silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Paulina Yunita
    Nim : 858097377
    Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran yang positif tentang cara mengatasi kesulitan memegang pensil pada anak melalui pendekatan pelatihan motorik halus yang bertahap, sistematis, dan menyenangkan. Video ini menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga bagi para pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting untuk keberhasilan mereka dalam belajar menulis dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Penekanan pada pemahaman akar masalah dan penggunaan aktivitas yang relevan menjadikan pendekatan ini sangat efektif dan berpusat pada kebutuhan anak.

  2. Nama: siffa Anastasya saputri
    Nim: 856853912
    Dari hasil pengamatan saya dalam vidio tersebut mengajar kan anak dalam memegang pensil dengan benar itu butuh waktu, ketelatenan dan juga keterlibatan orng tua dirumah. Kita di sekolah sebagai guru juga bisa membantu untuk memegangi tangan nya atau jika tidak dengan karet gelang yang di ikat di bagian kedua jari lalu pensilnya di masukan di bagian tengah.. Suatu saat jika di sekolah dan dirumah semakin sering melakukan kegiatan tersebut maka perlahan anak akan pandai untuk memegang pensil.. Tapi yang kita perlu adalah keterlibatan orang tua pula ketika dirumah. Jika orang tua tidak terlibat maka akan cukup susah dan lama pula

  3. Secara umum keseluruhan vidio ini memberikan gambaran yang baiktentang bagaimana mengatasi kesulitananak dalam memegang pensil melalui pendekatan pelatihan motorik halus anak yang bertahap,sistematis dan menyenangkan bagi anak.vidio ini menjadi sumber informasi dan panduan yang berharga bagi para guru/pendidik, dan orang tua dalam membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus untuk kwberhasilan mereka dalam menulis.
    Penekanan pada pemahaman akar masalah dan penggunaan yang relevan menjadikan pwndekatan ini sangat efektif dan berpusat pada anak.

  4. Ulfiaturrosidah
    NIM : 860008409
    Dari vidio tersebut jelas bahwa sebelum melatih anak anak menulis terlebih dahulu kita biasakan untuk melatih motorik halus mereka,sehingga secara tidak langsung motorik kasarnya akan ikut terlatih.Memang tidak mudah tapi disini peran kita sebagai pendidik sangatlah menentukan.Dari vidio tadi bisa kita jadikan reverensi untuk kita melatih dan mengembangkan kemampuan mereka,terutama dalam memegang pensil.

  5. Nama:Atika
    Nim:856593783
    Secara keseluruhan vidio ini mberikan gambaran yang positif tentang cara yang positif untuk memegang pensil pada yang di lakukan melalui pendekatan motorik halus. Sebagai seorang pendidik tidak lah muda untuk melatih kesabaran untuk dapat mengajarkan cara memegang pensil sampai anak mampu menulis. Untuk itu kita sebagai guru dapat melakukan pra menulis dengan pemain seperti do vidio, dapat juga dengan meras play dough, menebalkan garis putus putus dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan, dan bila anak sering melakukan kan maka otot Otot jari tangan nya akan menjadi lebih lentur dan terbiasa

  6. Nama Hentri febriani Halawa
    Nim 859812037

    Video ini sangat penting bagi saya sebagai seorang pendidik untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

  7. Nama:paskaliana ican saldi
    NIM :859302544
    Dari hasil vidio yang saya nonton dari situ kita sebagai pendidik kita dapat melihat dari fisik motorik halusnya apakah dia bisa atau tidak,jika dia belum bisa maka dari situ kita sebagai pendidik melatih anak tersebut cara memegang pensil yang baik dan benar dan kita juga mengajar dan memberi contoh yang baik dan benar.

  8. Nama : Anisa Puspita Zahra
    NIM : 859808417

    Izin menyampaikan pendapat terkait video diatas.
    Secara keseluruhan, menurut saya video itu memang menunjukkan cerminan hal yang biasa kita hadapi sebagai seorang guru di lembaga tempat kita mengajar masing-masing. Bahkan para orang tua sendiri juga menjadikan masalah tersebut sebagai salah satu alasan kuat agar anak mengenyam pendidikan. Video tersebut juga mengajarkan kita cara mudah dalam melatih fisik motorik halus anak, terutama kelenturan jari tangan. Dapat kita kita ada beberapa cara dalam melatih genggaman anak, yakni meremas spon, mengancing baju, dan juga memutar scrub.
    Kegiatan ini menurut saya, secara tidak langsung melatih pembiasaan pada anak dalam menggenggam sesuatu. Sehingga, bagi anak kegiatan pra-menulis tidak akan sulit lagi.
    Sekian pendapat yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian kata dan maksud. Terima kasih..

  9. Nama: Florentina Maria Cristi
    NIM: 858139854
    Setelah saya menonton video tersebut, metode tersebut sangat sesuai dikarenakan anak masih dalam tahap pengembangan motorik halus nya serta aktivitas seperti memutar srcup dan gembok sangat membantu memperkuat otot jari dan koordinasi tangan mata anak, saya juga melihat bagaimana guru PAUD tersebut sangat sabar saat mengajarkan cara memutar dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri untuk membuka dan menutup baut, saya sangat terinspirasi untuk anak-anak di satuan pendidikan saya terimakasih

  10. Bismilahirahmanirahim
    Nama Salma Maulani Muharam
    nim 857534435
    Menurut pendapat saya pribadi video di atasmenekankan pentingnya pendekatan bertahap, menyenangkan, dan berbasis perkembangan dalam mengajarkan keterampilan menulis. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti di atas dapat menjadi dasar yang kuat sebelum anak dikenalkan dengan pensil dan tulisan. cukup sekian 🙂

Leave a Reply