silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,995 Comments

  1. Nama : Fifta Safitri
    NIM : 859517244
    Setelah saya menonton video tersebut metode atau strategi yang diberikan sangat bermanfaat dan membantu dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Mengingat bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda dengan pendekatan yang sabar dan penting memberikan dukungan/ pujian kepada anak atas usaha mereka. Selain itu, bisa gunakan juga permainan yang meningkatkan kemampuan motorik halus anak seperti bermain playdough untuk membantu memperkuat otot-otot kecil tangan anak, membangun balok yang akan mengembangkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan pemecahan masalah, kegiatan meronce manik-manik dan lain-lain. Kegiatan juga dapat dilakukan dengan mengajak anak-anak bermain diluar kelas. Awal tahun ajaran, saya menemukan beberapa anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Ada yang menggenggam terlalu kuat, ada yang memegang seperti sendok, dan ada pula yang bahkan enggan menyentuh pensil. Untuk itu dengan melakukan pendekatan terus membimbing dan memastikan bahwa setiap anak merasa didukung, tidak terburu-buru, dan punya ruang untuk berkembang sesuai kemampuannya.

    Terima kasih.

  2. Nama : ani puji astuti
    Nim : 857631592
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Setelah saya melihat video tersebut menurut saya videonya bagus hal tersebut dapat menambah pengetahuan saya ketika mengajar di kelas untuk menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.saya dapat mencoba untuk mempraktekkan apa yang ada divideo tersebut seperti memindahkan air dengan spons,membuka gembok dengan kuncidan mengancingkan baju hal tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan otot- otot jari dan melatihmotorik halusnya.disamping itu kita juga harus sabar dalam mendampingi anak -anak da memastikan anak-anak merasa nyaman berada didekat kita.saya berharap divideo selanjutnya akan lebih banyak lagi metode-metode untuk mengajar di dalam kelas.terimakasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  3. Berikut tanggapan saya terhadap cuplikan video dan sinopsis di atas:

    Tanggapan:
    Cuplikan video dan sinopsis tersebut sangat bermanfaat, khususnya bagi guru, orang tua, atau pendidik anak usia dini. Masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memang sering terjadi, dan pendekatan yang digunakan dalam program ini cukup tepat.
    Dengan melatih motorik halus melalui kegiatan sederhana seperti memindahkan air dengan spons, membuka-memasang kancing, atau membuka gembok, anak-anak dilatih untuk menguatkan otot-otot jari dan koordinasi tangan, yang merupakan dasar keterampilan menulis.
    Pendekatan bertahap dan berbentuk permainan ini membuat anak-anak lebih nyaman, tidak merasa terpaksa, dan proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Ini menunjukkan pemahaman yang baik tentang perkembangan anak dan pentingnya stimulasi motorik sebelum masuk ke keterampilan teknis seperti menulis.

    Terimakasih 😊

  4. Nama : Fransiska Kabrini Eno
    NIM : 859296551

    Berikut tanggapan saya terhadap cuplikan video dan sinopsis di atas:
    Tanggapan:
    Cuplikan video dan sinopsis tersebut sangat bermanfaat, khususnya bagi guru, orang tua, atau pendidik anak usia dini. Masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memang sering terjadi, dan pendekatan yang digunakan dalam program ini cukup tepat.
    Dengan melatih motorik halus melalui kegiatan sederhana seperti memindahkan air dengan spons, membuka-memasang kancing, atau membuka gembok, anak-anak dilatih untuk menguatkan otot-otot jari dan koordinasi tangan, yang merupakan dasar keterampilan menulis.
    Pendekatan bertahap dan berbentuk permainan ini membuat anak-anak lebih nyaman, tidak merasa terpaksa, dan proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Ini menunjukkan pemahaman yang baik tentang perkembangan anak dan pentingnya stimulasi motorik sebelum masuk ke keterampilan teknis seperti menulis.

  5. Kelebihan pembelajaran yg diajarkan oleh guru sdh jelas dan bisa dimengerti oleh anak didok
    Kekurangan dari pembelajaran tsrsebut kurangnya jumlah pendidik sehingga
    Perhatisn ke anak didik kurang

Leave a Reply