silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,743 Comments

  1. Nama : Natalia Awang
    Nim : 859267274
    UPJJ : UT Kupang
    Pokjar : Sumba Barat
    PG PAUD
    Tanggapan saya setelah melihat Video diatas bahwa apa yang dilakukan guru tersebut sudah Tepat dalam memberikan Rangsangan bagi anak yang Masi mengalami kesulitan dalam memegang pensil.
    Di lembaga saya pernah mengalami hal yyang sama yaitu anak yg Masi mengalami kesulitan dalam memegang pensil,namun sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, dan alangakah baik nya kita bekerja sama dengan orang tua agar terus melatih anak dirumah untuk dapat mengajari anak memegang pensil dengan benar agar jari-jari anak terbiasa untk memegang pensil.
    Terima kasih

  2. Nama : Kezia Charmain Levina Laisina
    NIM : 807822822
    Jurusan : PGPAUD

    izin menanggapi video diatas yg berjudul “Mengatasi Anak Yang Kesulitan Memegang Pensil”, menurut saya apa yang dijelaskan ibu ini sudah sangat tepat dan sangat bisa membantu anak melatih motorik halus nya agar bisa menggenggam pensil lebih kuat. Hal yang serupa juga ada di kelas saya, anak yang sulit menulis karena motorik halus nya lemah. Saya pun melakukan hal yang sama seperti memasang dan melepas kancing. Saya juga melakukan kegiatan seperti memasukan benang kedalam lubang, dan juga meremas remas playdough (lilin mainan).

  3. Nama : Risnawati
    Nim : 825137202
    Pokjar : Rambah

    1. Reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    => Setelah saya menonton video pembelajaran tentang ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” anak-anak sangat tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut, hal ini terlihat dari antusias dan semangat anak dalam mengikuti kegiatan menebalkan garis putus-putus.

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    => Ada beberapa anak yang tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menebalkan garis, dan ada juga anak yang tidak bisa menebalkan garis karena disebabkan tidak bisa memegang pensil dengan benar.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    => Guru dapat menguasai kelas terlihat dari anak-anak duduk dengan rapi dan tertib, ketika ada anak yang tidak fokus dalam proses pembelajaran guru menegurnya dengan lembut dan penuh kasih sayang sehingga anak mau mengikuti atau memperhatikan penjelasan yang disampaikan gurunya.

    4. Hal unik yang saya lihat dari video pembelajaran
    => Anak terlihat semangat dan gembira dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru

    5. Setelah melihat video secara keseluruhan, upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya
    => Sebelum guru memberi tugas kepada anak untuk menebalkan garis, sebaiknya guru terlebih dahulu memberi tugas fisik motorik halus seperti meremas-remas kertas agar tangan anak lebih lentur ketika melakukan tugas menebalkan garis.

  4. Nama :Ruslia simanungkalit
    Nim:855836486
    Pokjar: Tapteng
    Vidio: pengembangan fisik motorik:
    Mengatasi anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar.
    Dalam vidio tersebut stimulasi yang dilakukan guru sudah benar yaitu memindahkan air dari mangkok menggunakan spons.dalam kegiatan tersebut terlihat anak anak senang melakukan kegiatan tersebut,dan guru juga mampu mengkondisikan kelas dengan baik,tapi guru kurang mampu memperhatikan tingkat kemampuan anak.

  5. Nama Evi Wijayanti
    NIM : 857947798
    Pokjar : Muntilan
    Vidio : Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar
    Vidio tersebut dapat memperlihatkan kepada kita sebagai seorang pendidik tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Video tersebut, terlihat sudah menggunakan berbagai macam media untuk mengatasi suatu hal tersebut agar kekuatan dan koordinasi jari-jari tangannya dapat dapat terkoordinasi dengan baik. Video tersebut tentunya sangat menginspirasi atau memberikan contoh kepada kita bagaimana cara mengatasi suatu permasalahan yang terdapat dalam lembaga kita tentunya. Dna kita sebagai seorang guru juga harus berkreatif atau kolaboratif dalam menyelesaikan suatu permasalahannya tersebut. Selain itu, tentunya dalam video tersebut terlihat tidak adannya kegiatan pembuka maupun penutup kegiatan sebaiknya harus bisa dilengkapi kegiatannya tersebut.

  6. Nama : Evi Wijayanti
    NIM : 857947798
    Video : Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar

    Video tersebut menggambarkan tentang cara anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, kemudian guru tersebut dapat melakukan beberapa tips atau cara agar anak tersebut nantinya dapat memegang pensil dengan benar yaitu sebagai berikut :
    a. Guru dapat mengajak anak untuk memeras air menggunakan spons dan memindahkan airnya tersebut ke dalam wadah yang telah dipersiapkan oleh guru
    b. Guru dapat mengajak anak untuk membuka dan menutup kembali kunci gembok
    c. Guru dapat mengajak anak untuk membuka dan mengencangkan skrup
    Untuk yang terakhir guru dapat mengajak anak untuk mengancingkan berbagai macam kancing baju yang beragam.

    Dari kegiatannya tersebut tentunya guru sudah dapat menggunakan cara yang beragam bagi anak agar anak tersebut kedepannya dapat melatih kelenturan dan koordinasi jari jari tangannya dengan baik. Agar anak tersebut juga sudah tidak mengalami suatu kesulitan dalam memegang suatu pensilnya tersebut. Namun pada videonya tersebut terlihat masih kurang adannya suatu kegiatan pembukaan dan juga penutup.

