silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama : Nisa Safitri
    Nim : 857002377
    UPBJJ : Bandar Lampung

    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan :
    Reaksi anak pada saat melakukan pembelajaran sangat antusias dan semangat, walaupun ada anak yang sibuk sendiri tapi tetep mendengarkan guru saat menjelaskan materi pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Pada awal dan akhir kegiatan guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu
    b. Guru tidak mengecek/mengabsen siswa
    c. Guru tidak memberikan motivasi belajar pada siswa
    d. Guru tidak mengajak siswa mengulas pembelajaran sebelumnya lebih dulu
    e. Guru tidak melakukan pembahasan materi tapi langsung pada contoh materi
    f. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas
    b. Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
    c. Siswa berantusias dalam belajar
    4. Hal unik yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran :
    Dalam proses kegiatan terdapat anak yang sibuk menulis, bermain, dan sibuk dengan rambutnya.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya :
    Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu bisa dengan melengkapi langkah-langkah pembelajaran, memberikan motivasi pada siswa, dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa semua aktif dan semangat.

  2. Nama : Muhammad Guntur Djai
    NIM : 859762462

    Setelah saya menonton video yang berjudul “Mengajar berat benda”Pada mata pelajaran IPA di SD terlihat siswa sangat antusias pada awal pelajaran karena Guru sangat kreatif dalam memulai pelajaran dengan langsung memberikan praktek dengan menggunakan media seperti buku dan pensil. Walaupun terlihat Dalam proses kegiatan terdapat anak yang sibuk menulis dan bermain. Untuk penggunaan bahasa Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga siswa dengan cepat mengerti apa yang dibahas oleh guru.
    Untuk pendapat saya agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat dalam belajar.

  3. NAMA : JOJOR ROMAITO SIMANJUNTAK
    NIM : 877528959
    POKJAR : HUMBANG HASUNDUTAN
    UPBJJ : MEDAN

    Baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video”mengajar berat benda (IPA)”
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu saya melihat respon yang baik diperlihatkan siswa tersebut dalam pembelajaran, mereka aktif untuk bekerja sama, ini terlihat karena guru tersebut menggunakan kompetensi Pedagogik yang membuat guru dan murid bisa berinteraksi dengan baik.

    2. Adapun kelemahan guru dari video diatas yaitu guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, tidak melakukan ice briking, bahkan guru tersebut tidak mempertanyakan kepada siswanya mengenai pelajaran yang lalu.

    3. Adapun kelebihan guru dari video diatas yaitu
    a. guru sangat mahir dalam kompetensi Pedagogik inilah yang membuat guru mampu memahami siswanya, melalui hal ini guru tersebut mampu untuk menghindari apa yang tidak disukai oleh siswa,
    b. Guru menggunakan metode pembelajaran yang sederhana dan dapat dilakukan bahkan dipraktekkan secara langsung.
    c. Guru mampu membuat siswanya berinteraksi dengan baik
    d. Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan didalam ruangan kelas

    4. hal -hal unik yang dikemukan dalam video diatas yaitu adanya kerja sama yang baik antara guru dan siswa, yang membuat proses pembelajaran lancar dan teratur.

    5. upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu tetaplah menggunakan metode pembelajaran karena dengan hal ini siswa dapat dengan mudah untuk memahami setiap pelajaran yang disampaikan, kemudian tetaplah mengecek siswa melalui kehadiran bahkan ice briking karena itu sangat bermanfaat untuk melihat kesiapan siswa untuk menerima pelajaran yang akan disampaikan.

    demikian pendapat saya terimakasih.

  4. Nama : DEWINA RIZZA NUR’AINI
    NIM : 858567396
    Setelah saya mengamati video pembelajaran diatas ada kelebihan dan kelemahan yang saya dapatkan, Yaitu :
    kelebihan :
    1. guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi.
    2. guru menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah.
    3. guru menggunakan metode yang cukup menarik.
    Kelemahan :
    1. tidak ada kegiatan pendahuluan seperti salam, berdoa, menanyakan kabar, dan tidak mengabsen siswa.
    2. guru tidak memberikan motivasi kepada siswa.
    3. guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti, menyimpulkan hasil pembelajaran, refleksi, dan tidak memberikan salam saat pembelajaran selesai.

