silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. NAMA : Alfina Sirait
    NIM : 856034324
    UPBJJ : Medan
    POKJAR : Tanjungbalai

    Analisis saya tentang video pembelajaran IPA Kelas 1 SD yang berjudul ” mengajar berat benda dengan mudah ” ialah :

    Kelemahan di dalam video :
    – Tidak ada mengabsen kehadiran siswa atau berdoa sebelum dan sesudah belajar mengajar.
    – Peserta didik kurang tanggap dalam respon pertanyaan guru.

    Kelebihan di dalam video :
    – Guru menyampaikan materi menggunakan alat peraga sederhana, sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.

    Hal unik di dalam video :
    Di dalam video tersebut guru menggunakan bahasa yang sederhana agar peserta didik mudah paham, kemudian dengan menggunakan media yang ada di sekitar.

    Saran untuk di dalam video :
    Seharusnya sang guru lebih memperhatikan diawal pembelajaran dengan berdoa, kemudian memberikan yel-yel diawal agar membangkitkan semangat belajar peserta didik.

  2. NAMA : SEPIA WULANDARI
    NIM : 856943243
    PROGRAM STUDI : S1 PGSD
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    ANALISIS TENTANG VIDIO PEMBELAJARAN IPA DI SD YANG BERJUDUL “ MENGAJAR BERAT BENDA “

    Menurut saya guru sudah cukup baik dalam penyampaian materi pelajaran yang memudahkan siswanya untuk lebih mengerti tapi lebih baiknya lagi di lakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran.
    Dimulai dari kelemahannya :
    – Guru yang dari awal pembelajaran tidak melakukan kegiatan apersepsi tidak memberikan arahan tentang pelajaran yang akan di pelajari ,
    – guru kurang memberikan motivasi semangat kepada para siswanya bahkan guru tidak mengabsen kehadiran para siswa nya
    – guru terlalu terburu- buru dalam penyampaian materi
    – siswa hanya menjadi penerima informasi sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran

    dan dari kelebihannya :
    – guru menjelaskan bagaimana memahami berat suatu benda dengan Bahasa yang mudah di mengerti .
    – guru memberikan contoh nyata bagaimana menentukan berat ( seperti membandingkan berat badan antar murid )

  3. Nama : imas arum pratiwi
    Nim : 856982919

    Menurut pendapat saya, ibu guru tidak ada salam atau opening mengajar terhadap siswa. Langsung ke materi pembelajaran. Apalagi dalam video tersebut terlihat banyak murid yang belum siap belajar seperti ada yang masih menulis, ada yang masih sibuk sendiri disaat guru bertanya tentang materi tersebut. Sebaiknya, guru memberikan interaksi pembukaan di awal pembelajaran seperti “Apakah sudah siap belajar anak anak?” Memastikan terlebih dulu apakah siswa sudah bisa menerima materi atau belum. Jadi nanti pembelajaran yang disampaikan bisa diterima lebih maksimal oleh para siswa.

  4. Nama : RIKI ANDRIANSYAH TARIGAN
    NIM : 856038758
    Program Studi : S1-PGSD
    Semerter : 6
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : BINJAI
    Setelah melihat video ini,
    Menurut saya guru sudah cukup baik dalam mengajar.Kompetensi yang digunakan guru tersebut adalah kompetensi padagogik yang meliputi pemahaman guru terhadap siswa,perancangan dan pelaksanaan pembelajaran,evaluasi hasil belajar.dan pengembangan peserta ddik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimilikinya.
    dengan menguasai pemahaman terhadap siswa guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak-anak tersebut.
    dalam video tersebut guru menyampaikan materi tentang ‘Berat Benda’ dengan menggunakan contoh nyata yang melibatkan siswa dan benda-benda yang ada disekitarnya,sehingga anak-anak lebih mudah untuk memahaminya.
    Kelemahan
    guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum melaksanakan poin pendahuluan seperti membaca doa, mengabsen siswa, bernyanyi lagu nasional, Dan Literasi. Melakukan kegiatan pendahuluan memiliki peran penting untuk menciptakan kondisi siap belajar siswa baik secara mental maupun fisik. Dan di akhir pembelajaran tidak ditutup dengan salam dan doa
    Kelebihan
    Guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah
    Pada saat memulai pembelajaran guru tersebut sedikit menjelaskan tentang konsep berat dan ringan Dan memberikan contoh yang ada di sekitar seperti buku dan pensil sehingga mudah dipahami oleh siswa. Guru tersebut sudah bagus sekali dalam melakukan pembelajaran seperti metode dan materi yang disampaikan sudah sesuai dengan perkembangan siswa. Dan bahasa yang di gunakan oleh guru sangat mudah untuk difahami oleh siswa.

