silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,855 Comments

  1. Nama : Delsa Intan Puspita
    NIM : 856624928

    Menurut saya dari video diatas yang dilakukan guru sudah sangat baik dalam hal menstimulasi motorik anak yang tidak dapat memegang pensil dengan benar .
    Dengan melakukan stimulasi seperti memindahkan air menggunakan spons dapat merangsang bekerjanya motik halus pada anak.
    Adapun hal-hal lain yang dapat dilakukan anak :
    – Yaitu sebelum menulis ajak anak pemanasan jari, lakukan buka tutup jari secara berulang
    – memberikan kegiatan merobek kertas dengan jari-jari lalu membuat bulatan dari kertas tersebut.
    Hal ini sangat baik untuk menstimulasi perkembangan motrik halus pada anak.

  2. Rizki Maulidinnia, 859509967

    Seperti yang sudah dijelaskan di video bahwa anak usia 3-6tahun cendrung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup cepat, namun ada sebagian kecil anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna. Makanya dari itu diberikan solusi untuk mengasah kemampuan tersebut dengan melakukan kegitan seperti meremas, mengancing, memutar dll.
    Di lembaga tempat saya mengajar juga melakukan kegiatan tersebut, seperti melempar bola, memegang sendok saat makan bersama dan beberapa olahraga ringan yang melibatkan koordinasi tangan.

  3. Nama : Asri Yunita
    Nim: 855893081
    Video yang di tampilkan sangat luar biasa. Di video tersebut mengajarkan anak untuk melatih memegang pensil dengan benar. Untuk melatih kekuatan otot dan jari-jari tangan dengan cara menggunakan media yang sangat menarik, seperti memasukkan kancing dalam lubang dan memindahkan air menggunakan spons.

  4. Shanti. Santoso
    NIM : 857369927
    Setelah saya melihat tayangan video diatas . Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Tanggapan saya :
    Guru melakukan Pendidikan Sensorik :
    – Lakukan aktivitas yang melibatkan sentuhan, seperti bermain dengan air yaitu memindahkan air kewadah dengan spons cuci piring, ataupun dengan bahan-
    bahan lain yang merangsang indera, untuk memperkuat keterampilan motorik halus.
    – Latihan Daya Cengkeram: menggunakan permainan seperti memutar seperti mur dan baut yang diputar-putar,mengkancing baju serta membuka dan
    mengunci gembok untuk memperkuat otot jari dan daya cengkeram.
    – Yang dapat kita berikan juga sebagai guru memberikan bimbingan langsung: berikan bimbingan langsung saat anak menggambar atau menulis, sambil
    membantu mereka mengoreksi cara memegang pensil.
    Variasi Aktivitas Menulis: Ajak anak untuk menulis di berbagai permukaan, seperti papan tulis kecil, untuk membuat pengalaman lebih menarik.
    Dengan kombinasi metode ini, anak akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar dan berlatih memegang pensil dengan cara yang menyenangkan.
    Terimakasih..

    .

  5. setelah saya menonton video diatas yang berjudul, “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. Pendidik sangat tanggap dalam menghadapi permasalahan yang dialami anak tersebut, sehingga beliau memberikan latihan-latihan yang dapat merangsang perkembangan motorik dari anak didiknya.

  6. Nama : Lela Puspa Sari
    Nim :856619198
    setelah saya menonton video diatas yang berjudul, “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. Pendidik sangat tanggap dalam menghadapi permasalahan yang dialami anak tersebut, sehingga beliau memberikan latihan-latihan yang dapat merangsang perkembangan motorik dari anak didiknya.

  7. Nama : Fityah Salamah
    NIM : 857998375

    Video pembelajaran yang sangat bagus. Dari video tersebut saya dapat belajar bahwa sebetulnya pada anak usia 3-6 tahun secara umum akan mengalami peningkatan kemampuan menulis, tetapi akan ada sebagian kecil anak yang akan mengalami kesulitan. Untuk mengatasi hal itu, guru perlu melakukan stimulasi pra menulis untuk menguatkan tangan anak. Stimulasi yang bisa dilakukan seperti memindahkan air dengan meremas spon, membuka dan memasang kunci gembok, memasang dan melepas mur serta kancing baju.

  8. Nama : Fityah Salamah
    NIM : 857998375

    Video pembelajaran yang sangat bagus. Dari video tersebut saya dapat belajar bahwa pada anak usia 3-6 tahun akan mengalami peningkatan kemampuan menulis. Akan tetapi ada sebagian kecil anak yang akan kesulitan. Untuk mengatasi hal itu, guru perlu memberikan stimulasi pra menulis tambahan kepada anak untuk menguatkan tangan dan jari anak. Stimulasi yang dapat dilakukan seperti meremas spon air, memasang dan membuka kunci gembok, memasang serta melepas mur dan kancing baju.

  9. masalah yang dihadapi anak dalam video ini merupakan salah satu masalah yang sering kita hadapi pada kegiatan menulis awal dalam kelas. tampak seorang anak yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya karena anak tersebut belum bisa memegang pensilnya dengan benar. inilah penyebab pentingnya bagi kita untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak sebelum kegiatan menulis awal dengan melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan berbagai kegiatan.

  10. Shanti. Santoso
    NIM : 857369927
    PAUD UPBJJ BOGOR
    Setelah saya melihat tayangan video diatas . Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Tanggapan saya : Guru melakukan Pendidikan Sensorik : – Lakukan aktivitas yang melibatkan sentuhan, seperti bermain dengan air yaitu memindahkan air kewadah dengan spons cuci piring, ataupun dengan bahan- bahan lain yang merangsang indera, untuk memperkuat keterampilan motorik halus. – Latihan Daya Cengkeram: menggunakan permainan seperti memutar seperti mur dan baut yang diputar-putar,mengkancing baju serta membuka dan mengunci gembok untuk memperkuat otot jari dan daya cengkeram. – Yang dapat kita berikan juga sebagai guru memberikan bimbingan langsung: berikan bimbingan langsung saat anak menggambar atau menulis, sambil membantu mereka mengoreksi cara memegang pensil. Variasi Aktivitas Menulis: Ajak anak untuk menulis di berbagai permukaan, seperti papan tulis kecil, untuk membuat pengalaman lebih menarik. Dengan kombinasi metode ini, anak akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar dan berlatih memegang pensil dengan cara yang menyenangkan. Terimakasih.. .

    0
    0

Leave a Reply