  5. Nama : Rina Erviana
    Nim : 857698924
    Pokjar: kebonagung
    UPBJJ: Semarang
    Kelebihan :
    1. Guru memberikan materi dengan alat peraga sehingga memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran.
    2. Guru menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah di pahami
    3. Guru menggunakan metode yang cukup menarik
    Kelemahan:
    1. Tidak ada kegiatan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengabsen siswa
    2. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa
    3. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan materi dan tidak memberikan salam saat pembelajaran selesai.

  6. Nama : Rina Erviana
    Nim : 857698924
    Pokjar: kebonagung
    UPBJJ: Semarang
    menurut pengamatan saya guru diawal pembelajaran tidak melakukan pembukaan pembelajaran seperti salam, tidak diawali berdoa dan mengecek kehadiran. Guru tidak menggunakan apresiasi saat kegiatan belajar dimulai.saat menyampaikan pelajaran guru sudah baik dan siswa mudah memahami.

  7. Nama:NONIAWATI HIA
    Nim. :856060305
    Pokjar:MANDEHE
    UPBJJ: MEDAN

    Menurut pengamatan saya setelah menonton video pembelajaran tersebut,saya bisa menyimpulkan bahwa dalam memberikan contoh kepada siswa didik kita, alangkah lebih baiknya kalau kita memberikan contoh yang lebih mudah mereka pahami,atau mereka bisa melihat sendiri.
    Namun dibalik itu menurut saya alangkah lebih baiknya sebelum masuk pada materi pembelajaran,sebaik dilakukan sesi pendahuluan, yang di awali dengan do’a ,ice breaking,dan memberi tahu tujuan pembelajaran.

  8. NAMA : YUMITASARI GULO
    NIM : 856061471
    POKJAR : NIAS BARAT
    UPBJJ : MEDAN
    Menurut pengamatan saya tentang video pembelajaran di atas yang berjudul “Mengajar Berat Benda Dengan Mudah” adalah saya mengamati bahwasanya pembelajaran yang dilakukan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta didik. Contoh atau alat yang digunakan pada video pembelajaran tersebut dapat lebih mudah dimengerti dan dipraktekan langsung oleh peserta didik. Sebagai bahan pertimbangan untuk pengajar, alangkah lebih baiknya di awal pertemuan melakukan teknik pembukaan berupa berdoa sebelum belajar dan mengisi absen siswa. Untuk metode pembelajaran yang tidak kaku, baiknya menerapkan sedikit ice breaking kepada peserta didik.

  9. Nama : Foeraera Hulu
    Nim : 856060233
    UPBJJ : Medan. pokja/Salut Alasa

    Menurut saya, keseluruhan vidio mengajar guru tersebut sangat bagus, karena guru tersebut telah menguasai materi yang diajarkan kepada peserta didik. Awal pembelajaran guru menyapa peserta didik menyampaikan materi pembelajaran yang dipelajari guru menjelaskan dengan merik pembelajaran yang dipelajari dengan menggunakan benda-benda yang disekitarnya sehingga perhatian peserta didik fokus dan terarah pada pembelajaran. Guru menunjuk peserta didik untuk menjawab pertanyaan dan memberi kesempatan kepada peserta didik bertanya, sehingga ada interaksi/komunikasi yang baik. guru memberikan tugas kepeda peserta didik agar lebih mengerti dan paham pembelajaran yang dipelajari. Hal-menarik guru menjadikan peserta didik sebagai contoh dalam pembelajaran, sehingga peserta didik antusias. Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu mengecek kehadiran peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran, membiri motifasi kepada peserta didik

  10. Nama : RANI ALFIANI HASIBUAN
    NIM : 878255913
    Pokjar : Asahan
    Upbjj : Medan
    Setelah saya mengamati video pembelajaran diatas ada kelebihan dan kelemahan yang saya dapatkan, Yaitu :
    kelebihan :
    1. guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi.
    2. guru menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah.
    3. guru menggunakan metode yang cukup menarik.
    Kelemahan :
    1. tidak ada kegiatan pendahuluan seperti salam, berdoa, menanyakan kabar, dan tidak mengabsen siswa.
    2. guru tidak memberikan motivasi kepada siswa.
    3. guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti, menyimpulkan hasil pembelajaran, refleksi, dan tidak memberikan salam saat pembelajaran selesai.

Leave a Reply