silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama : Nurhazizah
    NIM : 855850376
    Pokja : Sai Balai
    UPBJJ : Medan
    Izin Berkomentar Menurut pendapat saya
    1. Diawal guru tidak mengucapkan salam, tidak ada doa dan mengecek kehadiran siswa
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran tersebut
    3. Diakhir pembelajaran guru juga tidak menanyakan kembali kepada siswa tentang pembelajaran yang diberikan paham atau belum dalam pembelajaran tersebut, dan tidak ada doa penutup pembelajaran
    4. saat menyampaikan pelajaran guru sudah baik, dengan menggunakan media yang ada membuat siswa mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru

  2. Nama : Mas Dwi Rayani
    Nim : 856649183
    UPBJJ : UT JAMBI
    Pokjar : Kota Jambi
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab :
    Siswa aktif untuk bekerja sama dan semangat dalam mendengarkan pembelajaran , karena guru dan murid saling berinteraksi dengan baik
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab :
    1. Pada saat pembukaan guru tidak mengajak anak murid untuk berdoa terlebih dahulu ,
    2. Guru tidak melakukan absensi,
    3. Tidak adanya ice breaking,
    4. Guru tidak bertanya pembelajaran sebelumnya
    5. Guru tidak memberikan atau bertanya kepada murid yang ingin menawarkan diri untuk maju kedepan
    6. Saat penutupan guru tidak mengajak untuk berdoa terlebih dahulu.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab :
    a. Guru menggunakan metode pembelajaran yang sederhana dan dapat dilakukan bahkan dipraktekkan secara langsung.
    b. Guru mampu membuat siswanya berinteraksi dengan baik
    c. Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan didalam ruangan kelas
    d. Guru menggunakan praga yg ada disekitar sehingga murid mudah memahaminya
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab :
    Guru dapat berinterakasi dengan murid di dalam kelas sehingga murid bersemangat.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab :
    1. Melakukan perbaikan dengan memulai kegiatan pendahuluan berdoa sebelum melakukan pembelajaran, mengingatkan kembali kepada siswa pembelajaran sebelumnya, serta melakukan ice breaking.
    2. Melakukan kegiatan penutupan dengan melakukan kesimpulan, berdoa sebelum menutup pelajaran.
    3. Di akhir pembelajaran guru memberikan kesimpulan serta evaluasi peserta didik.

  3. Nama : Mas Dwi Rayani
    NIM : 856649183
    UPBJJ : UT JAMBI
    Pokjar : Kota Jambi

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab :
    Siswa aktif untuk bekerja sama dan semangat dalam mendengarkan pembelajaran , karena guru dan murid saling berinteraksi dengan baik
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab :
    1. Pada saat pembukaan guru tidak mengajak anak murid untuk berdoa terlebih dahulu ,
    2. Guru tidak melakukan absensi,
    3. Tidak adanya ice breaking,
    4. Guru tidak bertanya pembelajaran sebelumnya
    5. Guru tidak memberikan atau bertanya kepada murid yang ingin menawarkan diri untuk maju kedepan
    6. Saat penutupan guru tidak mengajak untuk berdoa terlebih dahulu.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab :
    1. Guru menggunakan metode pembelajaran yang sederhana dan dapat dilakukan bahkan dipraktekkan secara langsung.
    2. Guru mampu membuat siswanya berinteraksi dengan baik
    3. Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan didalam ruangan kelas
    4. Guru menggunakan praga yg ada disekitar sehingga murid mudah memahaminya
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab :
    Guru dapat berinterakasi dengan murid di dalam kelas sehingga murid bersemangat.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab :
    1. Melakukan perbaikan dengan memulai kegiatan pendahuluan berdoa sebelum melakukan pembelajaran, mengingatkan kembali kepada siswa pembelajaran sebelumnya, serta melakukan ice breaking.
    2. Melakukan kegiatan penutupan dengan melakukan kesimpulan, berdoa sebelum menutup pelajaran.
    3. Di akhir pembelajaran guru memberikan kesimpulan serta evaluasi peserta didik.

  4. Nama : AZMI SAIMA PUTRI SIREGAR
    Nim : 858257361
    Pokjar: TOBASA
    UPBJJ: SUMATERA UTARA

    Setelah saya menonton vidio yang berjudul “Mengajar Berat Benda” saya melihat ada nya beberapa kelebihan dan kekurangan pada Vidio tersebut antara lain:
    Kelebihan yang di temukan :
    1. Guru yang mengajar tersebut antusias dan semangat dalam menjelaskan materi
    2. Guru tersebut mampu mengajak siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan tertib dan semangat
    3. Guru tersebut menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar.
    4. Guru mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan paham.
    5. Guru meberikan contoh pembelajaran yang nyata.
    6. Siswa terlihat lebih aktif dan semangat.

    Kekurangan yang di temukan:
    1. Tidak melakukan doa sebelum pembelajaran
    2. Guru tidak mencek daftar hadir siswa
    3. Guru tidak menkondusifkan kelas terlebih dahulu.
    4. Guru tidak memberikan motivasi oada siswa sebelum memulai pembelajaran.
    5. Guru tidak menyampaikan Tujuan dari pembelajaran yang akan di sampaikan.
    6. Guru tidak memberikan kesimpulan untuk pembelajaran yang telah di bahas.
    7. Guru tidak menutup pembelajaran di dalam pembelajaran.