    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr wb

  7. Nama : Sundari
    NIM : 859510908
    Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi setiap guru anak usia dini yang memiliki kesulitan dalam mengatasi anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar atau bisa dikatakan perkembangan motorik halusnya belum sempurna karena setiap anak memiliki proses perkembangan fisik motorik yang berbeda. Dan ada baiknya stimulus tersebut tidak hanya di berikan kepada anak ketika di sekolah saja melainkan berkelanjutan ketika dirumah dengan di dampingi orangtuanya.

  8. Nama : Sundari
    NIM : 859510908
    Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi setiap guru anak usia dini yang memiliki kesulitan dalam mengatasi anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar atau bisa dikatakan perkembangan motorik halusnya belum sempurna karena setiap anak memiliki proses perkembangan fisik motorik yang berbeda. Dan ada baiknya pemberian stimulus tersebut tidak hanya diberikan saat di sekolah tetapi juga diberikan ketika di rumah didampingi orangtuanya agar tetap berkesinambungan stimulus tersebut dan mendapatkan hasil yang maksimal.

  9. Nama Mahasiswa : PEBRIKA PURWANTI
    NIM : 856491326
    POKJAR : LUBUK BATU JAYA
    “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
    Pertanyaan refleksi untuk analisis video pembelajaran pada GPO adalah sebagai berikut:
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru: anak kelihatan sangat senang, mereka antusias untuk menjawab mau belajar menebalkan garis, karena banyak anak yang sangat suka dengan pembelajaran menebalakan garis ini.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran: Kelemahan guru dalam video “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” adalah Guru menjelaskan cara menebalkan garis akan tetati ibu guru tidak mengajarkan anak murid cara memegang pensil yang benar itu seperti apa, dan ibu guru didalam video ini hanya memperhatikan anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dan tidak membimbing anak tersebut memegang pensilnya. Di situ terlihat sekali anak menulis secara mandiri tanpa bantuan ibu guru.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran: dalam melakukan pembelajaran kelebihan guru adalah bisa membuat anak tenang untuk melakukan pembelajaran, . Karna disaat anak bersuara ibu guru sangat lembut menegurnya dan anak tidak ada yang berlarian kesana kemari. Karna nyaman belajar dengan ibu guru yang sangat lembut dan penuh kasih sayang.
    4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran: hal unik yang saya mendengar ibu guru melaraang salah satu anak menebalkan angka dengan tangan kiri dan ibu guru menasehatinya supaya tidak menggunakan tangan kiri untuk menulis.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya: dalam video ada seorang anak yang belum bisa memegang pensil. sebaiknya ibu guru sebelum melakukan kegiatan belajar ibu guru mengajarkan dulu anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar. Kalau anak masih kaku memegang pensil, ibu guru mengajarkan anak meremes kertas dengan jari tangan supaya jari tangan anak tersebut tidak kaku, atau ibu guru juga bisa mengajarkan anak cara melenturkan cari tangan nya dengan cara remes-remes jari tangan atau kertas sehingga kertas tersebut membentuk sebuah bola-bola.

  10. Nama Mahasiswa : PEBRIKA PURWANTI
    NIM : 856491326
    POKJAR : LUBUK BATU JAYA
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Pertanyaan refleksi untuk analisis video pembelajaran pada GPO adalah sebagai berikut:
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru: anak kelihatan sangat senang, mereka antusias untuk menjawab mau belajar menebalkan garis, karena banyak anak yang sangat suka dengan pembelajaran menebalakan garis ini.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran: Kelemahan guru dalam video “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” adalah Guru menjelaskan cara menebalkan garis akan tetati ibu guru tidak mengajarkan anak murid cara memegang pensil yang benar itu seperti apa, dan ibu guru didalam video ini hanya memperhatikan anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dan tidak membimbing anak tersebut memegang pensilnya. Di situ terlihat sekali anak menulis secara mandiri tanpa bantuan ibu guru.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran: dalam melakukan pembelajaran kelebihan guru adalah bisa membuat anak tenang untuk melakukan pembelajaran, . Karna disaat anak bersuara ibu guru sangat lembut menegurnya dan anak tidak ada yang berlarian kesana kemari. Karna nyaman belajar dengan ibu guru yang sangat lembut dan penuh kasih sayang.
    4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran: hal unik yang saya mendengar ibu guru melaraang salah satu anak menebalkan angka dengan tangan kiri dan ibu guru menasehatinya supaya tidak menggunakan tangan kiri untuk menulis.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya: dalam video ada seorang anak yang belum bisa memegang pensil. sebaiknya ibu guru sebelum melakukan kegiatan belajar ibu guru mengajarkan dulu anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar. Kalau anak masih kaku memegang pensil, ibu guru mengajarkan anak meremes kertas dengan jari tangan supaya jari tangan anak tersebut tidak kaku, atau ibu guru juga bisa mengajarkan anak cara melenturkan cari tangan nya dengan cara remes-remes jari tangan atau kertas sehingga kertas tersebut membentuk sebuah bola-bola.

Leave a Reply