifatul Mahfiroh
NIM : 858729018
Prodi : PG PAUD
Semester : 6
UPBJJ : Surabaya
Judul : Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral
Dari video yang saya amati tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral merupakan kegiatan yang menarik untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini. Hal ini, memberikan contoh nyata kepada anak-anak tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari yakni bersikap jujur dan bertanggung jawab. Di akhir cerita, guru menyimpulkan tentang pentingnya kejujuran, anak-anak diajak untuk memahami nilai ini, bukan hanya sebagai sebuah konsep, tetapi sebagai karakter yang harus dipraktikkan di kehidupan sehari-hari. Hal ini, membantu menanamkan nilai-nilai agama dan moral secara tidak langsung, dengan memberikan teladan perilaku positif.
Demikian pendapat saya, terima kasih.
Nama : SILVIA PUTRI DAMAYANTI
Nim : 858309741
Setelah melihat keseluruhan vidio diatas tanggapan saya yakni :
Dalam vidio diatas yang berjudul menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui cerita moral yang dibawakan ibu guru sangatlah bagus, anak-anak mudah mengerti dan sangatlah menarik dengan menggunakan media buku cerita dan intonasi yang dibawakan oleh bu guru sangat menarik perhatian anak-anak sehingga anak fokus mendengarkan apa yang disampaikan oleh ibu guru.
Kemudian setelah bercerita ibu guru memberikan umpan balik ke anak bertanya jawab kepada anak apa saja yang didengar oleh mereka tentang pentingnya menanamkan nilai kejujuran sejak dini, anak diajarkan untuk tidak berbohong kepada siapapun dan mengajarkan anak mengenai makna dari kejujuran.
Nama: MARIA BERNADETA H.R
Nim : 858455429
Prodi : PG PAUD
Semester :4
Upbj : Samarinda
Judul : Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral
melalui berccerita kita dapat mengajar kan tentang cerita yang berisikan tentang sikap jujur.pada isi certa tersebut anak di minta berkata jujur saat kita melakukan kesalahan dan tidak perlu takut untuk berkata jujur.
terima kasih
Assalamu alaikum izin berkomentar…
Nama ; Annisa Aulia NurSyahidah
NIM ; 855890402
UPBJJ; Jakarta
Seperti metode yang telah diterapkan pada video di atas,Metode pembacaan buku cerita terkait kejujuran dapat membantu nilai nilai moral agama pada anak terutama tentang kejujuran yang sangat penting untuk ditanamkan pada masa golden age mereka, dengan menggunakan buku cerita anak anak terlihat lebih mampu menjiwai dan memahami dengan menyenangkan tanpa ada paksaan untuk melakukannya langsung,dengan pembawaan cerita tersebut secara tidak sadar anak anak dapat menerapkannya pada lingkungan terdekatnya ataupun ketika ia sedang bermain bersama temannya.
Assalamualaikum wr wb
Nama : PUJI YATMI
NIM : 858866265
Prodi : PGPAUD
Semester : 4
UPBJJ : Malang
Dari studi kasus diatas dapat disimpulkan bahwa melatih kejujuran dimulai dari usia dini itu sangat penting sekali. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membacakan cerita atau dongeng yang mempunyai pesan moral bagi anak. Anak akan terlatih untuk berbuat jujur yang bisa diaplikasikan dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu, kemuadian lingkungan sekolah lalu berlanjut kelingkungan sosial.
Siti Jubaedah
859508277
Setelah mengamati video tadi, saya merefleksikan kegiatan yang ada di suatu kelas TK. Untuk menanamkan kejujuran pada anak, guru memberikan tugas yang jika tugas tersebut selesai, akan diberikan penjepit di seragam anak-anak tersebut. Dengan kapasitas anak yang banyak, kadang kala memang agak sulit untuk memantau apakah mereka sudah mengerjakan tugas dengan benar dan selesai. Oleh karena itu guru di sini memberikan semacam reward yg sebenarnya ‘ujian’ untuk mereka, apakah benar mereka sudah menyelesaikan tugas atau mereka berbohong karena sudah capek atau memang hanya menginginkan penjepit saja, tetapi tidak mau menyelesaikan tugas. Saya kira ide guru tersebut sudah baik, agar anak-anak bersikap jujur dengan tanggung jawabnya.
Nama. : Like Yusnita
NIM : 858727741
Prodi : PG PAUD
Setelah mengamati video tersebut, isi cerita sudah bagus ππ»… menanamkan kejujuran sejak usia dini.
Dalam pendidikan moral yang terpenting salah satunya sikap jujur, jika sejak dini anak sudah terbiasa punya sifat jujur insyaallah sampai dewasa kelak akan jadi orang yang jujur serta amanah.
Andai dalam bercerita tadi Bu guru juga memberikan gerakan ilustrasi, pasti anak akan lebih semangat menyimak cerita Bu Guru karena suasana lebih hidup dan menarik. Semangat buat Guru-guru PAUD πͺπ»π
asslamualaikum
NAMA : RISMA APRIANI
NIM : 859146458
menanamkan kejujuran pada anak sudah baik dan mampu membuat anak berpikir positif dan dengan adanya video tersebut mampu membuat anak manjadi lebih sopan dalam sikapnya dan berahklak mulia,melalui media,video dan cerita anak juga bisa memahami apa itu kejujuran,apa dampak kejujuran,tentu akan membuat anak lebih berpikir positif,pola asuh orang tua juga sangat penting untuk anak usia dini karna dengan orang tua anak sangat berpenaruh tentang perilaku nya dan anak juga bisa tau positif dan negatifnya terima kasih.
Nama : Anisa Melia
NIM : 877600689
Dari video “Menenamkan kejujuran anak melalui cerita moral” saya melihat guru yang bercerita sudah sangat baik dengan intonasi nada naik dan turun serta suara yang berbeda beda untuk menegaskan toko dalam cerita akan tetapi buku yang dibawa oleh ibu tersebut terlalu kecil kita bisa menggunakan boneka tangan untuk bercerita kepada anak – anak dan didalam bercerita juga kita bisa melakukan tanya jawab dengan anak – anak. Sangatlah penting bagi kita untuk mengajarkan pendidikan karakter dengan tidak berbohong dan berkata jujur sehingga kelak kemudian hari anak sudah terpatrih untuk selalu jujur dan berkata baik serta sopan kepada semua orang.
terima kasih
Nama : Dewi Ratih
NIM : 858865098
UPBJJ : Malang – Jawa Timur
metode yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dalam video tersebut, menurut saya sangat menarik yaitu dengan menggunakan cerita bergambar dengan tokoh-tokoh yang sangat menarik karena ada seekor kucing dalam cerita tersebut yang mana kucing sangat disukai oleh kebanyakan anak usia dini sehingga dalam video tersebut anak anak tampak memperhatikan dan sangat tertarik dalam memperhatikan cerita. selain itu, guru dalam video tersebut sangat baik dalam menyampaikan cerita, yaitu disampaikan secara perlahan, suara yang jelas, ekspresi wajah yang menari dan sesuai dengan cerita yang disampaikan, serta menggunakan bahasa yang sederhana/mudah dimengerti oleh anak.
namun selain melalui cerita cerita menarik, cara menanamkan kejujuran pada anak usia dini juga harus diterapkan melalui lingkungan tempat tinggal anak, melalui contoh-contoh sederhana dari orang dewasa (orang tua) yang diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.