  5. Nama : Aghis Nikhayah
    NIM : 857639519
    Pokjar : Rembang,Purbalingga
    Analisis Vidieo “Mengajar Berat Benda ” pada link video : https://drive.google.com/file/d/1FzoqyHwNfLqM97ByGXKDnGapyLGQI8vv/view?usp=sharing
    1. Reaksi anak anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu: anak anak terlihat antusias, terlihat saat menjawab pertanyaan dari guru, terjadi interaksi yang aktif, walaupun masih ada beberapa anak yang asik sendiri, tetapi masih memperhatikan penjelajasan guru.
    2. Secara Keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu : Dalam video tersebut pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered), peserta didik hanya menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, disini guru yang aktif memberikan pertanyaan, memberikan contoh, tanpa memberikan kesempatan untuk berkembang dan aktif. Kemudian kemampuan guru dalam membuka pembelajaran masih kurang, tidak ada ice breaking, tidak mengaitkan materi dengan kehidupan sehari hari siswa sebelum memberikan materi berat benda, serta dalam memberikan variasi pembelajaran masih kurang. Selain itu jika pada saat pembelajaran divedo tersebut adalah menjelaskan pembelajaran ipa dengan topik konsep berat dan ringan, sebaiknya materi yang ada dipapan tulis dihapus dan dibersihkan terlebih dahulu. Materi yang ada dipapan tulis mungkin pembelajaran sebelumnya mengenai bangun ruang Pelajaran matematika, Sehingga konsentrasi anak akan berpusat dan beralih kemateri yang sedang dibahas saat ini.
    3. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah dalam memberikan contoh konsep berat dan ringan guru menggunakan alat peraga / media konkrit. Sehingga anak anak bisa melihat secara langsung perbedaan dari kedua benda tersebut.
    4. Hal Unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru memberikan apresiasi dengan memberikan kata kata pujian bagi siswa yang maju kedepan, bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan baik.hal ini merupakan kemampuan dasar memberikan penguatan verbal
    5. Hal yang dapat saya usulkan untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah,, Berilah kesempatan secara langsung kepada siswa untuk menimbang berat atau ringan benda benda yang ada disekitar mereka, bagilah anak anak menjadi beberapa kelompok untuk membuat bagan hasil dari menimbang 2 buah benda. Lalu hasil tersebut diptresentasikan didepan kelas.

  6. Nama : Dewi Mayang Sari
    Nim : 858058185
    UPBJJ : PONTIANAK
    baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya tentang video yang saya saksikan tersebut.
    yang pertama dilihat dari reaksi siswa yang ada di dalam ruang kelas tersebut sangat antusias terhadap pembelajaran IPA ( mengajar gerak benda ) sehingga guru dan murid berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik
    di video tersebut yang saya lihat dalam melakukan pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdoa dan tidak melakukan absen kepada murid didalam kelas tersebut bahkan guru tidak menanyakan kepada siswa tentang pelajaran yg di ajarkan sebelumnya dan tidak melakukan ice breaking.
    beberapa hal yang harus diterapkan oleh guru dalam melakukan pembelajaran tersebut guru sangat baik dalam menjelaskan kepada anak kelas 1 sd tentang mengajar gerak benda dalam menggunakan benda-benda nyata dan sangat familiar bagi murid seperti pensil dan buku.
    disitu juga murid dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran tersebut contohnya dalam perbandingan berat badan murid dan membimbing siswa untuk menarik kesimpulan sendiri tentang hubungan antara ukuran dan berat badan dan mendorong keterampilan berpikir kritis.

  7. Nama : Sasmita Mokoagow
    Nim : 859952383

    Setelah melihat video di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru terlibat aktif dengan siswa dan menggunakan alat peraga langsung di sekitar seperti mengukur berat badan siswa yang berat dan ringan dan menanyakan kepada siswa, juga menggunakan buku dan pensil sehingga siswa cepat menangkap apa yang disampaikan oleh guru.

  8. Perkenalkan nama saya Laila Hayati Al-Qomariah dari upbjj Jakarta jurusan PGSD-S1. Izinkan saya untu mengomentari video diatas. Dari video tersebut guru sangat jelas dalam menjelaskan materi berat dan ringan dengan contoh-contoh yang konkret sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik, guru tersebut juga melibatkan pesert didik sebagai contoh yang nyata. Namun kekurangan dari video tersebut adalah hanya dikasih contoh yang sama secara berulang-ulang tidak berbeda kemungkinan secar tidak langsung peserta didik akan merasa bosan.
    Sekian dari komentar saya apabila ada kesalahan dalam penjelasan mohon dimaafkan dan diperbaiki, terimakasih.

  9. Nama : Tiara Aprilia Khusnul Multiana
    NPM : 878189932
    Pokjar : Musi
    UPBJJ : Malang
    Proses penjelasan materi yang disampaikan guru sudah cukup bagus dengan melibatkan peserta didik proses menerangkan materi. Namun seharusnya setelah pemberian materi, peserta didik diberi soal yang harus diselesaikan untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Jika peserta didik langsung diberi PR, guru kurang memahami Tingkat pemahaman peserta didik terhadapat materi. Apabila diberi soal terlebih dahulu, maka guru dapat menjelaskan ulang materi yang belum dipahami oleh peserta didik.

  10. Nama : Tiara Aprilia Khusnul Multiana
    NPM : 878189932
    UPBJJ : Malang
    Proses penjelasan materi yang disampaikan guru sudah cukup bagus dengan melibatkan peserta didik proses menerangkan materi. Namun seharusnya setelah pemberian materi, peserta didik diberi soal yang harus diselesaikan untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Jika peserta didik langsung diberi PR, guru kurang memahami Tingkat pemahaman peserta didik terhadapat materi. Apabila diberi soal terlebih dahulu, maka guru dapat menjelaskan ulang materi yang belum dipahami oleh peserta didik.

Leave a Reply