silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Yunis Maniar
Nim: 859150401
Prodi s1pgpaud
Vidio diatas sudah mampu mengembangkan motorik halus anak usia dini dalam pramenulis, khususnya dalam menstimulasi anak untuk mampu memgang pensil dengan benar. Namun guru perlu melakukan pendekatan2 yang membuat anak didik merasa diperhatikan dengan cara memberikan edukasi yang positif yang membangun semangat anak didik dalam meningkatkan semangat belajar. Sehingga muncul rasa percaya diri dalam diri anak didik sehingga mampu mencoba dan menyelesaikan setiap tantangan yang dihadapi
Nama: Yunis maniar
Nim : 859150401
Upbjj : Mataram
Menurut saya dalam vidio tersebut guru sudah mampu menstimulasi anak dalam mengembangkan motorik halus anak. Cara2 tersebut sudah sangat efektif. Selanjutnya guru perlu melakukan pendekatan kepada anak didik dengan cara yang halus agar anak semangat dalam belajar, sehingga mampu mengembangkan konsep pengembangan anak didik dalam memegang pensil dengan benar, guru terus memotivasi agar anak didik terus semangat, dan menumbuhkan rasa percaya Didi anak.
Nama : Trisa Wahyu Hapsari
NIM : 858873199
Menurut saya tentang video di atas guru sudah mengajarkan cara memegang pensil yang efektif dan menyenangkan, akan tetapi seorang guru tidak bisa hanya terfokus pada 1 anak saja melainkan juga harus melayani atau mengajarkan murid murid yang lain lagi.
Nama : Aminatus Sa’diyah
NIM : 858877171
Dalam video tersebut, terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan baik dan benar. Berikut beberapa kegiatan yang ditampilkan:
1. Memindahkan air menggunakan spons: Kegiatan ini sangat membantu anak melatih kelenturan jari mereka saat memegang objek, sehingga meningkatkan kemampuan motorik halus.
2. Membuka dan mengunci gembok: Aktivitas ini berfokus pada meningkatkan konsentrasi anak saat memegang dan mengontrol objek.
3. Memasang dan membuka scrub serta kancing: Kegiatan ini melatih kelenturan dan koordinasi otot anak, membantu mereka dalam menguasai teknik memegang pensil.
Selain itu, terdapat juga berbagai kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan memegang pensil, seperti meremas plastisin, membuka dan menutup botol, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai aktivitas ini, anak-anak dapat belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan.
Nama : Ni Wayan Diah Darmayanti
NIM : 859035277
Mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Menurut pendapat saya dalam masalah pada anak tersebut seringkali kita jumpai pada anak usia dini. Berdasarkan sinopsis diatas tersebut awalnya guru mengajarkan anak cara menebalkan garis lengkung dari bawah naik keatas turun lagi naik keatas dan seterusnya. Dapat kita ketahui bahwa beberapa anak mengalami perkembangan belum sempurna terutama tata cara memegang pensil dengan benar. Solusi yang dijelaskan pada vidio tersebut sangat bagus yaitu Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka, membuka dan mengencangkan skrup dan memasangkan kancing baju.
Video tersebut sangat membantu wawasan guru PAUD dalam mengembangkan aspek fisik motorik anak khususnya motorik halus, Kegiatan pengembangan yang dilakukan sangat menarik bagi anak
etelah saya melihat dan mengamati video dengan judul”mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” .
Strategi yang yang digunakan oleh guru tersebut sangatlah bagus dan menginspirasi Karena guru tersebut memberikan arahan, penjelasan dan contoh dengan baik dan sabar. Solusi dan Strategi guru tersebut dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangatlah bagus diantaranya yaitu:
– memindahkan air dari mangkuk yang satu ke mangkuk yang lain dengan spons yang diremas atau diperas oleh anak saat memindahkan air tujuannya yaitu untuk melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil
– itu memberikan latihan membuka atau menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan sekrub , dengan membuka dan mengencangkan Nur dengan cara memutar ke kanan dan ke kiri tujuannya agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi.
– melatih anak membuka dan memasang berbagai jenis kancing baju tujuannya melatih kelenturan jari anak dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
Jadi strategi dan solusi bagaimana cara mengatasi kondisi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar pada video tersebut sangatlah bagus karena dapat melatih motorik halus pada jari-jari tangan anak sehingga anak dapat memegang pensil dengan benar.
Perkenalkan nama saya Junovin dari Salut Tana Toraja.
Video ini menampilkan seorang guru yang memberikan solusi untuk mengatasi masalah anak-anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar. Dalam program ini, guru tersebut menjelaskan pentingnya melatih keterampilan motorik halus anak secara bertahap untuk mempersiapkan mereka dalam menulis.
Beberapa metode yang digunakan termasuk kegiatan praktis yang menyenangkan, seperti:
Memindahkan Air: Anak-anak diajak untuk memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lain menggunakan spon. Kegiatan ini membantu meningkatkan kekuatan dan kontrol tangan mereka.
Menggunakan Gembok Kunci: Anak-anak dilatih untuk membuka dan menutup gembok kunci. Aktivitas ini melatih koordinasi tangan dan meningkatkan ketangkasan jari.
Kancing Baju: Guru juga mengajak anak-anak untuk membuka dan memasangkan kancing baju. Aktivitas ini membantu anak mengenali pergerakan jari yang lebih halus dan meningkatkan kemampuan motorik halus mereka.
Melalui metode-metode ini, guru tidak hanya berfokus pada teknik memegang pensil, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menulis dengan baik.
Perkenalkan nama saya Krisensya Alik Dari SALUT Tana Toraja.
Video ini menampilkan seorang guru yang memberikan solusi untuk mengatasi masalah anak-anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar. Dalam program ini, guru tersebut menjelaskan pentingnya melatih keterampilan motorik halus anak secara bertahap untuk mempersiapkan mereka dalam menulis.
Beberapa metode yang digunakan termasuk kegiatan praktis yang menyenangkan, seperti:
Memindahkan Air: Anak-anak diajak untuk memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lain menggunakan spon. Kegiatan ini membantu meningkatkan kekuatan dan kontrol tangan mereka.
Menggunakan Gembok Kunci: Anak-anak dilatih untuk membuka dan menutup gembok kunci. Aktivitas ini melatih koordinasi tangan dan meningkatkan ketangkasan jari.
Kancing Baju: Guru juga mengajak anak-anak untuk membuka dan memasangkan kancing baju. Aktivitas ini membantu anak mengenali pergerakan jari yang lebih halus dan meningkatkan kemampuan motorik halus mereka.
Melalui metode-metode ini, guru tidak hanya berfokus pada teknik memegang pensil, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menulis dengan baik.
Metode yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak sudah tepat.