  5. Nama. : Inggit asanas titi
    NIM. : 856975676
    Prodi. :PGSD-S1

    Setelah melihat video ini guru sudah cukup baik dalam penyampaian materi pelajaran yang memudahkan siswanya untuk lebih mengerti tapi lebih baiknya lagi di lakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran.

    Kelemahan:
    – Guru yang dari awal pembelajaran tidak melakukan kegiatan apersepsi tidak memberikan arahan tentang pelajaran yang akan di pelajari ,
    – guru kurang memberikan motivasi semangat kepada para siswanya bahkan guru tidak mengabsen kehadiran para siswa nya
    – guru terlalu terburu- buru dalam penyampaian materi
    – siswa hanya menjadi penerima informasi sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran

    Kelebihannya :
    – guru menjelaskan bagaimana memahami berat suatu benda dengan Bahasa yang mudah di mengerti .
    – guru memberikan contoh nyata bagaimana menentukan berat ( seperti membandingkan berat badan antar murid )

  6. Assalamu’alaikum wr. Wb
    Nama :Gabe rohana hasibuan
    Nim : 859890442
    Menurut saya, ibu guru tersebut cukup baik dalam memberikan materi yang ada dikelas.
    Kelebihan :
    1. Memperaktekan langsung serta memberikan contoh dengan benda dan murid
    2. Membuat interaksi dengan murid terlihat ramai dan suasa belajar aktif
    Kelemahan :
    1. Kurang memberikan pujian kepada peserta didik yang maju serta menjawab
    2. Suasana belajar kurang terlihat menyenangkan karena tidak adanya ajakan belajar sambil bermain.

    Solusi: Buatlah pembelajaran dengan permainan karena anak kelas 1 sekolah dasar tidak hanya terlalu focus dengan pembeljaran melainkan dengan permainan
    Terimakasih 🙏🏻

  7. Nama : Ayu Amitia
    NIM : 858773108
    POKJAK : Mastrip Nganjuk
    Pada tanyangan video tersebut seorang guru tampak menguasai pelajaran yang diberikan kepada siswa kelas 1. Guru telah menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dengan baik. Guru dapat menyajikan materi dengan cukup jelas untuk di pahami oleh siswa kelas 1 dimana seorang guru telah menjelaskan sebuah materi yang menggunakan media nyata yang ada di sekitar kelas. Guru juga memberikan pertanyaan tentang berat dan ringan serta membedakan suatu benda berat dan ringan. Pertanyaan yang diberikan guru dapat membuat siswa aktif dalam belajar. Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan dan siswa menjawab pertanyaan bersama-sama. Pada akhir pembelajaran guru menyampaikan tugas kepada siswa untuk mencatat mana yang benda ringan dan berat untuk diamati di lingkungan sekitar rumah.

  8. Nama : AFIKA FAZRIAH HASIBUAN
    NIM : 856026287
    Pokjar : Tebing Tinggi | UPBJJ : Medan
    PGSD-S1

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Saya izin menanggapi diskusi ini :
    Menurut pendapat saya cara mengajar sudah udah cukup baik. Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi. Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik. Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

    Namun saya melihat ada beberapa kekurangan yaitu :
    Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti berdoa, mengecek kehadiran, memberikan motivasi, menarik perhatian siswa dan melakukan apersepsi. Guru langsung masuk ke inti pembelajaran

  9. Assalamualaikum Teman – teman semua..
    Salam sejahtera untuk kita semua..

    Menurut saya setelah menonton video pembelajaran tersebut pada materi Berat benda di Kelas 1 SD.

    Guru telah baik dalam menyampaikan materi pembelajaran.
    Siswa mudah memahami dan merespon penjelasan apa yang diberikan guru , tapi hanya saja disini kebanyakan guru menjadi penyampai informasi tidak seharusnya siswa diajak lebih aktif .

    Kekurangan pada video pembelajaran yaitu :
    1. Pada kegiatan awal
    Guru seharusnya menyapa siswa terlebih dahulu dan berdoa sebelum belajar, mengabsen siswa lalu bertanya jawab seperti yang dilakukan.
    2. Seharusnya guru lebih kreatif yaitu di awal pembelajaran bisa dibuka dengan ice breaking kepada siswa, agar siswa menjadi lebih semangat dalam belajar.
    3. Kegiatan penutup seharusnya guru dan siswa melakukan doa penutup setelah belajar dan melakukan tanya jawab serta bersalaman ketika pulang sekolah.
    4. Dan kegiatan di akhir juga bisa dengan kegiatan ice breaking

    Kelebihan pada video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Guru telah berhasil membandingkan atau menunjukkan perbedaan suatu berat benda dengan memberi contoh dari yang ringan hingga yang berat.
    Untuk membuat siswa lebih paham guru sudah sangat baik dengan menunjuk siswa ke depan satu persatu sebagai contoh dari perbandingan berat benda dengan berat badan mereka masing-masing.

    Sekian pendapat yang bisa saya sampaikan jika ada kekurangan bisa rekan-rekan semua mengkoreksi pendapat saya kembali.
    Terimakasih

  10. Nama : Yuni Syarah
    Nim : 855990651
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan
    Semester: 8
    Prodi : S-1 PGSD

    Assalamualaikum Teman – teman semua..
    Salam sejahtera untuk kita semua..

    Menurut saya setelah menonton video pembelajaran tersebut pada materi Berat benda di Kelas 1 SD.

    Guru telah baik dalam menyampaikan materi pembelajaran.
    Siswa mudah memahami dan merespon penjelasan apa yang diberikan guru , tapi hanya saja disini kebanyakan guru menjadi penyampai informasi tidak seharusnya siswa diajak lebih aktif .

    Kekurangan pada video pembelajaran yaitu :
    1. Pada kegiatan awal
    Guru seharusnya menyapa siswa terlebih dahulu dan berdoa sebelum belajar, mengabsen siswa lalu bertanya jawab seperti yang dilakukan.
    2. Seharusnya guru lebih kreatif yaitu di awal pembelajaran bisa dibuka dengan ice breaking kepada siswa, agar siswa menjadi lebih semangat dalam belajar.
    3. Kegiatan penutup seharusnya guru dan siswa melakukan doa penutup setelah belajar dan melakukan tanya jawab serta bersalaman ketika pulang sekolah.
    4. Dan kegiatan di akhir juga bisa dengan kegiatan ice breaking

    Kelebihan pada video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Guru telah berhasil membandingkan atau menunjukkan perbedaan suatu berat benda dengan memberi contoh dari yang ringan hingga yang berat.
    Untuk membuat siswa lebih paham guru sudah sangat baik dengan menunjuk siswa ke depan satu persatu sebagai contoh dari perbandingan berat benda dengan berat badan mereka masing-masing.

    Sekian pendapat yang bisa saya sampaikan jika ada kekurangan bisa rekan-rekan semua mengkoreksi pendapat saya kembali.
    Terimakasih

Leave a Reply